5+ Cara Memutihkan Gigi Secara Alami & Permanen

Memiliki gigi berwarna putih merupakan idaman setiap orang. Tidak hanya berperan sebagai penambah percaya diri, tapi juga sebagai penanda bahwa kamu turut menjaga kebersihan mulut. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gigi berubah warna. Beberapa faktor yang memengaruh perubahan warna pada gigi diantaranya:

  1. Faktor genetik
  2. Kebiasaan buruk seperti merokok
  3. Pilhan makanan dan minuman yang dikonsumsi
  4. Fluorosis
  5. Mengalami kecelakaan
  6. Kebiasaan menggerus gigi
  7. Konsumsi antibiotic secara berlebihan

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memutihkan gigi yang dapat kamu lakukan.

Perubahan Warna Pada Gigi & Penyebabnya

Via southfloridadentalcare.com

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara memutihkan gigi, yuk, kenali terlebih dahulu macam-macam warna gigi dan penyebabnya.

Gigi Berwarna Kecoklatan atau Kehitaman

Jika kamu adalah seorang perokok, maka tidak heran apabila gigimu berubah warna menjadi kecoklatan atau kehitaman. Seringkali nikotin dianggap sebagai penyebab utama perubahan warna pada gigi menjadi coklat atau hitam. Padahal tar-lah penyebabnya.

Pewarna pada makanan atau minuman juga berperan dalam perubahan warna pada gigi karena pewarna tersebut diserap oleh permukaan gigi sehingga warna alami gigi pudar.

Maka dari itu, berhenti rokok dan hindari minuman atau makanan berwarna gelap untuk mengurangi peresapan warna makanan pada gigi. Tips untuk kamu yang suka minum kopi atau teh, disarankan menggunakan sedotan sehingga kopi dan teh tersebut tidak mengenai kontak langsung dengan gigi.

Gigi Berwarna Kehijauan dan Keoranyean

Hal ini dapat terjadi ketika kamu tidak melakukan pembersihan gigi secara menyeluruh yang berakibat adanya akumulasi plak gigi. Warna hijau dan oranye pada permukaan gigi dihasilkan oleh bakteri atau jamur yang berkembang di dalam mulutmu.

Selalu sikat gigimu pada pagi hari dan sebelum tidur atau gunakan dental floss untuk menghilangkan plak agar gigi tetap berwarna putih.

Gigi Berwarna Biru Keabuan Hingga Kuning Kecoklatan

Mengonsumsi antibiotik jenis tetrasiklin pada masa pertumbuhan gigi atau pada masa kanak-kanak dan juga pada ibu hamil dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama dapat membunuh segala jenis bakteri dalam rongga mulut sehingga memberikan kesempatan bagi jamur untuk berkembangbiak.

Satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi pada kasus ini adalah dengan bleaching atau veneer.

Gigi Berwarna Hitam Keabuan

Pembusukan pada gigi dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi hitam keabuan. Biasanya pembusukan gigi terjadi karena berawal dari gigi berlubang.

Untuk mengatasi perubahan gigi ini, segera kunjungi dokter gigimu agar dapat memperbaiki gigi yang rusak tersebut dan membuatnya terlihat putih kembali.

Gigi Berwarna Kuning Kecoklatan atau Berbercak Putih

Gangguan saat pertumbuhan gigi atau pembusukan gigi secara dini dapat menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kuning kecoklatan.

Kondisi fluorisis di mana bercak putih muncul pada permukaan gigi merupakan akibat dari proses metabolisme fluoride dalam jangka waktu lama dan jumlah berlebihan, sehingga pembentukan enamel gigi terganggu. Kamu memerlukan perawatan dari dokter gigi apabila perubahaan warna pada gigimu disebabkan oleh hal yang disebutkan di atas.

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan ketika mengalami perubahan warna pada gigi adalah melalui cara alami.

Selain mudah, cara memutihkan gigi secara alami tentu tidak memakan biaya banyak. Cukup gunakan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di dapur. Berikut adalah 5 cara memutihkan gigi secara alami yang dapat kamu lakukan.

1. Gunakan Minyak Kelapa

Via Shutterstock

Menggunakan minyak kelapa secara rutin dapat membuat gigi menjadi lebih putih dan bersih. Cukup siapkan satu sendok makan minyak kelapa lalu oleskan secara rata ke gigimu selama 10-15 menit.

Buang minyak kelapa tersebut dan kumur menggunakan air bersih. Terakhir, sikat gigimu seperti biasa. Proses ini lebih baik dilakukan pada pagi hari karena dapat menjaga mulut dan napasmu segar sepanjang hari.

2. Campurkan Garam dan Lemon

Via Shutterstock

Garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami dapat mengikis noda pada gigi, sedangkan lemon memiliki kandungan asam yang dapat membantu melunturkan noda pada lapisan enamel.

Keduanya cocok sekali digunakan untuk memutihkan gigi. Kamu hanya perlu mencampur kedua bahan ini dalam satu sendok teh lalu gosokkan campuran tersebut pada gigi dan diamkan beberapa menit sebelum kumur-kumur dengan menggunakan air hangat.

3. Keajaiban Baking Soda

Via Shutterstock

Tidak hanya digunakan sebagai pengembang kue atapun salah satu cara menghilangkan bekas jerawat, ternyata baking soda juga sangat efektif dalam memutihkan dan membersihkan gigi serta mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Kamu cukup membuat pasta baking soda dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air. Sebelum berkumur dengan air hangat, oleskan pasta tersebut pada gigi dan diamkan selama tiga menit.

Karena pada dasarnya baking soda adalah bahan kimia sintetis, maka batasi penggunaannya minimal satu atau dua bulan sekali saja.

4. Kumur Cuka Sari Apel

Via Shutterstock

Berkumurlah dengan cuka sari apel dua kali seminggu apabila noda pada gigimu dihasilkan oleh atau tar yang terkandung dalam tembakau rokok. Larutkan dua sendok cuka sari apel pada setengah gelas air mineral lalu berkumur kurang lebih satu menit. Setelah itu, netralkan kondisi mulutmu dengan menggosok gigi seperti biasa.

5. Oleskan Arang Kayu

Via Shutterstock

Perlu kamu ketahui bahwa senyawa aktif karbon pada arang dapat mengikis noda pada enamel gigi secara cepat. Dengan menggunakan arang kayu yang telah ditumbuk menjadi bubuk, campurkan bubuk tersebut dengan sedikit air dan oleskan pada gigmu.

Temukan perubahan yang terjadi pada gigimu setelah berkumur dengan menggunakan air hangat. Gunakan arang maksimal hanya dua kali dalam sebulan, ya.

3 Cara Memutihkan Gigi Secara Medis

Meskipun kamu bisa memutihkan gigi dengan menggunakan cara-cara alami yang telah disebutkan di atas, terkadang ada beberapa faktor penyebab yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan cara alami.

Tapi kami tidak perlu khawatir karena dengan teknologi yang semakin maju, kamu bisa kembali memiliki gigi berwarna putih. Namun, kamu perlu mengeluarkan budget lebih banyak, nih. Yuk, intip 3 cara memutihkan gigi dengan cepat dan instan di bawah ini.

1. Teknologi Veneer

Via Shutterstock

Melalui teknologi veneer, permukaan gigi yang dianggap bermasalah akan dilapisi dengan lapisan yang terbuat dari porselen. Sebelumnya, dokter akan membuat cetakan yang akan digunakan untuk melapisi email gigi, setelah itu akan dipasang di gigimu. Alhasil, gigimu akan terlihat lebih putih. Selain itu, veneer juga digunakan untuk meratakan gigi dan menutup kerenggangan antar gigi.

2. Teknologi Sinar Ultraviolet

Via Shutterstock

Tujuan utama penggunaan teknologi sinar ultraviolet adalah untuk membersihkan karang gigi. Kamu akan menggunakan obat berbentuk pasta yang diaktifkan dengan menggunakan sinar ultraviolet yang dioperasikan dengan alat khusus.

Proses yang memakan waktu 5-10 menit ini akan diakhiri dengan berkumur untuk menghilangkan sisa obat yang menempel. Voila! Gigimu akan terlihat lebih putih dan cerah dari sebelumnya.

3. Teknologi Bleaching

cara memutihkan gigi
Via Shutterstock

Proses yang memakan waktu sekitar satu jam ini diawali dengan pembersihan gigi dan penghapusan plak di sepanjang garis gusi.

Setelah itu, gigimu akan dilapisi dengan gel peroksida lalu disinari dengan lampu khusus bersinar laser yang digunakan untuk mengaktifkan gel. Setelah melalui semua proses bleaching, gigi putih tentu akan menjadi milikmu.

Kebiasan Yang Dapat Menjaga Kebersihan Gigi

Via surprisepd.com

Setelah kamu mendapatkan gigi yang putih, tentu kamu tidak mau kan gigi kamu kembali berubah warna menjadi kuning? Berikut adalah 3 kebiasaan yang dapat mencegah gigi menjadi kuning.

Ganti Sikat Gigi Setiap 3 Bulan

Menurut drg. Glosman seorang dokter gigi asal Amerika Serikat, kamu wajib mengganti sikat gigi secara berkala maksimal 3 bulan sekali atau setelah bulu sikatnya rusak.

Karena jika tidak, sikat gigi tersebut sudah tidak efektif lagi dalam membantu membersihkan gigi dan bukan hal yang tidak mungkin nantinya gigi yang kamu miliki mulai menguning kembali.

Menyikat Lidahmu

Mungkin kamu sedikit heran apa korelasinya antara menyikat lidah dengan menjaga kebersihan gigi. Namun faktanya, dengan menyikat lidah, kamu dapat menghindari gigi terkena noda.

Lidah bisa menjadi tempat penumpukan bakteri jika tidak dibersihkan secara berkala, bakteri tersebutlah yang dapat mengubah warna gigi tidak putih kembali.

Dan menurut American Dental Association, 50 persen bakteri di mulut bersarang di permukaan lidah, selain itu lidah yang bersih juga dapat menghilangkan bau mulut hingga 70 persen.

Jangan gunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah, kamu bisa menggunakan pembersih lidah khusus atau setidaknya saat ini sudah ada sikat gigi dengan pembersih lidah di bagian belakang bulu sikatnya.

Pilih Pasta Gigi Yang Tepat

Pasta gigi adalah hal yang paling penting dalam membersihkan gigi. Kamu memakainya setiap menyikat gigi, oleh karena itu pastikan kamu memilih pasta gigi yang tepat.

Pastikan sebelum membeli pasta gigi, kamu melihat bahan-bahan kandungan yang ada didalamnya. Beberapa bahan berikut ini dapat membuat gigi putih dan cerah, seperti mangnesium karbonat, aluminium dioksida hidrasi, kalsium karbonat, dan hidrogen peroksida.

Nah, setelah membaca artikel di atas, kamu jadi tahu, kan, ada beberapa cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan? Mana cara yang paling ampuh buatmu? Share dengan OhGitu di kolom komentar, dong!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *