in

20 Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Dan Sehat

Via blogspot.com

Rambut panjang dan indah adalah salah satu ikon kecantikan wanita. Selain membuat wanita tampak cantik, rambut panjang juga membuat wanita tampak feminim. Meski demikian, kadang kamu tergoda untuk sesekali mengenakan model rambut pendek seperti model bob tapi setelah beberapa lama kamu menyesal dan merindukan rambut panjangmu. Pernah merasakan hal yang sama dan ingin rambut panjangmu kembali? Lalu bagaimana cara memanjangkan rambut lebih cepat dengan sehat dan berkilau? Jangan khawatir OhGitu sudah mengulas dengan lengkap di artikel ini. Simak terus ya!

Sekilas Tentang Rambut Panjang

Rambut, bagian tubuh yang satu ini sering disebut mahkotanya para wanita, tapi apa sih yang kamu ketahui soal rambutmu? Dilansir dari situs WebMD, rambut manusia terdiri dari dua bagian, yakni folikel atau akar rambut yang berada didalam kulit kepala dan helai rambut. Rambut mulai terbentuk saat janin memasuki usia 22 minggu dan pada saat itu jumlah folikel dalam kulit kepala mencapai lima juta. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang folikel rambut mulai berkurang dan pertumbuhannya pun melambat. Setiap tahunnya, rambut manusia akan bertambah panjangnya hingga 6 inchi atau sekitar 12,5 cm.

ADVERTISEMENT

Sejarah Rambut Panjang Wanita

Sebenarnya di zaman dahulu, rambut panjang tidak hanya dimiliki oleh wanita tetapi juga para pria. Beberapa kalangan pria bangsa Eropa membiarkan rambut dan jambangnya tumbuh panjang. Meski demikian, tetap saja di zaman itu wanita harus memiliki rambut yang lebih panjang dari laki-laki karena rambut panjang adalah simbol feminimitas dan identitas seorang wanita.

Sebuah jurnal yang ditulis oleh Peter Frost dari Departemen Antropologi, Universitas Lavel, Quebeq Kanada yang diterbitkan dalam Scientific Research Publishing menyebutkan bahwa tradisi memiliki rambut panjang telah ada sejak 60.000 tahun yang lalu dan evolusi serta seleksi alam adalah salah satu penyebab mengapa rambut wanita lebih mudah tumbuh memanjang daripada pria. Tentunya hal ini terkait dengan aktifitas pria yang lebih banyak dilakukan diluar rumah sehingga rambut panjang tentunya tidak praktis untuk mereka.

Fakta Dan Mitos Rambut

Via rd.com

Mungkin kamu pernah mendengar beberapa fakta dan mitos yang beredar tentang rambut panjang. Kira-kira apakah kamu bisa membedakan mana fakta dan mana yang merupakan mitos?

Mitos: Memangkas ujung rambut secara rutin dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Fakta: Dilansir dari situs Health.com, menurut Joshua Zeichner, MD, seorang  ahli dermatologi dari rumah sakit Mount Sinai, New York, pemangkasan ujung rambut tidak akan membuat rambutmu lebih panjang, hanya saja memotong ujung rambut yang rusak dan kering bisa menghambat kerusakannya agar tidak semakin menjalar dan hal ini akan mengurangi panjang rambut rusak yang harus dipotong.

Mitos: Menyisir rambut sesering mungkin hingga 100 kali sehari bisa membuatnya lebih cepat panjang.

Fakta: Menyisir rambut seratus kali sehari atau sebanyak mungkin tidak akan membantu rambut tumbuh panjang. Aktifitas menyisir rambut sebenarnya hanya bertujuan untuk menyalurkan minyak yang dihasilkan dari kulit kepala agar sampai keujung helai rambut dan menjaganya tetap lembab.

Mitos: Mencuci rambut dengan shampo secara berulang-ulang setiap keramas bisa mempercepat tumbuhnya rambut.

Fakta: Saat berkeramas, kamu tidak perlu membilas shampo kemudian mengulanginya lagi hingga beberapa kali karena hal tersebut tidak akan membantu rambutmu tumbuh lebih panjang.

Mitos: Tidur dengan rambut terurai bisa membuatnya tumbuh lebih panjang.

Fakta:  Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa rambut yang terurai saat tidur akan tumbuh lebih panjang dibandingkan dengan rambut yang diikat atau dikepang. Jika kamu kesulitan tidur dengan rambut terurai, kamu bisa mengikat atau mengepang rambutmu asal tidak terlalu kencang.

Mitos: Rambut panjang yang sehat hanya dipengaruhi oleh penggunaan produk perawatan rambut yang bagus dan faktor cuaca.

Fakta: Menurut pendapat Dr Melissa Piliang, ahli dermatologi dan therapist rambut dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat dalam situs Health.com, faktor utama yang membuat rambut lebih cepat tumbuh adalah nutrisi dari dalam tubuh yang diperoleh dari makanan. Beberapa zat nutrisi seperti zinc, zat besi dan vitamin D sangat penting untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Mitos: Beberapa ras wanita, seperti halnya Afro Amerika atau wanita keturunan Afrika dan Amerika tidak akan pernah memiliki rambut panjang.

Fakta: Setiap wanita apapun ras dan sukunya bisa memiliki rambut panjang selama ia tidak memiliki kelainan atau gangguan dalam tubuhnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut

cara memanjangkan rambut
Via rd.com

Segala hal yang terkait dengan tubuh manusia termasuk pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:

1. Genetis

Faktor genetis adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi warna, intensitas, jenis dan pertumbuhan rambut. Dilansir dari Sciencedaily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leif Carlsson, seorang ilmuwan dari Universitas Umea, Swedia berhasil menemukan gen yang berpengaruh dalam pertumbuhan panjang rambut dan gen tersebut diberi nama Lhx2. Gen ini bekerja sejak seseorang dilahirkan dan aktivitas gen ini semakin menurun seiring dengan pertambahan usia seseorang. Diketahui, pertumbuhan rambut optimal berada pada rentang usia 15 hingga 30 tahun dan menurun kecepatan tumbuhnya setelah usia 40 tahun.

2. Hormonal

Selain faktor genetis, faktor internal lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan rambut panjang adalah faktor hormonal. Diketahui, tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh seperti saat kehamilan dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Biasanya seorang wanita hamil merasa rambutnya tumbuh lebih panjang, hal ini sebenarnya dikarenakan saat hamil rambut tidak mengalami kerontokan sebagaimana biasanya. Normalnya rambut manusia mengalami kerontokan 50 hingga 100 helai setiap hari.

3. Nutrisi

Sebagai jaringan tubuh yang tumbuh paling cepat, rambut tentunya memerlukan asupan nutrisi untuk tumbuh. Dilansir dari situs HairScience.com, untuk dapat tumbuh optimal, rambut memerlukan asupan nutrisi termasuk protein, asam lemak omega3, vitamin B12, zat besi, zinc, dan vitamin D. Oleh sebab itu, jika ingin rambutmu tumbuh panjang dan sehat, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti ikan, daging, sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Perawatan

Meski nutrisi dari makanan merupakan faktor utama untuk menunjang pertumbuhan rambut, kamu bisa mempercepat pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut dengan melakukan perawatan secara rutin. Perawatan rambut yang baik seperti mencuci rambut dua hari sekali, menggunakan bahan alami sebagai masker atau minyak rambut bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat cuaca, zat kimia dan paparan sinar matahari.

5. Pengobatan

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi secara rutin bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut dan bahkan menghentikannya. Jenis obat yang dapat menghambat atau menghentikan pertumbuhan rambut diantaranya pengobatan kemoterapi, anti depressant, anti hipertensi, serta batu ginjal. Selain itu, beberapa golongan obat seperti methotrexate yang digunakan untuk mengobati rematik, lithium yang digunakan dalam pengobatan bipolar disorder dan ibuprofen diketahui juga memiliki efek yang sama pada rambut sebagaimana golongan obat anti depressant.

6. Penyakit

Rambut yang sehat menunjukkan kondisi tubuh yang sehat, hal ini benar adanya. Beberapa penyakit seperti anemia dan disfungsi tiroid diketahui menjadi faktor yang menyebabkan rambut sulit tumbuh. Jika kamu menderita anemia sebaiknya penuhi kebutuhan zat besi setiap harinya agar pertumbuhan rambut tetap terjaga, misalnya dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan lainnya.

7. Stress

Stress tidak hanya berdampak buruk pada sistem dalam tubuh tetapi juga berimbas pada pertumbuhan rambut. Stress fisik maupun mental seperti trauma kecelakaan dan depresi bisa menyebabkan  sistem dalam tubuh shock dan akibatnya terjadilah kerontokan rambut sementara yang dikenal dengan istilah telogen effluvium. Kerontokan ini akan terhenti jika seseorang sudah sembuh dari stress dan luka yang dideritanya.

14 Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat Secara Alami

Ingin rambutmu tumbuh panjang dan sehat? Cobalah melakukan perawatan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang direkomendasikan berikut ini.

1. Bawang

Via petinsurance.com

Bawang yang biasa kita gunakan untuk memasak ternyata juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Bawang mengandung senyawa sulfur yang dapat memicu pembentukan kolagen dalam kulit kepala. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Ambil beberapa buah bawang merah atau bawang bombay, iris dan haluskan.
  • Peras sari bawang yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan dan pijat sari atau jus bawang tersebut pada kulit kepala selama 15 menit.
  • Keramas dan bilas rambutmu dengan shampo sampai bersih.
  • Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

2. Telur

Via wikimedia.org

Telur memang terkenal akan kandungan nutrisinya yang dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe. Namun, telur juga memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu. Telur kaya akan senyawa protein, zinc, zat besi, sulfur, selenium dan yodium yang dibutuhkan dalam pertumbuhan akar dan helai rambut.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Kocok sebutir telur.
  • Kamu bisa menambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan madu untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut selama kurang lebih 20 menit.
  • Cuci bersih rambutmu dengan shampo dan air dingin.
  • Lakukan perawatan dengan masker telur seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

3. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Khasiat lidah buaya dalam menjaga kesehatan dan memicu pertumbuhan rambut memang sudah dikenal sejak dulu. Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut enzim proteolitik. Senyawa ini mampu memperbaiki kerusakan sel rambut dalam kulit kepala sekaligus merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga rambutmu bisa segera tumbuh panjang. Diane Gage, penulis buku Aloe Vera: Nature’s Soothing Healer juga menyebutkan bahwa lidah buaya mengandung senyawa mirip keratin yang merupakan protein alami penyusun helai rambut.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Haluskan gel lidah buaya.
  • Campur dengan sedikit minyak kelapa untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan pada rambut sebagai masker sebelum keramas selama kurang lebih 20 menit.
  • Cuci rambut dengan shampo seperti biasa dan bilas dengan air dingin.
  • Ulangi perawatan ini dua kali dalam seminggu dan lihat hasilnya.

4. Alpukat

Via lifehack.org

Superfood yang satu ini juga bisa jadi andalan untuk memperpanjang helai rambutmu. Buah alpukat kaya akan senyawa protein, asam amino dan vitamin A, D, E, B6 serta kaya akan potassium, asam folat dan zat besi  yang mampu menjaga keindahan alami rambut sekaligus merangsang pertumbuhannya.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Haluskan setengah buah daging alpukat.
  • Campur dengan satu buah kuning telur yang sudah dikocok untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan pada rambut yang basah dan biarkan selama 15 menit.
  • Cuci dan bilas rambutmu dengan iar dingin.
  • Lakukan perawatan ini satu sampai dua kali dalam seminggu.

5. Pisang

Via vineverareviews.com

Jangan sepelekan buah yang satu ini, karena selain enak disantap pisang juga bisa membuat rambutmu tumbuh panjang dan sehat. Pisang kaya akan senyawa potassium, karbohidrat, vitamin dan minyak alami yang dapat melindungi rambut dari kerusakan dan membantu mengatasi masalah ujung rambut yang bercabang.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Haluskan satu buah daging pisang.
  • Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan masker pisang tersebut pada rambut dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Keramas dan bilas rambutmu dengan air dingin.
  • Gunakan masker pisang dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Madu

Via lifehack.org

Madu tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu saja tetapi juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Madu bertindak sebagai emollient, atau zat yang mampu menjaga dan mengunci kelembaban dalam rambut. Selain itu, madu juga mengandung senyawa antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi yang mampu melindungi rambut dari kerusakan sehingga rambut bisa tumbuh dengan optimal.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Larutkan dua sendok makan madu dalam dua sendok air
  • Tambahakn dua sendok minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.
  • Pijat kulit kepala dan rambut dengan campuran tersebut selama 5 hingga 10 menit.
  • Cuci dan bilas rambutmu seperti biasa.
  • Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

7. Minyak Kelapa

Via huffingtonpost.com

Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa yang mengandung senyawa asam lemak dan protein secara rutin dapat mengurangi kerontokan, ketombe dan masalah rambut lainnya sehingga pertumbuhannya terjaga dan rambutmu akan lebih cepat panjang. Gunakan minyak kelapa murni yang yang terbuat dari minyak kelapa asli atau Virgin Coconut Oil.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Ambil dua hingga tiga sendok makan minyak kelapa dan hangatkan sebentar.
  • Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa hangat selama 15 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan keramaslah seperti biasa.
  • Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

8. Yogurt

Via salon.com

Yogurt mengandung senyawa protein dan asam amino yang dapat melindungi bagian kutikula rambut dari kerusakan dan ujung rambut yang bercabang. Tanpa ujung rambut yang bercabang tentunya kamu tidak perlu sering-sering memangkasnya dan rambutmu bisa tumbuh lebih panjang dan sehat. Untuk mendapatkan rambut panjang yang halus dan bersinar, kamu bisa mencoba resep hair mask yogurt berikut ini.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Ambil dua sendok makan yogurt kental.
  • Tambahkan satu buah kuning telur yang telah dikocok sebelumnya untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan pada rambut kering maupun rambut basah selama 20 hingga 30 menit.
  • Cuci rambut dengan shampo.
  • Ulangi perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

9. Cuka Apel

Via thejakartapost.com

Cuka apel juga berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan. Menggunakan larutan cuka apel untuk membilas rambut setelah keramas dapat membantu membersihkan folikel rambut yang tersumbat sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam kulit kepala. Dengan meningkatnya sirkulasi darah dalam kulit kepala, nutrisi dapat lebih mudah terserap dan rambut bisa tumbuh lebih panjang.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Larutkan dua sendok cuka apel dalam satu gelas air atau 1/3 gelas cuka apel dalam satu liter air.
  • Gunakan larutan cuka apel tersebut untuk membilas rambutmu setelah keramas.
  • Praktekkan perawatan ini setiap keramas dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

10. Seledri

Via vegetables.co.nz

Seledri banyak digunakan oleh masyarakat Asia terutama China untuk mengatasi masalah rambut dan mengatasi pertumbuhan rambut yang lambat. Daun seledri mengandung senyawa antioksidan, vitamin, mineral dan dan anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Jika kamu memiliki banyak daun seledri di dapur, kamu bisa mencoba resep masker berikut ini untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Siapkan lima helai daun seledri dan haluskan berserta batangnya.
  • Tambahkan tiga hingga lima sendok makan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan masker tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut dan biarkan selama 20 menit.
  • Cuci dan bilas rambut dengan air dingin.
  • Lakukan sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

11. Kentang

Via mipotato.com

Mungkin penggunaan kentang sebagai masker rambut belum cukup dikenal tapi bahan yang satu ini terbukti cukup efektif untuk menjaga dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Kentang mengandung vitamin B, vitamin C, niasin, zinc, mangan dan zat besi yang dapat menstimulasi pertumbuhan folikel rambut dan membersihkannya dari bakteri, minyak atau debu yang menyumbat folikel rambut.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Haluskan empat buah kentang ukuran sedang yang sudah dikupas dan dicuci bersih dengan 100 ml air menggunakan blender.
  • Setelah halus, gunakan kain untuk memeras sari kentang yang sudah dihaluskan tersebut.
  • Oleskan sari kentang tersebut pada kulit kepala dan helai rambut.
  • Pijat dan biarkan selama 20 menit.
  • Cuci dan bilas rambutmu seperti biasa.
  • Lakukan perawatan dengan sari kentang ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

12. Santan

Via craftsvilla.com

Selain minyak kelapa, santan juga dikenal sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan dan menyuburkan rambut. Santan mengandung protein, asam lemak alami, potassium, dan zat besi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut. Tak hanya memperpanjang helai rambut, santan juga akan membuat rambutmu halus dan tampak berkilau.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Hangatkan 50 ml santan murni dan tuang dalam sebuah wadah.
  • Oleskan santan hangat tersebut pada kulit kepala dan rambut.
  • Tunggu dan biarkan meresap kedalam kulit selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Bilas dan keramaslah dengan menggunakan air dingin.
  • Lakukan perawatan dengan santan dua hingga tiga kali dalam seminggu bila perlu.

13. Minyak Zaitun

Via farmviewmarket.com

Minyak zaitun yang sudah digunakan sejak zama Romawi kuno mengandung asam lemak alami yakni omega 3 dan omega 6 serta senyawa aktif lainnya yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Menurut penelitian, minyak zaitun mampu menghambat produksi hormon dihydrotestosterone dalam tubuh yang merupakan penyebab lemahnya pertumbuhan sel folikel rambut dalam kulit kepala.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Hangatkan dua sendok makan minyak zaitun kemudian tuang dalam sebuah wadah.
  • Oleskan minyak tersebut pada rambut dan pijatlah selama 5 menit sebelum tidur kemudian biarkan semalaman.
  • Keesokan harinya, cuci rambutmu dengan cara keramas seperti biasa.
  • Ulangi perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

14. Minyak Argan

Via arganoilhair.net

Minyak yang diekstrak dari kernel atau biji argan yang merupakan tanaman asli Maroko ini juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga keindahannya. Minyak argan mengandung asam lemak, asam amino dan senyawa aktif lainnya yang mampu mencegah kerusakan pada ujung rambut dan mengurangi masalah rambut bercabang.

Cara Pemakaian:

ADVERTISEMENT
  • Siapkan 4 sendok teh minyak argan.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok minyak kelapa untuk hasil yang maksimal.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut, kemudian bungkus dengan handuk atau shower cap selama 30 menit.
  • Cuci dan bilas rambutmu dengan shampo dan air dingin.
  • Gunakan perawatan rambut ini satu atau dua kali dalam seminggu.

6 Cara Alternatif Membuat Rambutmu Panjang Lebih Cepat

Via beautyandmakeuplove.com

1. Hair Mask

Saat ini kamu bisa menemukan banyak ragam dan varian hair mask atau masker rambut yang dijual dipasaran. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk merawat rambut dirumah dengan bahan alami, kamu bisa mengunjungi salon kecantikan dan memilih perawatan hair mask atau hair spa yang menggunakan bahan alami. Meski sedikit mahal, kamu bisa mendapatkan perawatan ekstra seperti pijatan dan pemberian vitamin pada rambutmu. Sama seperti perawatan dengan menggunakan bahan alami, kamu harus rajin melakukan perawatan ini jika ingin rambutmu tumbuh panjang dengan cepat.

2. Suplemen Dan Pengobatan

Rambutmu susah tumbuh panjang dan tebal? Jangan khawatir, karena saat ini banyak suplemen rambut dan vitamin yang tersedia baik yang dapat dibeli secara bebas maupun yang harus menggunakan resep dokter. Beberapa jenis suplemen yang dianjurkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut diantaranya Minoxidile, Finasteride, Kalium Carbonicum, dan Nioxin. Ingat, sebelum menggunakan suplemen atau obat-obatan tersebut, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli dermatologi.

3. Tonik Rambut Dan Vitamin

Penggunaan tonik dan vitamin rambut juga bisa menjadi alternatif untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu. Banyak jenis tonik dan vitamin rambut yang tersedia dipasaran, sebaiknya pilih jenis tonik atau vitamin rambut yang terbuat dari bahan herbal seperti minyak zaitun, lidah buaya, minyak argan, dan bahan alami lainnya. Penggunaan tonik berbahan kimia yang bersifat keras tidak dianjurkan karena justru bisa merusak helai rambut dan memperlambat pertumbuhannya.

4. Hair Extension

Metode yang satu ini memang populer dan banyak digunakan untuk memanjangkan rambut secara instan. Kamu tak perlu menunggu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan rambut panjangmu kembali. Metode ini dilakukan dengan menyambung rambut pendek dengan rambut sintetis maupun rambut sungguhan dengan menggunakan lem dan teknik khusus.

Cukup dengan mendatangi salon kecantikan dan membayar sejumlah uang, kamu sudah bisa mendapatkan rambut panjangmu kembali hanya dalam hitungan jam. Meskipun cara ini agak beresiko kamu tetap bisa mencobanya. Pilih salon kecantikan terpercaya yang hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas agar rambutmu tetap sehat dan cantik.

5. Laser Treatment

Perawatan dengan menggunakan sinar laser radiasi rendah bisa jadi salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memanjangkannya. Perawatan ini biasanya digunakan untuk mereka yang mengalami masalah pertumbuhan rambut yang lambat atau kerontokan yang parah. Menurut Dr Tamim Hamid, pencetus produk Theradome, energi atau foton yang dihasilkan oleh sinar laser akan diserap oleh sel folikel rambut yang lemah sehingga bisa kembali normal. Untuk mendapatkan perawatan ini di klinik kecantikan, setidaknya kamu membutuhkan biaya yang tentu tidak murah.

6. Injeksi Kortison

Injeksi kortison adalah salah satu jenis pengobatan efektif yang dapat merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat panjang sekaligus untuk mencegah kerontokan. Kortison sendiri adalah suatu golongan senyawa yang biasa digunakan dalam pengobatan radang seperti batu ginjal, jerawat, tendonitis dan arthritis. Jenis pengobatan ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kebotakan dan pertumbuhan rambut yang lambat. Untuk sekali suntik biasanya kamu membutuhkan biaya sekitar Rp 300.000 – Rp 1.000.000.

Tips Lain Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Via pinterest.com
  • Konsumsi makanan sehat dan diet yang seimbang dengan lebih banyak protein, vitamin serta mineral sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut sebagaimana disarankan oleh Dr Amy McMichael, MD, dalam situs WebMD.
  • Pangkas ujung rambut setiap enam atau delapan minggu sekali. Meskipun memangkas ujung rambut tidak akan membuat rambutmu tumbuh lebih panjang, setidaknya kamu bisa memiliki rambut yang lebih sehat tanpa ujung yang bercabang.
  • Gunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan yang halus seperti satin atau silk. Sarung bantal yang halus akan mengurangi pergesekan rambut dengan bantal saat tidur dan hal ini bisa mengurangi resiko kerontokan rambut.
  • Gunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan shampo.
  • Keramas dua hari sekali dan tidak perlu keramas setiap mandi.
  • Sisir rambutmu pelan dan hindari menyisirnya saat basah karena hal tersebut bisa menyebabkan rambut rontok.
  • Gunakan air dingin saat keramas. Hal ini akan membantu rambut tumbuh lebih baik sekaligus menjaga kelembabannya.
  • Hindari rokok dan alkohol. Zat kimia yang terkandung dalam rokok dan alkohol bisa mempengaruhi asupan nutrisi akar rambut.
  • Memijat kulit kepala secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan penyerapan nutrisi oleh akar rambut.

Nah sekarang kamu sudah tau kan apa saja cara-cara yang bisa mempercepat panjangnya rambutmu? Share pengalamanmu dalam memanjangkan rambut dengan OhGitu di kolom komentar, dong!

ADVERTISEMENT

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

20 Cara Memerahkan Bibir Gelap Secara Alami Dan Medis

25 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Aman