Cara Cepat Membentuk Otot Dada, Lakukan di Rumah Saja

Cara Membentuk Otot Dada
Via blog.iafstore.com

Memiliki dada bidang yang menunjang penampilan? Why not? Sebagian besar pria tentu tidak keberatan dengan kelebihan itu. Namun tentu saja, hal ini tidak datang begitu saja. Ada kerja keras yang harus dilakukan demi mewujudkannya. Tak sempat ke fitness centre karena kesibukan? Tidak ada budget untuk menjadi anggota gym? Bukan masalah.

Dengan beberapa cara yang sudah kami rangkum dalam artikel OhGitu kali ini, kamu akan mengetahui cara membentuk otot dada dengan cepat dan bisa dilakukan di rumah! Tentu menghemat waktu, tenaga, uang, dan bisa kamu lakukan kapan saja. Tentu saja kuncinya adalah satu hal: konsistensi.

Fakta menarik lainnya, ternyata membentuk otot dada adalah hal kunci yang perlu pertama kali dilakukan bagi kamu yang ingin memiliki postur tubuh proporsional dan enak dilihat. So, sudah siap mengetahui cara membentuk otot dada dengan cepat? Here we go!

1. Weighted Push Up

Via huffingtonpost.com

As classic as it heard, ternyata push up adalah salah satu cara membentuk otot dada yang tak perlu diragukan lagi. Inti dari membentuk otot dada adalah membuka dan menutup lengan dengan gerakan konstan. Saat push up, hal itu bisa terwujud.

Jika untuk membentuk otot dada dengan cepat, fokuskan derajat lengan dan lebar push up kamu sehingga fokus pada bagian dada. Ingin tantangan lebih? Bawa backpack bermuatan cukup berat untuk memperkuat otot kamu.

2. Chest Squeeze Push Up

Via muscleandfitness.com

Masih seperti cara pertama dengan gerakan dasar push up, kali ini yang perlu kamu lakukan adalah chest squeeze push up. Gerakan ini sedikit berbeda dengan push up pada umumnya yang bertumpu pada kedua tangan yang dibuka selebar bahu. Justru sebaliknya, kedua tangan dirapatkan di depan dada sambil menggenggam dua buah dumbbell yang bertumpu di lantai.

Lalu gerakan sisanya sama seperti push up biasa, dengan posisi naik turun hingga dada nyaris menyentuh dumbbell. Tahan beberapa detik dalam posisi tersebut, lalu kembali angkat tubuh ke atas. Lakukan sebanyak beberapa set.

3.Plyometric Push Up

Via popsugar.com

Variasi berikutnya dari cara membentuk otot dada yang cepat di rumah adalah plyometric push up. Wah, apa lagi nih? Gerakan push up yang satu ini disarankan bagi kamu yang sudah mahir dengan push up dan siap menerima tantangan lebih. Tingkat kesulitan plyometric push up memang lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Caranya, ambil posisi seperti push up biasa. Namun, kaki dalam jarak selebar bahu. Perlahan turunkan tubuh hingga dada nyaris menyentuh lantai. Lalu, inilah yang membedakan plyometric push up dengan yang biasa, saat mengangkat kembali tubuh ke atas, lepas tangan dari lantai hingga terangkat dan “melayang”.

4. Archer Push Up

Via muscularmightiness.com

Cara berikutnya tak kalah efektif dalam membentuk otot dada, yaitu archer push up. Hal yang membedakan push up ini dengan jenis lainnya adalah gerakannya hanya mengandalkan satu tangan saja. Tentu saja dengan tingkat kesulitan seperti itu, latihan ini tak hanya efektif membentuk otot dada saja, tetapi juga perut, bahu, dan tricep sekaligus.

Ambil posisi push up, namun tangan kanan tidak bertumpu pada lantai melainkan ke samping. Turunkan perlahan tubuh hingga dada nyaris menyentuh lantai dengan hanya bertumpu pada tangan kiri. Dorong tubuh kembali ke atas. Lakukan bergantian dengan tangan kanan selama beberapa kali.

5. Rotation Push Up

Via pinterest.com

Gerakan berikutnya juga sama-sama melibatkan hanya satu tangan secara bergantian, serupa dengan archer push up. Kali ini latihan rotation push up dengan hanya satu lengan menopang berat badan. Tubuh bukan bergerak naik turun seperti push up biasa, namun membuka ke samping dan tangan diarahkan ke atas.

Setelah tubuh membuka, kembalilah ke posisi push up. Ganti dengan tangan satunya dan lakukan secara bergantian. Tentu saja latihan ini bisa dengan mudah membentuk otot dada. Namun ingat, rotation push up disarankan bagi mereka yang sudah terbiasa latihan push up.

6. Bench Press

Via livestrong.com

Cara membentuk otot dada berikutnya juga merupakan gerakan workout yang familiar yaitu bench press. Sudah pernah mencoba? Gerakan ini memang berfungsi untuk memperkuat otot dada, pundak, juga trisep. Ada tiga kategori bench press yaitu mendatar, incline, dan decline. Semuanya sama-sama benar dan kamu bisa pilih mana yang paling sesuai untuk membentuk otot dada.

Bukan hanya itu, jarak genggaman tangan mulai dari normal, dekat, atau jauh juga bisa mempengaruhi pembentukan otot dada. Jangan lupa ya, saat melakukan bench press kamu harus memastikan bagian kepala, bahu, punggung, dan pantat benar-benar menempel di bangku. Pilih posisi yang membuat kamu bisa bergerak dengan leluasa saat mengangkat beban.

7. Pull Up

Via climbing.com

Latihan workout yang satu ini juga tidak kalah penting untuk membentuk otot dada. Terdengar sepele? Jangan salah, pull up adalah salah satu olahraga dengan tingkat kesulitan luar biasa. Bukan hanya sekadar mengangkat tubuh melewati tongkat saja, tapi seluruh postur tubuh saat melakukannya juga harus tepat.

Saat pull up, seluruh beban tubuh akan bertumpu pada otot bagian atas saja. Artinya, jika dilakukan dengan rutin maka otot dada akan terbentuk dengan baik. Lakukan latihan ini sebanyak 20 kali dalam tiga set secara rutin, ya!

8. Chair Dips

Via verywellfit.com

Gerakan berikutnya yang juga bisa membentuk otot dada menjadi bidang adalah chair dips. Latihan ini bisa membentuk baik otot dada, bahu, juga trisep. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan bantuan dua buah kursi, dan pastikan tidak licin. Atau cukup gunakan satu buah kursi sebagai penyangga.

Caranya posisikan kedua tangan di kursi sebagai penyangga tubuh. Artinya, lebar kedua tangan adalah selebar bahu. Angkat badan dengan kontraksi otot bahu, dada, dan juga trisep secara bersamaan. Tarik tubuh ke arah belakang. Lalu, turunkan tubuh perlahan ke bawah dengan posisi punggung tetap lurus. Ulangi latihan ini selama beberapa kali.

9. Bar Dip

Via barstarzz.com

Latihan selanjutnya juga dijamin efektif membentuk otot dada kamu, ditambah lagi dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Bar dip adalah latihan yang fokus pada kekuatan otot trisep, bahu, dan tentu saja dada. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah jika ada plang yang bisa dijadikan penopang.

Caranya cukup berdiri di depan palang paralel, lalu naik dan turunkan tubuh secara perlahan. Mungkin bila belum terbiasa, besar kemungkinan kamu akan merasa ngilu di bagian bahu. Ingat, kuncinya adalah konsistensi!

10. Duo Dumbbell

Via youtube.com

Seperti namanya, duo dumbbell adalah latihan yang melibatkan dua buah dumbbell dengan berat yang sama. Caranya, pegang dumbbell dengan kedua tangan. Lalu kamu cukup berbaring setengah tengkurap di atas kursi. Pastikan kaki menyentuh lantai. Tangan yang memegang dumbbell tadi kemudian direntangkan ke atas secara berulang-ulang.

10 cara di atas dijamin bisa membentuk otot dada kamu dengan mudah, hampir tanpa biaya, tapi memerlukan konsistensi yang luar biasa! Sudah pernah mencoba dan merasakan hasilnya? Bagikan cerita kamu di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *