Internet Menghasilkan Uang? Mudah, Coba 13 Cara Ini!

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet
Via digital4africa.com

Setiap hari saat senggang selalu saja diisi dengan scrolling Instagram feed dan stories para selebgram, menonton YouTube, atau justru terjebak belanja online lagi dan lagi melihat unggahan akun jasa titip (jastip) yang lincah mengetahui barang incaran kamu.

Yakin mau begitu terus? Kenapa tidak memutar keadaan dan justru memanfaatkan internet sebagai cara untuk menangkap peluang usaha online? Bermodal laptop dan akses Internet yang semakin mudah, bukan tidak mungkin kamu bisa memulai usaha sampingan yang menguntungkan.

Tapi harus mulai dari mana ya? Tenang saja, OhGitu sudah merangkum 13 cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu contek dan sesuaikan dengan peluang yang ada. Kalau tidak mulai sekarang, kapan lagi?

1. Membuat Blog

Via tckmedia.com

Profesi blogger sekarang sudah semakin diperhitungkan, bahkan bisa jadi profesi utama dan tidak perlu lagi “kerja kantoran”. Coba lihat betapa banyak perusahaan yang mencari key opinion leader (KOL) atau yang juga biasa disebut influencer dari kalangan blogger.

Bahkan mereka tidak ragu meminta kerja sama endorsement mulai dari mengirim produk, mengundang ke luar negeri, hingga yang paling bisa mendatangkan uang tambahan: monetisasi.

Apa itu monetisasi? Sederhana saja, monetisasi adalah peluang saat blog kamu semakin ramai dikunjungi orang. Atau bahkan setiap tulisan kamu begitu ditunggu-tunggu. Salah metode monetisasi blog adalah dengan google adsense atau iklan sponsor yang tentu saja lumayan menarik bisa menghasilkan jutaan rupiah perbulannya.

Kamu juga bisa mendapatkan uang dengan metode monetisasi afiliasi dengan banyak bentuk advertisement lain yang sejalan dengan identitas blog kamu. Tapi ingat, tentu tidak mudah mencapai titik itu. Mereka yang sudah menjadi blogger kondang pasti punya kualitas yang diakui secara universal, contohnya menulis dengan apik berpadu dengan konten yang menarik.

2. Trading Online

Via videoblocks.com

Dunia trading online semakin berkembang terutama di era digital seperti saat ini. Bahkan ranah ekonomi seperti saham, forex, bitcoin, dan lain sebagainya sekarang tidak lagi mengacu pada segmen tertentu saja. Siapapun bisa!

Jika kamu ingin memulai berkecimpung dalam trading online, pastikan tidak datang dengan kepala kosong ya! Bekali diri dengan konsep dan triknya, serta jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka yang telah lebih dulu terjun.

Satu lagi, saat sudah bersinggungan dengan dunia trading online, harus siap dengan kemungkinan mengalami kerugian ya! Tapi sekali lagi, namanya trading tentu mustahil untung terus menerus.

3. Situs Kerja Freelance

Via cloudbooksapp.com

Sudah pernah dengar yang namanya situs kerja freelance? Situs-situs ini menghubungkan para pencari kerja dengan mereka yang menawarkan jasa freelance.

Let’s say kamu ingin menjadi seorang freelancer. Cara kerjanya pun sangat mudah, sesederhana memiliki akun dan melengkapi profil dan portofolio, lalu rajin-rajin memeriksa lowongan pekerjaan atau projects yang ada.

Jika ada yang sesuai dengan passion kamu, coba daftar dan sampaikan mengapa kamu layak menjadi freelancer pilihan mereka. Siapa tahu berjodoh dan bisa kerja sama berkelanjutan jangka panjang! Selain menambah uang, cara ini juga terus mengasah skill kamu agar tidak tumpul.

Ke mana harus mencari situs kerja freelance itu? Ada banyak! Beberapa di antaranya adalah:

  • projects.co.id
  • sribulancer.com
  • freelancer.co.id
  • fiverr.com
  • upwork.com
  • ruangguru.com/being-teacher

dan masih banyak lagi situs lain yang serupa. Setiap situs punya karakter yang berbeda dengan sistem yang bervariasi pula. Tapi pada dasarnya sama, kamu bisa memilih spesifikasi skill yang dimiliki.

Kamu jago programming? Bisa. Jago desain? Pasti banyak yang mencari. Jago menulis atau menerjemahkan bahasa asing? Banyak sekali lowongan untuk kamu!

Namun ingat ya, menjadi freelancer memang tidak terikat jam kerja dan bisa dikerjakan dari mana saja. Namun kedisiplinan dan komitmen kepada klien tetap jadi nomor satu, karena sangat berpengaruh terhadap rating. Saat menjadi freelancer di situs kerja online seperti ini, rating akan menjadi pertimbangan utama pencari kerja sebelum merekrut kamu.

4. Content Creator Di YouTube

Via digitaltrends.com

Seru ya melihat vlog para influencer di YouTube saat mereka berlibur atau sekadar unboxing barang baru? Mengapa hanya melihat? Kamu juga bisa menjadi seperti mereka! Jangan dulu langsung melihat ke content creator seperti Raditya Dika atau Ria Ricis yang pendapatannya bisa ratusan juta per bulan, start small dulu!

Tapi jangan sampai sekadar latah ya, karena tren konten yang diminati di internet pasti akan terus berubah. Jadilah dirimu sendiri. So, sebelum memulai membuat akun YouTube atau mengunggah vlog perdanamu, pastikan apa identitas yang akan kamu usung.

Semakin spesifik identitas kamu, akan semakin besar kemungkinan orang akan subscribe dan tingkat engagement juga terus meningkat. Jika nanti sudah tinggi jumlah view-nya, maka pemasukan dari iklan juga akan datang sendiri!

Tapi ingat, kamu harus konsisten mengunggah konten. Tidak mudah tentu, karena perlu effort untuk keluar rumah dan merekam atau mengedit hingga video kamu menjadi menarik. Jangan angin-anginan dan hanya mengunggah sekali-sekali ya! Be consistent.

5. Berjualan Online

Via iitpt.com

Usaha rumahan juga jadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Apapun bisa kamu jual, terutama jika kamu punya skill yang bisa menghasilkan produk menarik. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti kamu bisa jadi salah satu akun yang setiap kali unggah produk langsung ludes dalam hitungan detik!

Kamu bisa memilih beragam platform untuk berjualan online mulai dari marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Instagram, Facebook, atau bahkan membuat website sendiri. Seiring dengan menariknya produk yang kamu miliki, maka orang akan tertarik.

Dan ingat, meskipun penting juga untuk membekali akun jualan online kamu dengan pemasaran yang menarik, satu bentuk pemasaran yang sampai saat ini belum terkalahkan adalah: word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Jadi, pastikan kamu melakukan trik untuk membuat produk kamu kian dikenal, seperti:

  • Mengadakan giveaway yang mengharuskan mereka follow dan call-to-action yang bersifat mempromosikan toko kamu secara halus
  • Meminta testimoni atau repost foto mereka yang menggunakan produk kamu dengan hashtag yang menarik
  • Memberikan pelayanan yang maksimal dan cepat karena ini salah satu pertimbangan orang akan mempromosikan toko kamu kepada orang lain
  • Menjaga konsistensi konten meski tidak sedang ada barang baru dengan mengunggah post yang menarik secara visual

6. Jadi Influencer Di Instagram

Via campuspress.yale.edu

Trik untuk menambah followers di Instagram sudah pernah kami share, dan itu artinya kamu juga punya potensi untuk menjadi seorang influencer di Instagram! Tak perlu ikut-ikutan dengan melihat bagaimana para selebgram mengunggah foto atau video, tapi posisikan dirimu jadi akun yang “dicari”.

Semakin unik dan berbeda akun kamu, orang akan semakin ngeh dan tak segan untuk menekan tombol follow. Jika kamu berhasil membangun engagement dengan mereka, maka status sebagai influencer bukan tidak mungkin akan kamu dapatkan.

Memangnya apa sih peluang dari menjadi influencer? Banyak sekali! Di antaranya adalah tawaran kerja sama endorsement yang bisa berupa produk atau uang, juga undangan hadir di berbagai event hingga kelas dunia!

Tapi jangan sampai lupa, saat kamu sudah menjadi influencer, gunakan kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya. Saran dari OhGitu sih jangan sampai asal memberi endorse produk yang dipertanyakan legalitas atau berpotensi menimbulkan efek samping yang mengerikan.

Dari sekian banyak followers kamu sebagai influencer, bukan tidak mungkin salah satu dari mereka akan percaya dan membeli produk itu, yang ternyata merupakan mimpi buruk! Kalau sudah begitu, kamu juga punya andil kan?

7. Sewa Rumah Di Airbnb

Via ncakey.org

Pernah mencoba menginap di Airbnb? Seru kan? Buat yang belum familiar, Airbnb adalah platform yang memungkinkan seorang pemilik rumah atau ruangan untuk menyewakan space mereka, dan para traveler bisa melihat sebelum akhirnya memutuskan untuk booking.

Sama seperti hotel, hanya saja harganya lebih bersaing dan sensasi pengalaman yang didapatkan juga jauh lebih menarik! Contohnya saja bisa berinteraksi dengan pemilik rumah, mencoba tinggal di rumah kayu di sebuah negara Eropa sana, atau pengalaman tak terlupakan tinggal di kamar dengan pemandangan langsung ke laut di Indonesia Timur.

Nah jika kamu memiliki kamar atau rumah dengan space yang bisa ditinggali orang lain, tak ada salahnya memasang iklan di Airbnb. Unggah foto yang lengkap dari berbagai sudut. Pasang deskripsi yang jelas, termasuk house rules yang kamu inginkan.

Lewat platform Airbnb, kamu juga tidak perlu khawatir dengan tamu gelap karena semua telah melalui proses verifikasi. Jika tempat kamu fotogenic atau menawarkan pengalaman yang berbeda, pasti review bintang lima akan berdatangan.

Terlebih jika kamu bisa memberikan pelayanan maksimal, maka predikat Superhost juga bisa jadi milik kamu! Dengan usaha yang tidak terlalu berat, kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan lewat Airbnb, sekaligus menambah teman dari penjuru dunia!

8. Jual Foto Online

Via iso.500px.com

Hobi fotografi dan punya banyak stok foto di kamera atau memory card? Jangan cuma disimpan! Siapa tahu foto kamu punya potensi ditaksir situs fotografi besar dunia seperti shutterstock.com, stockfresh.com, alamy.com, istockphoto.com.

Artinya, penting juga untuk membawa kamera kamu kapan saja dan di mana saja. Mengapa? Karena foto yang punya kecenderungan laku adalah yang menangkap momen penting dan terjadi tiba-tiba, sebelum akhirnya menjadi viral.

Tak punya kamera canggih? Lagi-lagi ini bukan masalah kamera apa yang kamu pakai, tapi lebih kepada the man behind the gun. Jika kamu tahu dan paham betul angle menarik, gambar yang berbicara, dan tone warna yang konsisten, siapa tahu karya kamu semakin ditunggu-tunggu!

9. Dropshipper

Via blog.worktel.com

Punya banyak waktu luang sampai sering kepoin online shop? Kenapa tidak jadi dropshipper? Bisa dibilang ini adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang dapat kamu lakukan tanpa effort berlebih.

Konsep utama dari dropshipper adalah mengiklankan kembali produk dari penjual tangan pertama, dan saat ada pembeli yang tertarik, produk tersebut akan langsung dikirim dari penjual tangan pertama.

Artinya kamu bahkan belum memegang langsung produk itu dong? Apa tidak curang? Tentu tidak, karena kamu pasti akan riset terlebih dahulu sebelum mulai memutuskan menjadi dropshipper sebuah online shop tertentu, bukan? Mungkin dengan cara membeli beberapa kali dan berkomunikasi dengan penjualnya.

So, menjadi dropshipper bisa sangat mudah dilakukan. Bermodalkan kuota internet dan tekun mengunggah foto dan promosi, maka pembeli akan berdatangan. Lalu dari mana untungnya? Kamu bisa menjual dengan mengambil margin dari harga beli, atau biasanya online shop juga memberikan harga khusus bagi para reseller. Menarik kan?

10. Aplikasi Mobile

Via science-foundation.blogspot.com

Setiap harinya Google Play Store dan App Store selalu menerima “kedatangan” aplikasi baru dengan tema yang berbeda-beda. Jika kamu punya sumber daya untuk membuat aplikasi mobile, mengapa tidak? Di era digital ini aplikasi mobile semakin akrab bagi para pengguna smartphone dan mereka tak segan-segan untuk install.

Tapi tentu memulai usaha sampingan lewat pengembangan aplikasi online tak semudah membalikkan telapak tangan. Pertama-tama kamu harus tahu betul apa aplikasinya, termasuk survei apakah akan laku di pasaran?

Itu sebabnya penting untuk membidik aplikasi mobile yang belum pernah ada atau mengembangkan dari yang sudah ada sebelumnya. Semakin berguna dan menarik, akan semakin banyak yang mengunduh. Jika skornya bagus, artinya pendapatan dari iklan juga akan datang!

11. Jual Beli Domain Dan Website

Via hostpapa.com

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya pasti sudah tak asing lagi bagi para web developer. Apalagi kini, kebutuhan akan domain atau website kian tinggi sebagai bentuk eksistensi atau branding sebuah produk atau jasa.

Jika kamu ahli dalam mendesain domain atau website, tak ada salahnya mencoba untuk mengembangkannya dan memposisikan diri sebagai salah satu yang paling kredibel. Ada banyak sekali platform untuk memasarkan, salah satunya lewat situs freelance yang sudah kita bahas di atas.

Membuat website yang menarik dengan domain yang diidam-idamkan sebenarnya semua orang pasti bisa seiring dengan belajar. Namun yang langka adalah menemukan web developer yang bisa mengomunikasikan konsep ini kepada orang awam yang benar-benar tidak tahu apa-apa tentang dunia web hosting.

Jadilah seperti mereka yang dengan senang hati menjelaskan bagaimana cara kerjanya dengan bahasa yang mudah dipahami. Lagi-lagi hukum pemasaran word of mouth berlaku: jika mereka setuju, website dibuat menarik, maka dengan sendirinya promosi dari mulut ke mulut akan melambungkan nama kamu.

12. Jasa Titip

Via people.com

Wah profesi yang satu ini juga termasuk yang paling menjamur belakangan ini! Rasanya ada saja orang yang mau meluangkan waktu dan tenaga mereka untuk menyediakan layanan jasa titip (jastip) karena keuntungan yang menggiurkan.

Mulai dari mereka yang jual beli produk yang ada di mal, rajin berburu produk sale, hingga yang membuka layanan jasa titip di luar negeri tentu dengan fee yang lebih tinggi karena biaya yang dikeluarkan lebih besar.

Jadi jangan heran lagi jika kadang melihat orang antre di sebuah toko tas bergengsi sedang membeli puluhan bahkan ratusan produk ya! Mereka-mereka itu adalah pejuang jasa titip yang lincah memotret produk, menawarkan di channel seperti akun Instagram atau grup Whatsapp, hingga membangun koneksi dengan pemilik brand tertentu.

Bukan hanya membeli ke mal saja, kadang jasa titip juga “muncul” saat ada event sale besar-besaran yang ditunggu-tunggu. Bagi yang tidak bisa datang langsung atau tidak berada di kota tempat digelarnya event tersebut, pasti langsung mencari jasa titip untuk membantu mereka.

Kamu punya waktu luang dan energi untuk itu? Just go! Tunggu apa lagi, bukan tidak mungkin kamu akan mengikuti jejak para jasa titip kondang yang setiap bulannya bisa meraup omzet ratusan juta rupiah dan punya karyawan sendiri! Tapi harus siap untuk lelah fisik dan mental ya!

13. Menulis Buku

Via curata.com

Hobi merangkai kata hingga tanpa disadari sudah menjadi sebuah cerita pendek atau bahkan buku? Jangan hanya disimpan dong! Cobalah menulis buku dan menawarkannya pada penerbit.

Mungkin tidak langsung mulai ke penerbit tingkat tinggi ya, tapi banyak kok, platform yang menyediakan jasa penerbitan buku indie dengan platform digital seperti bitread.id, pocer.co, Stiletto Book, Noura Books, dan masih banyak lagi.

Selain menulis buku, kamu juga bisa menuangkan kreativitas dan imajinasi di kepala lewat aplikasi penulisan e-book seperti Wattpad yang memungkinkan kamu menulis cerita layaknya seorang penulis buku profesional. Bahkan kamu bisa mendapatkan pembaca setia, saling bertukar komentar dan saran membangun lewat platform itu.

Sebenarnya masih banyak lagi platform untuk menjembatani kamu menjadi penulis buku. Dan lagi-lagi, talenta kamu tidak akan luput meski masih menulis di platform cuma-cuma. Siapa tahu ada penerbit yang jatuh hati dan tulisan kamu menjadi the next best seller book?

Menarik kan 13 cara mendapatkan uang dari internet di atas? Jika kamu membacanya dan jadi tertantang untuk menjajal langsung, tunggu apa lagi? Pilih yang paling sesuai dengan passion kamu. Pertimbangkan juga risiko, manajemen waktu, dan tantangan lainnya.

Jika sudah oke, saatnya mencoba usaha sampingan yang halal dan mengasah skill di atas! Kalau kamu, adakah cara lain mendapatkan uang dari internet yang tak kalah menarik? Bagikan untuk pembaca OhGitu lainnya di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *