in

10 Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah Untuk Diabetes
Via rd.com

Diabetes atau yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah diabetes melitus adalah suatu penyakit metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh seseorang baik itu dikarenakan produksi insulin yang tidak mencukupi atau insulin yang kehilangan responsivitas dan tidak berfungsi dengan baik. Kalau kamu punya masalah dengan penyakit yang satu ini, kamu bisa coba konsumsi 10 buah yang baik untuk penderita diabetes berikut ini!

1. Anggur

Via onehdwallpaper.com

Jika seseorang menderita penyakit diabetes maka ia harus mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari terutama makanan yang mengandung kadar gula atau indeks glikemik yang rendah. Salah satu buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi adalah anggur.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zunino di tahun 2009 dan dimuat dalam Journal of Nutrition menyebutkan bahwa anggur mengandung berbagai senyawa polifenol termasuk resveratrol, flavonoid seperti quercetin, cathecin, dan antosianin yang dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh, meningkatkan fungsi sel beta pankreas dalam memproduksi insulin dan melindunginya dari kerusakan.

2. Apel

Buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi selanjutnya adalah apel. Buah yang satu ini ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes setiap hari karena memiliki kadar glikemik yang rendah yakni 38 dan mengandung serat yang mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Selain mengandung serat, apel juga kaya akan senyawa pektin yang mampu mengurangi kadar gula darah seseorang hingga 50%. Sebuah penelitian berhasil membuktikan bahwa apel mampu mengurangi kadar gula dalam darah pasien diabetes setelah 24 jam dikonsumsi. Senyawa anti oksidan yanh terkandung dalam apel juga mampu mengurangi dan mencegah terjadinya peradangan pada penderita diabetes.

3. Jeruk

Bisakah penderita diabetes mengkonsumsi jeruk? Tentu saja bisa karena buah dengan rasa manis dan asam ini memiliki kadar indeks glikemik yang cukup rendah yakni berada pada kisaran 38-55. Tidak hanya itu saja, jeruk juga mengandung serat larut yang mampu membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Thais Cesar, PhD dari Sao Paolo State Universitas, Brazil menyimpulkan bahwa jus jeruk mengandung senyawa anti oksidan seperti flavonoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus melindunginya dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

4. Alpukat

Alpukat mungkin tidak selalu jadi pilihan buah untuk dikonsumsi setiap orang tapi alpukat adalah salah satu buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi setiap hari.

Alpukat tidak mengandung gula dan buah yang satu ini juga mengandung serat yakni 7 gram setiap 100 gramnya. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa alpukat memiliki efek hipoglikemik yang juga mampu merangsang sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin.

Kalau kamu menderita penyakit diabetes dan ingin mengkonsumsi alpukat, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau menambahkannga pada smoothies atau salad favoritmu

5. Semangka

Via realfoodforlife.com

Siapa sangka jika buah semangka yang segar dan manis ini juga termasuk buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi. Tidak main-main, efek anti diabetes semangka juga sudah dibuktikan secara ilmiah.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Jiyun Ahn dkk pada tahun 2011 menyebutkan bahwa semangka mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Antioksidan dan senyawa aktif lain yang terkandung dalam semangka juga dapat melindungi sel beta pankreas dari kerusakan yang mengakibatkan kematian sel dan rendahnya produksi insulin dalam tubuh.

6. Pepaya

Buah yang mudah ditemukan di pasaran ini juga termasuk buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi. Kandungan gula yang rendah membuat buah ini sebagai pilihan alternatif untuk mereka yang menderita diabetes. Tak hanya itu saja, serat yang terkandung dalam buah pepaya juga efektif dalam membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah

Seperti jenis buah lainnya, pepaya juga kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dan jaringan dalam tubuh terutama sel beta pankreas yang merupakan pabrik insulin di dalam tubuh. Jadi, kamu yakin tidak mau mengkonsumsi buah yang satu ini?

7. Blueberry

Buah blueberry yang cantik dan masih satu family dengan buah strawberry dan jenis berry lainnya juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

Blueberry mengandung berbagai jenis anti oksidan termasuk senyawa polifenol dan pigmen antosianin. Senyawa ini mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh April J. Stull dari Department of Human Ecology, University of Maryland Eastern Shore, Amerika Serikat pada tahun 2016 juga menyebutkan bahwa blueberry mampu menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 secara signifikan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dengan efek anti diabetik yang dimiliki blueberry ini, pantas saja kalau buah berwarna ungu ini kerap disebut sebagai super food.

8. Mangga

Diabetes adalah salah satu penyakit metabolisme yang disebabkan oleh beragam faktor seperti pola hidup tidak sehat dan obesitas atau kegemukan. Mengkonsumsi buah yang kaya serat seperti mangga bisa membantu mencegah terjadinya obesitas dan penyakit diabetes dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Edralin Lucas dari Oklahoma State University, Stillwater Amerika Serikat menyebutkan bahwa menambahkan mangga ke dalam menu diet sebanyak 1%, mampu menurunkan kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh hingga.

Diketahui kandungan serat dalam mangga yang jumlahnya sekitar 4% mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mempengaruhi sel beta pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. tak heran jika buah ini termasuk buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi.

9. Kiwi

Supaya tetap sehat, mereka yang menderita diabetes harus benar-benar memperhatikan asupan gula dan kalori yang dikonsumsi tubuh. Salah satu buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh adalah kiwi.

Buah yang terkenal berasal dari Selandia Baru ini memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Kiwi juga mengandung senyawa inositol yang efektif meningkatkan respon insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel sehingga kadar gula dalam darah dapat ditekan.

Kandungan antioksidan, flavonoid dan senyawa fitokimia lainnya dalam kiwi juga mampu melindungi sel tubuh termasuk dari kerusakan oksidatif. Vitamin C dan A yang dikandungnya juga baik untuk mendukung fungsi penglihatan pada pasien diabetes.

10. Aprikot

Via servingjoy.com

Satu lagi buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi dan bisa jadi cemilan yang sehat di saat santai. Aprikot, buah asli Asia yang masih satu famili dengan buah plum dan persik ini juga bisa ditemukan di Indonesia karena banyak dibudidayakan secara lokal.

Buah aprikot kaya antioksidan dan beberapa diantaranya sudah banyak diteliti. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan aprikot punya efek yang baik untuk penderita diabetes.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Bilal J. M. Al Rawi dkk menyebutkan bahwa kandungan serat dan antioksidan dalam aprikot termasuk empat senyawa fenolik, procyanidins, asam hydroxycinnamic,

flavonols, dan anthocyanins mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan.Asam hydroxycinnamic dan antosianin pada aprikot diketahui dapat menstimulasi produksi insulin oleh sel beta pankreas.

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, buah memang kaya manfaat. Jadi tunggu apalagi, kamu bisa mengkonsumsi berbagai buah untuk diabetes mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *