in

25 Cara Hidup Sehat, Bugar Dan Bahagia

Via hytexfit.com

Menjalani hidup dengan kondisi tubuh dan juga mental yang selalu sehat tentunya merupakan dambaan bagi semua orang. Sayangnya, dalam kehidupan ini masih ada banyak orang yang belum mengetahui hal-hal apa sajakah yang harus mereka lakukan dalam hidup ini.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimanakah tips-tips hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mental, maka jangan khawatir karena OhGitu akan mengulas segala tips tentang hidup sehat, mulai dari definisi hidup sehat, manfaat menerapkan pola hidup sehat, hingga cara-cara menerapkan pola hidup sehat melalui beberapa aspek.

ADVERTISEMENT

Definisi Hidup Sehat

cara hidup sehat
Via smartypantsvitamins.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar orang-orang berkata tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan hidup sehat itu? Menurut situs Healthline.com, hidup sehat merupakan suatu aktivitas atau perilaku yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, emosi, dan juga mental.

Pola hidup sehat sebenarnya tidaklah rumit dan sangat sederhana untuk dilakukan, namun kenyataannya memang pola hidup sehat sangat sulit untuk dijalankan secara rutin. Diperlukan tekad, perubahan pola pikir, dan juga konsistensi agar kamu bisa memiliki pola hidup yang sehat.

6 Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Via squarespace.com

Lalu, apa sajakah sebenarnya manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menerapkan pola hidup sehat? Berikut ini manfaat-manfaat memiliki pola hidup sehat:

1. Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Ini merupakan manfaat paling jelas yang bisa kamu peroleh dari hidup sehat. Ya, ketika kamu menerapkan pola hidup sehat, maka tentunya sistem imun tubuh menjadi lebih bagus sehingga kamu menjadi tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat akan membuatmu terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol, penyakit jantung, hingga kanker.

2. Berat Badan Terkontrol

Ketika kamu menerapkan pola hidup sehat, maka tentu saja berat badanmu akan terkontrol. Nah jika kamu memiliki berat badan yang ideal, maka kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang telah disebutkan diatas. Selain itu, memiliki berat badan yang ideal juga sangatlah penting untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

3. Memiliki Banyak Waktu Untuk Keluarga

Ini juga merupakan salah satu manfaat yang tentu saja bisa kamu dapatkan jika kamu menerapkan pola hidup sehat. Jika kamu memiliki tubuh yang sehat, maka kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan dengan keluarga maupun orang-orang yang kamu cintai.

4. Lebih Bahagia Dalam Menjalani Hidup

Tidak bisa disangkal jika tingkat kesehatan seseorang akan berbanding lurus dengan tingkat kebahagiaannya. Ketika seseorang terus menerus dalam kondisi sehat fisik dan mental, maka tentu saja mereka akan menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup.

5. Hemat Biaya

Ya, ketika kamu menerapkan pola hidup sehat, maka kamu menjadi tidak mudah sakit. Jika kamu tidak mudah sakit, maka tentunya kamu tidak harus menghabiskan uangmu untuk membeli obat, berkonsultasi dengan dokter, atau membayar biaya perawatan rumah sakit.

6. Hidup Dengan Umur Yang Lebih Panjang

Ini merupakan manfaat yang juga sangat jelas akan kamu peroleh jika kamu menerapkan pola hidup sehat. Ya, umurmu akan semakin panjang dengan pola hidup sehat! Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam The American Council on Exercise telah membuktikan hal tersebut.

Dalam studi tersebut, orang yang memiliki kebiasaan jalan kaki selama 30 menit dalam sehari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal dalam usia muda ketimbang orang yang jarang berjalan kaki.

7 Cara Hidup Sehat Melalui Pola Makan

Cara paling simpel dan sederhana untuk memiliki hidup yang sehat adalah dengan memperhatikan pola makanmu. Bagaimana sajakah pola makan yang dibutuhkan agar kamu memiliki hidup yang sehat? Simak tips-tips berikut ini:

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Via curejoy.com

Jika kamu ingin hidup dengan sehat, maka cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminum air putih secara rutin. Meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya akan membuat fungsi metabolisme tubuhmu selalu terjaga. Nah, fungsi metabolisme yang baik akan sangat membantu untuk memaksimalkan kinerja setiap organ tubuh dan juga menyingkirkan berbagai racun dari dalam tubuh.

Selain itu, meminum air putih secara rutin juga sangat diperlukan mengingat tubuhmu kehilangan cairan yang cukup banyak melalui keringat, nafas, maupun air seni setiap harinya. Selain itu, menurut sebuah studi yang telah dipublikasi dalam NCBI, kebiasaan meminum air secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan [1].

2. Menerapkan Diet Sehat

Via mycity-web.com

Untuk mendapatkan tubuh dan juga hidup yang sehat, tentunya kamu juga harus memilih-milih makanan yang akan kamu konsumsi. Konsumsilah makanan-makanan yang memiliki banyak kandungan gizi seperti misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ikan, kacang-kacangan, dan karbohidrat kompleks. Konsumsilah makanan tersebut dengan seimbang dan dalam porsi yang wajar.

Selain itu, batasi konsumsi makanan-makanan dengan lemak tinggi semisal jeroan, makanan berminyak, dan makanan bersantan. Makanan-makanan tinggi lemak akan memunculkan berbagai penyakit seperti kolesterol, penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi jika kamu konsumsi secara berlebihan. Selain itu, batasi juga konsumsi junk food atau fast food yang juga berpotensi mendatangkan penyakit bagi tubuhmu jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Via luvoinc.com

Mungkin masih banyak orang yang masih sering melewatkan sarapan. Padahal, sarapan merupakan salah satu aktivitas yang cukup penting untuk menunjang kesehatan tubuhmu. Ketika kamu sarapan, maka kamu akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitasmu. Selain itu, sarapan akan menghindarkanmu dari makan dengan porsi berlebihan pada siang harinya.

Akan lebih baik jika kamu sarapan dengan makanan yang mengenyangkan, namun memiliki nutrisi yang banyak. Makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai sarapan diantaranya adalah telur, oatmeal, buah-buahan, sereal, sayur-sayuran, beras merah, atau roti.

4. Perbanyaklah Konsumsi Buah dan Sayur

Via trueactivist.com

Jika kamu ingin memiliki tubuh dan juga hidup yang sehat, maka tentu saja kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Selain kaya nutrisi, buah dan sayur juga kaya akan serat serta memiliki kalori yang cukup rendah sehingga akan sangat bagus untuk diet dan kesehatan pencernaan.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Organik

Via organicauthority.com

Makanan organik merupakan bahan makanan yang tidak diberi pestisida atau zat-zat aditif lainnya saat proses pertumbuhan dan perkembangbiakannya. Makanan organik memang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan makanan lainnya, namun makanan organik sangatlah aman untuk dikonsumsi dan juga tentunya memiliki nutrisi yang lengkap.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengolah makanan organik dengan cara direbus atau dikukus. Batasi penggunaan minyak saat memasak makanan organik dan makanan lainnya karena menggoreng makanan akan membuat kalori dari suatu makanan akan meningkat.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak tentunya akan mendatangkan berbagai macam penyakit, seperti kolesterol dan diabetes.

6. Batasi Konsumsi Kafein dan Gula

Via sheknows.com

Membatasi konsumsi kafein dan gula juga sangat bermanfaat untuk membantumu hidup dengan sehat. Kafein dan gula memang akan memberikan beberapa dampak positif bagi tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, namun mereka akan memberikan dampak buruk jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

Mengkonsumsi kafein terlalu banyak akan membuat kamu menjadi dehidrasi sekaligus akan membuat jantungmu dipaksa berdetak dengan cepat. Sementara itu, mengkonsumsi banyak gula tentunya akan membuatmu menjadi sangat rentan terserang berbagai macam penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes, dan lain sebagainya.

7. Makanlah Dalam Porsi Kecil

Via gizmodo.com.au

Mengkonsumsi makanan 5 kali dalam sehari dengan porsi yang kecil ternyata lebih baik dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dalam porsi yang besar. Dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil sebanyak 5 kali dalam sehari, proses distribusi energi ke dalam tubuh kita akan menjadi semakin merata, sehingga tentunya kita menjadi tidak mudah lapar dan tetap berenergi sewaktu menjalani aktivitas sehari-hari.

2 Cara Hidup Sehat Melalui Pola Tidur

Selain melalui pola makan, memperhatikan pola tidur juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu. Sudah bukan rahasia lagi jika tubuhmu memerlukan istirahat yang cukup agar seluruh organ tubuh bisa berfungsi secara maksimal. Nah, apa sajakah tips-tips pola tidur yang bisa menjaga kesehatan tubuhmu? Berikut ulasannya.

1. Tidur Dalam Waktu Yang Cukup

Via greatist.com

Mungkin saat ini masih banyak orang yang masih meremehkan pentingnya memiliki waktu tidur yang cukup. Padahal, memiliki waktu tidur yang pas sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Ketika seseorang tidur dalam waktu yang cukup, maka sebagian besar organ didalam tubuh akan memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Ada sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam NCBI yang membuktikan bahwa ternyata orang yang tidur dalam waktu yang terlalu lama dan juga terlalu sebentar sama-sama memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit [2].

Dalam penelitian tersebut, orang yang tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 7 jam dalam sehari memiliki resiko lebih besar dalam terserang penyakit jantung dan juga diabetes. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam dalam sehari.

2. Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Via cheatsheet.com

Apakah kamu selama ini memiliki kebiasaan menonton TV atau bermain handphone sebelum tidur? Well, jika kamu memiliki kebiasaan tersebut, maka segera hentikan kebiasaan tersebut.

Sinar yang dipancarkan oleh TV dan handphone akan mengganggu ritme tidurmu dan hal tersebut ternyata akan berpengaruh terhadap kualitas tidurmu. Menurut hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam JAMA Network, memainkan handphone sebelum tidur akan membuat kualitas tidur seseorang memburuk [3].

Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tidur yang berkualitas? Jawabannya hanya satu: lakukan relaksasi sebelum tidur! Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan relaksasi, seperti misalnya mandi air hangat sebelum tidur atau membaca buku dengan menggunakan lampu tidur.

7 Cara Hidup Sehat Melalui Aktivitas Sehari-Hari

Aktivitas serta gaya hidup yang kamu lakukan juga akan berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga mental. Nah, aktivitas serta gaya hidup seperti apa sajakah yang mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh dan juga mental? Berikut ulasannya.

1. Olahraga

Via cardiotrek.ca

Tidak ada yang dapat menyangkal betapa pentingnya olahraga dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Ya, berolahraga dapat membuat sistem imun tubuh kita semakin kuat, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, berolahraga juga akan memperbaiki postur tubuh, sehingga kita dapat menjadi lebih percaya diri saat beraktivitas sehari-hari.

Kamu tidak harus pergi ke gym untuk mendapatkan manfaat dari olahraga. Beraktivitas secara sederhana seperti berjalan kaki, jogging, bersih-bersih rumah, atau berkebun sudah cukup untuk membuat tubuhmu mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga. Kamu setidaknya perlu berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Lakukan Meditasi Secara Rutin

Via finerminds.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa tekanan yang kita terima dalam pekerjaan, studi, maupun urusan pribadi akan sangat beresiko membuat kita menjadi stres. Padahal, stres secara berkepanjangan akan sangat berbahaya bagi kesehatan mental dan juga tubuh kita. Nah, ada banyak cara yang sangat ampuh untuk mengatasi stres, salah satunya adalah dengan bermeditasi.

Bermeditasi akan membuat jiwa dan juga pikiranmu menjadi tenang, sehingga kamu pun akan memiliki jiwa dan juga mental yang sehat. Melakukan meditasi pun tidaklah sulit dan dapat dilakukan dimana saja serta kapan saja. Cukup luangkan waktu selama 5 hingga 10 menit dalam sehari, kemudian pejamkan matamu dan atur tarikan nafasmu dalam keheningan.

3. Manjakan Dirimu Secara Rutin

Via huffpost.com

Selain melakukan meditasi, cara paling ampuh lainnya untuk mengatasi stres dengan cepat adalah dengan memanjakan dirimu sendiri secara rutin. Saat kamu merasa penat dengan berbagai macam hal yang kamu kerjakan, segeralah cari waktu di akhir pekan untuk melakukan segala hal yang menjadi hobimu, baik itu menonton film, shopping, jalan-jalan, atau yang lainnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, cobalah untuk menetapkan target dari segala hal yang kamu lakukan dan berikan dirimu hadiah ketika kamu berhasil menyelesaikan target yang kamu rencanakan tersebut. Semisal kamu harus belajar untuk mempersiapkan ujian, maka tetapkan target untuk belajar selama 2 jam. Setelah belajar selama 2 jam, kamu bisa istirahat sejenak dan menonton film favoritmu untuk refreshing.

4. Lakukan Kegiatan Outdoor

Via sg-fitclub.com

Ketika kamu beraktivitas outdoor, terutama pada pagi hari, segala kebaikan dari sinar matahari dan udara yang masih segar akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu.

Menurut sebuah jurnal yang telah dipublikasikan dalam NCBI, sinar matahari pagi akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia [4]. Sinar matahari memiliki kandungan Vitamin D yang sangat tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk memperkuat tulang dan juga meningkatkan proses penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh.

Selain itu, hawa udara pagi yang masih segar tentunya akan sangat bermanfaat untuk merileksasikan pikiran dan membuat dirimu menjadi bersemangat.

5. Bergeraklah Lebih Banyak

Via upriteergo.com

Sebagian besar orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam sehari untuk duduk. Padahal, duduk dalam waktu yang terlalu lama tidaklah baik untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk menghindari dampak buruk dari duduk terlalu lama, maka kamu bisa melakukan berbagai gerakan sederhana, semisal melakukan peregangan otot secara berkala atau berjalan-jalan disekitar ruangan ketika kamu sudah duduk dalam waktu lebih dari 2 jam.

6. Berhentilah Merokok

Via drmatt.com

Tentunya sudah bukan rahasia lagi jika merokok adalah salah satu sumber berbagai datangnya penyakit. Selain itu, ternyata bukan hanya kamu yang merokok saja yang akan mendapatkan dampak buruk dari rokok, namun orang lain yang menghirup asap rokok juga akan mendapatkan dampak buruk yang sama.

Bagi kamu yang tidak merokok, sebisa mungkin hindarilah asap rokok. Menurut hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam NCBI, perokok pasif memiliki resiko yang sama besarnya dengan perokok aktif untuk terkena penyakit jantung dan kanker dikemudian hari [5].

7. Bernafaslah Dalam-Dalam

Via blog.zoojoo.be

Aktivitas sederhana seperti bernafas ternyata juga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Ya, bernafas dalam-dalam akan membuat rasa stres menghilang serta akan membuat pikiranmu menjadi lebih tenang dan damai.

Cara melakukannya pun sangat mudah, kamu cukup mengambil nafas dalam-dalam hingga rongga dadamu terangkat, kemudian tahan selama beberapa detik. Setelah itu, hembuskan nafas secara perlahan-lahan. Ulangi langkah tersebut beberapa kali dalam satu menit.

5 Cara Hidup Sehat Melalui Pengembangan Diri

Melakukan introspeksi dan mengembangkan diri juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatanmu, terutama kesehatan mental dan emosi. Dibawah ini kamu bisa mengetahui berbagai macam hal-hal sederhana yang bisa kamu terapkan agar kamu memiliki hidup yang sehat serta pribadi yang berkualitas.

1. Cintailah Dirimu Sendiri

Via glamour.com

Kebahagiaan dalam menjalani hidup tentu saja akan berdampak sangat baik bagi kesehatan mental dan emosi. Nah, kebahagiaan dalam menjalani hidup tentu saja harus berawal dari dirimu sendiri.

Ketika kamu mencintai dirimu, maka kamu akan lebih bahagia dalam menjalani hidup. Untuk dapat mencintai dirimu sendiri, maka tentu saja kamu harus menerima dirimu sendiri apa adanya. Selain itu, kamu perlu menanamkan pola pikir bahwa dirimu adalah pribadi yang unik dan spesial.

Kamu juga harus banyak bersyukur karena ketahuilah bahwa diluar sana, ada banyak orang yang tidak seberuntung dirimu.

2. Perbanyaklah Bersyukur

Via huffingtonpost.com

Tips hidup sehat satu ini memang terlihat sangat sederhana, namun nyatanya cukup sulit untuk dilakukan. Ya, banyak bersyukur adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga pikiranmu.

Dengan banyak bersyukur, maka tentu saja kamu dapat mengambil sisi positif dari segala hal yang terjadi dalam hidupmu dan hal tersebut akan membuat hati dan juga pikiranmu menjadi damai dan tentram.

Selain itu, banyak bersyukur juga akan membuat diri kita akan menjadi pribadi yang lebih berkualitas dimata orang lain. Bukan tidak mungkin, diri kita akan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Oleh karena itu, mulai hari ini banyak-banyak bersyukur ya! Awalilah pagimu dengan gembira dan bersyukurlah kepada Tuhan karena kamu sudah diberi hari baru dan juga kesehatan yang baik.

3. Tersenyumlah Lebih Sering

Via huffpost.com

Tersenyum ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk meredam stres dan juga membuatmu merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup. Bahkan, para ahli berpendapat bahwa senyum yang paling dipaksakan sekalipun akan tetap bermanfaat untuk meredakan stres dan membuatmu menjadi lebih bahagia.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Atlantic telah membuktikan manfaat tersenyum bagi kesehatan [6]. Pada studi tersebut, para partisipan yang diinstruksikan untuk tersenyum memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan yang diinstruksikan untuk memasang raut wajah datar.

4. Tertawalah Lebih Sering

Via huffpost.com

Selain tersenyum, tertawa juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mentalmu. Ketika kamu tertawa, maka segala stres maupun gejala-gejala awal depresi akan segera hilang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kentucky, tertawa juga akan memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu. Melalui penelitian tersebut, diketahui bahwa ternyata tertawa dapat merileksasikan otot, bahkan menjaga kesehatan jantung.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tertawa pada kehidupan sehari-hari. Cara paling sederhana adalah dengan menonton video-video lucu atau berkomunikasi dengan sahabat-sahabatmu.

5. Buanglah Segala Pikiran Negatif

Via lifehack.org

Bagi kamu yang masih sering memelihara pikiran-pikiran negatif terhadap segala hal, maka buang kebiasaan tersebut mulai hari ini ya. Kebiasaan memendam pikiran negatif akan berdampak buruk bagi kesehatan mental. Plus, memiliki pikiran negatif juga akan membuat kebahagiaanmu dalam menjalani hidup menjadi berkurang.

Jika ada temanmu yang selalu memberikan aura negatif terhadap dirimu, segera tinggalkan temanmu tersebut. Jika kamu merasa tidak percaya diri dengan kemampuanmu dalam menghadapi sesuatu, maka ubah pola pikirmu sesegera mungkin. Mencoba berpikir positif terhadap segala hal akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dirimu dan tentunya, kamu akan terhindar dari stres dan depresi.

4 Cara Hidup Sehat Melalui Kehidupan Sosial

Kehidupan sosial juga memiliki dampak yang signifikan untuk menjaga kesehatanmu, terutama kesehatan emosi dan juga mental. Nah, dibawah ini kamu akan menemukan berbagai macam tips hidup sehat melalui kehidupan sosial beserta alasannya.

1. Berkomunikasi Secara Langsung Dengan Orang Lain

Via executiva.pt

Pada era digital saat ini, secara tidak disadari komunikasi secara langsung semakin jarang ditemui. Ya, banyak orang cenderung lebih banyak berkomunikasi secara online atau melalui dunia maya. Padahal, berkomunikasi secara bertemu langsung secara fisik akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan emosi dan mental seseorang.

Ketika seseorang berkomunikasi dengan orang lain secara langsung, maka akan terjalin keintiman disana, dan itu tidak akan kamu dapatkan jika berkomunikasi dengan orang melalui dunia maya.

Menurut artikel yang dilansir PsychologyToday, berkomunikasi secara face-to-face dengan orang lain akan sangat bermanfaat untuk meredakan stres, mencegah penyakit dementia, menjaga fungsi kognitif otak, bahkan memperpanjang umur seseorang [7].

2. Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Orang Lain

Via shutterstock.com

Menjalin hubungan yang baik dengan orang lain juga akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mentalmu. Ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, maka kita akan memiliki orang-orang yang akan selalu siap membantu kita dikala kita sedang mengalami masalah.

Selain itu, jika kita memiliki relasi yang baik dengan teman dan keluarga, tentu kita bisa mengeluarkan segala hal yang mungkin menjadi unek-unek kita kepada mereka dan hal tersebut sangatlah membantu untuk melepas segala stres yang kamu rasakan.

Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, maka percayalah bahwa hidupmu akan jauh lebih bahagia dan bermakna, sehingga kesehatan emosi dan mentalmu akan selalu terjaga.

3. Bertemanlah Dengan Mereka Yang Layak Untukmu

Via bostonglobe.com

Walaupun kita harus menjalin hubungan yang baik dengan semua orang, namun tentunya kamu juga perlu untuk memilah-milah teman. Tinggalkan teman yang tidak menghargaimu, selalu menyebar aura negatif, dan selalu membuatmu merasa sedih. Sebaliknya, pertahankanlah teman yang memang membuat dirimu termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal ini cukup penting karena secara tidak sadar, sifat dan cara berpikir seseorang akan sejalan dengan orang yang menjadi teman mereka. Jika kamu berteman dengan orang-orang yang malas, maka secara tidak langsung kamu pun akan menjadi pribadi yang malas.

Sebaliknya, jika kamu berteman dengan orang yang rajin, maka kamu pun akan termotivasi untuk menjadi serajin temanmu tersebut. Jadi, pilihlah teman yang layak untukmu dan percayalah bahwa hidupmu akan menjadi jauh lebih bahagia karenanya.

4. Jangan Pernah Berhenti Membantu Orang Lain

Via medellahealthcarellc.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kiat memiliki hidup sehat adalah selalu bahagia dalam menjalani hidup. Nah, salah satu cara paling mudah sekaligus mulia untuk dapat bahagia dalam menjalani hidup adalah dengan membantu orang lain.

Menurut  sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School, membantu orang lain dapat memberikan kebahagiaan tidak hanya bagi orang yang dibantu, namun juga orang yang memberikan bantuan.

Sekecil apapun bantuan yang kita berikan kepada orang lain, tentunya bantuan kita tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka yang kita bantu. Dengan mengetahui bahwa diri kita bermanfaat bagi orang lain, perasaan bahagia pun akan datang dan hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mental kita.

Nah, itulah berbagai macam cara menerapkan pola hidup sehat yang akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mental. Jangan lupa share pengalamanmu dalam menerapkan pola hidup sehat dengan tim OhGitu di kolom komentar ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

ADVERTISEMENT

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

25 Cara Berhenti Merokok Dengan Makanan Dan Kebiasaan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita: 4 Langkah Mudah