Via rd.com

Sulit Melupakan Si Dia? Coba Dulu Cara Cepat Move On Ini!

Siap jatuh cinta, artinya harus siap patah hati. Cinta datang tiba-tiba, bisa membuncah, datar, bahkan hilang sama sekali. Who knows? Jika kondisinya adalah patah hati, maka hal pertama yang ingin dilakukan tentu tahu betul bagaimana cara melupakan seseorang.

Tapi tentu ini bukan perkara mudah, terlebih melibatkan perasaan. Mana mungkin bisa dengan mudahnya melupakan semua kenangan dan berpindah begitu saja? apalagi untuk melupakan mantan terindah. Meski kamu tipe orang yang bisa cepat move on, tetap saja melupakan adalah hal yang sulit dilakukan.

Ada yang mencari shortcut untuk melupakan dengan menenggelamkan diri menonton film di kamar berhari-hari. Bisa juga kamu melarikan diri ke makanan dan justru memunculkan masalah baru berat badan yang tak terkontrol.

Tak sedikit yang perlu waktu begitu lama untuk melupakan seseorang dan enggan membuka hati pada orang lain. Waktu terus berjalan, dunia terus berputar, mengapa harus menghentikan diri hanya untuk masa lalu yang berakhir buruk?

Lalu bagaimana caranya melupakan seseorang dengan mudah? Tenang dulu. OhGitu punya beberapa cara yang bisa kamu simak berikut ini:

1. Rela Dan Ikhlas

Via dingoodramas.com

Banyak orang berkata ilmu ikhlas tidak sembarangan orang yang punya. Memang benar, karena untuk bisa merelakan dan ikhlas bukan perkara mudah. Melupakan seseorang akan jauh lebih mudah jika kamu menerima apa yang terjadi.

Jadi untuk pertama kali, berdamailah dengan keadaan. Terima kenyataan bahwa kalian tidak ditakdirkan bersama. Siapa tahu dengan berpisahnya kalian justru membuka peluang baru yang sebelumnya tertutupi?

2. Cari Kesibukan

Via greatist.com

Bersedih itu boleh, ingin sendiri di rumah pun wajar. Tapi sebaiknya jangan berlarut-larut. Pergilah ke luar, cari kesibukan dan kegiatan lain. Act like nothing happened. Kamu akan lebih mudah menerima kenyataan jika terus menjalani hari dengan normal seperti sebelumnya.

Pergi ke luar rumah, ke manapun. Pergi belanja, nongkrong di café, bertemu teman-teman. Masih ada banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan meski hatimu sedang luluh lantak.

Jangan sampai kamu justru melewatkan banyak kesempatan sia-sia hanya untuk mengurung diri di rumah. Banyak sekali kegiatan seru di luar sana. Go explore!

Atau kamu juga bisa memanjakan diri dengan perawatan di salon, spa, atau menyortir barang dan menggelar garage sale yang seru. Semua kesibukan ini lebih positif dibandingkan dengan hanya melamun, kan?

3. Berdamai Dengan Masa Lalu

Via providencewomenshealthcare.com

Semengerikan apapun bayangan masa lalu kamu dengan mantan, cobalah untuk berdamai. Ingat bagian yang indah dari perjalanan cinta kalian, dan berdamailah dengan hal-hal yang menyakitkan.

Tentu selama berpacaran ada hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat, kan? Ingat hal itu dan syukuri semuanya pernah terjadi. Jangan menutup semuanya dengan satu hal menyakitkan. Berdamai akan membuat kamu lebih ringan melangkah ke kehidupan baru.

4. Kembangkan Skill Diri

Via yourmoveprogramme.co.uk

Saat hati hancur, kompensasi atau “balas dendam” yang tepat adalah dengan memanjakan diri. Dalam hal ini adalah menambah value dan skill dalam diri agar semakin punya banyak hal untuk diandalkan.

Ikuti banyak workshop berkualitas, bergabung dengan komunitas yang punya kontribusi positif, hingga memperkaya wawasan dengan membaca atau menonton.

Apapun itu, kamu sebaiknya menghargai diri dengan melakukan hal-hal yang positif. Dengan melakukan ini, kamu akan sadar satu hal: bahwa kamu berguna bagi banyak orang dan akan lebih menghargai diri sendiri.

Kamu juga bisa menjadi freelancer untuk mengisi waktu. Siapa tahu kamu bisa mengembangkan skill yang mumpuni sembari mendapat tambahan uang saku.

5. Ubah Rutinitas

Via news.gsu.edu

Bagaimana jika rutinitas kamu sangat erat kaitannya dengan orang dari masa lalu? Misalnya kalian selalu bersama dari pagi hingga malam, kegiatan pun berada di lingkaran yang sama. Coba melangkah keluar dari rutinitas itu.

Ubah polanya agar tidak membuat kamu merasa bergantung pada dirinya. Coba alternatif rutinitas yang lain tanpa harus melibatkan bantuan orang lain. Jika biasanya kamu selalu keluar rumah dan dijemput olehnya, coba alternatif lain.

Tenang saja, ada banyak cara yang lebih seru. Sebagai bonusnya, kamu jadi lebih mengenal kemampuan diri dan bisa lebih independen.

6. Bertemu Orang Baru

Via preview.ph

Jika mantan kamu berasal dari circle pertemanan yang sama, tak ada salahnya untuk mencoba bertemu orang baru. Buka koneksi dan ramahlah pada komunitas yang baru. Namun bukan berarti melupakan teman-teman yang kenal dengan mantan ya!

Kamu hanya mencoba menyegarkan kembali siapa orang-orang yang berada di sekitar selama proses melupakannya. Who knows dengan bertemu orang baru kamu membuka peluang emas lain atau mendapat jodoh berikutnya.

7. Tuangkan Perasaan

Via sbtmagazine.net

Jangan memendam sendiri perasaan sedih saat sedang patah hati ya! Tuangkan perasaan kamu pada media apapun. Kamu bisa menulis blog, cerita fiksi, jurnal, or simply anything.

Bukan itu saja, kamu juga bisa mencurahkan perasaan pada orang yang kamu nyaman untuk bercerita apapun. Orang-orang ini akan memberi saran yang diperlukan tanpa judging terhadap perasaan kamu yang tengah porak poranda.

Dijamin, setelah menuangkan perasaan pasti kamu akan merasa lebih lega dan tenang. Justru sebaliknya, jika kamu memendam sendiri perasaan patah hati, yang ada justru semakin berlarut-larut. Bahkan bisa-bisa kamu tidak sadar sedang melamun seorang diri!

8. Buat Zona Netral

Via jesspublib.org

Pastikan tempat kamu menghabiskan waktu sehari-hari tidak dipenuhi dengan segala pernak pernik yang sarat akan kenangan bersamanya di masa lalu. Foto di meja, kado spesial, baju pemberian darinya, atau apapun.

Simpan semua itu untuk menciptakan zona netral di ruangan. Jika barang-barang tadi masih ada di depan mata dan selalu kamu lihat, tentu akan membuat kamu lagi-lagi kembali ke masa lalu dan sulit untuk melangkah ke depan.

9. Bersihkan Jejak Digital

Via medium.com

Ada berapa ratus foto bersama mantan yang ada di ponselmu? Kemudian, buka akun Instagram atau Facebook kamu. Berapa banyak foto bersama dengan tagar relationship goal yang kamu unggah bersama seseorang?

Ketika hubungan sudah berakhir, itu berarti saatnya untuk membersihkan pula jejak digital. Hapus foto dari galeri ponsel kamu. Jangan pasang wallpaper ponsel saat kalian sedang berlibur.

Bersihkan pula media sosial dari jejak kalian berdua. Mungkin terasa sulit awalnya, namun setelah selesai pasti akan membuat kamu kian mantap untuk move on.

Begitu pula halnya dengan history chat yang begitu panjang. Jangan menghabiskan seharian untuk membaca kembali kemesraan kamu dengan seseorang yang justru berakhir dengan menangis ya! Lupakan semuanya, saatnya refresh semua aspek kehidupan kamu.

10. Traveling

Via ultiqaresorts.com.au

Tips terakhir untuk melupakan seseorang adalah dengan menjelajah hal baru di luar sana. Traveling adalah aktivitas paling positif dan akan menyita waktu kamu. Entah apa yang akan kamu temukan di sana dan justru membuat kamu mendapatkan insight baru dibandingkan dengan hanya terkungkung mengenang seseorang.

Tapi ingat, jangan traveling ke tempat yang pernah kalian datangi berdua. Itu sama saja dengan membuka luka lama! Explore tempat baru yang telah lama kamu idam-idamkan. Bisa sendiri atau bersama teman-teman.

Jika belum ada budget, kamu cukup kabur sejenak dari kepenatan. Escape ke kota yang tidak begitu jauh dan recharge energi kamu yang terserap untuk menata hati selama ini.

Sudah berapa lama kamu terkungkung mengenang seseorang dari masa lalu? Ayo move on, ada begitu banyak kesempatan di luar sana yang tidak sebanding dengan hanya mengenang seseorang yang belum tentu masih mengingatmu.

Tak kalah penting, jadilah sosok yang tegas dengan masa lalu. Jika kamu yakin bahwa semuanya sudah berakhir, jangan ada kesempatan untuk kembali merajut hubungan dan merusak semua upaya kamu untuk move on.

Pastikan kamu punya mental yang kuat hingga nanti jika dia datang dan bertekuk lutut meminta kamu kembali, there is no saying yes. Jangan mudah takluk jika kamu memang yakin ingin memulai kehidupan yang baru tanpa melibatkan mantan.

Semoga 10 tips melupakan seseorang di atas bisa membantu ya! Jika ada tips lain, bisikin kami lewat kolom komentar di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *