Via youtube.com

Cara Paling Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Di PC & Android

Melalui internet, kita bisa menemukan informasi apa saja yang kita inginkan. Segala informasi berkonten positif hingga yang negatif bebas kita dapatkan. Sayangnya, beberapa orang menyalahgunakan kebebasan tersebut dengan memilih mengakses konten tak jelas dan negatif.

Beruntung, Indonesia masuk dalam jajaran negara dengan peraturan tentang internet paling ketat di dunia. Sudah ada banyak situs yang jadi korban keganasan peraturan dan akhirnya tidak bisa diakses. Masalahnya, ada beberapa situs yang sebenarnya bermanfaat tapi pernah diblokir oleh pemerintah, misalnya Vimeo dan Reddit.

Kenapa Sih Situs Diblokir Pemerintah?

Ketika kita ingin mengakses situs yang diblokir pemerintah pasti akan muncul halaman internet positif. Internet positif ini diterapkan oleh pemerintah pada situs-situs yang:

  • Dicurigai dapat membahayakan sistem perangkat lunak.
  • Mengandung konten yang melanggar hak cipta (copyright).
  • Mengandung konten yang melanggar ketentuan perundang-undang pornografi dan judi.
  • Mengandung konten yang melanggar peraturan yang ditetapkan oleh provider.

Selain itu juga ada alasan pemblokiran situs karena membahayakan keamanan negara. Lantas, apakah situs yang telah diblokir benar-benar sudah tak bisa lagi diakses?

Jawabanya, Bisa. Saya akan jelaskan bagaimana cara membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.

Cara membuka situs yang diblokir pemerintah antara di PC dan di android itu berbeda. Mengingat platform yang digunakan keduanya juga berbeda. Tapi keduanya sama mudahnya. Saya akan jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara membuka situs yang diblokir di PC.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di PC

Ada 3 cara mudah untuk membuka situs yang diblokir melalui pc, apa saja caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Menggunakan Ekstensi (Add-on) Di Browser

Cara membuka situs yang diblokir baik oleh pemerintah atau oleh ISP bisa kamu lakukan dengan menambahkan eksistensi pada browser yang kamu gunakan. Misalnya saja kamu tambahkan eksistensi bernama anonymoX.

Selain eksistensi anonymoX, masih ada banyak pilihan eksistensi lainya. Misalnya Hoxx VPN Proxy, TouchVPN, Hotspot Shield, dan One Click Proxy IP (untuk Mozilla).

Cara membuka situs yang diblokir menggunakan eksistensi adalah sebagai berikut. Cara ini saya praktekkan di Mozilla.

1. Silakan buka browser Mozilla, lalu tekan ikon strip tiga yang berada di pojok kanan atas (lihat gambar).

2. Selanjutnya pilih Add-ons

3. Begitu masuk menu Add-ons, silakan ketik anonymox’ pada kolom search lalu tekan Enter.

4. Begitu hasil pencarian telah ketemu, langsung klik add to firefox add-ons anonynox. Tunggu sampai proses download selesai. Setelah itu klik Add lalu Ok.

5. AnonymoX akan langsung ditambahkan ke Mozilla begitu selesai kamu instal. AnonymoX akan otomatis aktif dan bisa langsung digunakan.

Langsung saja setelah itu kamu buka situs yang diblokir. Jangan lupa ganti servernya bila kamu ingin ganti lokasi.

2. Menggunakan Tor Browser

Jika kamu ingin cara membuka situs yang di blokir oleh internet positif tanpa tambahan aplikasi apapun di browser, kamu bisa menggunakan browser bernama tor browser. Dengan browser ini, tidak akan ada lagi situs yang diblokir.

Perlu kamu tahu, tor browser ini adalah mozilla versi lain yang khusus untuk melindungi privasi pengguna. Fitur utamanya adalah melindungi alamat IP pengguna. Sehingga pengguna tidak akan ketahuan bila mengakses situs yang terkena internet positif.

Menggunakan tor browser, sama seperti mengakses sebuah situs dari luar negeri. Jadi tidak akan terkena internet positif. Untuk menggunakan cara ini, silakan:

  • Download software browser Tor, lalu instal sebagaimana biasanya kamu menginstal software.
  • Buka aplikasi, lalu pada halaman Network Settings, klik Connect.
  • Tunggulah beberapa detik sampai kamu dihubungkan dengan jaringan tor.
  • Setelah itu, jendela browser akan terbuka otomatis. Silakan browsing apapun sesuka kamu melalui tor browser. Tidak akan ada lagi situs yang diblokir.

Secara umum, tampilan tor browser mirip dengan Mozilla. Itu karena tor browser adalah versi lain dari Mozilla.

3. Menggunakan Opera Browser

Opera mungkin tak sepopuler Mozilla dan Chrome. Tapi Opera memiliki fitur VPN yang memungkinkan pengguna mengakses situs yang diblokir tanpa harus menambahkan eksistensi. Hanya saja, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Carannya:

  • Silakan buka Opera, tapi kalau belum memiliki softwarenya silakan download dan instal terlebih dahulu.
  • Begitu Opera terbuka, silakan klik Setting yang terletak dibagian atas Opera
  • Lanjutkan dengan pilih Privacy & security di dalam menu setting. Lalu Scroll kebawah sampai menemukan Enable VPN, kemudian centang.
  • VPN yang aktif ditandai dengan warna biru. Selanjutnya tinggal kamu buka saja situs yang telah diblokir dengan pakai Opera.

Dibanding dengan menambahkan VPN pada browser lain, menggunakan default VPN yang ada di Opera jauh lebih baik. Kecepatanya lebih stabil.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Android

Nah untuk kamu yang akan mengakses situs melalui ponsel android tapi ternyata di blokir oleh internet positif, kamu bisa gunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Gunakan Aplikasi VPN

Pertama, kamu bisa gunakan aplikasi VPN. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia untuk android di Play Store. Salah satunya adalah Turbo VPN. Langkah-langkah menggunakanya:

1. Buka play store, lalu ketikkan Turbo VPN pada bagian search. Maka akan muncul aplikasi Turbo VPN. Aplikasinya memiliki logo kelinci berwarna merah.

2. Silahkan lanjutkan dengan klik aplikasi, lalu klik instal. Tunggu sampai proses download dan instal aplikasi Turbo VPN selesai dilakukan.

3. Jika sudah selesai terinstal, langsung buka aplikasi dan klik start untuk mulai terhubung dengan server.

4. Lanjutkan dengan tekan logo bergambar bumi. Setelah itu kamu akan langsung terhubung ke Turbo VPN.

Sekarang kamu telah terhubung dengan Turbo VPN, dan kamu bisa mengakses situs yang diblokir oleh internet positif. Untuk buktinya, silakan kamu buka situs yang diblokir, pasti sekarang sudah tidak diblokir lagi. Situs dewasa juga tidak diblokir. Selain Turbo VPN, kamu juga bisa gunakan aplikasi SuperVPN dan Hotspot Shield.

2. Gunakan Setting VPN

Jika kamu ingin cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di android, caranya gampang. Kamu hanya perlu menambahkan VPN (Virtual Private Network) melalui menu pengaturan di android kamu. Caranya:

1. Buka menu pengaturan (setting).

2. Pilih menu Wireless & Network, Lanjutkan dengan pilih More. Lalu pilih VPN. Dibeberapa ponsel, bisa langsung mengarah ke VPN tanpa harus masuk terlebih dahulu ke Wireless & Network.

3. Lalu tekan ikon ‘+’ yang ada di layar. Bisa di pojok kanan atas atau di tengah. Tergantung jenis ponsel.

4. Setelah itu, tambahkan Nama: VPNGratis, Jenis: PPTP, Alamat Server: us1.vpnbook.com.

5. Selain itu bisa juga pada bagian Alamat Server (server address) kamu isi dengan:

  • euro217.vpnbook.com (Eropa)
  • euro 214.vpnbook.com (Eropa)
  • us1.vpnbook.com (US)
  • us2.vpnbook.com (US)
  • ca1.vpnbook.com (Kanada)
  • de233.vpnbook.com (Jerman)

Nah itulah beberapa cara membuka situs yang diblokir oleh internet positif baik dilakukan oleh pemerintah maupun oleh ISP.

Yang perlu kamu tahu, dibanding mengakses situs yang diblokir melalui android, jauh lebih gampang bila melalui laptop atau komputer. Lagi pula, tingkat keamanan komputer juga lebih baik dibanding android.

Oh ya, cara membuka situs yang diblokir di atas semoga hanya kamu gunakan untuk situs yang berkonten positif tetapi diblokir oleh pemerintah ya. Jangan salah dalam menggunakanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *