3 Cara Mendapatkan Uang dari Google Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Uang Dari Google
Via medium.com

Di era digital saat ini, semakin banyak orang yang mencoba peluang usaha online. Salah satunya yang cukup diminati yakni mencari uang dari Google.

Google merupakan search engine paling populer di dunia. Selain menyuguhkan beragam informasi, Google juga dapat dimanfaatkan sebagai ‘lahan’ untuk mendapatkan penghasilan, loh! Adapun cara berbisnis dengan Google sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan strategi dan pemikiran yang cerdas.

Yaudah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari Google, langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Memasang Adsense di Blog atau Youtube

Via begindot.com

Anda pasti sudah sering mendengar tentang Google Adsense. Tapi jika Anda masih bingung, OhGitu akan menjelaskannya lebih rinci.

Jadi, Google Adsense merupakan progam dari Google yang menawarkan jasa pemasangan iklan dari seorang advertiser kepada publisher (pemilik blog atau channel Youtube). Iklan tersebut merupakan jenis iklan PPC (pay per click), dimana jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut maka kita akan memperoleh uang.

Nah, untuk mendapatkan Adsense dari Google, syaratnya mempunyai blog atau channel Youtube. Untuk langkah-langkahnya:

  • Pastikan Anda telah memiliki akun Google
  • Buatlah blog atau channel Youtube
  • Untuk pembuatan blog, Anda bisa memilih menggunakan layanan blogspot atau membeli domain dan hosting sendiri
  • Kelola blog atau channel Youtube Anda secara rutin, usahakan selalu update setiap hari.
  • Buatlah konten-konten yang unik, orisinil dan tentunya SEO friendly
  • Sering-seringlah melakukan promosi blog atau youtube
  • Jika traffic blog atau Youtube Anda mulai meningkat, segera daftarkan di google adsense
  • Untuk akun Youtube, syarat memperoleh Google Adsense harus memenuhi 4000 jam waktu tonton, 10.000 viewers, dan 1000 subscriber dalam jangka 12 bulan
  • Apabila pengajuan Adsense disetujui, nantinya Anda akan memperoleh kode iklan untuk dipasang di laman blog atau Youtube

Untuk bayaran yang diberikan oleh Google Adsense, umumnya berbeda-beda untuk setiap iklan. Umumnya sih, iklan ppc dari publiser Indonesia sekitar $0,03-$0,05 per klik. Anda bisa melakukan payout jika saldo telah mencapai $100.

2. Membuat Aplikasi Android

Via androidpit.com

Bagi Anda yang jago dalam bidang teknik informatika serta memiliki pemikiran yang kreatif, kenapa tak coba membuat aplikasi di Android?

Peluang dari bisnis ini terbilang cukup menjanjikan, loh! Pasalnya, Android telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat zaman sekarang. Segala hal, apapun itu, mulai dari sekedar pesan makanan hingga bayar listrik bisa dilakukan lewat ponsel.

Nah, kesempatan emas ini bisa Anda manfaatkan untuk turut serta mencoba bikin aplikasi online lewat Google Play Store.

Mulailah dari yang paling simpel dulu, misalnya membuat aplikasi wallpaper atau notebooks. Jika kemampuan Anda cukup mumpuni, Anda bisa mencoba bikin aplikasi game, photo editor, kamus online, dan sebagainya.

Untuk cara kerjanya, Anda cukup membuat akun penjualan dengan Google Wallet. Lalu publikasikan aplikasi yang telah Anda buat sebagai aplikasi berbayar. Nantinya Anda akan mendapatkan uang dari setiap unduhan.

Oiya, Anda juga bisa memasang Google Adsense pada aplikasi tersebut. Adanya iklan pada aplikasi ini tentu akan menaikkan penghasilan Anda.

3. Menjual Buku di Google Play

Via downdetector.co.za

Punya mimpi menjadi penulis novel terkenal, tapi sayang tulisan Anda selalu ditolak oleh penerbit?

Eits, jangan bersedih! Di era digital sekarang ini, Anda bisa menerbitkan buku dengan metode yang jauh lebih mudah. Yakni, dengan menjualnya secara online lewat Google Play Store.

Langkah-langkahnya sangat simpel untuk menjual buku di Google Play:

  • Pertama, Anda hanya perlu menulis buku.
  • Google Play menerima berbagai jenis genre, mulai dari novel fiksi, non-fiksi, cerpen, tutorial, buku pelajaran, dan sebagainya.
  • Pilih jenis tulisan yang Anda sukai.
  • Anda juga bisa menuliskannya dalam bahasa indonesia ataupun inggris. Jika Anda menggunakan bahasa inggris, tentunya cakupan pembaca buku tersebut semakin luas.
  • Selanjutnya setelah Anda merampungkan tulisan, Anda bisa langsung mendaftar sebagai penerbit di situs Google Play ‘Pusat Mitra Buku’.
  • Isi data diri, lalu unggah file tulisan Anda. Dan terakhir, publikasikan.
  • Sebelum Anda mematok harga, pastikan Anda telah melakukan survey harga e-book di Google Play terlebih dahulu.
  • Pasang harga wajar agar peminatnya juga semakin banyak.

Menjual buku di Google Play ini benar-benar peluang bagus untuk Anda yang gemar menulis. Tak ada salahnya untuk mencobanya. Toh, Anda juga tidak rugi. Daftarnya pun juga sangat simpel.

Nah, demikianlah Gengs beberapa cara mendapatkan uang dari google. Yang perlu Anda pahami, untuk bisa sukses di dunia bisnis online tentunya Anda harus bersabar, rajin mengupgrade dan teruslah mempelajari perkembangan teknologi.

Bisnis online ini cocok dijadikan usaha sampingan di rumah. Jadi buruan dicoba deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *