Via glamour.com

20 Cara Memerahkan Bibir Gelap Secara Alami & Permanen

Wanita mana yang tidak ingin memiliki bibir merah yang merona alami? Bibir yang merah alami akan nampak indah saat dipandang dan dapat menigkatkan kecantikan seorang wanita.

Seringkali bibir gelap kerap menjadi masalah khususnya bagi wanita karena selain tampak buruk, bibir gelap juga sulit dicocokkan dengan berbagai warna lipstick yang lembut seperti pink atau merah muda.

Nah, jika Kamu memiliki masalah dengan warna bibir yang gelap, berikut adalah penyebab bibir berwarna gelap, cara memerahkan bibir dan pencegahan agar bibir tidak gelap yang diulas secara lengkap oleh OhGitu dibawah ini.

Apa Sih Warna Alami Bibir?

Bibir manusia atau Labia oris adalah salah satu bagian wajah yang merupakan bagian depan rongga mulut dan terdiri dari bagian atas dan bawah. Bagian pembatas bibir dengan kulit wajah lainnya dikenal dengan sebutan vermilion, bagian ini hanya dimiliki oleh manusia dan tidak dimiliki oleh spesies makhluk hidup lainnya.

Tapi, tahukah kamu kenapa bibir manusia berwarna merah? Dilansir dari situs Livescience.com, Dr. Beth Ann Ditkoff menjelaskan bahwa bibir manusia berwarna merah karena adanya pembuluh kapiler yang membawa darah dari jantung dibawah kulit bibir yang tipis dan transparan. Warna merah dari darah dalam pembuluh tersebutlah yang menyebabkan bibir nampak merah.

Faktor Penyebab Bibir Berwarna Gelap

Via stylecaster.com

Meskipun bibir manusia secara alami berwarna merah atau pink, bibir dapat mengalami perubahan warna dan menggelap. Perubahan warna bibir bisa disebabkan karena berbagai macam faktor baik faktor yang berasal dari dalam maupun faktor yang berasal dari luar. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab bibir gelap.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi atau melasma adalah salah satu penyebab bibir gelap yang perlu diwaspadai. Masalah hiperpigmentasi disebabkan oleh akumulasi atau penumpukan senyawa melanin dalam tubuh yang merupakan penyebab kulit berwarna gelap.

Diketahui, produksi melanin dalam tubuh meningkat apabila tubuh terlalu lama atau terlalu sering terpapar sinar matahari. Bibir yang mengalami hiperpigmentasi biasanya akan berwarna gelap hanya pada bagian atas saja dan noda gelap yang muncul pada bibir terlihat tidak simetris.

Hiperpigmentasi pada bibir juga bisa menjadi tanda bahwa ada suatu kelainan yang terjadi dalam tubuh.

Gaya Hidup

Gaya hidup termasuk pola makan dan tidur bisa mempengaruhi warna bibir seseorang. Kurangnya konsumsi vitamin B pada makanan bisa memicu penggelapan warna bibir, demikian juga dengan konsumsi alkohol dan makanan tidak sehat lainnya.

Gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia juga bisa menjadi salah satu alasan seseorang kekurangan nutrisi sehingga berakibat menggelapnya warna bibir.

Kosmetik

Hati-hati dalam menggunakan kosmetik karena penggunaan kosmetik yang tidak tepat bisa memperburuk warna bibir. Jangan langsung tertarik pada lipstick murah yang dijual dipasaran karena bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi lipstick tersebut mungkin menjadi salah satu penyebab bibirmu menghitam.

Zat kimia baik pewarna atau parfum yang terkandung dalam lipstick bisa menyebabkan reaksi alergi  yang menyebabkan kulit bibir menjadi hitam. Oleh sebab itu menggunakan lipstick  sepanjang hari atau saat tidur sangat tidak disarankan.

Kelainan Dalam Tubuh

Kelainan genetis dalam tubuh seperti sindrom Peutz-Jeghers juga menjadi salah satu penyebab bibir menjadi gelap. Sindrom ini adalah suatu kelainan yang menyebabkan munculnya polip dalam usus dan menyebabkan melasma atau hiperpigmentasi pada kulit bibir.

Sindrom ini juga diketahui sebagai salah satu pemicu terjadinya kanker usus. Warna gelap yang disebabkan oleh sindrom ini tampak tidak merata dan menyerupai benjolan atau lingkaran hitam pada bibir.

Racun Dan Zat Kimia

Paparan asap atau zat kimia bisa merusak struktur kulit dan menyebabkan perubahan warna pada bibir. Beberapa zat kimia seperti merkuri, perak, kobalt, senyawa alkali dan asam bisa merusak warna alami bibir dan menyebabkan iritasi.

Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi dan teh juga bisa menyebabkan bibir menjadi gelap jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam keadaan panas.

Merokok

Rokok sudah pasti mengandung banyak bahan kimia yang tak hanya berbahaya bagi tubuh dan kesehatan saja tetapi juga memberikan efek buruk bagi kesehatan kulit.

Kandungan tar dan nikotin dalam rokok dapat mengurangi asupan oksigen pada pembuluh darah dalam bibir dan meninggalkan noda gelap. Panas yang dihasilkan oleh rokok ketika dihisap juga memicu produksi melanin pada bagian bibir.

Melanin sendiri diketahui sebagai salah satu senyawa dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet dan panas.

Dehidrasi Dan Kekeringan

Jangan anggap sepele bibir kering dan dehidrasi karena kedua masalah ini akan berdampak buruk bagi kulit termasuk bibir. Kurangnya konsumsi cairan akan membuat tubuh termasuk kulit wajah menjadi kering dan berkurang kelembabannya.

Bibir yang kering akibat dehidrasi atau pengaruh musim akan mudah terkelupas dan jika kulit bibir terkelupas, warna merah bibir juga ikut menghilang secara perlahan.

Dermatitis

Dermatitis atau iritasi kulit adalah salah satu peradangan yang bisa berbahaya untuk bibir karena selain menyebabkan penggelapan, dermatitis juga bisa merusak struktur jaringan kulit pada bibir.

Masalah dermatitis bisa disebabkan akibat pengobatan atau penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Jika bibir terasa gatal setelah menggunakan kosmetik tertentu sebaiknya jangan diteruskan karena bisa mengakibatkan dermatitis dan menggelapnya warna bibir.

Anemia

Anemia atau rendahnya sel darah merah dalam tubuh akibat kekurangan zat besi  juga menjadi salah satu penyebab perubahan warna pada bibir. Seperti yang dijelasakan sebelumnya bahwa warna merah pada bibir didapatkan dari pembuluh darah kapiler dibawah kulit bibir.

Jika seseorang mengalami anemia maka tubuh akan kekurangan hemoglobin dan darah tidak bisa disalurkan ke seluruh tubuh seperti dalam keadaan normal. Hal inilah yang menyebabkan bibir penderita anemia tampak pucat atau berwarna hitam.

Kurangnya Perawatan

Bibir yang gelap bisa jadi tanda bahwa kamu belum merawat tubuhmu dengan baik. Kulit bibir adalah kulit yang paling sensitif dan paling tipis diantara kulit yang melapisi bagian tubuh lainnya.

Karena tipis, bibir akan mudah terluka dan jika tidak dirawat dengan baik bibir akan menjadi kering serta mengelupas. Ingat, bibir yang kering dan mengelupas adalah awal kerusakan pada bibir dan merupakan pemicu berubahnya warna alami bibirmu.

15 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami
Via themakeupblogger.com

Mungkin kamu tidak sadar bahwa ada banyak bahan alami yang mudah digunakan untuk memerahkan bibirmu.

Kamu  hanya membutuhkan ketekunan dalam merawat bibir secara teratur, apalagi untuk melakukan perawatan tersebut kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Berminat untuk mencobanya di rumah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lemon

Via businessinsider.com

Khasiat lemon untuk mempercantik kulit memang tak perlu diragukan lagi. Lemon mengandung berbagai senyawa bermanfaat seperti Vitamin C dan antioksidan yang bisa mencerahkan kulit termasuk kulit bibir. Kandungan asam dalam lemon juga mampu mengangkat sel kulit yang menyebabkan bibir menjadi gelap.

Cara Pemakaian:

  • Belah lemon menjadi dua bagian, peras airnya.
  • Oleskan perasan jeruk lemon pada bibir sebelum tidur dan biarkan selama semalaman.
  • Keesokan harinya, bersihkan bibir. Lakukan perawatan tersebut setiap hari. Bibir akan nampak cerah dalam beberapa minggu.

2. Mawar

Via dermatocare.com

Bunga mawar juga bisa jadi cara alami yang ampuh untuk memerahkan bibir yang terlanjur gelap. Kelopak bunga mawar diketahui mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari dan melembutkan kulit yang teritasi.

Cara Pemakaian:

  • Haluskan dua sendok makan kelopak mawar dan satu sendok makan mentega atau susu.
  • Selain mawar dan susu, kamu juga bisa mencampur dua sendok air mawar dengan satu sendok madu.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir dan pijat selama 5 menit kemudian bersihkan.
  • Lakukan perawatan ini hingga hasilnya terlihat jelas.

3. Stroberi

Via alkalinevalleyfoods.com

Buah yang satu ini mengandung berbagai senyawa alami yang bisa membantu mencerahkan warna bibir. Kandungan vitamin C dan Asam Ellagic dalam stroberi mampu mencerahkan kulit dan melindungi bibir dari paparan sinar UV yang merupakan salah satu penyebab hiperpigmentasi pada bibir. Asam folat dalam stroberi juga dikenal ampuh merangsang pembentukan sel kulit yang baru dan mempercepat regenerasi sel.

Cara Pemakaian:

  • Haluskan 5 hingga 6 buah stroberi, saring dan ambil sarinya.
  • Oleskan sari buah stroberi tersebut pada bibir dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan selama 5 hingga 10 menit kemudian bersihkan dengan air.
  • Ulangi perawatan tersebut setiap hari dan lihat hasilnya.

4. Gula

Via sheknows.com

Khasiat gula dalam mengikis sel kulit mati juga berlaku untuk mearawat bibir yang gelap. Butiran gula yang agak kasar mampu mengangkat sel kulit mati yang membuat bibir terlihat gelap dan kusam.

Cara Pemakaian:

  • Campur dua sendok makan gula pasir dengan satu sendok makan air hingga membentuk pasta.
  • Gunakan pasta gula tersebut untuk memijat area bibir selama kurang lebih 5 menit kemudian bersihkan.
  • Selain mencampur gula dengan air, kamu juga bisa mencampurnya dengan perasan lemon, madu atau susu.

5. Minyak Almond

Via kusalalife.com

Minyak almond mengandung senyawa asam amino, Vitamin E, asam lemak dan vitamin B yang mampu melembabkan kulit sekaligus mencerahkannya. Kamu tidak hanya dapat memanfaatkan kandungan minyak almond tersebut untuk mencerahkan wajah tetapi juga untuk mengembalikan warna merah alami bibir.

Cara Pemakaian:

  • Tuang beberapa tetes minyak almond pada sebuah wadah.
  • Celupkan kapas pada minyak almond kemudian oleskan pada bibir yang gelap sebelum tidur.
  • Biarkan minyak almond menempel pada bibir semalaman.
  • Ulangi setiap malam hingga hasilnya mulai terlihat.

6. Madu

Via lifehack.org

Jika kamu menyimpan madu di dapur, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini untuk melembutkan dan mencerahkan bibir. Madu mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi bibir dari efek radikal bebas dan sinar matahari. Madu juga memiliki efek moisturizer yang bisa membantu mengatasi bibir pecah-pecah.

Cara Pemakaian:

  • Ambil satu sendok teh madu kemudian oleskan pada bibir sebelum tidur.
  • Pijat selama dua hingga tiga menit dan biarkan menempel semalaman.
  • Pagi harinya, bersihkan bibir dengan air hangat.

7. Buah Delima

Via thespruce.com

Buah delima mengandung  senyawa polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan kuat yang mampu menangkal efek radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain kaya antioksidan, delima juga mengandung vitamin C, asam ellegic dan pigmen antosianin yang mampu membantu mengembalikan warna alami pada bibir.

Cara Pemakaian:

  • Haluskan satu sendok makan buah delima dan tambahkan sedikit susu.
  • Oleskan adukan tersebut pada bibir selama 2 hingga 3 menit sambil dipijat lembut.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Simpan sisa adukan dalam lemari pendingin dan lakukan perawatan secara rutin setiap hari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Bubuk Kunyit

Via anuvaanexports.com

Khasiat bubuk kunyit untuk mencerahkan kulit sudah banyak dimanfaatkan khususnya oleh masyarakat India dan Asia Selatan. Kunyit mengandung banyak senyawa aktif seperti kurkumin yang mampu menghambat produksi melanin yang merupakan pigmen penyebab kulit gelap.

Tidak hanya itu, senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam bubuk kunyit juga mampu membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Pemakaian:

  • Campur dua sendok makan bubuk kunyit dengan satu sendok makan susu atau mentega.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir dan biarkan selama lima menit.

9. Minyak Zaitun

Via farmviewmarket.com

Minyak zaitun mengandung berbagai senyawa essensial seperti asam lemak dan antioksidan yang dapat melembabkan bibir sekaligus mencerahkannya. Mengoleskan minyak zaitun pada bibir secara rutin sebelum tidur setiap hari dapat membantu mengembalikan warna merah dan pink alaminya serta mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Pemakaian:

  • Campur satu sendok teh gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Oleskan pada bibir selama kurang lebih 5 menit sambil digosok dengan lembut.
  • Bilas dengan air hangat.

10. Minyak Kelapa

Via huffingtonpost.com

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa jadi pilihan efektif untuk melembutkan sekaligus mencerahkan warna bibir yang cenderung gelap. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan bleaching agent yang ampuh mengembalikan warna alami bibir dan melembabkannya. Gunakan minyak kelapa sebagai lip mask sebelum tidur dan biarkan kandungannya meresap pada bibir saat kamu tertidur.

Cara Pemakaian:

  • Campur satu sendok makan gula merah dengan beberapa tetes minyak kelapa hingga membentuk pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir dan pijat selama kurang lebih 5 menit.
  • Bersihkan bibir dengan air dan oleskan minyak kelapa untuk melembabkannya.
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan bibir merah alami.

11. Sari Buah Bit

Via coach.nine.com.au

Buah bit atau beetroot yang berwarna ungu mengandung pigmen antosianin dan karatenoid, serta berbagai antioksidan yang dapat membantu mencerahkan dan memerahkan bibir secara alami. Senyawa alami yang terkandung dalam buah bit juga bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh dan membuat bibir tampak lebih merona.

Cara Pemakaian:

  • Haluskan buah bit dengan blender, saring dan ambil sarinya.
  • Oleskan sari buah bit pada bibir sesaat sebelum tidur dan biarkan semalaman.
  • Ulangi perawatan tersebut setiap malam dan lihat perubahan yang terjadi pada bibirmu setelah beberapa minggu.

12. Mentimun

Via fitlife.tv

Jangan sepelekan manfaat mentimun untuk mengatasi masalah bibir gelapmu. Tak hanya ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata, mentimun juga bisa digunakan untuk memerahkan bibir gelapmu.

Mentimum mengandung senyawa pencerah alami  seperti silica yang mampu mengembalikan warna cerah alami bibir. Kandungan antioksidannya juga sangat ampuh mencegah pigmentasi pada kulit bibir dan melindunginya dari kerusakan.

Cara Pemakaian:

  • Iris satu buah mentimum menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan irisan buah mentimun pada bibir sambil digosok lembut selama kurang lebih 5 hingga 7 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari agar hasilnya nampak lebih cepat.

13. Tomat

Via iccadubai.ae

Buah tomat yang berwarna merah juga terbukti mampu memerahkan bibirmu secara efektif. Tomat mengandung senyawa likopen yang merupakan salah satu senyawa antioksidan yang berperan dalam proses regenerasi kulit. Selain merangsang pembentukan sel kulit yang baru, senyawa antioksidan dalam tomat juga mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Cara Pemakaian:

  • Haluskan sebuah tomat dan tambahkan dua sendok makan mentega.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir sebagai masker dan pijat selama kurang lebih 5 menit setiap malam sebelum tidur.
  • Bilas dan bersihkan dengan air hangat.
  • Kamu bisa melakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam seminggu.

14. Kentang

Via mipotato.com

Tak hanya mampu mencerahkan kulit, kentang juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan bibir jika bahan lainnya tidak tersedia. Sama seperti mentimun, kentang juga mengandung senyawa pencerah alami yang dapat mengembalikan warna merah atau pink alami pada bibir yang gelap.

Selain itu, kentang juga mengandung enzim catecholase yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit termasuk area kulit pada bibir.

Cara Pemakaian:

  • Cuci bersih kentang dan iris menjadi beberapa bagian.
  • Usap dan pijat bibir dengan irisan kentang selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

15. Yogurt

Via salon.com

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt juga baik untuk membantu proses pencerahan warna bibirmu yang gelap. Selain mencerahkan, yogurt yang terbuat dari susu segar juga bisa menghaluskan dan melembutkan bibir yang kering dan pecah-pecah.

Cara Pemakaian:

  • Tuang yogurt pada wadah, oleskan pada bibir dengan menggunakan kapas sebelum tidur.
  • Biarkan semalaman dan bilas dengan air bersih saat kamu bangun keesokan harinya.
  • Ulangi perawatan tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan bibir halus dan merona alami.

5 Cara Alternatif Memerahkan Bibir

Via allure.com

Selain menggunakan bahan alami untuk mengembalikan warna alami bibir yang gelap, kamu juga bisa mencoba beberapa cara alternatif dengan produk perawatan atau secara medis. Meski akan menguras kocek lebih, perawatan klinis pada bibir dapat memberikan hasil yang lebih cepat dan efektif.

1. Petroleum Jelly

Jika tak punya banyak waktu untuk merawat bibir secara alami, kamu bisa menggunakan produk petroleum jelly yang banyak dijual dipasaran.

Selain membantu mencerahkan bibir, petroleum jelly juga mampu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah akibat paparan sinar matahari dan pengaruh cuaca. Pilih produk petroleum jelly yang sesuai dengan jenis kulit dan perhatikan juga kandungan serta tanggal kadaluarsanya.

2. Lips Sleeping Mask

Selain menggunakan petroleum jelly, penggunaan produk lips sleeping mask juga bisa diandalkan untuk mencerahkan dan melembabkan bibirmu. Cukup oleskan lips mask sebelum tidur dan biarkan kandungannya meresap ketika kamu sedang terlelap.

Banyak produk lips mask yang beredar di pasaran dan diyakini mampu membuat bibir yang gelap kembali merah merona. Jangan lupa, gunakan hanya produk berkualitas yang terjamin keasliannya serta terbuat dari bahan alami yang telah terbukti secara klinis.

3. Lips Exfoliator

Untuk mengangkat sel kulit mati penyebab warna gelap pada bibir, kamu juga bisa menggunakan produk lips eksfoliator yang bisa diperoleh dengan mudah di toko kosmetik atau klinik kecantikan.

Pilih produk lips eksfoliator yang berkualitas dan jangan menggunakannya pada bibir lebih dari dua kali dalam seminggu karena terlalu sering melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit justru akan membuat kulit bibir semakin kering dan mudah rusak.

4. Pengobatan Topikal

Jika masalah bibir gelap sangat mengganggu penampilanmu dan kamu ingin produk yang bisa dengan cepat memberikan hasil, kamu bisa mencoba pengobatan topical sesuai dengan rekomendasi dokter kulit.

Biasanya untuk mengembalikan warna merah alami bibir, dokter akan menyarankan penggunaaan krim atau obat berbahan dasar hydroquinone, kojic acid, dan juga retinoid. Meski disarankan, jangan menggunakannya tanpa anjuran dan resep dari dokter ya!

5. Fractional Laser Treatment

Salah satu perawatan klinis yang biasa dilakukan untuk memerahkan bibir dengan cepat dan efektif adalah dengan menggunakan prosedur fractional laser treatment.

Melalui tindakan operasi ini, bagian epidermis dan dermis pada bibir yang berwarna gelap akan dihilangkan dan diangkat dengan menggunakan sinar laser. Pasien akan menjalani 2 hingga 4 sesi perawatan selama beberapa jam.

Jangan khawatir jika setelah melakukan prosedur ini bibirmu menjadi bengkak karena bibirmu akan kembali normal dan merah merona alami setelah satu minggu.

Biasanya prosedur ini dilakukan untuk mereka yang memiliki bibir gelap akibat genetis, merokok dan hiperpigmentasi atau melasma berat yang tidak bisa diatasi dengan bahan alami maupun produk perawatan.

Itulah berbagai cara dan tips dalam memerahkan bibir, mana cara yang paling ampuh buatmu? Share ke OhGitu di kolom komentar, dong!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *