Via lifehacker.com.au

Ingin Dilirik Perusahaan? Buat CV Menarik Versi Kamu Yuk!

Saat lulus dari perkuliahan, artinya genderang perang untuk mencari pekerjaan telah ditabuh. Persaingan tidak akan mudah tentu saja, dengan begitu banyaknya sarjana yang mencari pekerjaan di tengah peluang pekerjaan yang begitu selektif.

Setiap hari bagian HR dari sebuah perusahaan menerima ratusan bahkan mungkin ribuan lamaran pekerjaan. Tentu untuk membuat kamu di-notice oleh pihak perusahaan adalah dengan membuat lamaran kamu berbeda dan outstanding.

Salah satunya dengan mengetahui cara membuat CV yang menarik. Berasal dari bahasa Latin, CV adalah curriculum vitae yang berarti “course of life”. Apa isinya? Tentu bukan hanya daftar pengalaman dan pendidikan kamu saja, tapi berisi lebih banyak informasi.

Cara Membuat CV Menarik

Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik agar dipertimbangkan oleh perusahaan? OhGitu telah merangkum beberapa cara mudahnya untuk kamu! Apa saja tahapannya?

1. Konten

Via somnio.com

Pada dasarnya CV berfungsi untuk menyampaikan pada pihak perusahaan beberapa hal penting seperti:

  • Informasi mendasar tentang data diri (identitas)
  • Jelaskan apa keunggulan kamu hingga cocok dipertimbangkan bergabung dengan perusahaan
  • Apa saja yang telah kamu lakukan. Tuliskan dalam reverse chronological order. Jangan lupa cantumkan pelatihan dan kursus lainnya.
  • Cantumkan preferensi atau passion yang kamu kuasai. Hal ini bisa membuat perusahaan lebih mudah mempertimbangkan apakah kamu orang yang layak untuk diberi kepercayaan.

2. Pentingnya Pengalaman

Via hillsgrammar.nsw.edu.au

Selain daftar akademis, hal yang tak kalah penting adalah softskill yang kamu miliki. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana pengalaman organisasi atau komunitas yang pernah kamu ikuti. Itu sebabnya penting untuk memanfaatkan momen saat kuliah misalnya tahun pertama kuliah untuk menambah pengalaman.

Bukan hanya organisasi dan komunitas, tak kalah penting adalah pengalaman kamu saat bekerja atau magang di perusahaan lain. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan pihak perusahaan untuk melihat apakah kamu berpengalaman atau tidak.

3. No Typo, Please…

Via tckmedia.com

Hal mendasar yang perlu diketahui saat berkomunikasi secara formal adalah tata bahasa dan penulisan yang tidak mengenal salah atau typo. Sia-sia saja semua pengalaman dan gelar akademis cemerlang jika CV kamu banyak mengandung kesalahan penulisan.

Untuk itu, pastikan penulisannya tepat secara struktur dan penulisan. Tak hanya itu, pastikan CV kamu terpapar dengan logis. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk membaca CV kamu dan bertanya apakah isinya mudah dipahami.

4. Buat CV Menarik Perhatian

Via creativemarket.com

Setelah tahu konten apa saja yang perlu dicantumkan dalam CV, maka selanjutnya adalah urutan apa saja yang harus ditulis. Saat ini, tren membuat CV adalah satu halaman yang menarik dan informatif, tidak lagi berlembar-lembar dan hanya membuat pihak perusahaan bosan menyimaknya.

Mulai dengan bagian yang akan mendapat the most attention. Tak hanya itu, pastikan font yang kamu gunakan mudah dibaca. Tulis dengan kalimat pendek dan tidak terlalu panjang.

5. Tone Warna Menarik

Via teacuppoodles.us

Di era konten digital seperti saat ini, warna atau tone CV yang kamu tulis juga punya peran untuk menarik perhatian perusahaan dari sederet CV yang masuk ke perusahaan mereka.

Sudah tidak lagi zamannya CV yang membosankan dengan format hitam putih yang membosankan. Pilih desain yang menarik, lengkap dengan foto  dan layout interaktif.

Kamu bisa menggunakan logo untuk menggantikan teks jika memang sudah diketahui secara umum. Terlebih jika kamu melamar ke perusahaan yang bersinggungan erat dengan dunia kreatif, maka kamu bebas berkreasi dalam membuat CV!

6. Apa Skill Andalanmu?

Via lacreme.ie

Saat sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, artinya mereka memerlukan orang yang bisa mengemban tanggung jawab dengan skill yang sudah dimiliki sebelumnya. Itu sebabnya, penting untuk menawarkan CV yang bertabur skill di dalamnya.

Jangan hanya menyebut skill secara umum ya. Tuliskan sedetil mungkin untuk memberi gambaran bagaimana kamu menguasai sebuah materi. Semakin banyak skill yang kamu tawarkan, tentu akan semakin menarik.

Biasanya skill ini bisa ditanamkan sejak kecil atau saat mengenyam pendidikan di universitas. So, pastikan kamu memanfaatkan waktu belajar dengan maksimal ya supaya punya bekal cukup saat terjun ke dunia kerja nanti!

Pengalaman akan terus bertambah, pekerjaan pun punya kemungkinan bergeser. Terus update semua perjalanan kamu dalam CV sehingga pada saatnya nanti memerlukan CV terbaru untuk diberikan pada pekerjaan, mereka bisa tahu bagaimana sepak terjang kamu di dunia kerja.

Most noteworthy, pastikan kamu bekerja di setiap perusahaan dengan mengedepankan attitude yang baik ya! Percayalah, bukan hanya CV tertulis saja yang berbicara. CV yang tidak tertulis seperti kesan dan pesan orang yang pernah bekerja bersama kamu juga punya andil besar dalam karirmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *