Cara Main Mobile Legends Di PC/Laptop Tanpa Lag Dan Emulator

Cara Main Mobile Legends Di PC Dan Laptop
Via vazgaming.com

Mobile Legends sudah tidak asing lagi ditelinga kita, hampir semua dari kita pernah memainkan atau setidaknya melihat teman kita memainkan game yang satu ini. Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena dimana kita bertarung 5 vs 5 untuk mempertahankan base tim dan menghancurkan base lawan.

Berbeda dengan game DOTA 2, game Mobile Legends ini hanya tersedia pada perangkat handphone. Sehingga untuk kamu yang tidak sempat memainkan game satu ini dikarenakan spesifikasi handphone yang kurang memadai tidak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa mencoba memainkannya melalu PC atau laptop dengan bantuan aplikasi Android Emulator seperti Nox atau Memu Play.

Dengan bermain menggunakan PC atau laptop, handphone kamu akan terbebas dari masalah seperti baterai cepat habis, memori penuh, HP cepat panas dan lemot pada saat bermain. Dan untuk masalah kontrol kamu tidak usah pusing, karena masing-masing aplikasi tersebut telah menyediakan pengaturan pintasan keyboard untuk mengontrol skill dan hero kamu dengan menggunakan keyboard dan mouse.

Cara Main Mobile Legends di PC Menggunakan Nox

Via kongbakpao.com

Cara Main Mobile Legends di PC yang pertama adalah dengan menggunakan Nox. Nox adalah sebuah Emulator Android yang memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi dan game Android seperti Tik Tok, Facebook, Clash of Clans, dan tentunya Mobile Legends pada PC/Laptop kamu.

saya pribadi merekomendasikan untuk menggunakan Nox, selain karena gratis, Emulator ini juga tersedia pada berbagai paltform yaitu Windows dan MAC.

Spesifikasi sistem yang dibutuhkan oleh Nox adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi : Windows XP SP3/ Vista/ 7/ 8/ 10 (Service Pack terbaru) dan DirectX 9.0c.
  • Prosesor : Dual core AMD atau Intel.
  • Video : Mendukung Open GL 2.0 atau diatasnya.
  • Memori : 1.5 GB RAM.
  • Penyimpanan : 2.5 GB

Spesifikasi Disarankan

  • Sistem Operasi : Windows 7/ 8/ 10 (Service Pack terbaru).
  • Prosesor : Multiple core yang mendukung VT-x atau AMD-V.
  • Video : Performa lebih tinggi lebih bagus.
  • Memori : 4 GB RAM.
  • Penyimpanan : 2.5 GB

Untuk cara main mobile legends di PC dengan menggunakan Nox, ikut langkah berikut:

  1. Langkah pertama yaitu tentu kamu harus mendownload NoxPlayer.
  2. Setelah download selesai, buka aplikasi Nox dan lakukan penginstalan sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  3. Bila instalasi telah selesai, jalankan Nox.
  4. Masuk ke Play Store, login dengan menggunakan akun kamu lalu instal Mobile Legends: Bang Bang.

Untuk dapat bermain kamu harus mengatur tombol keyboard yang akan kamu gunakan terlebih dahulu, Untuk dapat mengaturnya buka menu Keyboard Control pada sebelah kanan layar. Umumnya Nox telah menyediakan pengaturan pintasan keyboard secara otomatis yang dapat kamu gunakan, namun tetap dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan kamu.

Cara Main Mobile Legend di PC Menggunakan MEmu Play

Cara Main Mobile Legends di PC yang kedua adalah dengan menggunakan Android Emulator yang disebut MEmu Play. Emulator ini kurang lebih sama dengan Emulator Nox sebelumnya. Namun sayangnya MEmu Play hanya tersedia pada platform Windows.

Spesifikasi sistem yang dibutuhkan oleh MEmu Play adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Sistem :

  • x86/x86_64 Processor (Intel atau AMD CPU)
  • WinXP SP3/ Win7/ Win8/ Win8.1/ Win10
  • Windows DirectX 11/ Graphic driver dengan OpenGL 2.0
  • Hardware Virtualization Technology (Intel VT-x/AMD-V)
  • Minimal 2GB memori sistem
  • Minimal 2GB penyimpanan harddisk

Spesifikasi Disarankan :

  • CPU: Intel i5-8400
  • RAM: 16GB
  • Graphic: Nvidia GeForce GTX 1050
  • OS: Windows 10

Untuk cara main mobile legends di PC dengan menggunakan MEmu Play, ikut langkah berikut:

  1. Langkah pertama tentu kamu harus mendownload aplikasi MEmu Play terlebih dahulu.
  2. Setelah download selesai, buka aplikasi MEmu Play dan ikuti instruksinya hingga proses penginstalan selesai.
  3. Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi MEmu Play
  4. Setelah terbuka, masuk ke play store dan download Mobile Legends: Bang Bang.

Hampir sama dengan Nox, kamu harus mengatur tombol pintasan keyboard terlebih dahulu untuk dapat bermain. Untuk itu masuk ke menu Key Mapping yang berada pada sebelah kanan layar, lalu atur sesuai dengan keinginan kamu.

Cara Main Mobile Legends di PC Menggunakan Remix OS

Kedua cara diatas adalah cara bermain Mobile Legends di PC dengan menggunakan Emulator Android. Lalu bagaimana cara main Mobile Legends di PC tanpa Emulator? Caranya yaitu dengan menjalankannya pada sistem operasi yang disebut Remix OS.

Remix OS adalah sebuah sistem operasi yang memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi Android di PC layaknya HP Android kamu. Untuk dapat bermain Mobile Legends menggunakan Remix OS ini ikut langkah-langkah berikut:

  1. Pertama kamu harus download file Remix OS terlebih dahulu.
  2. Buka file Remix OS Installation Tool, lalu ikut instruksinya hingga Remix OS selesai terinstal pada harddisk kamu.
  3. Restart PC/Laptop kamu.
  4. Pada Menu Boot pilih Remix OS.
  5. Langkah terakhir adalah dengan menginstal Mobile Legends melalui aplikasi Play Store yang telah disediakan.

Untuk mengatur pintasan keyboard pada Remix OS, gunakan aplikasi Gaming Toolkit yang telah disediakan. Untuk mengaksesnya kamu cukup menekan app launcher lalu mencari Gaming Toolkit.

Cara Main Mobile Legends di PC Tanpa Lag

Penyebab Laptop Lemot
Via worthingherald.co.uk

Disaat kamu mencoba salah satu cara diatas untuk dapat bermain Mobile Legends di PC/Laptop, kamu mungkin mengalami yang namanya lag. Untuk itu kamu dapat mencoba cara berikut untuk mengatasinya :

  • Pertama, pastikan kamu memiliki spesifikasi PC/Laptop yang memumpuni untuk menjalankan Emulator Android. Sebab Emulator Android membutuhkan RAM, CPU dan Video Card yang tinggi untuk dapat berjalan stabil.
  • Kedua, kurangi penggunaan aktivitas CPU dan RAM dengan menutup aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Bila dirasa masih lag, setting pengaturan grafik game menjadi rendah agar tidak terlalu membebani sistem.
  • Ketiga, pastikan kamu memiliki kualitas jaringan yang bagus. Pada Mobile Legends kamu dapat menggunakan fitur mode cepat yang telah disediakan untuk mengatasi hal tersebut.

Ketiga cara diatas dapat kamu gunakan untuk mengatasi lag, sehingga tidak ada lagi alasan untuk kamu dikalahkan saat bermain. Untuk mudah meraih ranked tinggi hingga Mythic, pastikan kamu menggunakan hero-hero terbaik di Mobile Legends.

Itulah tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk dapat bermain Mobile Legends di PC/Laptop. Pilih cara menurut kamu paling cocok digunakan. Pada awal mungkin akan terasa sedikit sulit untuk beradaptasi menggunakan keyboard dan mouse, namun lama kelamaan pasti akan terbiasa.

Saya pribadi lebih suka bermain menggunakan Laptop, karena layarnya lebih luas dan saya bisa mengatur grafiknya menjadi yang paling tinggi sehingga lebih enak saat main. Bila kamu memiliki kendala saat bermain Mobile Legends di PC/Laptop kamu dapat menuliskannya di kolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *