Gak Perlu Minum Pil, Ini 10 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami

Cara Melangsingkan Tubuh
Via rd.com

Ada banyak cara melangsingkan tubuh yang bisa Anda coba! Namun, melangsingkan tubuh dengan metode diet ketat dan mengurangi drastis asupan makanan tentu bukanlah hal yang tepat. Selain menyebabkan kelaparan, juga cenderung memicu stres.

Menurut Charlie Seltzer. MD, seorang dokter berbasis di Philadelhia, mengatakan bahwa menurunkan berat badan dalam waktu singkat itu kurang sehat. Bahkan, sangat jarang bagi kebanyakan orang berhasil mengurangi bobot hingga 1-2 pons dalam seminggu.

Idealnya, diet haruslah dilakukan secara bertahap dengan diimbangi pola makan yang sehat.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh langsing tanpa harus menyiksa diri, caranya mudah kok! Anda cukup mempraktekan tips-tips diet dibawah ini. Check it out!

1. Perbanyak Minum Air

Manfaat Minum Air Hangat
Via articlesumo.com

Tips simpel yang pertama untuk menurunkan berat badan yakni dengan memperbanyak konsumsi air, setidaknya 8 gelas perhari.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika tubuh mengalami dehidrasi, biasanya akan timbul rasa lapar. Nah, kondisi ini mendorong Anda untuk ngemil lebih sering. Sehingga efeknya tubuh pun kelebihan asupan makanan.

Sebaliknya jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka itu akan membantu proses pengeluaran racun dan limbah menjadi lebih optimal. Selain itu, banyak minum air juga menekan rasa lapar.

Anda bisa mencoba minum segelas air putih sebelum makan. Hal ini akan membuat perut terasa kenyang, sehingga Anda pun tak perlu mengonsumsi banyak makanan.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Selanjutnya, cara melangsingkan tubuh yakni dengan menerapkan pola makan sehat. Bagaimana itu?

Jangan pernah Anda melewatkan waktu makan, atau tidak makan sama sekali. Itu jelas tidak sehat! Makanlah makanan rendah karbohidrat dan lemak. Atau pilih makanan dengan kandungan lemak HDL, yakni lemak sehat seperti pada ikan salmon, ikan tuna, alpukat dan sebagainya.

Pastikan juga untuk selalu memasukkan sayuran hijau dalam menu makan harian Anda. Sayuran adalah makanan kaya serat dan mengandung karbohidrat kompleks, sehingga baik untuk proses detoksifikasi tubuh. Tak lupa pula, tambahkan asupan vitamin dari buah-buahan agar tubuhmu tidak kekurangan nutrisi.

3. Pilih Protein Rendah Lemak

Protein memiliki peranan penting bagi tubuh. Selain diperlukan untuk pembentukan otot, protein juga membantu membantu perbaikan sel dan meningkatkan sistem antibodi. Oleh karena itu, jika Anda diet maka berusahalah untuk tidak memangkas habis asupan protein.

Lebih baik, Anda pilih jenis protein rendah lemak atau tanpa lemak agar dapat meminimalisir jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Selain itu, protein ini juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga Anda pun tak akan mudah kelaparan.

Adapun contoh makanan berprotein rendah lemak, seperti produk susu rendah lemak, daging unggas, seafood, yogurt rendah lemak, tahu,telur, kacang almond, daging sapi tanpa lemak, dan sebagainya.

4. Jangan Lewatkan Sarapan

Banyak orang beranggapan bahwa melewatkan waktu sarapan merupakan cara tepat untuk membantu menurunkan bobot badan. Padahal tidak, loh! Presepsi tersebut tak sepenuhnya benar. Justru dengan tidak sarapan, itu akan mendorong Anda semakin sering ngemil di siang hari sebab Anda merasa kelaparan.

Menurut studi yang dilakukan oleh Elizabeth Ward, MS, RD, penulis dari The Pocket Idiot’s Guide to the New Food Pyramids, memaparkan bahwa orang-orang yang rutin melakukan sarapan di pagi hari cenderung memiliki BMI lebih rendah dibandingkan orang yang melewatkan sarapan.

Maka itu, pastikan untuk selalu menjaga waktu sarapan. Anda bisa memilih beras merah atau sereal gandum dengan segelas susu rendah lemak untuk mengawali hari agar lebih berenergi.

5. Ngemil Sehat, 3-4 Jam Sekali

Via doctorinsta.com

Ketika melakukan program diet bukan berarti Anda harus merasakan kepalaran. Itu salah besar! Anda hanya perlu mengurangi asupan makanan berlemak tinggi. Termasuk asupan garam dan gula juga perlu dibatasi.

Ingat, menurunkan berat badan tidak boleh menyiksa diri. Usahakan untuk tetap mengisi perut setiap 3-4 jam sekali. Anda bisa mengemil makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan sejenisnya. Mengemil ini sangat diperlukan untuk menjaga kadar gula darah agat tetap stabil. Dengan begitu, tubuh juga tetap berenergi, tidak lesu.

6. Jangan Makan Terlalu Larut Malam

Anda pasti sering mendengar himbauan yang mengatakan bahwa makan tengah malam bikin cepat gemuk. Ya, faktanya hal tersebut bukanlah mitos belaka. Makan di malam hari memang kurang sehat. Sebab saat malam, seseorang cenderung melakukan sedikit aktivitas fisik.

Sehingga jika tubuh menerima asupan makanan berlebihan, maka efeknya kalori yang masuk akan disimpan sebagai lemak.

Pertanyaan tersebut sejalan dengan penelitian yang dilakukan di Brigham Young University, di mana 29 pemuda diminta untuk rutin makan malam selama 2 minggu berturut-turut. Hasilnya, rata-rata mereka mengalami kenaikan berat badan sebesar 0,6 kg.

Kemudian, mereka diminta lagi untuk tidak mengonsumsi maknanan di malam hari. Hasilnya, para relawan mengalami penurunan berat badan sekitar 0.45 kg.

Kenaikan dan penurunan berat badan tersebut memang tidak terlalu siginifikan. Jadi, jika memang Anda lapar di malam hari, makan saja! Namun hindari makanan yang berat. Anda bisa mengemil buah atau yogurt.

7. Batasi Konsumsi Makanan Olahan

Untuk melangsingkan tubuh tidak cukup hanya dengan berolahraga dan latihan fisik semata. Anda juga harus memperhatikan pola makan.

Nah, cara terbaik agar program diet Anda sukses, sebisa mungkin hindarilah konsumsi makanan olahan, termasuk makanan instan, makanan beku, ataupun makanan cepat saji. Seperti mie instan, snack, keripik, burger, pizza, kentang goreng, soda, es krim, dan sejenisnya.

Makanan-makanan tersebut memiliki nilai nutrisi yang rendah, selain itu juga tinggi kalori. Sehingga bila dikonsumsi terus-menerus dapat memicu kenaikan berat badan.

Ingat ya, Anda bukan tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Boleh-boleh saja Anda mengonsumsinya. Tapi cukup sesekali, jangan berlebihan ya!

8. Cukup Tidur

Tidur juga memberikan konstribusi cukup penting dalam proses penurunan berat badan. Tak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur rentan mengalami kenaikan berat badan.

Hal tersebut terjadi karena saat seseorang terjaga di malam hari, tubuhnya akan memproduksi hormon ghrelin dengan kadar tinggi. Hormon ini bertugas merangsang rasa lapar.

Dengan demikian, bila Anda begadang pasti cenderung ingin makan atau ngemil secara berlebihan. Hal inilah yang kemudian membuat bobot badan naik tanpa disadari.

So, usahakanlah untuk menjaga waktu tidur di malam hari minimal 6-8 jam. Hindari bermain ponsel karena itu akan membuat Anda terjaga lebih lama.

9. Berolahraga Secara Rutin

Kunci untuk memperoleh tubuh langsing sebenarnya cukup sederhana. Yakni dengan aktif bergerak di setiap hari. Melakukan kegiatan-kegiatan sepele, seperti pergi belanja, bersih-bersih rumah, mencuci dan memasak itu sudah membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Jika Anda termasuk orang yang bekerja kantoran atau kuliah sehingga tak sempat melakukan pekerjaan rumah. Maka cobalah membuat jadwal olahraga secara terstruktur.

Tak perlu berlebihan, cukup jadwalkan 3 jam perminggu untuk latihan aerobik. Imbangi juga dengan jogging di pagi hari, sesekali berenang dan atau jalan-jalan di sore hari. Mudah, kan?

10. Lakukan Latihan Fisik Kardio

Via sg-fitclub.com

Terakhir nih, untuk memaksimalkan usaha Anda dalam melangsingkan tubuh maka lakukanlah latihan fisik kardio.

Latihan kardio dikenal efektif untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak, membentuk otot dan melancarkan aliran darah. Anda juga tak harus melakukan latihan ini di tempat fitness.

Ada banyak jenis latihan kardio yang bisa Anda lakukan di rumah. Diantaranya seperti squat, punches, burpees, skipping dan sebagainya. Anda bisa mempelajarinya dari video-video di youtube.

Demikianlah beberapa cara melangsingkan tubuh yang simpel tanpa harus menyiksa diri. Oiya, lakukan tips-tips diatas secara rutin dan sabar ya! Hasilnya akan memuaskan bila Anda bersungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *