in

25 Cara Berhenti Merokok Dengan Makanan Dan Kebiasaan

Via drmatt.com

Kita tahu bahwa merokok bukanlah suatu kebiasaan sehat yang bisa terus dilakukan. Meskipun demikian, para perokok pasti sering mengalami kesulitan berhenti menghisap racun yang satu ini karena sudah terlanjur kecanduan. Jika kamu adalah salah satu dari para perokok yang ingin menghentikan kebiasaan ini dan siap untuk memulai hidup yang lebih sehat, kamu bisa mengikuti beberapa cara berhenti merokok yang sudah dirangkum oleh OhGitu berikut ini.

Bahaya Merokok

Sebelum masuk ke pokok pembahasan mengenai cara berhenti merokok, sebaiknya kamu pahami dulu bahaya-bahaya yang mengancam kamu saat menghisap rokok. Dengan begitu kamu akan lebih sadar arti pentingnya tubuhmu dibanding rasa candu dari rokok.

Dilansir dari American Heart Association, aktivitas merokok dapat meningkatkan resiko kematian akibat serangan jantung 25% hingga 30% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok baik aktif maupun pasif.

Rokok mengandung 6000 zat kimia dan 70 diantaranya dapat menyebabkan penyakit kanker. Setidaknya 480.000 penduduk Amerika meninggal setiap tahunnya karena mengidap penyakit jantung dan kanker paru-paru yang timbul akibat kebiasaan merokok.

Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh rokok diantaranya:

  • Atherosclerosis
  • Penyakit Jantung Koroner
  • Stroke
  • Asthma
  • Bronchitis
  • Pneunomonia
  • Tuberculosis
  • Katarak
  • Kanker
  • Anoreksia
  • Menopause Dini
  • Cacat Janin
  • Keguguran

Belum lagi bahaya lain yang akan muncul selain kesehatan, yaitu masalah keuangan akibat mahalnya biaya pengobatan dari berbagai penyakit tersebut.

Dengan menghentikan kebiasaan merokok kamu akan terhindar dari penyakit tersebut dengan resiko yang lebih rendah. Dilansir dari CDC.gov, setelah 2 hingga 5 tahun, mereka yang berhenti merokok dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan stroke secara drastis.

Fakta Dan Mitos Tentang Kebiasaan Merokok

Cara Berhenti Merokok
Via newsweek.com

Tidak semua hal yang kamu dengar tentang kebiasaan merokok adalah benar dan sebagian diantaranya hanyalah mitos belaka, seperti yang disebutkan berikut ini.

Mitos: Tidak ada yang akan terjadi setelah menghentikan kebiasan merokok yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Fakta: Merokok bisa menurunkan harapan hidup selama 14 tahun dan jika kamu berhenti merokok, kamu bisa hidup empat hingga lima tahun lebih lama terutama setelah usia 35 tahun.

Mitos: Berat badan akan bertambah jika berhenti merokok.

Fakta: Jika kamu mengganti kebiasan merokok dengan makan berlebihan tentu berat badanmu akan bertambah. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin, kamu bisa menjaga berat badan meskipun berhenti merokok.

Mitos: Rokok hanya menyebabkan penyakit kanker paru-paru.

Fakta: Rokok mengandung ribuan senyawa kimia yang tak hanya menyebabkan penyakit kanker paru-paru tetapi juga meningkatkan resiko penyakit jantung, saluran pernafasan dan jenis kanker lainnya seperti kanker tenggorokan dan kanker mulut.

Mitos: Menghisap satu batang atau sedikit rokok setiap hari tidak akan jadi masalah jika dilakukan.

Fakta: Merokok, berapapun jumlahnya bisa menyebabkan gangguan dan masalah kesehatan jika tidak segera dihentikan.

Mitos: Mengunyah tembakau secara langsung tidak akan menimbulkan bahaya seperti rokok.

Fakta: Mengunyah tembakau akan menghasilkan efek yang sama dengan aktifitas menghisap rokok bahkan resiko mengalami kanker mulut lebih besar jika tembakau dikunyah secara langsung.

10 Cara Berhenti Merokok Dengan Mengkonsumsi Makanan Alami

Untuk menghentikan kebiasaan merokok, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan berikut ini yang telah terbukti efektif dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

1. Susu

Via culturesforhealth.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Duke University, minum susu sebelum melakukan aktivitas merokok dapat membuat rasa rokok menjadi aneh dan tidak menyenangkan ketika dihisap. Jika kamu sangat ingin merokok, cobalah untuk meminum susu sebelum merokok atau mencelupkan rokok tersebut pada susu dan biarkan mengering. Setelah itu, kamu pasti akan merasakan rasa yang aneh pada rokokmu dan menurunkan hasrat ingin merokok.

2. Ginseng

Via urbol.com

Ginseng juga merupakan salah satu tanaman yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Senyawa aktif yang terkandung dalam ginseng mampu menghambat produksi senyawa neurotransmitter pada otak yakni dopamine yang dikenal sebagai senyawa pemberi rasa senang dan nyaman saat merokok. Mengkonsumsi teh atau suplemen ginseng secara teratur bisa membuatmu tidak merasa senang saat merokok dan akhirnya kamu akan berhenti dengan sendirinya.

3. Jahe

Image Via stylecraze.com

Jahe memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk membantu mengendalikan reaksi yang timbul dalam tubuh saat berhenti merokok terutama mengurangi rasa mual yang ditimbulkan dalam perut. Jahe telah lama dikenal sejak 2000 yang lalu sebagai obat herbal untuk mengatasi rasa mual atau nausea. Rimpang yang memiliki rasa pedas ini mengandung setidaknya puluhan senyawa aktif yang dapat menenangkan pencernaan. Mengkonsumsi suplemen jahe atau teh jahe akan sangat membantu terutama jika kamu merasa mual atau pusing setelah berhenti merokok.

4. Teh Herbal

Via webtokri.com

Meminum dan menghirup aroma teh mampu membuat tubuh dan pikiranmu rileks sehingga secara tidak langsung kamu bisa melupakan candu nikotin dalam tubuhmu. Jenis teh yang diketahui ampuh mengurangi keinginan untuk merokok adalah teh chamomile, sementara teh hijau dan teh melati mampu mengurangi kecemasan, depresi, sakit kepala dan rasa tidak nyaman yang timbul saat seseorang berhenti merokok. Antioksidan dalam teh juga mampu menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh rokok dan mengendap dalam tubuh.

5. Ekstrak Oat

Via modernfarmer.com

Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi 1 miligram ekstrak oat atau tanaman Avena Sativa empat kali dalam sehari dapat membantu mengurangi efek kecanduan nikotin dan mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Kamu bisa coba untuk menemukan suplemen yang mengandung ekstrak oat di apotik atau toko kesehatan terdekat.

6. Kunyah Permen Karet

Via scienceabc.com

Mengunyah permen karet tidak hanya efektif menjaga kesehatan gigi dan mulut tetapi juga bermanfaat untuk mengalihkan perhatian dan mengurangi keinginan menghisap rokok. Dengan kata lain, mengunyah permen karet akan membuat mulutmu sibuk sehingga keinginan untuk menghisap rokok bisa ditekan. Pilih jenis permen karet yang bebas gula agar kandungan gula dalam permen tidak menimbulkan masalah mulut lainnya seperti bau mulut dan radang gusi.

7. Jus Anggur

Via cookingupclean.com

Selain banyak mengkonsumsi air putih, meminum jus buah seperti jus anggur yang mengandung asam juga bis mempercepat pengeluaran toksin atau racun dari dalam tubuh termasuk nikotin yang terkandung dalam rokok. Antioksidan yang terkandung dalam jus anggur seperti resveratrol juga mampu menangkal efek radikal bebas yang ditimbulkan oleh asap dan senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam rokok. Konsumsilah jus anggur setiap hari terutama saat kamu merasa sangat ingin menghisap sebatang rokok.

8. Kacang-kacangan

Via phz8.petinsurance.com

Mengganti kebiasaan merokok dengan mengemil kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, walnut atau jenis kacang lainnya tidak hanya membantumu mengurangi kecanduan nikotin tetapi juga memberikan tubuhmu asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Saat ingin merokok, konsumsilah segenggam kacang dan rilekslah sejenak agar keinginan merokok menghilang dengan sendirinya.

9. Jeruk

Via skyhdwallpaper.com

Beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk atau lemon mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi. Aktifitas merokok dan nikotin yang masuk dalam tubuh dapat membuat tubuh kehilangan dan kekurangan vitamin C, oleh sebab itu konsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dapat membantu melengkapi vitamin yang hilang akibat merokok. Vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu faktor pemicu aktifitas sistem kekebalan tubuh yang berfungsi menangkal bibit penyakit serta radikal bebas.

10. Batang Sayuran

Via rd.com

Beberapa jenis sayuran yang cukup keras seperti wortel, mentimun dan batang seledri dan mirip seperti batang rokok bisa digunakan untuk menipu otakmu terutama saat keinginan untuk menghisap rokok mulai muncul dengan cara menghisapnya seperti saat sedang menghisap rokok. Seperti halnya susu, mengkonsumsi sayuran tersebut sebelum merokok juga akan membuat rokok terasa tidak enak sehingga kamu tidak akan betah berlama-lama menghisapnya.

15 Cara Berhenti Merokok Dengan Mengubah Kebiasaan

Selain menggunakan makanan yang dapat membantu berhenti merokok, kamu juga harus mengubah kebiasaanmu. Tanpa komitmen dan motivasi yang kuat, niat hanyalah menjadi niat tanpa ada hasil nyata. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok.

1. Buatlah Sebuah Rencana

Via ox.ac.uk

Sebelum mulai berhenti merokok, buatlah sebuah rencana seminggu sebelumnya. Ada baiknya jika kamu juga membuat daftar tentang apa yang kamu sukai dari rokok dan apa yang tidak kamu sukai.

Tulislah semua hal tersebut dalam sebuah kertas dan usahakan kamu meletakkannya ditempat yang sering terlihat. Kamu juga bisa menuliskan keuntungan dan kerugian apa yang ditimbulkan dari rokok yang kamu hisap baik untuk dirimu sendiri maupun utnuk keluarga.

Cara ini terbukti cukup ampuh dan disarankan oleh Daniel Z. Lieberman, M.D., ketua Clinical Psychiatric Research Center dari George Washington University Medical Center.

2. Tulis Alasan Berhenti Merokok

Via sbtmagazine.net

Selain menuliskan keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan oleh rokok, kamu juga bisa menuliskan alasan mengapa kamu ingin berhenti merokok.

Sebuah studi melaporkan bahwa sebenarnya setiap perokok saat ingin menghentikan kebiasaan tersebut namun otak dan tubuhnya yang sudah kecanduan tembakau sangat sulit diajak kompromi.

Oleh sebab itu sebelum menghentikan kebiasaan merokok, pikirkan semua dampak dan motivasi dibalik keinginan tersebut. Paksalah otak dan tubuhmu untuk melakukan hal lain dan melupakan keinginan untuk merokok.

3. Berhenti Membeli Rokok

Via steponerehab.com

Jika kamu sungguh-sungguh ingin berhenti merokok, berhentilah membeli rokok dan menyimpannya dalam rumah. Kamu juga bisa memberikan tanda dilarang merokok atau menciptakan no smoking area dalam rumah atau diruangan tempat kerjamu agar orang lain juga tidak bisa merokok. Kemungkinan besar jika kamu masih membeli rokok atau berkumpul bersama perokok lainnya, kamu akan sangat sulit menghentikan kebiasaan tersebut.

4. Buat Daftar Aktivitas Pengganti Merokok

Via landz.co.uk

Tak hanya motivasi, buatlah juga daftar aktifitas yang bisa kamu lakukan jika tiba-tiba kamu ingin merokok misalnya saja membaca buku, bermain game, minum air, makan salad, mengobrol, berolahraga dan lain sebagainya.

Aktivitas tersebut sebenarnya adalah sebuah usaha untuk mengalihkan perhatian otak pada hal lain. Jika tiba-tiba saat jam istirahat kantor kamu ingin sekali menghisap rokok, kamu bisa coba mengalihkan perhatian dengan bermain game atau mengobrol dengan temanmu. Intinya jangan sampai kamu menyimpan rokok walau hanya sebatang didekatmu.

5. Lakukan Di Saat Senang

Via wallpaperrs.com

Jangan memaksakan diri untuk berhenti merokok saat suasana hatimu tidak tenang atau dalam keadaan kacau. Berhenti disaat mood sedang jelek bisa mengakibatkan kegagalan dan akhirnya kamu akan kapok untuk mencobanya lagi.

Sebuah studi berhasil membuktikan bahwa mereka yang mulai berhenti merokok saat moodnya sedang baik memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bisa berhenti merokok.

6. Singkirkan Benda Yang Berkaitan Dengan Rokok

Via ebay.com

Singkirkan semua hal-hal yang mengingatkanmu pada rokok misalnya korek api, asbak, bungkus rokok, gambar rokok atau hal-hal lain yang ada hubungannya dengan rokok. Jika bisa katakan pada temanmu yang sesama perokok untuk tidak merokok didepanmu atau tidak menawarimu rokok saat sedang mengobrol bersama. Jika tidak ada satupun benda yang berkaitan dengan rokok maka fokusmu akan beralih ke hal yang lainnya, bukan?

7. Menabung Uang Rokok

Via redbookmag.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Scott Halpern dan rekan-rekannya dari University of Pennsylvania dan dimuat dalam New England Journal of Medicine melaporkan bahwa uang adalah salah satu motivasi kuat yang bisa membuat seseorang berhenti merokok.

Penelitian yang melibatkan sekitar 2.538 karyawan kantor tersebut menggunakan sebuah cara dimana karyawan yang merokok harus membayar sejumlah denda dan hasilnya cukup mencengangkan karena lebih dari 90% dari mereka berhasil berhenti merokok karena tak ingin membayar denda.

Meskipun kamu tidak perlu membayar denda seperti itu saat merokok, cobalah tabung uang yang biasa digunakan untuk membeli rokok setiap hari dan lihat hasilnya dalam satu bulan bahkan satu tahun.

8. Konsumsi Snack Sehat

Via healthstatus.com

Merokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit dan meningkatkan berat badan. Kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tentu harus benar-benar meninggalkan rokok.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi snack atau camilan sehat seperti biji bunga matahari, kacang-kacangan, permen karet bebas gula, wortel atau sayuran dan buah-buahan lainnya. Jadi, saat kamu sangat ingin merokok cobalah untuk mengkonsumsi makanan lainnya.

9. Bayangkan Bermain Tenis

Via williammills.com

Cara yang satu ini terbilang unik tapi terbukti secara ilmiah mampu mengurangi keinginan untuk merokok. Peneliti dari Inggris berhasil membuktikan bahwa mereka yang diminta untuk memvisualisasikan dirinya tengah bermain tenis cenderung dapat menahan dirinya untuk tidak merokok dibandingkan mereka yang tidak. Jika kamu tidak yakin, cobalah untuk membayangkan dirimu sendiri bermain tenis saat keinginan untuk merokok mulai muncul.

10. Akupuntur

Via nychi-acupuncture.com

Ather Ali, N.D., seorang naturopathic physician berhasil menyelesaikan penelitiannya tentang akupuntur dan melengkapi studi doktornya di Yale-Griffin Prevention Research Center, Derby, Connecticut.

Penelitiannya membuktikan bahwa teknik auricular acupuncture atau menancapkan jarum pada bagian belakang telinga mampu menurunkan kecanduan tembakau secara efektif dan membuat seseorang lebih jarang merokok. Kamu juga bisa mencoba cara ini jika kesulitan berhenti merokok dengan cara-cara sebelumnya.

11. Terapi Pengganti Nikotin

Via theconversation.com

Kamu bisa menghubungi dokter untuk meminta saran dalam usaha menghentikan kebiasaan merokok. Para ahli kesehatan biasanya akan memberikan saran untuk membantu menghentikan kebiaasaan merokok dan juga menyarankan terapi pengganti nikotin atau nicotine replacement therapy.

Dalam terapi ini dokter akan memberikan obat atau permen karet yang mengandung nikotin maupun obat-obatan non-nikotin seperti bupropion (Zyban) dan varenicline (Chantix). Dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut kecanduan nikotin dapat dikurangi sedikit demi sedikit tanpa reaksi tubuh yang berlebihan.

12. Olahraga Teratur

Via cardiotrek.ca

Rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga telah terbukti mampu mendukung proses menghentikan kebiasaan merokok seseorang. Olahraga memliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi efek kecanduan tembakau atau tobacco craving.

Cobalah untuk lari pagi setiap hari atau jika kamu hanya menghabiskan waktu di kantor, kamu juga bisa mencoba melakukan olahraga ditempat seperti push, squat, dan lain sebagainya.

13. Konsumsi Suplemen Vitamin

Via liversupport.com

Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B dan C mampu mempercepat metabolisme dalam tubuh dan mengeluarkan racun dalam proses detoksifikasi. Tentunya hal ini juga berlaku untuk mereka yang kecanduan nikotin. Zat nikotin sendiri diketahui sebagai salah satu toksin yang cukup sulit untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

14. Banyak Minum Air Putih

Via curejoy.com

Menghentikan kebiasaan merokok memang sangat sulit karena nikotin yang masuk dalam aliran darah sebagai toksin akan terus melekat dalam tubuh. Air merupakan salah satu substan yang dapat menetralkan racun dalam tubuh dan membuangnya keluar dari dalam tubuh lewat saluran kemih.

Dengan banyak mengkonsumsi air setiap hari, proses detoksifikasi aliran darah dari nikotin akan semakin cepat dan kebiasaan merokok bisa dikurangi sedikit demi sedikit oleh tubuh secara alami.

15. Berikan Hadiah Pada Diri Sendiri

Via thebreastcaresite.com

Setelah berhasil meninggalkan rokok dalam waktu yang cukup lama misalnya satu bulan, jangan ragu untuk memberikah hadiah pada dirimu sendiri sebagai suatu tanda kesuksesan.

Pemberian hadiah juga diyakini sebagai salah satu cara dan motivasi yang ampuh bagi seseorang yang sangat ingin berhenti merokok. Ajak juga teman-teman atau keluargamu makan malam atau melakukan hal lain untuk merayakannya.

Itulah beberapa cara untuk bisa menghilangkan kebiasan merokok, walaupun sulit namun tidaklah tidak mungkin. Jangan tunggu sampai rokok merebut kesehatan, waktu dan uangmu di masa depan. Share pengalaman suksesmu dalam berhenti merokok dengan pembaca OhGitu di kolom komentar ya!

Comments

Leave a Reply
  1. Berhenti merokok pasti cabarannya buat perokok tegar, sebabkan nak hilangkan ketagihan nikotin tu.. apapun, semangat mesti kena kental baru boleh berjaya. Suasana di sekeliling pun beri kesan juga tu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…