Via creativelive.com

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Komputer PC

Di galeri komputer atau smartphone kamu tersimpan puluhan atau ratusan foto yang mengabadikan momen penting kamu bersama orang terdekat, keluarga ataupun mantan di masa lalu.

Adakalanya momen tersebut ingin kamu bagikan melalui akun sosial media namun terkendala pada kualitas foto yang terlihat kurang menarik disebabkan mungkin karena teknik pengambilan foto yang kurang bagus atau karena kondisi lingkungan pada saat itu yang kurang mendukung.

Nah, disinilah peran dari sebuah aplikasi edit foto untuk menyulap foto kamu yang awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Terdapat banyak sekali aplikasi untuk mengedit foto di internet, mulai dari tingkatan pemula hingga yang mahir.

Dibawah ini telah dirangkum 10 aplikasi edit foto terbaik untuk komputer PC yang bisa kamu coba, ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan.

1. Adobe Photoshop

Via sharewareriver.com

Aplikasi edit foto untuk komputer PC yang pertama adalah Adobe Photoshop. Tentu kamu sudah tidak asing dengan aplikasi ini, sebab aplikasi Adobe Photoshop telah banyak digunakan bahkan desainer dan fotografer profesional sekalipun menggunakannya.

Adobe Photoshop menyediakan berbagai macam jenis tool yang dapat kamu gunakan untuk membuat foto kamu terlihat jauh lebih baik, namun dengan banyaknya tool yang tersedia membuat pengguna yang masih awam terasa agak sulit untuk menggunakannya, tetapi ditangan seorang ahli hal tersebut justru dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Download : Adobe Photoshop

2. Adobe Lightroom

Via wikipedia.org

Aplikasi edit foto untuk komputer PC yang selanjutnya masih dengan produk dari Adobe, yaitu Adobe Lightroom. Aplikasi Adobe Lightroom ini boleh dikatakan sebagai versi Adobe Photoshop yang telah disederhanakan sehingga dapat dengan mudah digunakan untuk yang masih pemula.

Aplikasi ini terfokus untuk melakukan editing foto seperti mengatur kecerahan, mengatur keseimbangan warna, exposure, dan juga dilengkapi dengan berbagai macam filter serta masih banyak lagi yang lainnya.

Fitur menarik lainnya dari Adobe Lightroom adalah kemampuannya untuk membagikan foto hasil editan kamu secara langsung melalui akun sosial media kamu yang telah terintegrasi dengan aplikasi Adobe Lightroom.

Download: Adobe Lightroom

3. GIMP

Via kathleenhalme.com

Berbeda dengan aplikasi edit foto berbayar yang telah dijelaskan sebelumnya, GIMP merupakan aplikasi edit foto yang gratis dan bersifat open source. Meski gratis namun aplikasi ini tidak kalah hebatnya dengan aplikasi edit foto yang berbayar, bahkan kamu dapat menggunakannya sebagai alternatif lain dari Adobe Photoshop.

Dari segi tampilan aplikasi ini dapat dengan mudah dipahami, pada layar utama kamu akan melihat jendela toolbox di sebelah kiri yang berisi berbagai macam tool yang siap menyulap foto kamu menjadi lebih menarik.

Download: GIMP

4. PhotoScape

Via download.cnet.com

PhotoScape adalah aplikasi untuk mengedit foto dengan cara mudah dan cepat, dengan menggunakan tool-tool yang sederhana. PhotoScape juga sering digunakan untuk membuat atau mengedit gambar animasi dalam format GIF, selain itu bisa juga digunakan untuk mengkonversi gambar RAW ke JPG serta masih banyak lagi fungsi lainnya.

Download: PhotoScape

5. Fotor

Via youtube.com

Fotor merupakan aplikasi untuk mengedit foto secara online. Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi foto sebelumnya, Fotor berbasis web sehingga untuk digunakan kamu harus mengakses ke situsnya terlebih dahulu.

Fotor memiliki berbagai macam tool dan efek filter dengan berbagai macam pilihan. Menggunakannya pun cukup mudah, pada saat pertama membuka webnya kamu akan dipandu tentang bagaimana cara menggunakannya.

Download: Fotor

6. Paint.NET

Via ul.gpii.ne

Paint.NET merupakan aplikasi edit foto yang dikhususkan untuk desainer yang telah memiliki skill dasar untuk mengedit foto. Sebab untuk pemula Paint.NET agak sedikit sulit digunakan namun apabila terbiasa tentu akan mahir juga.

Yang menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi edit foto ini adalah kemampuannya untuk melakukan undo tidak terbatas, tentu hal yang tidak dimiliki oleh aplikasi edit foto yang berbayar sekalipun.

Download: Paint.NET

7. Inkscape

Via wikipedia.org

Inkscape merupakan aplikasi edit foto di komputer yang dapat berjalan pada multiplatform. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Windows maupun Linux. Tool yang tersedia pun cukup banyak seperti kloning objek, mengatur kecerahan, membuat kaligrafi dan masih banyak lagi.

Download: Inkscape

8. Pixlr

Via whatphotographygear.com

Aplikasi Pixlr tersedia dalam berbagai macam platform seperti tablet, smartphone, desktop dan juga versi web. Aplikasi edit foto ini tersedia dalam 2 versi, yaitu Pixlr Editor dan Pixlr Express.

Pada versi Pixlr Editor menyediakan tool-tool layaknya aplikasi edit foto pada umumnya. Pada versi Pixlr Express memungkinkan kamu untuk mempercantik foto kamu dengan filter dan stiker yang tersedia di dalamnya.

Download: Pixlr Editor

9. DxO PhotoLab

Via techradar.com

Apa yang membuat aplikasi edit foto DxO PhotoLab ini spesial adalah kemampuannya untuk menemukan kekurangan pada foto kamu lalu melakukan penyesuaian pada ketajaman gambar dan mengurangi noise sehingga mampu menciptakan hasil foto yang sempurna.

Download: Dxo PhotoLab

10. Affinity Photo

Via bertrand-benoit.com

Aplikasi edit foto pc yang terakhir adalah Affinity Photo. Sekilas dari penampilan aplikasi ini sangat mirip dengan Adobe Photoshop, begitupun dengan cara menggunakannya.

Oleh karena itu bila kamu sudah tidak asing lagi dengan Adobe Photoshop maka kamu pasti tidak akan bingung dengan aplikasi yang satu ini. Yang menjadi kelebihan dari aplikasi edit foto ini yaitu karena harganya yang lebih murah dibanding dengan harga aplikasi Adobe Photoshop.

Download: Affinity Photo

Itulah 10 aplikasi foto terbaik untuk Komputer PC yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas foto selfie kamu sebelum di post di sosial media sehingga si doi bisa jadi makin tertarik dengan kamu. Apabila kamu memiliki saran atau tanggapan silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *