Via nibble.id

Buat Sendiri Martabak Manis Versimu, Ini Caranya

Popularitas martabak manis yang dulunya hanya dijajakan di pinggir jalan semakin meningkat. Kini, jajanan ini semakin digemari para generasi milenial. Martabak manis pun menjadi salah satu menu favorit di kafe-kafe sebagai pendamping saat nongkrong bersama teman-teman.

Sehingga ide-ide martabak manis kekinian bermunculan. Mulai dari red velvet, green tea, black forest, pandan, dan masih banyak lagi. Topping-topping yang tersedia pun semakin beragam. Tak hanya keju dan coklat kacang saja.

Sebenarnya, martabak manis kekinian ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Cara membuat martabak manis ini pun terbilang cukup mudah. Jadi tidak perlu jago memasak untuk bisa membuatnya. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus ya!

Martabak Manis Original

Via reseponline.info

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat martabak manis kekinian, kamu harus tahu bagaimana membuat martabak manis original. Dasar dari membuat variasi martabak kekinian ini sebenarnya sama, yaitu pada adonannya.

Adonan martabak ini dibuat dari tepung terigu dan beberapa campuran lain. Kalau nggak punya loyang martabak seperti yang digunakan para penjual, kamu bisa gunakan teflon.

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat adonan martabak:

1,25 ons tepung terigu; 180 ml air; 4 sdm margarin; 3 sdm gula; 2 sendok makan susu bubuk; 1 butir telur; ¼ sdt fermipan; ½ sdt soda kue; serta susu kental manis.

Cara membuat martabak manis:

  • Campur dan aduk bahan-bahan tersebut tersebut kecuali telur, margarin dan susu kental manis. Sisakan satu sdm gula untuk nanti.
  • Setelah rata sempurna, diambkan selama 5-10 menit saja (untuk baking powder single-acting).
  • Sementara itu cairkan 3 sdm margarin dengan memanaskannya di atas panci. Sedangkan telur ayam tersebut, dikocok hingga tak ada yang menggumpal.
  • Kembali ke adonan, setelah 5-10 menit, masukkan margarin cair dan telur yang telah dikocok. Adonan pun siap untuk dimasak.
  • Adonan tadi dituang di loyang atau teflon yang telah diolesi margarin dengan ketebalan sesuai keinginan. Tapi tetap jangan terlalu tebal agar tidak gosong bagian bawahnya. Masak dengan api kecil.
  • Setelah adonan tadi bergelembung, taburkan secara merata satu sdm gula yang tersisa tadi di atasnya.
  • Jangan lupa tutup loyang/teflon lalu tunggu sampai adonan berwarna kuning keemasan dan menunjukkan serat-seratnya. Setelah diangkat, oleskan margarin dan tuang susu kental manis di atasnya. Martabak pun siap ditaburi toping.

Martabak Manis Aneka Rasa

Via eanindya.com

Awalnya, dalam satu martabak manis hanya ada satu rasa saja. Namun, martabak manis kekinian memiliki bentuk seperti pizza. Jadi adonan tadi setelah diberi topping tidak ditangkupkan baru dipotong-potong, tapi dipotong-potong terlebih dahulu layaknya pizza.

Berbagai gerai martabak beramai-ramai memunculkan versi ini. Seperti Markobar, Martabak San Fransisco, dan lain sebagainya menghadirkan martabak dengan berbagai rasa dalam satu adonan. Mulai dari empat rasa hingga enam belas rasa.

Kalau ingin membuatnya, tinggal potong-potong saja adonan tadi seperti layaknya memotong pizza. Lalu beri topping sesuai selera. Kamu bisa menikmatinya langsung.

Topping-topping ini pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling biasa seperti meises, keju, pisang, kacang, sampai yang hits seperti nutella, ovomaltine, mozzarella, kit kat, green tea, oreo dan masih banyak lagi. Topping dari buah-buah juga bisa. Ada durian, kiwi, dan lain lain.

Martabak Manis Hitam

Via nibble.id

Tidak hanya es krim atau waffle, martabak juga memiliki versi hitam. Hitam di sini maksudnya adalah adonannya yang berwarna hitam. Kamu bisa menambahkan arang bambu ke dalam adonan untuk memberikan warna.

Nggak hanya warna hitam saja, arang bambu ini baik untuk memperlancar metabolisme tubuh. Selain arang bambu, kamu juga bisa menggunakan black forest. Selain hitam, kalau pengen berwarna merah tinggal tambahkan red velvet. Begitu pula jika ingin adonan berwarna hijau, beri bubuk green tea ke dalam adonan.

Masih banyak martabak manis populer lainnya. Seperti martabak mini yang bahan adonannya hampir sama. Cara membuat martabak manis mini ini menggunakan loyang yang bentuknya kecil. Ada juga martabak Thailand. Rasa adonannya mirip seperti Thai Tea yang hits di Indonesia. Bagaimana? Apa kamu tertarik mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *