10 Cara Menebalkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Menebalkan Rambut
Via weddingaffair.co.in

Tahukah Anda bahwa cara menebalkan rambut merupakan salah satu kata kunci yang paling banyak dicari melalui mesin pencari? Ada banyak alasan mengapa kata kunci ini muncul di daftar teratas. Salah satunya adalah fakta bahwa sebagian besar orang mengalami masalah pada rambutnya. Masalah paling klasik adalah rambut rontok dan tipis.

Meski hampir semua orang pernah mengalami masalah ini, tetapi kerontokan parah dapat memicu kebotakan. Hal ini tentu saja membuat penampilan Anda menjadi kurang maksimal. Rasa kepercayaan diri Anda pun dapat menurun.

Bahkan kerontokan tak wajar kerap dikaitkan dengan penyakit tertentu. Kendati demikian, tidak semua kerontokan merupakan gejala atau tanda suatu penyakit.

Penyebab Rambut Rontok Dan Tipis

Lantas apa saja sebenarnya penyebab rambut rontok dan tipis? Berikut uraiannya!

Genetis

Salah satu penyebab rambut rontok dan tipis adalah faktor genetik. Di mana bentuk, jenis, dan warna rambut diturunkan melalui gen. Termasuk sifat dan kecenderungannya, semisal rambut tipis dan rontok.

Gaya Hidup

Rambut rontok atau tipis pun dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, minuman beralkohol, dan merokok dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Rambut yang sudah tipis akan semakin tipis bahkan tampak botak karena gaya hidup yang tidak sehat.

Stres

Disadari atau tidak, stres sangat memengaruhi kesehatan rambut. Tekanan pikiran berlebih dapat menyebabkan kulit kepala terganggu. Dampaknya, rambut lebih mudah mengalami kerontokan.

Faktor Hormonal

Selain stres, penderita alopesia androgenik pun rentan mengalami masalah rambut rontok dan tipis. Umumnya, penderita perubahan hormonal ini dialami oleh pria lanjut usia, di atas 50 tahun dan wanita yang telah mengalami menopause.

Kebiasaan Menata Rambut

Rambut yang semakin menipis dari hari ke hari merupakan tanda bahwa kulit kepala Anda tidak sehat. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan menata rambut menggunakan alat dengan suhu tinggi ataupun bahan kimia, seperti cat rambut atau obat pelurus rambut.

Begini Cara Mudah Menebalkan Rambut, Dijamin Ampuh!

Cara terbaik untuk mengatasi masalah rambut rontok dan tipis adalah dengan menghindari pemicunya. Jika Anda ingin menebalkan rambut, ada beberapa cara yang dapat Anda coba di rumah. Cara menebalkan rambut ini sangat aman lantaran menggunakan bahan alami.

Adapun sejumlah cara terbaik untuk menebalkan rambut, antara lain sebagai berikut.

1. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Sudah rahasia umum bahwa lidah buaya sangat mujarab untuk menebalkan rambut. Berkat khasiatnya ini, banyak produk kecantikan dan perawatan rambut yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan bakunya.

Lidah buaya kaya akan kandungan yang sangat penting bagi tubuh. Tak hanya itu saja, sifat antibakteri dan antijamur yang dimilikinya membuat lidah buaya sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe, rambut kusam, rontok, dan tipis.

Enzim lidah buaya dapat membersihkan kulit kepala dari sel-sel mati sekaligus meningkatkan proses regenarasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.

Agar rambut tampak lebih sehat dan tebal, gunakan gel lidah buaya sebagai olesan di seluruh bagian kepala. Lakukan cara ini 30 menit sebelum Anda keramas. Gel lidah buaya efektif meningkatkan kesehatan rambut, membuatnya lebih hitam, dan menyuburkan rambut.

Selain digunakan sebagai olesan, ada baiknya untuk mengonsumsi lidah buaya secara langsung. Tujuannya agar rambut Anda ternutrisi dari luar dan dalam tubuh.

2. Biji Rami

Tak banyak yang tahu bahwa biji rami efektif untuk menebalkan rambut. Biji rami mengandung senyawa kimia dan asam lemak omega 3 yang bertugas membantu memperbaiki kulit Anda.

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan, yakni dengan mengoleskan minyak biji rami pada rambut atau dengan mengonsumsi secara langsung. Anda tak perlu khawatir sebab minyak biji rami dapat dicampur dengan makanan lainnya, misalnya smoothie, jus, yogurt, bahkan susu. Baik dioleskan secara langsung atau dikonsumsi, keduanya sama-sama baik untuk rambut.

3. Biotin

Biotin dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk menguatkan akar rambut dan menebalkan rambut. Vitamin B7 atau yang dikenal dengan vitamin H akan membantu Anda merawat kulit, rambut, dan kuku dari dalam sehingga lebih efektif.

Cukup dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin, seperti kuning telur, keju, daging, ubi jalar, dan kacang-kacangan. Lambat laun pertumbuhan rambut akan lebih cepat, rambut pun tampak lebih tebal.

4. Minyak Rosemary

Ingin menebalkan rambut secara cepat? Gunakan minyak rosemary. Minyak rosemary akan membantu Anda mendapatkan rambut tebal yang sehat dan berkilau. Pasalnya, di dalam minyak rosemary terkandung nutrisi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Tak hanya itu saja, minyak rosemary pun diklaim mampu mencegah kebotakan, mengatasi ketombe, menyehatkan kulit kepala, dan memperlambat uban.

Agar hasil yang Anda dapatkan semakin maksimal, campurkan minyak rosemary dengan minyak zaitun. Gunakan ramuan ini pada kepala sembari dipijat pelan. Diamkan selama 4 jam sebelum dibilas hingga bersih.

5. Suplemen

Via health.harvard.edu

Anda tentu pernah mendengar tentang suplemen rambut, bukan? Suplemen ini diciptakan khusus untuk mengatasi berbagai masalah yang menimpa rambut. Agar masalah Anda teratasi dengan baik, mulailah untuk rutin mengonsumsi suplemen, utamanya yang mengandung vitamin E, omega 3, EPA, dan DHA.

Di mana kandungan tersebut dapat membantu Anda untuk menebalkan rambut sekaligus menjaga kesehatan dan kilauan alaminya. Ingat, kekurangan EPA dan DHA dapat menyebabkan terjadinya penipisan rambut, eksim, ketombe, bintik hitam, dan psoriasis.

Maka sangat penting untuk mulai mengonsumsi suplemen tambahan secara rutin. Namun, pastikan untuk mengimbanginya dengan menyantap sayuran, buah, olahraga teratur, minum air putih, dan tidur cukup. Dijamin proses menebalkan rambut akan berlangsung lebih optimal.

6. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung vitamin E dan asam lemak yang tinggi. Sebagaimana Anda ketahui, vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Langkah menebalkan rambut menggunakan minyak jarak sangat mudah. Cukup gunakan minyak jarak sebagai olesan pada keseluruhan rambut, termasuk kulit kepala.

Pastikan seluruhnya terlapisi sempurna. Diamkan selama 30 menit agar minyak jarak meresap hingga ke akar. Lalu keramas seperti biasanya.

Lakukan cara ini setiap kali Anda hendak membersihkan rambut. Semakin lama Anda diamkan, penyerapan nutrisi yang terkandung dalam minyak jarak semakin optimal. Dengan rutin melakukan cara ini, rambut Anda akan tampak lebih hitam dan tebal.

7. Alpukat

Buah alpukat tidak hanya dikenal lezat, tetapi juga kaya manfaat. Maklum saja, di dalam alpukat terkandung vitamin E yang tinggi. Di mana vitamin ini dapat digunakan untuk menyehatkan rambut, sekaligus menebalkan rambut.

Agar rambut Anda terbebas dari masalah klasik, seperti rambut rontok dan tipis, pastikan untuk menggunakan alpukat sebagai ramuan ajaib.

Cara membuatnya pun mudah, yakni campurkan 1 buah alpukat segar yang telah dihancurkan dengan 1 sdm minyak zaitun. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan pada seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.

8. Cuka Apel

Khasiat cuka apel memang tidak perlu diragukan lagi. Cuka sari apel pun terbukti sangat efektif untuk mencegah penipisan rambut dan membantu melancarkan proses pengeluaran kotoran yang menghalangi folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan cuka apel sebagai pembilas rambut selepas keramas. Untuk hasil yang lebih optimal, konsumsi cuka apel sesuai dengan takaran.

9. Telur

Telur tidak hanya lezat disantap, melainkan juga kaya akan kandungan nutrisi dan protein. Di mana keduanya sangat penting untuk menguatkan akar dan menebalkan rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan telur sebagai masker rambut secara berkala.

Kocok telur hingga rata lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat kuku hingga bersih.

10. Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun
Via baumancollege.org

Bisa dibilang cara menebalkan rambut dengan menggunakan minyak zaitun adalah yang paling umum. Minyak ini dikenal sebagai minyak ajaib yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pasalnya, minyak zaitun mengandung nutrisi lengkap yang dapat meningkatkan kesehatan dan menguatkan sistem imun.

Tak hanya itu saja, minyak zaitun pun kaya akan asam omega 3. Di mana hal ini sangat bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut lebih halus dan terhindar dari kulit kering.

Untuk merasakan manfaat minyak zaitun, panaskan minyak hingga mendekati suhu tubuh. Gunakan minyak tersebut untuk memijat kulit kepala dan seluruh rambut.

Diamkan rambut selama 45 menit agar nutrisi yang terkandung di dalamnya terserap sempurna. Bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan air hangat kuku.

Selain berkhasiat untuk menebalkan rambut, minyak zaitun pun dapat membuat rambut tampak lebih hitam berkilau. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan madu.

Gunakan ramuan ini pada rambut lalu tutup dengan topi mandi atau handuk hingga semalaman. Dijamin rambut Anda akan tampak lebih indah, sehat, berkilau, hitam, dan tebal.

Itulah sejumlah langkah mudah untuk menebalkan rambut Anda. pilih cara menebalkan rambut yang dirasa paling praktis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *