Via thejakartapost.com

10 Anime Mecha Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Anime mecha adalah salah satu genre anime yang mengangkat cerita para robot. Robot-robot ini ditumpangi manusia yang dapat mengendalikan mereka. Biasanya akan terjadi perang antar sesama manusia menggunakan robot tersebut.

Serunya aksi mereka dipadu dengan kisah cinta atau persahabatan tentu sangat dinanti para anime lovers. Nah, mau tau apa saja anime mecha terbaik yang wajib kamu tonton? Simak ulasan OhGitu berikut ini!

1. Isekai no Seikishi Monogatari

Via youtube.com

Terlibat dalam organisasi penuh misteri yang bernama Geminar, Kenshi Masaki harus membunuh seorang kaisar wanita dari Kekaisaran Shtrayu, Lashara Earth, untuk dapat kembali ke Bumi. Untuk membunuhnya, Kenshi menggunakan jas mecha yang disebut Sacred Mechanoid. Namun sayangnya Kenshi tak berhasil dan malah menjadi tawanan di kapal selam Lashara.

Lashara pun menyelamatkan Kenshi dan memperbolehkan ia memakai jas mecha sekali lagi. Anime mecha terbaik yang rilis tahun 2009 ini juga termasuk anime harem. Kenshi yang menjadi pengawal dan bersekolah bersama Lashara ini digilai para wanita.

2. Eureka Seven

Via madman.com.au

Bertemu Eureka yang merupakan pilot robot wanita, mengubah hidup Renton Thurston. Saat itu, Eureka meminta Renton dan kakeknya untuk memperbaiki robotnya yang rusak setelah kecelakaan. Setelah itu, Renton bergabung dengan kelompok pemerintahan Gekkostate bersama Eureka.

Mereka pun melakukan petualangan bersama dan menghadapi musuh-musuh. Anime mecha terbaik ini banyak memiliki adegan romantis antara Renton dan Eureka, jadi cocok bagi kamu pecinta anime romantis. Anime yang dibuat tahun 2005 ini juga memiliki sekuel dan tiga seri film dimana seri ketiga akan tayang tahun 2019.

3. Gundam Series

Via myanimelist.net

Jika berbicara tentang anime mecha, Gundam memang tak boleh ketinggalan. Anime yang melegenda ini sudah ada sejak tahun 1979. Meskipun begitu, seri Gundam ini masih menjadi anime mecha terbaik yang kini telah memiliki banyak seri.

Cerita awalnya tentang manusia yang sudah pindah ke angkasa. Raja Zeon pun mendeklarasikan perang dengan Federasi Bumi. Zeon unggul dengan robot humanoid yang disebut Mobile Suit. Setelah sembilan bulan, sebuah Mobile Suit yang sama kuat berhasil dikembangkan Federasi Bumi yang disebut Gundam.

4. Full Metal Panic!

Via goboiano.com

Anime mecha ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Sudah ada empat kali adaptasi termasuk seri yang tayang tahun ini yaitu Full Metal Panic! Invisible Victory. Bercerita tentang sebuah Sergeant Sousuke Sagara yang terlibat dalam organisasi pasukan militer penjaga kedamaian bernama Mithril.

Ia yang sudah berperang sejak umur 8 tahun ini mendapat misi untuk menjaga Kaname Chidori yang diduga sebagai whisper—orang yang punya kemampuan lebih di atas rata-rata manusia pada umumnya—dari target penculikan.

Sousuke pun menjadi anak baru di Jindai High School, sekolah Kaname. Kekonyolan yang dilakukan Sousuke karena parno di sekolah ini dijamin akan membuatmu tertawa, misalnya saja menghancurkan loker yang berisi surat padahal hanya surat cinta. Kocak, bukan?

5. Infinite Stratos

Via nichegamer.com

Juga diadaptasi dari novel, Infinite Stratos pertama tayang di Jepang pada 7 Januari 2011. Anime mecha ini mengisahkan tentang Infinite Stratos Academy. Ini merupakan sekolah bagi pilot sistem persenjataan Infinite Stratos yang berisi anak-anak dari seluruh penjuru dunia. Namun, hanya anak perempuan yang berhasil mengendalikan senjata ini. Nah, Ichika Orimura merupakan satu-satunya anak laki-laki yang berhasil.

6. Bokurano: Ours

Via thepantlessanimeblogger

Anime mecha ini diadaptasi dari manga yang bergenre science fiction dengan judul yang sama. Sepanjang total 24 episode, anime ini menceritakan 15 orang anak yang menemukan goa kecil yang berisi peralatan canggih di pantai tempat mereka mengikuti kamp musim panas.

Dengan dalih uji coba game, anak-anak smp itu mau menandatangani kontrak pemilik peralatan canggih yang bernama Kokopelli. Berawal dari itu, mereka berteleportasi di dalam sebuah robot bernama Zearth dan harus menjadi pilot dari robot tersebut.

7. Aldnoah Zero

Via zerochan.net

Manusia dapat teleportasi ke Planet Mars setelah menemukan hypergate di Bulan, kemudian terbentuklah Kekaisaran Vers di sana. Namun, penemuan sebuah teknologi yang bernama Aldnoah yang ditemukan oleh Kekaisaran Vers berujung perang dengan penduduk Bumi. Lima belas tahun kemudian, diutuslah Princess Asseylum Vers Allusia untuk membawa misi perdamaian.

Misi tersebut gagal. Perang akhirnya pecah. Kekaisaran Vers ingin menguasai bumi sementara penduduk bumi menginginkan Aldnoah. Kaizuka Inaho, sang pilot trainee berhasil mengejutkan orang-orang di Planet Mars karena hanya menggunakan robot yang teknologinya jauh di bawah mereka.

8. Ghost in The Shell

Via inverse.com

Saking kerennya, anime ini diadaptasi oleh Hollywood dalam bentuk live action dengan pemeran utama Scarlett Johansson. Scarlett memerankan Major Motoko Kusanagi yang dalam film diubah namanya menjadi Major Mira Killian.

Dalam setting tahun 2029 tersebut, manusia dapat mengganti organ tubuhnya dengan robotik. Motoko Kusanagi sendiri semua tubuhnya adalah buatan karena kecelakaan saat kecil. Ia diberi misi untuk menginvestigasi seorang hacker.

9. Code Geass Series

Via thejakartapost.com

Anime mecha ini berkisah tentang Lelouch vi Britania, pangeran dari Kekaisaran Britania yang diasingkan. Ia yang dikirim ke Jepang berteman dengan Suzaku Kururugi dan berjanji melakukan pemberontakan kepada negaranya sendiri.

Saat itu, Jepang memang sedang dikuasai oleh Kekaisaran Britania. Tujuh tahun kemudian, Lelouch diberi kekuatan Geass oleh seorang anak perempuan misterius bernama C.C. Dengan kekuatan itu, ia bisa menghipnotis orang dan melancarkan aksi pemberontakan.

10. Tengen Toppa Gurren Lagann

Via stmed.net

Meski episodenya cukup singkat yaitu hanya 27 episode saja, anime mecha yang rilis tahun 2007 di Jepang ini wajib ditonton para anime lovers.

Petualangan dua orang yang berasal dari desa bawah tanah yaitu Simon dan Kamina demi mencapai tujuannya melihat langit yang indah, nggak akan membuatmu bosan. Latar anime ini memang ada di masa depan dimana manusia hidup di bawah tanah dan tak pernah melihat langit.

Sepuluh anime mecha terbaik itu tadi memang tidak hanya seputar teknologi robot dan menampilkan adegan peperangan saja. Perpaduan dengan berbagai tema dan genre semakin memperkaya cerita. Tak hanya ceritanya saja yang menarik, anime mecha ini juga kaya akan makna-makna cinta, persahabatan, dan keluarga.

Bagaimana? Tertarik menonton?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *