Via expresspharmacy.co.uk

10 Cara Mengatasi Anyang Anyangan Secara Alami

Anyang anyangan merupakan salah satu gejala yang biasanya dijumpai pada penyakit infeksi saluran kemih. Anda akan merasakan keinginan kuat untuk terus buang air kecil yang kuat. Gangguan kesehatan ini menyebabkan ketidaknyamanan dan diperparah dengan timbulnya rasa nyeri.

Meskipun terkesan sepele, nyatanya anyang anyangan cukup berbahaya jika tidak segera diatasi. Terlebih jika disertai dengan rasa terbakar saat buang air kecil, demam, menggigil, urin berbau menyengat, dan adanya darah pada urin. Kondisi ini mengindikasikan bahwa terjadi infeksi pada saluran kemih.

Penyebab Anyang Anyangan

Anyang anyangan terjadi bukan tanpa sebab. Ada sejumlah hal yang memicu anyang anyangan, di antaranya sebagai berikut.

  • Gangguan Saraf
  • Sering Menahan Buang Air Kecil
  • Infeksi Saluran Kemih (ISK)
  • Menopause
  • Kurang Hormon Estrogen
  • Mengidap Penyakit Tertentu
  • Pembesaran Prostat
  • Diabetes
  • Hamil Tua
  • Batu Ginjal
  • Efek Samping Alat KB dan Kateter
  • Alergi
  • Dehidrasi
  • Cara Membasuh yang Salah
  • Eefk Samping Produk Pembersih Wanita
  • Kurang Menjaga Kebersihan

Untuk mencegah anyang anyangan, jaga kebersihan organ intim, rutin mengganti celana dalam, dan jangan menahan buang air kecil. Basuh daerah intim dengan cara yang benar, yakni dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih sesuai anjuran.

Cara Mengatasi Anyang Anyangan

Jika Anda mengalami anyang anyangan dan masih kesulitan mengatasinya, cobalah sejumlah cara di bawah ini.

1. Mendengarkan Suara Air

Via commonfloor.com

Tahukah Anda bahwa mendengarkan suara air, seperti tetesan air yang jatuh dari kran atau gemericik air hujan dapat menyembuhkan anyang anyangan? Jika Anda penasaran, buktikan sendiri. Meskipun tampak mustahil, nyatanya cara ini dapat mengatasi anyang anyangan.

2. Memijat Telapak Kaki

Memijat telapak kaki efektif untuk merangsang keinginan buang air kecil. Gunakan balsam atau minyak kayu putih untuk memijat bagian tengah telapak kaki. Pijat dengan arah vertikal. Tak lupa pula pijat ibu jari dan jari tengah.

3. Minum Air Putih

Salah satu penyebab anyang anyangan adalah kurangnya konsumsi air putih. Minum air putih secukupnya agar sistem metabolisme tubuh lancar. Air putih pun membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab anyang anyangan.

4. Konsumsi Air Rebusan Buah Sirsak

Siapa sangka bahwa buah sirsak ampuh mengatasi anyang anyangan? Untuk meraih manfaatnya, siapkan buah sirsak yang telah matang. Sebelum direbus, bersihkan buah sirsak lebih dulu.

Masukkan buah sirsak ke dalam panci, tambahkan dua gelas air putih, dan gula pasir secukupnya. Rebus dengan api kecil hingga mendidih. Saring dan minum ramuan ini selagi hangat. Konsumsi ramuan ini secara teratur hingga sembuh.

5. Minum Air Perasan Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis
Via eddmart.com

Air perasan jeruk nipis pun berkhasiat untuk menyembuhkan anyang anyangan. Peras jeruk nipis ke dalam gelas lalu tambahkan air panas. Tambahkan gula secukupnya dan konsumsi selagi hangat.

6. Kompres Air Hangat

Agar anyang anyangan cepat sembuh, kompres perut bagian bawah Anda dengan air hangat. Anda dapat menggunakan botol yang diisi air hangat atau buli-buli (kantong kompres). Diamkan selama lima menit. Kompres air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan rasa nyeri.

7. Konsumsi Daun Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu herbal yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk anyang anyangan. Cara memanfaatkannya pun mudah. Siapkan daun kumis kucing yang telah dikeringkan dan gula jawa secukupnya. Seduh daun kumis kucing dengan air panas kemudian tambahkan gula jawa.

Konsumsi ramuan ini tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal. Jangan mengganti gula jawa dengan gula pasir karena dapat menghambat kinerja dan mengurangi khasiat daun kumis kucing.

8. Minum Jus Cranberry

Sebagaimana Anda ketahui, buah beri-berian memang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satu jenisnya, yakni buah cranberry dikenal ampuh mengatasi anyang anyangan. Di dalam buah ini terkandung vitamin C dan zat yang berguna untuk mengobati anyang anyangan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi jus cranberry setiap hari. Jika Anda tidak begitu menyukai rasa masam, tambahkan satu atau dua sendok madu atau sebongkah gula batu untuk menetralkan rasa.

9. Konsumsi Obat-obatan

Jika rasa nyeri tak tertahan, Anda dapat mengonsumsi sejumlah obat-obatan yang ampuh mengatasi anyang anyangan, seperti acetaminophen, azo standard, antivirus, antiparasit, dan antibiotik.

Sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter maupun apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan.

10. Mengikat Jempol Kaki dengan Karet Gelang

Via buoyhealth.com

Pernahkah Anda mendengar bahwa mengikat jempol kaki dengan karet gelang dapat mengatasi anyang anyangan? Lakukan cara ini hingga jempol kaki berwarna pucat, tanda peredaran darah berhenti. Biarkan selama lima sampai sepuluh menit. Ajaibnya, anyang anyangan pun sembuh dengan sendirinya.

Itulah sejumlah cara mengatasi anyang anyangan yang dapat Anda coba di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak menunda buang air kecil. Jangan lupa share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *