in

25 Cara Menebalkan Alis Secara Alami, Gaya Hidup Dan Medis

Via mergedfashion.com

Alis merupakan salah ‘fitur’ dari wajah yang kadang keberadaannya dianggap sepele. Padahal, alis ternyata memiliki manfaat yang sangat besar sekaligus dapat menunjang penampilan seseorang. Memiliki alis yang tebal tentu menjadi dambaan setiap orang karena dengan memiliki alis yang tebal, maka tingkat ketampanan atau kecantikan seseorang pun akan meningkat.

Nah, bagi kamu yang sedang berusaha menebalkan alis dengan praktis dan cepat namun masih bingung menerapkan caranya, OhGitu sudah mengulasnya di artikel ini mulai dari manfaat alis, faktor menipisnya alis, fakta-fakta mengenai alis dan cara menebalkan alis secara alami, mudah dan cepat.

3 Manfaat Alis Mata

Pernahkah kamu bertanya-tanya: sebenarnya apa sih fungsi alis itu? Apakah alis berfungsi hanya sekedar sebagai hiasan di wajah saja? Ternyata tidak. Alis memiliki fungsi yang cukup penting bagi manusia. Berikut merupakan beberapa manfaat alis bagi manusia:

1. Pelindung Mata

Alis akan berfungsi sebagai suatu pelindung bagi mata kita dari berbagai macam air, mulai dari air keringat hingga air hujan, sehingga mata kita akan tetap kering di segala kondisi. Bayangkan jika tidak ada alis, maka air keringat yang mengandung banyak garam akan mudah masuk ke mata dan akan mengiritasi mata kita.

2. Komunikasi Non-Verbal

Alis juga sudah menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan orang lain secara non-verbal. Dengan hanya menaik-turunkan alis serta menambahkan ekspresi pada wajah, maka secara tidak langsung, lawan bicara kita akan mengerti apa maksud dan tujuan kita saat berkomunikasi dengan mereka.

3. Pengenal Wajah

Menurut para peneliti di MIT, ternyata alis juga memiliki peran yang cukup besar untuk mengenali wajah seseorang [1]. Dalam penelitian tersebut, mereka mengalami kesulitan dalam mengenali wajah seseorang ketika mereka diberikan gambar wajah seseorang tanpa alis mata. Oleh karena itu, mereka berkesimpulan bahwa alis memiliki peran yang mungkin lebih besar daripada mata untuk mengenali wajah seseorang.

7 Faktor Penyebab Menipisnya Alis

Cara Menebalkan Alis
Via stylecraze.com

Mengetahui penyebab menipisnya alis sangatlah penting karena dengan mengetahui penyebabnya, maka tentu kamu menjadi tahu hal-hal apa sajakah yang sebaiknya kamu lakukan dan kamu hindari terhadap alismu. Nah, berikut merupakan berbagai faktor penyebab menipisnya alis:

1. Faktor Usia

Faktor paling umum yang menyebabkan menipisnya alis adalah faktor usia. Faktor satu ini memang tidak bisa dihindari karena faktanya, semakin tua seseorang, maka rambut pada alis akan semakin kering dan juga semakin rapuh, sehingga semakin mudah rontok.

Namun, kamu bisa meminimalisir jumlah rambut alis yang rontok dengan selalu memberi pelembab pada alismu. Bahan-bahan herbal yang sangat ampuh untuk melembabkan alis akan kamu temukan di artikel ini.

2. Kekurangan Nutrisi

Tidak bisa disangkal jika ketika kita kekurangan nutrisi, maka seluruh tubuh kita tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk rambut pada alis. Ketika tubuh kekurangan nutrisi, maka tentu saja proses pertumbuhan rambut pada alis menjadi tidak maksimal.

Untuk mengatasi hal ini, maka kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sangat bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan dan kesehatan rambut, seperti makanan yang mengandung Vitamin B kompleks, Vitamin D, Vitamin E, zat besi, zinc, dan protein.

3. Hipotiroidisme

Menipisnya alis juga bisa disebabkan oleh penyakit hipotiroidisme. Hipotiroidisme merupakan suatu kondisi ketika tubuh seseorang kekurangan produksi hormon tiroid. Padahal, jumlah produksi hormon tiroid yang cukup di dalam tubuh sangatlah penting untuk menunjang kesehatan rambut, baik di kulit kepala maupun di alis.

Menurut artikel dalam situs EverydayHealth.com, jumlah hormon tiroid yang dibawah standar akan menyebabkan rambut menjadi semakin cepat tipis, sehingga rambut akan menjadi semakin mudah rontok [2].

4. Terlalu Sering Mencabut Alis

Kebiasaan mencabut alis biasanya lebih banyak dilakukan oleh wanita. Biasanya, banyak wanita yang sering mencabut alis dengan harapan agar bentuk alis mereka menjadi menawan. Namun, mencabut alis terlalu sering ternyata tidaklah bagus untuk pertumbuhan alismu.

Hal ini dikarenakan ketika kamu terlalu sering mencabut alis, maka hal tersebut akan sangat beresiko merusak sel folikel rambut pada alis. Nah, jika sel folikel rambut pada alis sudah rusak, maka rambut tidak akan bisa tumbuh lagi dan akan menyebabkan kebotakan permanen.

5. Atomic Dermatitis

Kondisi-kondisi yang berkaitan dengan kesehatan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab menipisnya alis. Nah, kondisi medis yang biasanya menyebabkan alis menjadi tipis adalah atomic dermatitis. Penyakit ini akan mengakibatkan peradangan pada kulit yang membuat kulit menjadi bengkak, memerah, dan juga gatal.

Penyakit ini lebih banyak diderita oleh anak kecil dibandingkan dengan orang dewasa, dimana menurut situs niams.nih.gov, sekitar 30% dari masyarakat Amerika pernah menderita penyakit ini semasa hidup mereka [3].

6. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan suatu metode pengobatan yang biasanya ditujukan untuk para penderita kanker. Nah, ketika seseorang melakukan kemoterapi, maka kemungkinan besar alis mereka akan menipis.

Hal ini dikarenakan kemoterapi tidak hanya akan menyerang sel-sel penyebab kanker, tetapi juga akan menyerang sel-sel lain di dalam tubuh yang dapat tumbuh dengan cepat, termasuk sel folikel rambut. Oleh karena itulah, kebanyakan pasien kemoterapi akan mengalami masalah kebotakan di kemudian hari.

7. Pengaruh Obat-Obatan

Menipisnya alis juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat-obatan tertentu. Menurut beberapa ahli, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit arthritis, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit pada pencernaan akan menyebabkan kerontokan pada rambut, termasuk rambut pada alis. Oleh karena itu, jangan heran jika alis kemudian menjadi menipis dengan cepat.

8 Cara Menebalkan Alis dengan Menggunakan Minyak Alami

Cara pertama yang paling ampuh sekaligus paling mudah untuk menebalkan alis adalah dengan menggunakan minyak alami. Cukup dengan memijatkan minyak alami ke bagian alis secara rutin, maka perlahan-lahan kamu akan mendapatkan alis yang tebal dan juga sehat. Penasaran minyak alami apa sajakah yang akan bermanfaat untuk menebalkan alis dengan cepat?

1. Minyak Zaitun

Via farmviewmarket.com

Minyak zaitun memang sudah dikenal sebagai minyak alami dengan sejuta manfaat, salah satunya untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan minyak alami ini mengandung Vitamin E yang sangat tinggi yang akan mempercepat pertumbuhan alis. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung Vitamin A yang akan memproduksi sebum di alis, sehingga akan melembabkan alis secara alami.

Cara Pemakaian:

  • Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke jari telunjukmu.
  • Setelah itu, tinggal oleskan minyak zaitun tersebut ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjukmu. Diamkan semalaman penuh.
  • Pagi harinya, bersihkan bagian alis dengan menggunakan air biasa.

2. Minyak Kelapa

Via organicfacts.net

Selain minyak zaitun, minyak alami lainnya yang juga bermanfaat untuk menebalkan alis adalah minyak kelapa. Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa mengandung Vitamin E yang dapat mempercepat proses pertumbuhan alis. Selain itu, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam PubMed.gov, minyak kelapa juga akan memaksimalkan penyerapan protein pada rambut, termasuk alis [4]. Hasilnya, alis akan menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan sehat.

Cara Pemakaian:

  • Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke jari telunjuk.
  • Kemudian oleskan minyak kelapa ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjuk. Setelah itu diamkan semalaman penuh.
  • Pada pagi harinya, segera bersihkan alis dengan menggunakan air biasa.

3. Minyak Pohon Teh

Via lifehack.org

Minyak pohon teh juga akan sangat bermanfaat untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan minyak pohon teh memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan alis. Selain itu, minyak pohon teh juga dapat melembabkan dan menyegarkan alis, sehingga memicu pertumbuhan rambut alis dengan sehat. Minyak pohon teh juga memiliki kemampuan untuk mencegah penipisan rambut, sehingga akan membuat rambut pada alismu tetap kuat.

Cara Pemakaian:

  • Teteskan 2-3 tetes minyak pohon teh ke jari telunjuk.
  • Oleskan minyak pohon teh ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjuk. Diamkan semalaman penuh.
  • Pagi harinya, segera bersihkan alismu dengan menggunakan air biasa.

4. Minyak Lavender

Minyak yang biasanya juga digunakan untuk aromaterapi ini ternyata juga bermanfaat untuk menebalkan alis. Minyak lavender memiliki sifat antibakteri maupun antijamur, sehingga akan membasmi segala bakteri maupun jamur yang berpotensi mengganggu pertumbuhan alis. Selain itu, sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam PubMed.gov telah menunjukkan bahwa ternyata minyak lavender dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut, termasuk alis [5].

Cara Pemakaian:

  • Teteskan 2-3 tetes minyak lavender ke jari telunjukmu.
  • Oleskan minyak lavender ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjuk. Diamkan semalaman penuh.
  • Bilas bagian alis pada pagi hari dengan menggunakan air biasa.

5. Minyak Jojoba

Via trulyessential.in

Minyak alami lainnya yang juga dapat menebalkan alis dengan cepat adalah minyak jojoba. Menurut beberapa penelitian, minyak jojoba akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk alis, sehingga alis akan selalu tumbuh dengan sehat. Selain itu, minyak jojoba juga dapat menyingkirkan segala kontaminan yang dapat menutup pori-pori folikel rambut, sehingga dapat memicu pertumbuhan alis dengan cepat.

Cara Pemakaian:

  • Teteskan beberapa tetes minyak jojoba ke jari telunjuk. Kemudian oleskan minyak jojoba tersebut ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjukmu.
  • Setelah itu, diamakan semalaman penuh dan bersihkan alismu pada pagi harinya dengan menggunakan air biasa.

6. Minyak Jarak

Via organicshop.in

Minyak alami yang satu ini memang telah lama dikenal akan keampuhannya dalam menebalkan alis dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak alami ini mengandung antioksidan, protein, vitamin, dan juga asam lemak yang akan sangat menunjang pertumbuhan rambut. Secara khusus, protein dan vitamin pada minyak jarak tentunya akan bermanfaat untuk memperkuat rambut, sementara kandungan antioksidannya akan bermanfaat untuk menyingkirkan berbagai kontaminan yang akan mengganggu pertumbuhan rambut alis.

Cara Pemakaian:

  • Teteskan beberapa tetes minyak jarak ke jari telunjukmu.
  • Setelah itu, oleskan minyak jarak ke bagian alis dengan menggunakan jari telunjuk.
  • Kemudian, diamkan selama 30 menit.
  • Terakhir, bilas bagian alis dengan menggunakan air hangat dan gunakan minyak jarak ini secara rutin untuk hasil maksimal.

7. Minyak Rosemary

Via qyresearchgroups.com

Selain minyak lavender, minyak yang biasa digunakan untuk aromaterapi dan juga bermanfaat untuk menebalkan alis adalah minyak rosemary. Minyak ini akan bermanfaat untuk menebalkan alis karena minyak ini mampu memperlancar proses sirkulasi darah di sekitar sel folikel rambut. Jika sirkulasi darah lancar, maka tentu saja sel folikel rambut di alis akan menerima pasokan nutrisi yang cukup, sehingga alis akan tumbuh dengan cepat dan sehat.

Cara Pemakaian:

  • Teteskan 2-3 tetes minyak rosemary ke jari telunjukmu. Kemudian oleskan minyak rosemary ke area alis.
  • Diamkan semalaman penuh dan bersihkan bagian alis dengan menggunakan air biasa di pagi harinya.

8. Minyak Almond

Via kusalalife.com

Minyak alami terakhir yang sangat ampuh untuk menebalkan alismu dengan cepat adalah minyak almond. Minyak almond memiliki kandungan Vitamin E yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan alis. Selain itu, minyak ini juga memiliki Vitamin A yang cukup tinggi, sehingga akan membantu produksi sebum pada alis yang akan melembabkan rambut di alis secara alami.

Cara Pemakaian:

  • Teteskan beberapa tetes minyak almond ke jari telunjuk, kemudian oleskan minyak almond ke bagian alis dengan gerakan memijat.
  • Diamkan minyak almond tersebut menempel pada alis semalaman penuh. Pada pagi harinya, segera bilas bagian alis dengan menggunakan air biasa.

10 Cara Menebalkan Alis dengan Menggunakan Bahan Herbal

Selain dengan menggunakan minyak alami, menggunakan bahan-bahan herbal juga akan sangat ampuh untuk menebalkan alis dengan cepat. Terlebih lagi, menggunakan bahan-bahan herbal sangatlah aman untuk digunakan dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun untuk alis, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, bahan-bahan herbal juga sangat mudah didapatkan dan proses penggunaannya juga sangatlah mudah. Nah, kira-kira bahan herbal apa sajakah yang bermanfaat untuk menebalkan alis?

1. Telur

Via sheknows.com

Secara keseluruhan, bagian putih maupun kuning dari telur akan sangat bermanfaat untuk menebalkan alis. Bagian putih telur mengandung banyak protein. Seperti yang sudah diketahui, protein merupakan salah satu  struktur penyusun rambut, sehingga menambah protein tentu akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut pada alis.

Selain itu, bagian kuning pada telur mengandung biotin yang sangat tinggi. Nah, biotin ini merupakan suatu vitamin yang telah dikenal dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut, termasuk juga rambut pada alis.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian kocok telur hingga merata.
  • Setelah itu, oleskan telur tersebut ke area alis dengan menggunakan jari telunjuk atau bisa juga menggunakan kuas yang bersih.
  • Diamkan selama 20 menit, setelah itu segera bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lemon

Via businessinsider.com

Menggunakan buah lemon juga akan sangat bermanfaat untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan buah lemon mengandung asam folat yang akan memicu proses pertumbuhan rambut. Selain itu, sifat asam dari lemon juga akan sangat bermanfaat untuk menyingkirkan segala kontaminan pada sel folikel rambut, sehingga sel folikel rambut dapat memperoleh oksigen dan nutrisi yang cukup serta dapat tumbuh dengan sehat.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan satu buah lemon dan belah menjadi 2 bagian.
  • Setelah itu, cukup gosokkan bagian daging buah lemon ke alis, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera bilas alismu dengan menggunakan air hangat.

3. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Tanaman herbal satu ini selain dapat menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok, ternyata juga dapat digunakan untuk menebalkan alis. Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat melembabkan sel folikel rambut, sehingga akan mendukung proses pertumbuhan rambut secara sehat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung suatu senyawa bernama aloenin. Nah, senyawa aloenin ini telah dikenal sebagai senyawa yang akan memicu proses pertumbuhan rambut secara cepat.

Cara Pemakaian:

  • Ambil satu buah tanaman lidah buaya, kemudian potong tanaman tersebut sehingga kamu bisa mengambil gel yang ada didalam lidah buaya.
  • Setelah itu, oleskan gel lidah buaya pada bagian alis, kemudian tunggu hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir, bilas bagian alis dengan menggunakan air bersih.

4. Fenugreek

Via stylecraze.com

Salah satu biji-bijian ini juga bermanfaat untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan biji fenugreek memiliki kandungan protein dan juga asam nikotinik yang telah dikenal akan keampuhannya untuk merangsang proses pertumbuhan rambut. Selain itu, fenugreek juga dipercaya mampu memperbaiki sel folikel rambut yang sudah rusak, sehingga tentunya akan mempercepat proses penebalan alis.

Cara Pemakaian:

  • Pertama, rendam biji fenugreek di dalam baskom berisi air, kemudian diamkan semalaman penuh.
  • Pada pagi harinya, pisahkan biji fenugreek dengan airnya, kemudian haluskan biji fenugreek sehingga teksturnya menjadi halus.
  • Setelah itu, oleskan biji fenugreek yang sudah halus tadi ke bagian alis, kemudian tunggu hingga 30 menit.
  • Terakhir, bilas bagian alis dengan menggunakan air bersih.

5. Bunga Hibiscus

Via 4.bp.blogspot.com

Tanaman hibiscus merupakan tanaman yang cukup indah sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias. Nah, ternyata bagian bunga maupun daun dari tanaman hibiscus memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menebalkan alis. Menurut beberapa penelitian, ekstrak daun dan bunga hibiscus memiliki kemampuan untuk memicu proses pertumbuhan rambut, termasuk di bagian alis.

Cara Pemakaian:

  • Ambil satu bunga atau daun tanaman hibiscus, kemudian hancurkan hingga teksturnya menjadi halus.
  • Setelah itu, oleskan bunga atau daun hibiscus yang telah halus tadi ke bagian alis dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Terakhir, bersihkan bagian alis dengan menggunakan air hangat.

6. Susu

Via culturesforhealth.com

Susu tidak hanya akan memberikan manfaat bagi tubuh ketika dikonsumsi saja. Ternyata, susu juga akan membantu menebalkan alis jika kita mengoleskan susu ke bagian alis kita. Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan protein bernama casein dan juga whey. Protein-protein tersebut sangatlah bermanfaat untuk memicu proses pertumbuhan rambut alis secara lebih cepat, sehingga alis akan menjadi cepat tebal.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan susu putih dan juga kapas, kemudian celupkan kapas ke dalam susu.
  • Setelah itu, oleskan kapas tersebut ke bagian alis, kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  • Terakhir, bersihkan bagian alis dengan menggunakan air biasa.

7. Bawang Merah

Via alphacoders.com

Bawang merah juga memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan bawang merah memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Nah, kandungan sulfur ini akan sangat berguna untuk memicu produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein yang akan sangat bermanfaat untuk memicu proses pertumbuhan rambut pada alis sekaligus juga untuk memperkuat sel folikel rambut.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah, kemudian masukkan bawang merah tersebut kedalam blender dan campurkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, blender bawang merah tersebut hingga halus.
  • Kemudian, oleskan bawang merah yang sudah halus tersebut ke bagian alis, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Setelah mengering, segera bilas bagian alis dengan menggunakan air bersih.

8. Bawang Putih

Via petinsurance.com

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa kamu gunakan untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan bawang putih juga mengandung sulfur yang sangat tinggi. Selain itu, bawang putih juga mengandung selenium dan  Vitamin B yang akan bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan juga mempercepat proses pertumbuhan rambut pada alis.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih, kemudian campurkan dengan sedikit air dan segera blender campuran tersebut hingga halus.
  • Setelah itu, oleskan bawang putih yang telah halus ke area alis, kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit.
  • Terakhir, bilas bagian alis dengan menggunakan air dingin.

9. Daun Kari

Via archanaskitchen.com

Curry leaves atau yang di Indonesia biasa disebut dengan daun kari juga merupakan salah satu bahan herbal paling ampuh untuk menebalkan alis. Menurut sebuah jurnal yang disusun oleh Suman Singh dan kawan-kawan, daun kari memiliki sifat antioksidan yang sangat bagus. Nah, sifat antioksidan pada daun kari akan sangat bermanfaat untuk menyingkirkan kontaminan yang mengganggu pertumbuhan sel folikel rambut. Selain itu, daun kari juga kaya akan beta-karoten dan protein yang akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa helai daun kari, kemudian hancurkan hingga teksturnya halus.
  • Setelah itu, rendam daun kari yang telah dihancurkan tadi kedalam air panas. Diamkan selama 2 jam.
  • Kemudian, saring sisa-sisa daun kari yang terdapat pada air.
  • Setelah itu, kamu bisa mengoleskan air daun kari ke bagian alis dan diamkan semalaman penuh.
  • Pagi harinya, segera bilas bagian alis dengan air bersih.

10. Petroleum Jelly

Via rd.com

Petroleum jelly juga bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin menebalkan alis. Petroleum jelly merupakan suatu gel yang terdiri dari perpaduan antara paraffin, micro crystalline, dan juga mineral oil yang ternyata mampu melembabkan alis, sehingga pertumbuhan sel folikel rambut pada alis dapat lebih maksimal. Selain itu, petroleum jelly juga akan membuat alismu menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok, dan juga terlihat segar. Kamu bisa memperoleh petroleum jelly dari produk perawatan kulit yang sudah terkenal, yaitu Vaseline.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan petroleum jelly, kemudian oleskan petroleum jelly ke bagian alis secara tipis-tipis.
  • Setelah itu, diamkan semalaman penuh.
  • Pada pagi harinya, segera bersihkan bagian alismu dengan menggunakan air bersih.

5 Cara Menebalkan Alis Melalui Kebiasaan dan Gaya Hidup

Selain menggunakan minyak alami dan juga bahan-bahan herbal, ternyata memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari juga akan sangat bermanfaat untuk menebalkan alis dalam waktu yang singkat. Nah, penasaran apa sajakah kebiasaan-kebiasaan yang akan membantumu untuk mendapatkan alis yang tebal?

1. Minum Air Putih Secara Rutin

Via greatlifeandmore.com

Kebiasaan sepele seperti mengkonsumsi air putih secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menebalkan alis. Ketika kamu mengkonsumsi air secara rutin, maka tentu saja proses metabolisme di dalam tubuh akan berlangsung dengan baik. Nah, jika proses metabolisme berlangsung dengan baik, maka proses penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke sel folikel rambut, juga akan berlangsung dengan lancar.

Jika sel folikel rambut memperoleh nutrisi yang cukup, maka tentu saja rambut akan tumbuh dengan cepat. Untuk itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi air putih paling tidak 8 gelas per hari.

2. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Biotin

Via 4allmindsandbodies.com

Selain mengkonsumsi air putih secara rutin, memperhatikan makanan yang kita konsumsi juga akan bermanfaat untuk menebalkan alis. Jika kamu ingin menebalkan alis, maka kamu disarankan untuk meningkatkan asupan makanan yang memiliki kadar Vitamin B-7 atau biotin yang tinggi. Biotin merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran sangat penting dalam proses pertumbuhan rambut dan juga untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Para ahli telah berpendapat bahwa setidaknya kamu membutuhkan sekitar 1000 mcg biotin setiap harinya sehingga kamu memiliki rambut yang sehat dan kuat. Makanan-makanan yang kaya akan biotin diantaranya adalah kacang-kacangan, daging merah, telur, susu, dan juga oatmeal.

3. Lakukan Kegiatan Outdoor

Via sg-fitclub.com

Ini mungkin merupakan tips yang aneh, namun memang kenyataannya melakukan kegiatan outdoor juga akan bermanfaat untuk menebalkan alis. Hal ini dikarenakan ketika kamu melakukan kegiatan outdoor, maka tentu saja sel folikel rambut pada alis akan terkena sinar matahari. Nah, sinar matahari telah dikenal mengandung Vitamin D yang sangat tinggi. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan rambut agar mereka bisa tumbuh dengan maksimal.

Bahkan, sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam San Antonio Breast Cancer Symposium telah membuktikan bahwa Vitamin D sangat bermanfaat untuk meningkatkan volume pertumbuhan rambut [6]. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk melakukan kegiatan outdoor di pagi hari untuk mendapatkan manfaat Vitamin D dari sinar matahari secara maksimal.

4. Gunakan Pensil Alis

Via rd.com

Cara paling cepat dan juga praktis untuk menebalkan alis secara seketika adalah dengan menggunakan pensil alis. Selain dapat membuat alis terlihat lebih tebal secara instan, pensil alis juga sangat bermanfaat untuk menunjang penampilanmu.

Namun tentu saja kamu tidak disarankan untuk menggunakan sembarang pensil alis. Salah memilih pensil alis justru akan membuat penampilanmu menjadi aneh bahkan merusak kesehatan kulit alismu.

5. Lakukan Pijatan Pada Alis Secara Berkala

Via streaming.yayimages.com

Melakukan pijatan-pijatan kecil pada alis secara berkala akan sangat membantu untuk mempercepat proses penebalan alis. Hal ini dikarenakan ketika kamu memijat alis, maka proses sirkulasi darah di sekitar sel folikel rambut alis akan semakin lancar. Nah jika sudah begitu, maka tentu saja proses pertumbuhan rambut pada alis akan semakin cepat.

Untuk lebih mempercepat proses pertumbuhan rambut pada alis, kamu bisa menambahkan minyak-minyak alami yang telah disebutkan diatas saat kamu memijat alis. Lakukan hal tersebut beberapa kali dalam sehari secara rutin dan kamu akan melihat alismu bertambah lebat dalam waktu yang relatif singkat.

2 Cara Menebalkan Alis Melalui Pengobatan Medis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menebalkan alis adalah dengan melakukan pengobatan medis. Menebalkan alis dengan cara ini memang akan memberikan hasil yang sangat cepat, namun tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, ada efek samping yang kemungkinan akan kamu rasakan ketika kamu menggunakan metode ini. Nah, apa sajakah pengobatan medis yang bisa kamu lakukan untuk menebalkan alis? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Serum Alis

Via scstylecaster.files.wordpress.com

Serum merupakan salah satu obat yang bisa kamu gunakan untuk menebalkan alis dengan cepat. Serum alis biasanya mengandung 2 macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan sel folikel rambut, yaitu biotin dan juga peptida. Serum alis sekarang sudah dijual bebas, sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

Walaupun serum alis sudah dijual bebas, namun tetap saja kamu disarankan untuk meminta resep dari dokter terlebih dahulu. Serum yang kamu dapat dari resep dokter memang akan lebih mahal daripada biasanya, namun tentu saja akan lebih aman bagi alismu. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari serum alis adalah kulit kering, atau penggelapan warna disekitar alis.

2. Transplantasi Alis

Via nebula.wsimg.com

Transplantasi alis merupakan suatu metode medis yang mengembalikan ketebalan alis dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan sulam alis, transplantasi alis dapat menebalkan alis yang lebih terlihat alami dan bertahan lama. Saat seseorang melakukan transplantasi alis, bulu alis yang digunakan untuk melakukan transplantasi adalah dari rambutnya sendiri yang diambil dari leher bagian belakang. Operasi kecil ini terbilang masih cukup mahal karena biayanya berkisar dari belasan sampai puluhan juta rupiah.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk menebalkan alis. Jangan lupa share pengalaman kamu dalam menebalkan alis dengan tim OhGitu di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…