Via telset.id

Cara Mematikan Update Otomatis Di Windows 10 Secara Permanen

Tidak ada hal yang paling menyebalkan selain harus menunggu update pada saat menyalakan atau mematikan komputer. Ditambah lagi ketika sedang terburu-buru untuk mengerjakan tugas yang satu jam lagi akan dikumpul, tetapi harus menunggu update selesai terinstal. Sungguh sangat menyebalkan.

Kasus diatas merupakan salah satu dari banyak alasan mengapa beberapa pengguna Windows lebih memilih untuk mematikan update otomatis pada komputernya. Namun yang menjadi masalah adalah karena pada Windows 10 memiliki fitur update dan install secara otomatis, sehingga kita tidak tahu kapan update dan install akan dilakukan.

Walaupun di pengaturan kamu tidak dapat menghentikan update otomatis ini (seperti pada versi sebelumnya), namun tetap saja ada cara-cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mematikannya baik untuk sementara maupun secara permanen. Berikut ini cara mematikan update windows 10.

Mematikan Update Melalui Windows Update Service

Cara matikan update Windows 10 yang pertama adalah dengan melalui pengaturan Update Service. Cara ini dapat menghentikan update Windows 10, namun biasanya akan aktif kembali setelah jangka waktu tertentu. Ikuti langkah berikut untuk mematikannya.

1. Jalankan Run dengan menekan Win + R, lalu ketik msc dan tekan enter.

2. Pada jendela Services, scroll hingga kamu menemukan Windows Update, lalu klik dua kali.

3. Pada Startup type, pilih Disabled.

4. Langkah selanjutnya yaitu masuk ke tab Recovery, dan atur First failure menjadi Take No Action. Setelah itu tekan Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan.

Dengan ini kamu tidak akan bisa untuk mendownload update dan ketika kamu akan melakukan update maka akan muncul pesan error. Oleh karena itu, jika ingin kembali dapat melakukan update ikuti langkah 1 hingga 2. Dan pada Startup Type pilih Automatic.

Mematikan Update Melalui Local Group Policy

Cara matikan update Windows 10 yang kedua adalah dengan mengaturnya pada Local Group Policy. Perlu diketahui bahwa pengaturan Local Group Policy Editor hanya tersedia pada Windows 10 Professional, Enterprise dan Education, sehingga untuk kamu yang memiliki versi Windows 10 selain yang tiga disebutkan, silahkan gunakan cara pertama.

1. Jalankan Run dengan menekan Win + R, lalu ketik msc dan tekan enter.

2. Buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.

3. Klik dua kali pada Configure Automatic Updates.

4. Pada jendela Configure Automatic Updates, pilih Disabled.

5. Setelah selesai tekan Apply lalu OK.

Untuk dapat kembali mengaktifkan windows update ikuti langkah 1 hingga 3, dan pada jendela Configure Automatic Updates, pilih Enable. Sebagai tambahan kamu dapat mengatur Configure Automatic Updating menjadi 2 – Notify for download and auto install. Dengan ini setiap akan melakukan update Windows, kamu akan menerima notifikasi terlebih dahulu dan memilih kapan akan melakukan update.

Itulah cara mematikan update Windows 10 yang bisa kamu lakukan untuk mencegah Windows kamu melakukan update secara otomatis. Selain itu hal ini juga dapat membantu kamu agar kuota internet kamu tidak tersedot diam-diam.

Perlu diketahui bahwa mematikan update Windows bukanlah suatu hal yang disarankan, sebab dengan update ini dapat meningkatkan fitur dan keamanan pada Windows kamu, sehingga menjadi lebih aman dan nyaman.

Cara-cara diatas telah dicoba dan terbukti berhasil, bila kamu mengalami kesulitan atau ada kendala silahkan tinggalkan komentar dibawah.

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *