Simpel, Begini 10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Via popsugar.com

Sebagai orang tua, pastinya Anda pernah mengalami kondisi dimana anak susah makan. Entah itu anak tak mau makan nasi, atau mungkin terlalu pemilih soal lauk. Duh, rasanya pasti gemas kan.

Pasalnya, masa anak-anak adalah masa pertumbuhan. Jika makannya saja susah, lalu bagaimana asupan gizinya bisa terpenuhi? Well, Anda tak perlu terlalu cemas.

Sebenarnya kondisi ini telah menjadi masalah umum bagi banyak orang tua. Anda hanya perlu melakukan taktik khusus untuk bisa mengatasinya.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Secara Efektif

Terdapat beberapa taktik yang bisa Anda praktekan dalam mengatasi anak susah makan. Cara-cara ini terbilang cukup simpel kok. Yaudah langsung simak yuk!

1. Buatlah Jadwal Rutin Untuk Makan Dan Ngemil

Via qsota.com

Apakah jadwal makan anak Anda selama ini sudah rutin? Coba pikirkan, berapa kali dia makan dalam sehari? Apakah jam makannya selalu sama? Atau jangan-jangan Anda memberikan makan tanpa jadwal yang pasti?

Hmm, mulai sekarang cobalah menerapkan jadwal makan yang rutin. Biasakanlah memberi makan anak 3 kali sehari, di pagi pukul 07.00-08.00, siang pukul 12.00-13.00, dan malam sebelum jam 21.00. Usahakan mengatur waktu yang sama untuk setiap hari agar nantinya anak tidak bingung dan bisa lebih tertib.

Selain itu, atur juga jadwal Anda memberikan cemilan. Jangan sampai pemberian cemilan berdekatan dengan waktu makan. Itu malah membuat anak jadi kenyang, sehingga menurunkan nafsu makannya.

Intinya, jika Anda bisa mengaplikasikan jadwal makan secara tertib, lama-kelamaan anak pasti terbiasa. Nantinya ia makan tanpa disuruh sekalipun.

2. Minimalisir Gangguan, Lebih Baik Makan Dalam Kondisi Tenang

Makan dengan menonton televisi atau sambil bermain gadget tentunya kurang baik ya. Selain bisa mengganggu konsentrasi anak, proses makan jadi lebih lama. Oleh karenanya, hindari saja gangguan pada saat anak makan.

Sebaiknya, ajak anak makan di meja makan. Kemudian jangan ditinggal, tungguin saja agar anak termotivasi dan makannya jadi lebih lahap.

3. Jadilah Juru Masak yang Kreatif

Anak kecil biasanya cenderung pemilih dan mudah bosan dengan makanan. Nah, sebagai seorang ibu sudah seharusnya Anda belajar memasak, nih!

Cobalah menjadi juru masak yang kreatif. Anda bisa menyontek menu masakan dari majalah atau internet. Jangan hanya mengandalkan masakan luar ya sebab kebersihannya tidak terjamin.

Anda bisa menghidangkan sereal yang dikombinasikan dengan irisan buah, atau spagetti dengan saus tomat dan brokoli cincang.

4. Jangan Biarkan Anak Minum Berlebihan Menjelang Makan

Mengonsumsi air putih memang bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi air putih juga tidak bisa diminum di sembarang waktu. Khususnya menjelang makan, ini akan membuat perut cepat kembung dan terasa kenyang.

Oleh sebab itu, ibu perlu mengajarkan kepada anak agar tidak minum berlebihan sebelum makan. Jika memang benar-benar haus, cukup berikan satu gelas.

Begitupun saat makan, jangan diberikan minum ya! Tunggu sampai makanannya habis. Namun bila si kecil memaksa minum, maka berikan air maksimal setengah gelas saja.

Aturan ini berlaku untuk segala jenis minuman, termasuk susu, teh, jus buah dan sebagainya.

5. Perkenalkan Makanan Baru Secara Bertahap

Via 4allmindsandbodies.com

Dalam usia kurang dari lima tahun, tentunya seorang anak masih perlu mengenal berbagai jenis makanan.

Nah, Anda sebagai orang tua cobalah memberikan pengenalan secara bertahap. Jangan terlalu terburu-buru. Biasanya anak-anak perlu adaptasi dulu dengan rasa makanan tersebut, sebelum akhirnya terbiasa dan menjadi suka.

Anda juga bisa menyajikan makanan baru dengan dikombinasikan menu favorit si kecil. Dengan begitu, ia akan lebih mudah menerimanya.

6. Buatlah Tampilan Makanan Semenarik Mungkin

Berikutnya, cara mengatasi anak susah makan yakni dengan mencoba mengkreasikan makanan seunik mungkin.

Anak kecil biasanya tidak hanya peduli dengan rasa, tapi juga bentuk makanannya. Dimana semakin menarik tampilannya maka anak-anak pun juga akan semakin tergoda.

Maka itu, usahakan mengolah makanan sekreatif mungkin. Anda tidak perlu memasak yang terlalu sulit. Cukup simpel-simpel aja, yang penting bergizi tinggi.

Misalnya saja, Anda membuat sup. Coba tata nasinya membentuk kepala boneka. Pasangkan wortel sebagai mata, sosis di kedua pipi, irisan daun bawang untuk mulut, dan kentang untuk hidungnya.

Sajikan pula kuahnya di dalam mangkuk terpisah dan tambahkan bakso sapi sebagai penambah selera.

7. Bersikap Tegas, Tapi Jangan Memaksa

Untuk mengatasi anak susah makan tentunya Anda perlu bersikap tegas. Bukan berarti marah-marah atau memaksa, tapi dengan memberikan peraturan dan penjelasan sehingga anak-anak bisa lebih disiplin.

Misalnya saja, Anda memberikan aturan ‘jika makan harus dihabiskan’. Maka pastikan setiap makan si kecil selalu menghabiskan makanannya dan tidak ada sisa. Bersabarlah menunggu ia makan, jangan diburu-buru.

Di samping itu, jika anak tidak mau makan sayur, katakan bahwa mengonsumsi sayur itu penting agar tidak sakit. Dengan begitu, anak lebih memahami dengan baik.

Jika memang anak kenyang, maka jangan memaksakan. Cukup berikan makanan dalam porsi kecil sehingga anak tidak kewalahan.

8. Ajak Anak Berbelanja dan Ikut Menyajikan Makanan

Cara lain mengatasi anak susah makan yakni dengan mengajaknya berbelanja. Coba ajak ia ke pasar, toko kelontong atau supermarket untuk memilih bahan-bahan makanan. Minta juga anak memilihkan sayuran atau buah-buahan.

Begitupun ketika di rumah, ajak si kecil ikut menyajikan makanan. Aktivitas yang demikian itu bisa mendorong anak jadi semakin mengenal berbagai makanan sekaligus menambah nafsu makannya.

9. Cemilan Boleh, Asal Jangan Berlebihan

Salah satu penyebab anak susah makan yakni terlalu banyak mengonsumsi cemilan. Terutama makanan yang manis-manis dan berkalori tinggi, itu bisa membuat perut cepat kenyang.

Oleh sebab itu, usahakan membatasi cemilan si kecil. Baiknya sih, berikan makanan-makanan yang tergolong gizi tinggi seperti jus buah, smoothie, puding dan sejenisnya.

Kemudian atur juga kadar kalorinya dan jangan diberikan cemilan di waktu berdekatan dengan jam makan ya!

10. Jadikan Diri Anda Sebagai Teladan

Via cheatsheet.com

Terakhir nih, cara paling sederhana untuk mengatasi anak susah makan yaitu dengan menjadikan diri Anda sebagai teladan.

Anak adalah peniru ulung. Biasanya ia akan mencontoh perilaku dari orang tuanya. Oleh karenanya, berikan contoh yang baik di rumah. Makanlah tepat waktu dan jangan membuang-buang makanan. Dengan begitu, anak pun juga akan meniru hal yang sama.

Demikianlah beberapa cara mengatasi anak susah makan. Apabila metode-metode diatas tidak memberikan hasil signifikan, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

Pertimbangkan juga untuk mencatat jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Tunjukkan kepada dokter sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban terkait tumbuh kembangnya. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *