in

10 Kategori Aplikasi Android Terbaik Yang Paling Berguna

Aplikasi Android Terbaik
Via digitalentrepreneur.id

Di era digital dengan deretan smartphone yang canggih, tentu penggunanya harus tidak kalah smart. Ponsel yang kamu miliki akan tepat guna jika aplikasi yang terpasang benar-benar bermanfaat. Sekarang coba cek deretan aplikasi yang terpasang di ponsel kamu, seberapa sering kamu mengaksesnya? Hayo coba periksa lagi. Jika kamu termasuk jarang mengaksesnya, artinya aplikasi tersebut kurang bermanfaat untukmu.

Jika kamu merasa inilah saatnya untuk review deretan aplikasi yang ada di ponselmu, ini artikel yang tepat. Kami telah merangkum 10 aplikasi android terbaik, terbaru, sekaligus paling berguna untuk kamu! Dari begitu banyaknya aplikasi yang ditawarkan, kami merangkumnya untuk beberapa kategori, bukan per nama aplikasi. Dengan demikian kamu bisa lebih mudah memilih mana yang sesuai kebutuhan.

Apa saja aplikasi android yang wajib kamu miliki? Ini dia daftarnya!

1. Eksis di Medsos

Via digitalentrepreneur.id

Kategori yang satu ini bisa jadi merupakan aplikasi yang paling sering diakses dalam sehari. Jangan-jangan jadi aplikasi yang menyedot kuota, ya? Mungkin bagi banyak orang, di era digital saat ini, rasanya hampa dong jika tidak mengakses media sosial.

Aplikasi seperti Whatsapp untuk bertukar pesan dan kelola grup chatting, Instagram sebuah platform untuk berbagi foto dan video, LINE yang juga punya fungsi serupa seperti Whatsapp, hingga aplikasi seperti Facebook dengan Facebook Lite yang lebih hemat kuota. Beberapa aplikasi yang kami sebutkan di atas berada di urutan paling atas yang tersering diunduh oleh pengguna android.

Belakangan juga ada aplikasi yang naik daun yaitu Tiktok, diunduh jutaan kali dalam waktu singkat. Sempat kontroversi hingga dicabut izinnya di Indonesia, Tiktok adalah aplikasi untuk berbagi rekaman video lip sync dengan fitur dinamis. Kamu bisa memberikan komentar dan berbagi video dalam aplikasi ini.

2. Isi Waktu dengan Aplikasi Entertainment

Via adageindia.in

Mengisi waktu luang dengan streaming adalah pilihan menarik. Kini menonton film atau serial televisi tak perlu lagi menunggu hadir di bioskop atau rilis di layar kaca. Cukup pasang aplikasi seperti Netflix, iFlix, HOOQ, atau VIU untuk menonton drama Korea terbaik. Setiap aplikasi itu menyediakan deretan film dan serial televisi yang bisa kamu tonton – hingga lupa waktu!

3. Belanja Kian Mudah Lewat Ponsel

Via dailysocial.id

Nah, aplikasi android terbaru beberapa tahun belakangan yang juga tak kalah populer adalah platform untuk berbelanja secara online – atau yang biasa disebut dengan e-commerce. Sekarang setiap perusahaan seakan berlomba-lomba memudahkan penggunanya untuk berbelanja, lewat aplikasi yang user interfacenya sangat mudah dioperasikan.

Sebut saja aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.ID, Happy Fresh, Traveloka, Tiket.com, dan lainnya yang kadang menawarkan promo khusus bagi pengguna yang berbelanja lewat aplikasi. Tak hanya itu, start up pemula pun juga menawarkan aplikasi sebagai bentuk kredibilitas dan kemudahan, seperti yang dilakukan Sayur Box, Pasarku, Berrykitchen, dan masih ada ribuan lainnya.

4. Aplikasi Transportasi

Via mamikos.com

Nah yang satu ini juga sangat penting terpasang di ponsel seseorang yang aktivitas sehari-harinya perlu mobilitas tinggi. Aplikasi seperti Gojek dan Grab adalah dua yang berada di puncak aplikasi terbanyak diunduh. Kemudahan memesan moda transportasi hanya dengan sebuah aplikasi begitu memudahkan konsumen, sekaligus menguntungkan perusahaan unjuk gigi fitur yang mereka miliki.

Belum lagi banyak sekali promo yang ditawarkan oleh para startup perusahaan transportasi jika kamu memesan lewat aplikasi. Rasanya benar-benar dimanjakan jika kamu paham betul kebutuhan mobilitasmu.

5. Aplikasi Banking

Via catatanmini.com

Berikutnya yang juga tak kalah sering untuk dipasang di ponsel pintar adalah aplikasi yang ada di platform android yaitu mobile banking. Hampir semua perbankan telah memiliki aplikasi masing-masing. Dengan adanya aplikasi ini, transaksi finansial bisa diselesaikan dengan mudah di ponsel, tanpa harus repot-repot antre di bank.

6. Youtube

Via youtube.com

Sepertinya cocok menyebutkan Youtube sebagai salah satu aplikasi android terbaik berikutnya, yang hampir selalu ada di ponsel pintar setiap orang. Era digital yang marak dengan konten visual membuat tiada hari tanpa mengakses Youtube. Dari latar belakang profesi apapun, tentu memerlukan aplikasi Youtube untuk melihat video sesuai kebutuhan.

Bahkan sudah ada aplikasi Youtube Go yang lebih ringan dan cepat pengoperasiannya. Meski terbatas tampilannya tidak seleluasa Youtube yang versi besar, namun Youtube Go membuat kamu bisa menonton video tanpa khawatir boros kuota.

7. Akses Musik Kapan Saja, di Mana Saja

Via dancingastronaut.com/

Bentuk entertainment lain yang juga jadi favorit adalah aplikasi mendengarkan musik yang kini tak kalah populer. Joox dan Spotify adalah dua pemain yang menjadi pilihan favorit para pengguna android. Dengan memasang aplikasi-aplikasi tersebut, mendengarkan musik bisa sangat mudah.

Kamu bisa membuat playlist sendiri yang sesuai dengan daftar musisi favorit, dan membagikannya dengan orang lain. Tak hanya aplikasi di atas, beberapa radio juga telah merilis aplikasi versi mereka untuk memudahkan orang mengakses radio di manapun dan kapanpun.

8. Aplikasi Editing Foto

Via graphicriver.net

Kini mengelola kualitas foto tak perlu lagi repot-repot dilakukan di komputer, karena hp android terbaik pasti menawarkan deretan aplikasi edit foto terbaik android yang bisa membuat fotomu kian memukau. Foto yang semula terlihat biasa saja bisa dimodifikasi hingga warnanya kian tajam, mengatur pencahayaan, hingga menghilangkan objek yang tidak diinginkan.

Untuk kategori satu ini, aplikasi yang paling sering diunduh adalah VSCO, Snapseed, Adobe Photoshop Lightroom CC dan Adobe Photoshop Express. Keempatnyanya menawarkan fitur sunting foto yang canggih yang sebelumnya tidak pernah terbayang bisa ada di sebuah ponsel pintar. Belakangan juga populer aplikasi Unfold untuk menambah teks dengan apik di foto, dan terus bermunculan aplikasi-aplikasi lainnya.

9. Aplikasi Edit Video

Via alternativeto.net

Setelah editing foto, aplikasi yang juga tak kalah populer adalah edit video. Tak perlu lagi repot-repot menyunting video yang kamu miliki di komputer. Dengan aplikasi seperti Adobe Premiere Clip, Viva Video, Kinemaster, dan banyak lagi kamu bisa merapikan video yang telah kamu rekam dan siap diunggah ke manapun. Untuk orang yang aktif mengunggah konten di media sosial, yang satu ini juga tak kalah penting.

10. Aplikasi Penerjemah

Via sciencemag.org

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah aplikasi kamus untuk memudahkan kamu dalam menerjemahkan kata yang tidak dimengerti. Apapun profesi kamu, aplikasi kamus adalah yang tidak kalah sering diakses. Lalu untuk orang yang kerap traveling ke luar negeri dengan bahasa atau bahkan huruf berbeda, ada banyak lagi aplikasi untuk memudahkan memahami bahasa di tempat tujuan, seperti Google Translate, Microsoft Translator, Easy Language Translator, dan banyak lagi.

Kami sengaja tidak langsung mengelompokkan 10 aplikasi secara spesifik dalam artikel ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tiap orang. Dengan kategorisasi seperti di atas, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai selera dan bermanfaat.

Bagaimana dengan kamu? Apakah aplikasi favorit kamu yang paling sering diakses? Share yuk di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *