in

15+ Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami & Permanen

Via skinlightskinbright.com

Ketiak hitam memang bukan masalah kesehatan yang serius tetapi masalah kulit yang satu ini cukup menjengkelkan. Meski tersembunyi dan tidak terlihat, ketiak hitam bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang saat mengenakan pakaian tanpa lengan atau ketika mengambil foto dengan mengangkat tangan.

Masalah kulit ketiak yang menghitam memang cukup sulit dihilangkan tapi bukan berarti kamu yang punya masalah tersebut tidak bisa mengatasinya. Simak ulasan OhGitu mulai dari penyebab sampai cara memutihkan ketiak hitam yang sudah dirangkum dibawah ini.

Sekilas Tentang Kulit Ketiak

Ketiak adalah bagian bawah lengan yang tersembunyi dan memiliki kulit yang sangat sensitif. Kulit ketiak yang memiliki banyak kelenjar keringat dan folikel rambut akan mudah teriritasi akibat penggunaan deodoran, krim atau bahan kimia lainnya sehingga kulit di area ini juga cepat menghitam.

Meski bukan suatu masalah yang serius, ternyata kulit ketiak yang menghitam juga bisa menjadi indikator atau tanda adanya suatu kelainan atau penyakit dalam tubuh.

Penyebab Ketiak Hitam

Cara Memutihkan Ketiak
Via stylecraze.com

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit ketiak berubah warna menjadi hitam, diantaranya adalah:

Terlalu Sering Mencukur

Mencukur rambut yang ada pada area ketiak bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam. Saat mencukur, kamu hanya menghilangkan rambut pada permukaan kulit dan tidak menghilangkan akarnya.

Akibatnya, sisa rambut yang ada dalam kulit akan menyebabkan noda berwarna hitam yang cukup terlihat dengan jelas. Untuk menghindari hal ini sebenarnya kamu bisa menggunakan wax dan bukannya pisau cukur.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi atau penggelapan kulit juga bisa menjadi sebab menghitamnya kulit ketiak. Masalah yang satu ini disebabkan oleh produksi pigmen melamin yang berlebihan. Produksi pigmen melamin yang berlebihan dipicu oleh sinar matahari atau faktor lainnya.

Kelainan

Kelainan dalam tubuh seperti acanthosis nigricans dikenal sebagai salah satu faktor pemicu menggelapnya kulit ketiak. Kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang kekurangan insulin pada penderita diabetes dan juga mereka yang memiliki masalah obesitas. Kelainan ini tidak hanya menyerang bagian ketiak, melainkan juga bagian leher, lengan dan bagian tubuh lain yang sering terpapar matahari.

Penggunaan Deodoran

Meskipun deodoran adalah salah satu cara menghilangkan bau badan yang ampuh, ternyata terlalu sering dan salah dalam memilih produk deodoran juga bisa memicu diskolorasi atau perubahan warna kulit ketiak.

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam deodoran dapat memicu tubuh bereaksi dan menghasilkan pigmen gelap pada kulit ketiak. Para pakar kesehatan menyarankan untuk menghindari penggunaan deodoran yang dapat memicu timbulnya ketiak menjadi hitam.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati pada bagian kulit ketiak dapat menyebabkan warna hitam pada permukaan kulit terutama jika kulit ketiak sering dicukur untuk menghilangkan rambutnya. Untuk mengikis kulit mati tersebut tentunya kamu harus rajin-rajin melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri tertentu diketahui merupakan pemicu timbulnya noda atau spot hitam pada kulit terutama ketiak atau yang dikenal dengan istilah erythrasma.

Dilansir dari LiveStrong.com, beberapa jenis bakteri seperti Corynebacterium Minutissimum menyebabkan timbulnya noda berwarna pink yang kemudian akan berubah warna menjadi hitam.

Berdasarkan penelitian ilmuwan National Institutes of Health infeksi ini lebih sering terjadi pada mereka yang tinggal di daerah beriklim panas dibandingkan dengan beriklim dingin.

10+ Cara Mengatasi Ketiak Hitam Secara Alami

Tak perlu khawatir jika kulit ketiakmu menghitam, kamu bisa menggunakan bahan alami yang ekonomis dan mudah didapatkan untuk mencerahkan kulit ketiakmu.

1. Kentang

Via mipotato.com

Asam alami dalam kentang ternyata ampuh mengatasi masalah ketiak yang menghitam akibat berbagai macam faktor. Asam alami tersebut bertindak sebagai bleaching agent atau senyawa peluntur warna hitam pada kulit.

Selain mudah, menggunakan kentang sebagai bleaching alami juga diketahui lebih aman dibandingkan dengan menggunakan bleaching kimia.

Cara pemakaian:

  • Potong dan iris tipis satu buah kentang ukuran sedang.
  • Oleskan irisan tersebut pada kulit ketiak selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Selain dengan menggunakan irisan kentang, kamu juga bisa mengoleskan kentang yang sudah diparut sebelumnya pada ketiakmu.
  • Lakukan perawatan ini dua hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Lemon

Via businessinsider.com

Lemon mengandung senyawa whitening agent seperti vitamin C dan asam sitrat yang dapat memutihkan kulit ketiak yang hitam sekaligus mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan antibakteri dan antiseptiknya juga ampuh mengusir bakteri penyebab diskolorasi dan bau badan pada ketiak.

Cara pemakaian:

  • Iris satu buah lemon menjadi 4 bagian.
  • Oleskan dan gosok irisan tersebut pada ketiak selama 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Ulangi perawatan ini setiap hari agar hasilnya lebih optimal.

3. Mentimun

Via fitlife.tv

Mentimun mengandung senyawa astringent dan bleaching alami yang dapat meredakan infeksi pada kulit yang merupakan salah satu penyebab ketiak hitam. Menggunakan mentimun untuk menghilangkan warna hitam di area ketiak juga terbilang mudah dan murah.

Cara pemakaian:

  • Iris satu buah mentimun dengan potongan yang cukup tebal.
  • Oleskan pada ketiak selama 10 menit.
  • Selain menggunakan irisan mentimun, kamu juga bisa menggunakan sari buah mentimun untuk memutihkan ketiak.

4. Baking Soda

Via Shutterstock

Tumpukan sel kulit mati di area ketiak adalah salah satu penyebab bagian bawah lengan ini menghitam. Baking soda atau natrium bikarbonat dapat digunakan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati sekaligus menghilangkan bakteri yang bersemayam pada kulit ketiak.

Cara pemakaian:

  • Buatlah pasta baking soda dengan mencampur satu sendok makan baking soda dan satu sendok teh air atau air mawar.
  • Oleskan dan gosok bagian ketiak dengan pasta baking soda tersebut.
  • Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini 3 atau 4 kali dalam seminggu.

5. Kulit Jeruk

Via cooking-spree.com

Kulit jeruk yang biasanya akan langsung kamu buang setelah buahnya dikonsumsi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami yang ampuh mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Tekstur kulit jeruk yang cukup kasar bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan senyawa bleaching alaminya juga mampu mencerahkan kulit layaknya vitamin C.

Cara pemakaian:

  • Jemur kulit jeruk dibawah sinar matahari hingga kering kemudian haluskan dengan menggunakan blender hingga menjadi bubuk.
  • Campurkan dua sendok makan bubuk kulit jeruk dalam satu sendok air mawar atau air biasa hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada ketiak dan biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dan keringkan.

6. Minyak Kelapa

Via organicfacts.net

Minyak kelapa murni mengandung vitamin E yang mampu mencerahkan kulit. Tak hanya mencerahkan, minyak kelapa juga efektif menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri yang tinggal pada permukaan kulit.

Cara pemakaian:

  • Oleskan minyak kelapa pada ketiak dan pijat selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan sabun berformula lembut.
  • Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali sehari.

7. Susu

Via culturesforhealth.com

Kandungan asam laktat dalam susu terbukti ampuh mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada ketiak. Tak hanya itu, senyawa asam lemak dan vitamin dalam susu juga mampu menghaluskan kulit dan memperlambat proses penggelapan di area kulit terutama ketiak.

Cara pemakaian:

  • Campur dua sendok makan susu full cream dengan satu sendok makan tepung dan satu sendok makan yogurt hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada ketiak dan biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan ulangi perawatan tersebut setiap hari.

8. Cuka Apel

Via thejakartapost.com

Cuka apel yang biasa kamu gunakan di dapur untuk menambah rasa asam pada makanan juga bisa digunakan sebagai bahan alami pengusir ketiak hitam. Cuka apel mengandung senyawa asam yang mampu mengusir bakteri pada ketiak sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Cara pemakaian:

  • Campur satu sendok makan cuka apel dengan tepung beras secukupnya hingga membentuk pasta kental.
  • Oleskan pada bagian kulit ketiak dan biarkan mengering selama 15 hingga 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan tersebut setiap hari atau 4 kali dalam seminggu.

9. Minyak Zaitun

Via farmviewmarket.com

Minyak zaitun atau olive oil mengandung senyawa antioksidan yang dapat menenangkan radikal bebas penyebab kulit gelap sekaligus mencerahkan dan menghaluskan kulit ketiak. Gunakan minyak zaitun di malam hari sebelum tidur agar nutrisi dan manfaatnya dapat terserap dengan baik.

Cara pemakaian:

  • Oleskan minyak zaitun yang telah dihangatkan pada bagian ketiak dan pijat selama 10 hingga 15 menit.
  • Lakukan perawatan sebelum tidur dan kamu bisa membilasnya dipagi harinya saat mandi.

10. Apel

Image Via detik.com

Buah apel tak hanya enak disantap tapi juga mampu mencerahkan kulit ketiak, meskipun hal ini belum banyak diketahui. Apel mengandung senyawa AHA atau asam alpha hidroksi yang dapat mematikan bakteri penyebab ketiak gelap sekaligus mengangkat sel kulit mati pada ketiak.

Cara pemakaian:

  • Potong-potong apel dan haluskan dengan menggunakan grinder atau alat lainnya.
  • Usapkan buah apel yang sudah dihaluskan tersebut pada ketiak dan pijat selama beberapa menit.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin, dua kali dalam seminggu.

11. Madu

Via lifehack.org

Madu memang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tak terkecuali dalam mengatasi masalah kulit hitam. Madu mengandung senyawa anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengenyahkan bakteri serta iritasi yang menyebabkan ketiak menjadi hitam.

Cara Pemakaian:

  • Oleskan madu pada ketiak hingga mengering.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Ulangi perawatan dengan menggunakan madu setiap hari.

12. Pepaya

Via julesmarket.com

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat mencerahkan kulit sehingga cukup ampuh mengatasi masalah ketiak yang gelap dan menghitam akibat hiperpigmentasi atau sebab lainnya. Selain itu, kandungan asam alpha hidroksi pada pepaya juga mampu mengatasi sel kulit mati yang menyebabkan kulit ketiak terlihat kusam dan hitam.

Cara pemakaian:

  • Potong-potong dan haluskan buah pepaya hingga teksturnya menyerupai bubur.
  • Oleskan pepaya pada ketiak dan biarkan selama 15 hingga 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Lakukan perawatan dengan menggunakan pepaya 3 hingga 4 kali dalam seminggu agar kulit ketiak semakin cerah.

13. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Gel lidah buaya diketahui mengandung senyawa anthraquinone yang efektif mengangkat sel kulit mati dan mampu mencerahkan kulit terutama pada bagian ketiak. Kandungan lignin gel aloe vera juga membantu melembabkan kulit dan mencegah timbulnya iritasi yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam.

Cara pemakaian:

  • Oleskan gel lidah buaya pada ketiak dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan.
  • Ulangi perawatan dengan menggunakan lidah buaya setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

14. Tomat

Via iccadubai.ae

Tomat mengandung senyawa likopen yang merupakan antioksidan kuat penghalau serangan radikal bebas yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu kandungan whitening agentnya mampu mencerahkan kulit serta mengangkat sel kulit mati penyebab ketiak hitam.

Cara pemakaian:

  • Haluskan buah tomat dan oleskan jusnya pada ketiak.
  • Biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan dengan jus tomat 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

3+ Cara Alternatif Mencerahkan Ketiak

Via thehoneycombers.com

Selain dengan menggunakan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam dengan lebih cepat.

1. Kapsul Vitamin E

Kapsul vitamin E yang biasa kamu konsumsi juga bisa membantu menghilangkan warna hitam pada ketiak. Vitamin E sendiri diketahui mampu mencerahkan sekaligus melembabkan kulit yang teriritasi.

Caranya cukup mudah, tinggal oleskan minyak yang terdapat dalam kapsul vitamin E pada ketiak sebelum tidur setiap harinya dan bilas dengan air bersih keesokan harinya. Lakukan perawatan ini hingga kulit ketiak terlihat lebih cerah dan warna hitam sudah tidak nampak lagi.

2. Krim Topikal

Krim topikal adalah krim yang dioleskan pada permukaan kulit untuk mengatasi suatu masalah seperti kulit ketiak yang hitam. Krim ini biasanya bekerja dengan cara menghambat produksi hormon melanin yang merupakan penyebab kulit menjadi gelap.

Menurut New Zealand Dermatological Society, saat memilih krim topikal untuk kulit sebaiknya hindari menggunakan krim yang mengandung senyawa hydroquinone, retinoids, corticosteroids dan merkuri lebih dari enam bulan karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

3. Chemical Peeling

Jika kamu punya budget lebih untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu bisa memilih peeling atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia seperti asam alpha hidroksi atau asam beta hidroksi.

Peeling atau pengelupasan sel kulit mati dengan bahan kimia tersebut memang terbukti secara ampuh dapat mencerahkan kulit permukaan ketiak yang menghitam.

4. Laser Skin Lightening

Selain menggunakan chemical peeling atau peeling kimiawi, kamu juga bisa memilih perawatan pencerah kulit ketiak dengan menggunakan teknik bedah laser.

Para ahli dermatologi biasanya akan menggunakan sinar laser untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit hitam diarea ketiak dan menghambat proses pigmentasi alami yang terjadi dalam tubuh. Tentunya untuk mendapatkan perawatan ini kamu harus menyiapkan budget yang lebih.

Tips Mencegah Ketiak Hitam Datang Lagi

Via inmygroup.com

Untuk mendapatkan kulit ketiak yang cerah tentu ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan harus kamu hindari, diantaranya sebagai berikut.

Lakukan:

  • Mandi dua kali sehari akan membantu menghilangkan bakteri pada kulit terutama ketiak.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat. Pakaian ketat akan membuat kulitmu susah bernafas dan bakteri akan tumbuh lebih mudah pada area ketiak.
  • Pilih pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun.
  • Diet sehat untuk menurunkan berat badan. Lemak yang terakumulasi pada bagian ketiak akan menyebabkan gesekan kulit dengan pakaian sehingga kulit ketiak mudah menghitam.

Hindari:

  • Mencukur rambut ketiak dengan menggunakan pisau cukur. Mencukur hanya akan menghilangkan rambut pada permukaan saja dan membuat ketiakmu nampak hitam.
  • Penggunaan hair removal cream yang mengandung banyak zat kimia keras dan berbahaya.
  • Menggunakan antiperspirant deodorant yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

Itulah beberapa cara memutihkan ketiak hitam secara alami dan cepat. Mungkin beberapa cara cocok untuk kulitmu beberapa lainnya tidak. Disarankan untuk mencoba sedikit demi sedikit dan pastikan cara tersebut berhasil di kulitmu dan tidak menyebabkan iritasi.

Jangan lupa share dong ke OhGitu di kolom komentar cara mana yang paling ampuh buatmu dan pengalamanmu dalam memutihkan ketiak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *