Via youtube.com

Followers Instagram Segitu Aja? Coba Cara Ini Untuk Menambah Followers

Rajin update akun Instagram, sudah. Unggah foto dengan tema yang sinkron dan menarik, juga sudah. Tapi kenapa jumlah followers cuma segitu-gitu aja dan tidak bertambah signifikan ya? Ada yang salah?

Jika pertanyaan di atas pernah terlintas di benak kalian, maka artinya tingkat engagement di akun kamu kurang tinggi! Apalagi sekarang Instagram tidak lagi menganut sistem chronological order sehingga besar kemungkinan apa yang kamu unggah tidak banyak dilihat orang.

Instagram kini menyuguhkan feed dengan memprioritaskan orang-orang yang sering berinteraksi dengan akun kamu, sehingga jika tingkat interaksi atau engagement dengan orang lain di Instagram rendah, maka visibility apa yang kamu unggah juga sedikit.

Tidak mau dong hal ini terus berlarut-larut? Apalagi Instagram bisa jadi tempat branding diri kamu jika memang ingin diseriusi. Nah, OhGitu telah menyiapkan beberapa cara menambah followers Instagram secara manual tanpa cheat atau membeli fake followers. Penasaran?

1. Perhatikan Estetika

Jangan main-main lagi dengan apa yang kamu unggah jika memang ingin membuat orang tertarik dengan akun Instagram kamu. Memang sih, Instagram milikmu artinya bebas sesuka hati mengunggah yang kamu inginkan. Namun lagi-lagi, jika ingin menarik perhatian, maka perhatikan bagaimana estetika feed kamu.

Bandingkan saja dengan saat kamu melihat akun para traveler dunia dengan feed yang memukau atau para fotografer National Geographic yang membuat heran, pasti menarik bukan? Lakukan hal yang sama dengan akun kamu, agar orang tak segan untuk menekan tombol “follow”.

2. Jaga Konsistensi

Pernah mengunggah foto dengan tone warna hangat, lalu sesekali menjajal aplikasi edit foto lain sehingga feed kamu warnanya bisa naik turun? Ini juga yang membuat orang akan memandang remeh akun Instagram kamu.

Mulai sekarang, tentukan bagaimana tone warna atau konsep feed yang kamu inginkan. Setelah menemukannya, be consistent. Cara ini bisa menarik followers karena akun kamu punya “identitas”.

3. Kelola Visual

Setelah pulang dari berlibur ke tempat dengan lansekap mengagumkan, pasti ponsel kamu penuh dengan hasil foto yang memukau. Harus mulai dari mana ya mengunggahnya? Asal saja unggah satu persatu secara berturut-turut?

Semuanya bisa kamu kelola dulu secara visual lewat aplikasi visual planner salah satunya adalah Later. Banyak aplikasi serupa lainnya yang membuat kamu bisa menyusun dulu urutan foto sebelum benar-benar mengunggahnya ke Instagram.

4. Instagram Story

Buat konten Instagram story yang informatif dan membuat orang lain tertarik untuk mengikuti atau bahkan menunggu-nunggu setiap unggahan story kamu. Jadikan itu ciri khas dari akun kamu.

Jika kamu terus mempertahankan hal ini, bukan tidak mungkin mereka akan mempertimbangkan untuk follow kamu secara sukarela. Ingat, apa yang kamu bagikan merefleksikan karakter kamu!

5. Instagram Story Highlight

Via about.easil.com

Setelah sebelumnya mengatur konten Instagram story, berikutnya manfaatkan juga fitur highlight di Instagram. Kamu bisa mengangkat tema tertentu dan mengunggahnya secara berkala dan runtut di Instagram story.

Pastikan juga cerita yang kamu unggah membuat penasaran sehingga orang betah melihat berlama-lama, bahkan meminta kamu untuk menyimpannya di highlight! Konten yang menarik tak akan diam di tempat, pasti akan banyak tersebar dan menarik banyak orang untuk mampir ke akun kamu.

6. Bio Menarik

Salah satu hal yang pertama kali dilihat calon follower saat berkunjung ke akun kamu adalah bio. Deskripsikan siapa kamu dan apa yang kamu kerjakan. Tapi ingat, jangan hanya fokus ke diri sendiri! Masukkan call-to-action dalam bio lewat link, email, atau alamat blog.

7. Jalin Koneksi

Dunia digital memungkinkan kamu berteman dengan siapa saja, dan jangan sia-siakan hal tersebut. Jalin koneksi dengan orang yang berasal dari niche yang sama atau karakter serupa dengan kamu. Misalnya jika kamu mengelola akun travel Instagram,maka bangun koneksi dengan mereka yang juga punya akun serupa. Like, beri komentar di feed dan story, dan banyak lagi cara untuk mempromosikan satu sama lain.

8. Ikut Workshop Menarik

Di luar sana ada begitu banyak workshop dan semacamnya yang memungkinkan kamu untuk bertemu orang baru di dunia nyata, dan sebagai bonus, menambah eksistensi di dunia Instagram! Terlebih jika workshop yang kamu ikuti adalah akun yang aktif di Instagram. Selain dapat ilmu, foto-foto menarik, sekaligus promosi akun!

9. Cari Tahu Tingkat Engagement

Mencari tahu seberapa besar engagement kamu dengan followers memang mudah dilakukan lewat Instagram Business, namun jika kamu masih menggunakan akun Instagram biasa, coba dengan cara mengunggah foto satu kali dalam sehari.

Setelah diunggah, perhatikan bagaimana engagement dengan orang lain. Apakah mereka memberi komentar? Jika iya, segera respon dengan menarik. Jangan edit deskripsi foto karena akan membuat post yang kamu unggah “tenggelam”.

10. Ketahui Isu Terkini

Via schedugr.am

Dengan mengikuti berita update dan mengunggah konten yang sesuai dengan hashtag yang tepat, maka besar kemungkinan followers akan datang dengan sendirinya. Terlebih jika konten kamu menarik dan informatif.

Caption juga memegang peran penting karena akan menjadi ciri khas tersendiri. Deskripsi foto atau video yang bercerita akan membuat orang lebih betah dibandingkan dengan yang hanya menulis quote dari Google atau deretan emoticon, bukan?

Most importantly, jika kamu berhasil menjadi akun Instagram yang informatif dan memberi banyak manfaat bagi mereka yang melihat segala unggahan, maka followers akan bertambah seiring dengan waktu.

Menjadi akun Instagram yang seperti apa? Sepenuhnya pilihan kamu, sesuaikan saja dengan passion dan tak perlu dibuat-buat apalagi ikut-ikutan. Just be yourself and represent it wholeheartedly. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *