Berikut Pengertian Siaran Pers dan Macam-Macamnya

Berikut Pengertian Siaran Pers dan Macam-Macamnya

Metode penyampaian informasi kepada publik itu beragam. Salah satu strategi paling tepat agar diketahui banyak orang adalah dengan press release (pers siaran). Banyak pihak yang menggunakannya, mulai dari organisasi, personal, hingga perusahaan. Apalagi, macam-macam siaran pers itu berbeda sesuai penggunaannya.

Pengertian Siaran Pers

Jika membicarakan tentang pengertian siaran pers, akan banyak versi yang keluar. Tapi secara global, tujuannya sama. Siaran pers merupakan sarana memberikan informasi penting kepada khalayak. Biasanya di-publish di media massa atau surat kabar. Pembuatnya adalah bagian public relation (humas).

Konten dari press release tidak panjang, antara satu sampai dua halaman. Tapi informasi yang diberikan mudah dimengerti dan menggunakan teknik 5W+1H. Karena itulah, meskipun tampak mudah, pembuatan siaran pers perlu memperhatikan struktur, mulai dari judul, teras, hingga isi.

Banyak agensi yang memberikan jasa pembuatan press release, seperti siaranpers.co.id. Selain hemat biaya, penggunaan jasa siaran pers juga memperbesar peluang konten di-publish di media nasional. Konten yang diperoleh otomatis berkualitas karena ditangani tim pemasaran berpengalaman.

Macam-Macam Siaran Pers

Tujuan penulisan siaran pers secara umum adalah menyampaikan informasi. Isi dari konten atau artikel disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Macam-macam press release sebenarnya banyak. Tapi berikut dijelaskan 4 jenis siaran pers:

1. Siaran Pers Acara

Jenis pertama adalah event press release yang difungsikan untuk mempromosikan suatu acara. Siaran pers ini tidak hanya dibuat oleh perusahaan yang menyelenggarakan event tertentu. Tapi bisa juga pihak yang menjadi sponsor acara.

Event press release memiliki format yang sedikit berbeda, tidak harus 5W+1H. Umumnya berbentuk outline atau list. Informasinya lebih detail dan spesifik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

2. Peluncuran dan Pengumuman Produk

Siaran pers kedua yaitu digunakan saat peluncuran dan pengumuman ketika ada produk baru. Isinya menjelaskan keunggulan produk, manfaat, serta aspek menarik lainnya. Tujuannya yaitu meningkatkan brand awareness. Tidak heran jika sering digunakan sebagai alat promosi online media paling efektif.

3. Siaran Pers Perubahan Staf dan Karyawan

Perusahaan dan industri besar sering menggunakan jenis siaran pers ini. Ketika ada penunjukan staf dan karyawan baru, dibuat press release untuk menginformasikan kepada pihak lain. Contohnya pengangkatan direktur dan komisaris. Isinya berupa informasi biografi, keahlian dengan tambahan satu buah foto.

4. Siaran Pers Rebranding

Macam-macam siaran pers terakhir yang berperan penting pada perusahaan adalah rebranding press release. Banyak keraguan muncul dari konsumen ketika brand lama yang sudah familier diganti. Karenanya, dibuat siaran pers yang menjelaskan perubahan tersebut.

Agar audiens tertarik dengan brand baru, dijelaskan keunggulan fitur dan harapan dari perubahan. Bisa juga menyertakan kutipan positif dari eksekutif mengenai keberhasilan brand di masa depan. Cara ini dapat mengubah citra perusahaan.

Demikian penjelasan tentang press release atau siaran pers yang kerap dijadikan sebagai alat promosi. Macam-macam siaran pers disesuaikan dengan penggunaannya. Tapi secara global, tujuannya tetap untuk menyampaikan informasi.