Cara Mempercepat Haid Selesai & Melancarkan Haid Yang Terlambat

Via lifehacks.io

Setiap wanita pasti mengalami haid atau datang bulan. Umumnya, periode menstruasi antara wanita yang satu dengan lainnya tidaklah sama. Terkadang karena suatu hal, haid bisa saja terlambat atau justru datang terlalu cepat.

Sebenarnya hal ini bukanlah masalah besar, tetapi cukup mengganggu, terlebih jika Anda tengah berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Misalnya tengah menghadiri rapat penting atau bertamasya tanpa membawa persiapan apa pun. Tentu hal ini bisa menjadi masalah dan membuat Anda malu, bukan?

Lantas, adakah cara agar haid selesai lebih cepat? Jawabannya, ada. Agar lebih jelas, simak sejumlah cara mempercepat haid di bawah ini:

1. Hindari Menggunakan Tampon

Via helloflo.com

Tahukah Anda bahwa tampon dapat menghalangi aliran darah haid? Jika Anda ingin haid cepat selesai, pastikan untuk menghindari tampon. Sebaiknya gunakan pembalut biasa yang memang diformulasikan untuk menyerap darah haid.

2. Gunakan Menstrual Cup

Jika Anda memiliki jadwal bepergian yang tidak dapat ditunda, gunakan menstrual cup. Alat ini akan mencegah aliran darah haid dan menampungnya selama 12 jam. Alat ini pun cocok digunakan ketika berenang.

3. Minum Obat

Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti naproksen, ibuprofen, dan aspirin dapat mengurangi kram dan cairan menstruasi.

4. Gunakan Kontrasepsi

Pil KB atau suntikan dapat digunakan untuk mempercepat masa haid Anda. Namun, Anda harus berkonsultasi lebih dulu sebelum menggunakannya.

5. Konsumsi Lemon

Manfaat Lemon Untuk Wajah
Via groworganic.com

Jika Anda ingin masa haid selesai lebih cepat, konsumsi lemon secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan. Kandungan vitamin C di dalam lemon ampuh untuk mengurangi tingkat progesteron sehingga periode haid pun lebih singkat.

6. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu mengurangi volume perdarahan dan mempercepat periode haid. Hanya dengan mengonsumsi cuka apel, haid Anda pun cepat selesai.

7. Olahraga Teratur

Olahraga teratur tidak hanya meningkatkan kualitas kesehatan dan mengurangi kram perut. Nyatanya, olahraga terbukti efektif mempercepat masa haid.

8. Lakukan Hubungan Seks

Mendapatkan orgasme baik melalui hubungan seksual maupun masturbasi dapat mendorong kontraksi otot rahim. Di mana kontraksi ini akan membantu rahim melepaskan darah lebih cepat.

9. Operasi

Via healthline.com

Jika cara di atas tidak berfungsi atau Anda mengalami haid lebih dari 10 hari bahkan berminggu-minggu, segera hubungi dokter. Bisa jadi ada masalah di dalam tubuh Anda. Umumnya, masalah ini dapat diselesaikan dengan operasi.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Kasus lain umum terjadi adalah haid yang tidak teratur. Terkadang kondisi ini dapat membuat Anda frustasi dan cemas.Maklum saja, haid yang tidak teratur setiap bulan memang berkaitan erat dengan gangguan kesehatan pada organ kewanitaan.

Sebelum Anda berpikir macam-macam, ada baiknya untuk mengetahui penyebab haid tidak lancar. Adapun penyebabnya, antara lain sebagai berikut.

  • Stres
  • Kelebihan Berat Badan
  • Anoreksia
  • Bulimia
  • Kelebihan Hormon Prolaktin
  • Efek Alat Kontrasepsi
  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome atau Sindrom Ovarim Polikistik)
  • Celiac
  • Diabetes
  • Gangguan Tiroid
  • Menopause Dini
  • Terlalu Sering Merokok
  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Cara Mempercepat Datangnya Haid

Sebenarnya cara terbaik agar siklus haid Anda teratur adalah dengan mengubah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan haid terlambat. Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, Anda bisa menggunakan cara melancarkan haid di bawah ini!

1. Jus Wortel

Manfaat Jus Wortel
Via medicalnewstoday.com

Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya vitamin A dan sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. Namun, di balik semua itu, wortel pun dapat melancarkan menstruasi yang tidak teratur.

Kandungan di dalamnya, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin C menjaga agar hormon di dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Cara terbaik untuk mengonsumsi wortel adalah dengan cara dijadikan jus.

2. Mandi Air Hangat

Mandi hangat dipercaya mampu melancarkan haid karena dapat membantu menurunkan tingkat stres. Di mana stres merupakan salah satu penyebab haid tidak teratur.

Dengan mandi hangat, tubuh akan lebih segar, pikiran Anda pun tenang. Agar mandi lebih menyenangkan, Anda bisa menambahkan minyak esensial, seperti lavender, citrus, atau mawar

3. Teh Peterseli

Konon, peterseli sangat ampuh untuk “memaksa” siklus haid. Pasalnya, daun peterseli mengandung zat myristicin dan apiol yang dapat merangsang kontraksi uterus. Meski belum ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut, nyatanya sejumlah wanita mendapatkan haid setelah mengonsumsi teh peterseli.

Untuk membuat teh peterseli, siapkan daun peterseli segar sekitar ¼ cangkir lalu potong kecil. Rebus daun tersebut dengan segelas air dan biarkan selama 5 menit agar meresap sempurna. Minum selagi hangat.

4. Kunyit

Kunyit sudah lama dikenal sebagai obat alami pereda nyeri saat haid. Namun, tahukah Anda bahwa kunyit pun efektif melancarkan dan meningkatkan siklus haid? Kandungan di dalam kunyit terbukti membantu menginduksi haid. Agar haid Anda lancar, konsumsi jamu racikan kunyit secara teratur selama periode menstruasi.

5. Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya
Via asiaone.com

Daun pepaya yang dikenal pahit nyatanya ampuh untuk mengatasi masalah haid tidak lancar. Maklum saja, di dalam daun pepaya terkandung kalsium dan vitamin A, B, C, D, dan E yang dapat membantu melancarkan menstruasi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus daun pepaya dan asam jawa dengan air sebanyak dua gelas. Tambahkan sedikit garam. Rebus hingga menyisakan segelas air. Minum ramuan ini selagi hangat.

6. Air Kelapa Hijau

Di dalam air kelapa hijau terkandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit. Senyawa ini pun berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Tak hanya itu saja, laurat pun dapat memenuhi kebutuhan gizi dan mempercepat datangnya haid.

7. Jahe

Jahe tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, mengatasi perut kembung, masalah tenggorokan, dan masuk angin saja, melainkan juga dapat mempercepat haid yang terlambat.

Di dalam jahe terkandung vitamin A, B2, C, zat besi, niasin, fosfor, dan minyak atsiri alami yang secara efektif merangsang datangnya haid. Untuk merasakan manfaatnya, seduh jahe dengan air panas dan tambahkan sedikit madu sebagai pemanis alami. Dijamin, haid pun lancar.

8. Air Putih

Meski banyak orang tidak menyukai air putih karena rasanya hambar, nyatanya air putih memiliki segudang manfaat yang tidak dapat diabaikan. Mengonsumsi air putih sesuai anjuran tidak hanya membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, tetapi juga melancarkan metabolisme. Jika sistem metabolisme lancar, haid pun akan lancar. Begitu juga sebaliknya.

9. Istirahat Teratur

Jika Anda ingin haid selalu teratur, pastikan untuk istirahat sesuai anjuran. Kurang istirahat dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol. Di mana hormon ini dapat memengaruhi hypothalamus yang menaungi hormon pengatur periode haid.

10. Olahraga

Manfaat Olahraga
Via fortune.com

Olahraga rutin dapat menjaga berat badan tetap stabil. Ingat, salah satu penyebab haid tidak lancar adalah kelebihan berat badan. Selain menjaga timbangan, olahraga pun efektif mengurangi rasa sakit selama haid berlangsung.

Demikian informasi mengenai penyebab haid terlambat, termasuk cara mempercepat haid dan melancarkannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jangan lupa share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *