3 Cara Paling Mudah Download Video Facebook Di PC & Android

Cara Download Video di Facebook
Via fortune.com

Facebook merupakan sosial media nomor satu di dunia dengan pengguna aktif harian sebanyak 1,47 miliar tersebar di seluruh dunia. Dengan pengguna aktif sebanyak itu, terdapat ratusan hingga jutaan postingan status, foto dan video yang diunggah pada Facebook setiap harinya. Mulai dari postingan tutorial, motivasi, lelucon hinggal hal yang berbau viral menghiasi timeline Facebook kita.

Kamu mungkin mengalami kendala ketika hendak mendownload postingan yang berbentuk video tersebut, sebab cara mendownload video di Facebook tidak sama seperti mendownload gambar yang hanya tinggal klik kanan lalu simpan, namun perlu beberapa cara untuk melakukannya.

Di internet sendiri telah tersebar berbagai macam cara untuk mendownload video di Facebook baik untuk kamu yang pengguna PC maupun Android, namun tak jarang tutorial yang diberikan justru berbelit-belit dan mengarahkan kita untuk mendownload aplikasi yang isinya kebanyakan iklan, masih untung jika aplikasi yang diinstal tersebut bebas dari virus.

Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk mendownload video Facebook di PC dan Android yang tentunya mudah untuk dilakukan dan aman dari gangguan virus dan iklan yang berlebihan,

Download Video Facebook Tanpa Aplikasi

Via avalons.net

Cara pertama untuk mendownload video di Facebook tanpa menggunakan aplikasi pada PC adalah dengan mengcopy link URL video kamu, ke situs savefrom.net.

Berhubung karena tidak ada tombol download yang tersedia pada video di Facebook, maka kamu dapat mengakalinya dengan mendownloadnya melalui situs ini. Caranya yaitu:

  1. Login pada akun Facebook kamu, kemudian pilih video yang akan kamu download.
  2. Klik Kanan pada video tersebut, kemudian pilih Show Video URL. Maka akan muncul sebuah kotak berisikan link video tersebut.
  3. Copy link tersebut, lalu buka situs savefrom.net kemudian paste ke dalam kotak lalu tekan Enter.

Maka video kamu akan muncul dengan tombol download disampingnya, tekan untuk memulai proses download.

Kamu juga dapat memilih kualitas dan format video yang akan kamu download dengan menekan arah panah bawah (˅) lalu pilih sesuai dengan keinginkan kamu.

Cara ini juga dapat kamu lakukan untuk mendownload video Facbook di Android, caranya hampir sama yaitu:

  1. Login pada akun Facebook kamu, kemudian pilih video yang akan kamu download.
  2. Klik titik tiga pada ujung video, lalu pilih Share. Maka akan muncul beberapa pilihan, pilih Copy to clipboard.
  3. Pada saat ini kamu telah memiliki link video yang akan kamu download, selanjutnya yaitu paste link tersebut pada situs savefrom.net kemudian download.

Selain itu kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk mendownload video yang ada di sosial media lainnya seperti vimeo, soundcloud maupun youtube.

Alternatif situs untuk mendownload video yang bisa kamu gunakan selain savefrom.net adalah fbdown.net dan dredown.com

Download Video Di Facebook Menggunakan Aplikasi IDM

Via snthostings.com

Cara mendownload video di Facebook pada PC berikutnya yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi download manager.

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan aplikasi download manager yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar, yaitu Internet Download Manager.

Dengan aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk mendownload video yang ada di Facebook hanya dengan sekali klik.

Sayangnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, namun kamu tetap dapat mencoba trialnya selama 30 hari. Berikut caranya:

  1. Pastikan kamu telah menginstal aplikasi IDM dengan versi yang terbaru dan telah terintegrasi pada browser kamu.
  2. Buka video yang akan kamu download di Facebook
  3. Pada saat video tersebut terputar maka secara otomatis akan muncul sebuah tombol dengan tulisan “Download this video”, tekan tombol tersebut untuk memulai proses download.

Download: Internet Download Manager

Download Video Di Facebook Dengan UC Browser

Via beritateknologi.com

Cara ketiga untuk mendownload video pada Facebook di Android tanpa menggunakan aplikasi yaitu dengan membuka Facebook menggunakan UC Browser.

Sekilas tentang UC Browser adalah sebuah aplikasi web browser (seperti Chrome dan Safari) yang digunakan untuk berselancar di internet. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai platform seperti Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone yang dapat diunduh secara gratis pada App Store di Smartphone kamu.

UC Browser memiliki fitur bawaan yang akan memudahkan kamu untuk mendownload video di Facebook. Caranya yaitu:

  1. Instal UC Browser pada Smartphone Android kamu melalui Play Store. Apabila kamu sudah pernah menginstal sebelumnya, pastikan untuk mengupdatenya ke versi yang terbaru.
  2. Setelah selesai terinstal, buka Facebook dan login ke akun kamu lalu cari video yang ingin kamu download.
  3. Setelah menemukan video yang akan kamu download, tekan tombol play maka secara otomatis akan muncul sebuah pilihan Play Online dan Download.
  4. Tekan Download untuk menyimpan video tersebut di Smartphone kamu.
  5. Tekan Play Online untuk memutar video tersebut secara online.

Pada beberapa kasus, kamu mungkin tidak bisa melakukan download disebabkan karena hak cipta dari pemilik video tersebut. Apabila cara ini tidak bekerja, kamu dapat menggunakan cara pertama sebagai gantinya.

Itulah 3 cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mendownload video Facebook di PC dan Android agar kamu bisa nonton lagi nantinya. Ketiga cara diatas telah dicoba dan terbukti berhasil dan sangat mudah untuk dilakukan serta bebas dari iklan-iklan yang mengganggu.

Gunakan cara yang menurutmu paling mudah dan apabila kamu memiliki kendala pada saat akan mendownload silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *