Via pexels.com

Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop & Komputer Dengan Lengkap

Kamu mungkin sudah lama mempunyai komputer atau laptop, tapi hingga saat ini masih belum tahu berapa ukuran RAM, processor, dan informasi lainnya mengenai spesifikasi laptop atau komputer yang kamu miliki.

Melakukan pemeriksaan pada spesifikasi laptop atau komputer kamu penting dilakukan sebagai bahan pertimbangan sebelum akan menginstal game atau aplikasi. Jangan sampai kamu menginstal aplikasi namun laptop atau komputer kamu tidak memenuhi spesifikasi minimal yang ditentukan, sehingga hasilnya akan menyebabkan laptop kamu lemot.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer kamu dengan lengkap, kamu bisa mengaksesnya langsung pada pengaturan atau bisa dengan bantuan aplikasi.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau Komputer Melalui Settings

Pada Windows 10, jika kamu ingin melihat informasi dasar mengenai spesifikasi perangkat dan spesifikasi Windows yang sedang berjalan pada komputer atau laptop kamu, kamu dapat mengaksesnya pada Settings. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Masuk ke menu Settings (Win + I).
  2. Pilih System, lalu klik About.

Cara lain untuk mengaksesnya yaitu dengan klik kanan pada Start Button lalu kemudian pilih System.

Pada halaman ini kamu akan menemukan informasi spesifikasi perangkat seperti nama perangkat, prosesor yang dimiliki, jumlah ram yang terpasang, tipe sistem, dan informasi lainnya. Pada halaman ini juga kamu dapat melihat spesifikasi Windows yang kamu miliki seperti edisi windows yang berjalan, versi dan buildnya.

Cara mengaksesnya selain pada Windows 10 yaitu:

  • Pada Windows 8, klik kanan pada Start Button lalu kemudian pilih System.
  • Pada Windows 7, klik Start Button, lalu klik kanan pada menu Computer dan klik Properties.
  • Pada Windows XP, klik Start Button, lalu klik kanan pada menu My Computer dan klik Properties.
  • Pada Mac, klik logo Apple pada bagian atas, dan pilih About This Mac.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau Komputer Melalui System Information

System Information merupakan aplikasi yang sudah ada sejak versi Windows XP hingga sekarang, yang mana digunakan untuk menampilkan informasi lengkap mengenai hardware, software dan komponen yang ada pada laptop atau komputer kamu.

Untuk dapat mengakses System Information cukup mudah, yaitu:

  1. Jalankan Run (Win + R).
  2. Ketik msinfo32, lalu tekan Enter.

Pada halaman pertama kamu akan melihat System Summary yang berisikan informasi yang lebih lengkap dibanding cara sebelumnya. Jika ingin menggali lebih dalam lagi, kamu dapat memperlebar tab Hardware Resources, Software Environment atau Components untuk mendapatkan informasi yang lebih detail lagi.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau Komputer Menggunakan Aplikasi

Cara ketiga untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer kamu adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Speccy, CPU-Z, PC Wizard, HWMonitor atau aplikasi untuk menampilkan informasi sistem lainnya.

Pada kali ini saya akan menggunakan Speccy untuk menampilkan informasi lengkap mengenai laptop saya, caranya yaitu:

  1. Download aplikasi Speccy pada website resminya secara gratis.
  2. Setelah download selesai, instal aplikasi Speccy dan ikuti instruksi penginstalan.
  3. Setelah selesai, jalankan Speccy.

Pada halaman awal Speccy kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai spesifikasi laptop kamu termasuk monitor suhu yang menginformasikan suhu pada perangkat kamu. Kamu dapat mengakses informasi lainnya dengan memilih tab-tab yang ada disebelah kiri.

Itulah tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer kamu, sehingga kamu tidak ragu lagi ketika akan menginstal game atau aplikasi. Apabila kamu mengalami kesulitan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *