Via thelocalcircuit.com

100% Work! 10 Cara Mengatasi Komputer Lemot Menjadi Cepat

Tahukah Anda bahwa cara mengatasi komputer lemot paling banyak dicari melalui mesin pencarian google? Hal yang wajar mengingat komputer yang berjalan lambat sangat mengganggu aktivitas. Yang seharusnya pekerjaan selesai dalam waktu cepat, harus terlambat karena komputer sering macet.

Sebenarnya, cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti komputer lama Anda. Namun, tidak semua orang sanggup membeli komputer baru. Pasalnya, semakin tinggi spesifikasi komputer maka semakin tinggi pula harga yang dibanderol.

Sederet Penyebab Kinerja Komputer Melemah

Lantas, adakah cara mengatasi komputer yang lambat tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli perangkat baru? Jawabannya ada. Akan tetapi, sebelum beralih pada solusi terbaik mengatasi komputer yang lambat, sebaiknya Anda perlu untuk mengetahui penyebab kinerja komputer melemah.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah menemukan jalan keluarnya. Adapun penyebab komputer menjadi lambat, antara lain sebagai berikut.

Space Terbatas

Anda tentu mengetahui bahwa kinerja komputer yang telah digunakan selama bertahun-tahun akan menurun, bukan? Namun, bagaimana jika komputer yang Anda gunakan masih tergolong baru? Jawabannya, karena kekurangan ruang.

Pembaruan Windows

Update Windows memang diperlukan, tetapi jika terlalu sering dapat menyebabkan kinerja komputer melemah. Hal ini disebabkan karena Windows kerap melakukan reboot dan menginstal patch yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Fragmentasi

Fragmentasi disk menjadi salah satu penyebab kinerja lambat pada komputer. Hal ini disebabkan karena disk yang telah terpecah membutuhkan waktu sepuluh kali lebih lama untuk membaca atau menulis informasi.

Cache Internet

Windows melakukan penyimpanan gambar selama Anda melakukan surfing internet. Apa pun yang Anda lihat, Windows akan menyimpannya. Semakin sering Anda menghabiskan waktu untuk berselancar, cache akan semakin menumpuk. Tak heran jika kinerja komputer Anda akan melambat dari waktu ke waktu.

Start Up

Tahukah Anda bahwa semakin banyak program start up akan memberatkan kinerja komputer? Pilih program yang benar-benar Anda butuhkan.

Registry

Registry pada Windows merupakan komponen yang sangat penting. Namun, kesalahan registry pada saat menjalankan program dapat saja terjadi. Hal yang lumrah, tetapi masalah ini menyebabkan komputer menjadi lambat.

Virus

Penyebab lain yang dapat menambah beban kerja komputer adalah virus. Jika Anda kerap mengunduh program secara gratis, membuka situs mencurigakan, atau melakukan klik pada iklan tertentu, virus bisa saja menyusup ke dalam komputer Anda.

Cara Terbaik Untuk Mengatasi Kinerja Komputer Yang Lambat

Adapun cara mudah mengatasi masalah kinerja komputer yang melambat, di antaranya sebagai berikut.

1. Cek Memori Hardisk

Via digitaltrends.com

Tahukah Anda bahwa semakin besar kapasitas harddisk yang Anda gunakan maka semakin lemah kinerja komputer? Jika komputer sering hang, cobalah untuk mengecek memori harddisk. Pada Windows, Anda cukup melakukan klik pada Computer atau My Computer, kilik kanan pada salah satu partisi harddisk, misalnya C atau D lalu pilih properties.

Jika free space menunjukkan angka kurang dari 15 persen maka Anda perlu melakukan pemindahan aplikasi ke lokasi lain atau segera hapus data yang tidak diperlukan.

2. Cek Start Up

Pastikan untuk melakukan pengecekan program start up dengan menuliskan “run” di kotak pencarian. Kemudian klik menu Run dan tuliskan “msconfig” tekan ok. Pilih tab start up, hapus tanda centang pada program yang tidak perlu dinyalakan secara otomatis.

3. Defragment Harddisk

Defragment wajib dilakukan ketika file dalam harddisk tidak tersusun rapi sesuai dengan tipe atau fungsinya. File yang berantakan hanya akan membuat kerja hardisk menjadi berat sehingga menyebabkan kinerja komputer Anda lamban. Cek harddisk dan lakukan defragmentasi setiap seminggu atau dua minggu sekali. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kinerja komputer.

4. Tidak Menyimpan File Pada Desktop

Segelintir orang sangat menyukai kemudahan. Salah satu cara yang dianggap praktis untuk menemukan file dalam waktu singkat adalah meletakkannya pada desktop. Namun, di balik kepraktisan tersebut akan timbul masalah yang menyebabkan Anda kesal, yakni komputer menjadi lambat.

Hal ini sangat wajar, mengingat setiap kali Anda meletakkan file atau aplikasi besar pada desktop maka kinerja komputer pun akan semakin berat. Maka cara paling bijak adalah tidak meletakkan file pada desktop sepenting apa pun itu.

5. Temporary Files

Via youtube.com

Temporary files merupakan salah satu penyebab komputer menjadi berat. Setiap kali Anda melakukan aktivitas menggunakan komputer, mulai dari membuka folder, menyimpan data, hingga berselancar internet maka jejak Anda akan tertinggal. Jejak inilah yang biasanya menyebabkan memori pada harddisk berkurang.

Semakin besar ukuran temporary files maka kinerja komputer pun semakin berat. Dampaknya, komputer menjadi lambat dan sering mengalami hang. Meski temporary files dapat memudahkan Anda untuk mencari jejak aktivitas sebelumnya, tetapi akan lebih baik jika dibersihkan secara berkala. Tujuannya agar kinerja komputer kembali seperti semula.

6. Batasi Gadget

Anda boleh menggunakan gadget untuk memudahkan aktivitas, tetapi pastikan untuk membatasi gadget yang dibutuhkan, seperti jam, kalender, dan CPU meter. Gagdet yang terlalu banyak dapat menyebabkan komputer menjadi lemot.

7. Uninstall Program

Kebanyakan orang sering menginstalasi program yang tidak dibutuhkan. Namun, enggan untuk menghapus program yang sangat jarang atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Padahal program yang Anda install akan memberatkan beban kerja komputer. Maka, cara terbaik adalah menghapus program yang tidak diperlukan. Sisakan progam yang benar-benar sering Anda gunakan. Dengan begitu, kinerja komputer akan maksimal.

8. Hindari Visual Effect

Umumnya, orang akan menggunakan visual effect untuk memaksimalkan tampilan pada komputer. Meski visual effect memang menjadikan komputer lebih menarik, tetapi tanpa Anda sadari hal ini bisa menyebabkan kinerja komputer menurun.

9. Antivirus

Pastikan untuk menginstal program antivirus. Pilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Antivirus terbaik adalah antivirus yang dapat melindungi komputer Anda dari bahaya virus, malware, dan adware. Namun, jangan terlalu banyak menginstal antivirus karena dapat menghabiskan RAM dan menyebabkan kinerja komputer melambat.

10. Upgrade RAM

Via digitaltrends.com

Jika cara di atas tidak dapat bekerja dengan baik. Maka cara terakhir yang dapat Anda tempuh adalah meningkatkan kapasitas RAM. Ingat, sebagus apapun spesifikasi komputer Anda, tetapi kapasitas RAM terbatas, tentu akan membuat kinerja komputer melambat. Hal ini disebabkan kapasitas RAM habis terisi program atau aplikasi.

Peningkatan kapasitas RAM sangat diperlukan, terlebih bagi Anda yang memang menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja dengan komputer. Misalnya, melakukan pemograman, desain website, ataupun seorang gamer.

Agar komputer Anda lebih lancar, pastikan untuk melakukan upgrade RAM. RAM yang besar akan membuat kinerja komputer semakin cepat. Komputer pun tidak akan terbebani dengan program dan aktivitas berat yang Anda lakukan, seperti bermain game dalam jangka panjang.

Demikianlah informasi mengenai penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *