Via independent.co.uk

Cara Diet Mayo Lengkap dengan Panduan Lengkap

Pernahkah Anda mendengar tentang diet mayo? Diet mayo merupakan salah satu jenis diet yang cukup populer di dunia. Maklum saja, diet ini terbukti ampuh menurunkan berat badan dalam jangka waktu singkat. Diet mayo pertama kali dikembangkan oleh sebuah klinik di Amerika Serikat, Mayo Clinic.

Apa Sebenarnya Diet Mayo?

Via 6toplists.com

Diet mayo merupakan diet yang mengedepankan pola hidup sehat, yakni dengan membatasi asupan garam. Garam dianggap sebagai musuh utama yang dapat menyebabkan obesitas. Pasalnya, garam memiliki sifat menahan cairan di dalam tubuh sehingga membuat tubuh tampak lebih besar.

Berbeda dengan diet General Motors (GM), diet mayo bersifat jangka panjang. Selama 13 hari, tubuh akan mengeluarkan seluruh garam dan air melalui kotoran, baik feses maupun urin. Saat tubuh kehilangan asupan garam maka secara otomatis berat badan Anda akan menyusut.

Amankah Diet Mayo?

Tujuan utama diet mayo tidak hanya untuk melangsingkan tubuh, melainkan mengajak Anda untuk mengubah kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baik. Diet ini memang membatasi garam, tetapi Anda tak perlu khawatir karena diet mayo aman dilakukan. Hanya saja, Anda akan merasa kurang nyaman lantaran diet ini menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Kendati diet mayo aman, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Pasalnya, diet ini membatasi jumlah kalori dan zat gizi tertentu. Anda pun rentan mengalami gizi buruk dan berisiko terkena hipotermia, kekurangan garam.

Keunggulan Diet Mayo

Lantas, mengapa diet mayo begitu populer? Adakah keunggulan diet mayo dibandingkan dengan jenis diet lainnya? Jawabannya, tentu saja ada. Agar lebih jelas, simak sederet keunggulan diet mayo berikut ini.

  • Mencegah Diabetes
  • Menstabilkan Kadar Gula Darah
  • Menyehatkan Jantung
  • Menurunkan Kolesterol
  • Mencegah Hipertensi
  • Mengatur Sistem Hormon
  • Memperbaiki Sistem Metabolisme Tubuh
  • Menghilangkan Racun Mineral
  • Menyusutkan Berat Badan
  • Mencegah Penyakit Ginjal
  • Mencegah Aritmia
  • Mencegah Terjadinya Komplikasi
  • Melancarkan dan Menyehatkan Pencernaan
  • Mencegah Menyantap Makanan Terlalu Banyak
  • Tidur Menjadi Lebih Berkualitas.

Aturan Diet Mayo

Melakukan diet mayo sama artinya membatasi asupan garam. Agar diet mayo berjalan lancar, simak sejumlah aturan berikut ini.

  • Kalori yang masuk tidak boleh lebih dan kurang dari kisaran 1200-1800 per hari.
  • Dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur sebagai camilan sehat.
  • Hindari makanan yang mengandung garam tinggi, seperti makanan olahan.
  • Batasi asupan gula, gunakan gula rendah kalori.
  • Perbanyak makanan yang mengandung protein.
  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.
  • Terapkan pola makan sehat selepas program diet berakhir.

Tips Agar Diet Mayo Sukses

Manfaat Air Putih
Via rd.com

Bagi Anda yang tidak terbiasa atau belum pernah mencoba diet maya akan merasa kesulitan. Bahkan tak sedikit orang yang berhenti di tengah jalan. Untuk menghindari hal tersebut, ada sejumlah tips sukses diet mayo yang dapat Anda coba.

Adapun tipsnya, antara lain sebagai berikut.

Niat dan Komitmen

Menjalani diet mayo, terutama bagi pemula tidaklah mudah. Dibutuhkan niat dan tekad kuat untuk menjalani hari tanpa asupan garam. Jika Anda merasa hendak menyerah, ingat tujuan Anda memulai diet mayo.

Agar semangat Anda kembali, simak kisah sukses orang-orang yang berhasil menjalani diet mayo. Dengan begitu Anda akan termotivasi untuk meraih kesuksesan yang sama.

Puasa Garam

Puasa garam terdengar sangat menakutkan. Pada mulanya hal ini akan terasa sangat menyiksa. Namun, beberapa hari kemudian, Anda akan merasakan tubuh lebih segar dan ringan. Anda pun tidak akan mudah merasa lelah. Selain itu, lidah Anda akan mulai terbiasa dengan rasa hambar atau minim garam.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selama menjalani diet mayo Anda harus memperbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari. Hal ini bukan tanpa tujuan, asupan air putih yang cukup sangat berpengaruh terhadap kinerja otak. Kesehatan hati dan ginjal pun terjaga.

Selain itu, tubuh Anda tidak akan mudah terkena penyakit lantaran sistem kekebalan tubuh meningkat. Anda pun tidak mudah merasa lapar. Wajah pun tampak lebih awet mudah karena racun di dalam tubuh keluar bersama urin.

Target Harus Realistis

Anda boleh menentukan target, tetapi harus realistis. Misalnya, selama 13 hari Anda menjalani diet mayo, Anda berharap bobot tubuh berkurang 8 kilogram. Hindari target yang terlalu muluk dan sulit digapai, seperti menurunkan berat badan hingga 25 kilogram dalam waktu singkat.

Pilih Menu yang Anda Sukai

Anda tentu paham bahwa masakan tanpa garam sedikitpun terasa kurang lezat dan menggoda. Rasanya hambar hingga membuat selera makan Anda menurun seketika. Untuk menyiasati hal ini, pilih menu makanan yang Anda sukai. Alih-alih menggunakan garam, Anda bisa memanfaatkan rempah-rempah yang dapat melezatkan makanan. Misalnya bawang putih, bawang Bombay, kayu manis, jahe, dan cabai.

Hindari Makan Sembari Menonton TV

Menyantap makanan sambil menonton TV merupakan sesuatu yang menyenangkan. Perut Anda kenyang, suasana hati pun baik. Namun, menonton TV dapat membuat Anda kehilangan fokus tentang seberapa banyak makanan yang telah Anda santap. Sebaiknya, habiskan santapan Anda lebih dulu baru kemudian menonton TV.

Biasakan Makan Di Rumah

Agar diet mayo Anda sukses, hindari makan di luar rumah. Siapkan sendiri makanan Anda sehingga Anda akan lebih mudah mengontrol kalori dan bahan-bahan yang digunakan. Berbeda jika Anda membeli makanan di luar. Anda tidak akan tahu seberapa banyak penjual tersebut menggunakan garam untuk melezatkan masakan. Lagipula memasak makanan Anda sendiri jauh lebih sehat dan hemat.

Olahraga Teratur

Diet mayo memang efektif menurunkan berat badan, tetapi bukan berarti Anda mengabaikan olahraga. Olahraga tetap diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, olahraga pun dapat mengoptimalkan program diet Anda. Maka, sangat penting meluangkan waktu minimal setengah jam untuk berolahraga. Anda boleh melakukan olahraga apa pun yang Anda sukai. Misalnya berenang, berlari, jogging, senam, bersepeda, atau mendaki gunung.

Panduan Lengkap Menu Diet Mayo 13 Hari

Via businessinsider.sg

Sebenarnya, diet mayo tidak hanya menekankan pembatasan asupan garam sebagaimana yang diketahui masyarakat umum. Anda tidak perlu takut karena sangat banyak manfaat melakukan diet ini, di samping ampuh menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang tertarik menerapkan diet mayo, simak panduan menu diet mayo 13 hari berikut ini.

Menu Diet Mayo 13 Hari

Diet mayo ini cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sembari melatih diri untuk menerapkan gaya hidup sehat. Agar lebih jelas, simak menu diet mayo 13 hari di bawah ini.

Hari 1

  • Sarapan: Secangkir teh atau kopi tanpa gula dan susu.
  • Makan Siang: Satu porsi ayam kukus tanpa kulit yang diberi sedikit garam, mashed potato, dan sayuran rebus.
  • Makan Malam: Seporsi daging tanpa lemak, bayam rebus, dan buah-buahan.

Hari 2

  • Sarapan: Jus buah dengan sedikit gula, tanpa susu.
  • Makan Siang: Tahu atau tempe bacem, urap, dan pepes ikan.
  • Makan Malam: Salad sayur, boleh ditambahkan makaroni rebus dan minyak zaitun.

Hari 3

  • Sarapan: Roti dan telur, boleh menggunakan mentega sedikit.
  • Makan Siang: Jagung rebus, sayuran, dan seporsi daging panggang.
  • Makan Malam: Yogurt dan salad buah.

Hari 4

  • Sarapan: Roti bakar selai buah, boleh menambahkan sedikit mentega.
  • Makan Siang: Kentang tumbuk, sayuran, dan bola-bola daging sapi.
  • Makan Malam: Telur rebus, keju, dan buah-buahan.

Hari 5

  • Sarapan: Jus buah tanpa susu, boleh menambahkan sedikit gula sebagai pemanis.
  • Makan Siang: Seporsi dada ayam rebus, sayuran, dan buah-buahan.
  • Makan Malam: Roti, telur, dan sayuran.

Hari 6

  • Sarapan: Secangkir kopi atau teh dengan tambahan satu sendok teh gula dan buah-buahan.
  • Makan Siang: Salad segar yang terdiri dari seperempat ikan tuna, wortel, mayones, dan perasan jeruk nipis.
  • Makan Malam: Salad buah.

Hari 7

  • Sarapan: Secangkir teh atau kopi dengan tambahan gula batu.
  • Makan Siang: 2 butir telur ayam rebus.
  • Makan Malam: Tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun.

Hari 8

  • Sarapan: Satu lembar roti tawar dan secangkir kopi atau teh dengan tambahan satu sendok teh gula pasir.
  • Makan Siang: Selembar keju cheddar, wortel rebus, dan 1 butir telur rebus.
  • Makan Malam: 100 gram bistik sapi, selada, dan perasan jeruk nipis.

Hari 9

  • Sarapan: Secangkir teh atau kopi tanpa tambahan gula sedikitpun.
  • Makan Siang: Seporsi bistik panggang lengkap dengan salada dan satu buah pisang.

Makan Malam: Segelas susu rendah lemak tanpa penambahan gula dan semangkuk buah pepaya segar.

Hari 10

  • Sarapan: Secangkir kopi atau teh tanpa gula dan selembar roti tawar bakar dengan selai.
  • Makan Siang: Bayam rebus, sebutir telur ayam rebus, dan buah segar, seperti apel, pisang, atau jeruk.
  • Makan Malam: 100 gram bistik sapi panggang dengan selada dan perasan jeruk nipis di atasnya.

Hari 11

  • Sarapan: Secangkir kopi atau the dengan tambahan gula batu dan selembar roti tawar tanpa mentega.
  • Makan Siang: Seporsi daging ayam kukus, tanpa kulit. Boleh diberi sedikit mentega tawar.
  • Makan Malam: Segelas susu rendah lemak tanpa gula dan buah-buahan.

Hari 12

  • Sarapan: Selembar roti tawar dengan selai tanpa mentega dan secangkir kopi atau teh dengan tambahan sedikit gula pasir.
  • Makan Siang: Satu butir telur ayam yang diberi potongan wortel dan parutan keju cheddar.
  • Makan Malam: Seporsi bistik daging sapi panggang dengan selada.

Hari 13

  • Sarapan: Secangkir teh atau gula tanpa tambahan gula dan selembar roti tawar panggang tanpa selai.
  • Makan Siang: Seporsi daging ayam kukus dengan tambahan perasan jeruk nipis.
  • Makan Malam: Satu butir telur ayam rebus dan sebuah wortel segar, tanpa dikukus atau direbus.

Menu di atas dapat Anda kreasikan secara bebas. Namun, pastikan menu sarapan, makan pagi, dan makan malam mengandung sayuran atau buah segar.

Jika Anda termasuk orang yang menyukai camilan, Anda dapat menjadikan buah dan sayur sebagai pilihan terbaik. Agar tidak bosan, variasikan menu camilan Anda. Contohnya menu camilan siang hari satu butir apel dan jus buah tanpa gula untuk camilan di sore hari.

Demikianlah informasi mengenai pengertian diet mayo beserta pantangan dan cara diet mayo. Apa pun pilihan diet Anda, yang paling penting adalah komitmen dan konsistensi. Selamat mencoba, jangan lupa bagikan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *