in

Mual Berlebihan Saat Hamil? Atasi Segera Dengan Cara Ini

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Via parents.com

Berita kehamilan tentu membuat siapapun yang mendengarnya turut bahagia, apalagi yang merasakannya! Sang calon ibu pasti punya sejuta perasaan menghadapi perubahan dalam tubuhnya, termasuk menantikan kehadiran si buah hati! Tapi kadang, kehamilan tidak berjalan semulus yang diharapkan.

Saat trimester awal kehamilan yaitu di bulan pertama hingga ketiga, tubuh biasanya akan lebih rentan mengalami rasa mual, pusing, hingga frekuensi muntah yang cukup sering. Tentu tidak semua ibu hamil mengalaminya. Dalam buku The Working Woman’s Pregnancy Book karya Dr. Marjorie Greenfield, 70 persen perempuan pernah merasakan mual selama hamil. So, you are not alone!

Tak perlu bingung, sebenarnya ada penjelasan ilmiah penyebab rasa mual saat hamil ini terjadi, di antaranya adalah:

  • Peningkatan kadar hormon estrogen
  • Produksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG)
  • Hidung lebih sensitif terhadap aroma

Serta beberapa penyebab lainnya yang membuat kehamilan muda kerap dikaitkan dengan rasa mual. Sebenarnya rasa mual ini tidak berbahaya bagi janin. Namun patut diwaspadai jika muntah-muntah membuat tubuh kekurangan asupan cairan dan nutrisi.

Kali ini OhGitu telah merangkum cara mengatasi mual saat hamil yang aman dan layak dicoba. Apa saja ya?

1. Hirup Aroma Segar

Via providencewomenshealthcare.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, indera penciuman cenderung lebih sensitif terhadap aroma apapun saat hamil. Bisa jadi aroma yang tadinya tidak mengganggu kamu, justru menjadi aroma nomor satu yang ingin kamu hindari saat hamil! Bukan hanya aroma benda, bahkan aroma tubuh seseorang juga bisa memicu rasa mual ibu hamil!

Jika hal ini yang kamu alami, coba hirup aroma segar seperti lemon. Untuk memudahkannya membawa ke mana saja, kamu bisa mengemasnya dalam bentul botol semprot atau essential oil.

2. Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu rempah yang bersahabat dengan perut, termasuk mengatasi rasa mual. Coba tambahkan seiris tipis jahe pada seduhan air putih atau teh milikmu. Kamu juga bisa menjajalnya dalam bentuk permen jahe atau kue jahe.

Jika selama hamil kamu tetap suka dengan sup, coba tambahkan jahe pada sup favoritmu. Atau sah-sah saja menambahkan selai jahe pada es krim vanila kamu. Be creative as you want. Aroma kuat dari jahe akan membuat rasa mual atau ingin muntah teralihkan untuk sementara.

3. Paparan Radiasi Komputer

Jangan dikira hanya aroma atau bahan makanan tertentu yang bisa memancing rasa mual ibu hamil. Pancaran cahaya dari monitor komputer juga bisa menimbulkan rasa mual. Bahkan hal ini bisa saja terjadi pada mereka yang sebelumnya selalu bekerja berhadapan dengan layar selama berjam-jam.

Untuk menyiasatinya, kurangi level brightness monitor. Pilih background dengan warna lembut seperti merah muda atau tan. Selain itu, atur huruf agar terlihat lebih tebal dan besar. Tentu saja siasat yang tidak kalah penting adalah membatasi durasi duduk di depan komputer.

4. Sikat Gigi/ Obat Kumur

Ketika rasa mual muncul, tentu yang ingin dirasakan adalah rasa segar di mulut. Mouthwash atau bahkan sikat gigi bisa menjadi pilihan yang tepat. Itu sebabnya tidak kalah penting untuk selalu membawa obat kumur atau sikat gigi lengkap dengan pasta gigi.

Selain untuk mencegah, cara ini juga efektif untuk menyegarkan kembali napas kamu usai muntah. Jangan lupa bawa kantong plastik ya saat bepergian, untuk berjaga-jaga saat kamu ingin muntah dan tidak berada di dekat kamar mandi.

5. Makan Porsi Kecil

Via healthyfoodzine.com

Saat sedang hamil, siasati perut dengan makan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering. Cara mengatasi mual saat hamil yang satu ini tidak akan mengagetkan perut dan membuat tubuh lebih siap menyerap nutrisi. Mengingat selalu ada kemungkinan kamu memuntahkan kembali apa yang sudah masuk ke dalam perut, ada baiknya setiap jenis makanan yang masuk ke tubuh adalah yang benar-benar sarat akan nutrisi.

6. Lawan dengan Karbohidrat

Bingung asupan makanan apa yang tepat sebagai cara mengatasi mual saat hamil? Pilih karbohidrat seperti roti, kue kering, kentang tumbuk, dan semacamnya. Jika biasanya kamu merasa mual di pagi hari, secara perlahan makanlah karbohidrat sebelum benar-benar bangun dari tempat tidur.

Padukan karbohidrat dengan protein yang sehat untuk menjaga energi sepanjang hari. Memilih asupan yang tepat bagi tubuh selain bisa mengurangi rasa mual, juga berperan dalam perkembangan janin.

7. Dessert Time

Well, salah satu kelebihan saat hamil adalah bebas makan apa saja yang disukai, terutama dengan alasan “ngidam”! Namun tanpa harus merasa ngidam pun, dessert seperti es krim atau popsicle bisa menjadi cara mengatasi mual saat hamil.

Jika ingin lebih sehat, buatlah es krim atau popsicle dari buah yang menyegarkan dan kaya vitamin. Simpan di freezer sehingga kapanpun kamu merasa mual, segera ambil dan distraksi dengan kesegarannya.

8. Banyak Minum

Hal ini sudah pasti penting bagi seorang ibu hamil, yaitu memastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Jika merasa tidak terlalu suka dengan air putih saat sedang hamil, tambahkan lemon untuk membuatnya menjadi infused water. Selalu memperhatikan asupan cairan bagi tubuh akan membuat tubuh semakin fit dan tidak mudah merasa mual.

9. Istirahat Cukup

Saat badan merasa terlalu lelah, maka stres kemungkinan akan muncul. Di saat yang sama, rasa mual, pusing, hingga muntah juga bisa datang tanpa diundang. Pastikan tubuh yang sedang beradaptasi dengan tugas barunya ini mendapat porsi istirahat yang cukup ya.

Bukan hanya durasi, yang tak kalah penting adalah kualitas tidur. Pastikan kamu benar-benar bisa beristirahat dengan membuat kamar terasa senyaman mungkin, pasang diffuser dengan aroma favorit kamu, dan sementara letakkan dulu gadget agar kamu tidak terdistraksi ya!

10. Beri “Vitamin” Mental

Via huffpost.com

Terkadang tanpa disadari, mental adalah hal yang luput diperhatikan oleh ibu hamil, yang terlalu fokus pada kebutuhan fisiknya saja. Padahal kesehatan mental adalah awal yang baik untuk menjauhkan diri dari stres. Saat stres tiba, tentu rasa mual, muntah, dan pusing sulit untuk dihindari.

Untuk itu, beri “vitamin” pada mental dengan membuatnya tetap aktif. Jika kamu tidak bekerja, bacalah buku atau dengarkan podcast yang menarik. Pergi bertemu dengan teman yang pernah mengalami morning sickness dan berbagi cerita bersamanya. Terbukalah dengan pasangan atas apa yang sedang kamu alami. Hal-hal kecil seperti ini meski terkesan sepele, bisa membuat kondisi psikologis menjadi sangat baik!

So, sekarang sudah tahu dong apa yang perlu dilakukan untuk mencegah rasa mual saat hamil? Hal yang juga tak kalah penting adalah menjalani apapun yang terjadi selama kehamilan dengan lapang dada. Kabar baiknya lagi, biasanya morning sickness ini tidak akan berlangsung selamanya kok, hanya beberapa waktu saja untuk sementara.

Ada saran lain yang juga layak dicoba bagi para ibu muda yang ingin menyiasati rasa mualnya? Share di kolom komentar, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *