Via renoblowdrybar.com

10 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Rambut kering merupakan salah satu masalah klasik yang masih sering dialami sebagian besar orang. Meskipun tidak berbahaya, masalah ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, rambut kering tidak hanya terlihat kusam, melainkan juga kasar ketika disentuh.

Bahkan tak jarang rambut kering sulit diatur sehingga membutuhkan bantuan gel ataupun hair spray. Meskipun membantu, tetapi kedua cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena berisiko merusak rambut.

Penyebab Rambut Kering

Tak banyak yang tahu bahwa rambut kering disebabkan oleh sejumlah faktor. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa masalah ini umum terjadi lantaran hilangnya kelembapan alami pada rambut. Agar Anda lebih paham dan mudah menemukan solusi rambut kering, simak sejumlah penyebabnya di bawah ini.

  • Faktor Lingkungan
  • Sampo Tidak Cocok
  • Berenang
  • Sinar Matahari
  • Salah Perawatan
  • Anoreksia Nervosa
  • Kurang Air Putih
  • Kurang Vitamin
  • Kurang Nutrisi
  • Terlalu Sering Keramas
  • Mewarnai Rambut
  • Efek Obat-obatan Tertentu (Pengobatan Medis)

Begini Cara Mengatasi Rambut Kering

Cara terbaik untuk mengatasi rambut kering adalah dengan menghindari penyebabnya. Namun, masalahnya adalah pemicu rambut kering pada setiap orang berbeda. Tentu hal ini sangat menyulitkan Anda, bukan? Daripada Anda bingung, lebih baik gunakan sejumlah tips mengatasi rambut kering berikut ini.

1. Trim Rambut

Via rd.com

Rambut yang terlalu kering perlu diatur ulang. Anda tidak perlu memangkas rambut hingga pendek, cukup lakukan trim, yakni mencukur ujung rambut yang bercabang atau mengalami kerusakan.

Meskipun Anda dapat melakukannya sendiri di rumah, tetapi sangat disarankan untuk meminta bantuan penata rambut. Selain menghemat waktu, hasilnya pun jauh lebih rapi. Jangan sungkan untuk bertanya mengenai tips styling yang tidak menyebabkan rambut rusak.

2. Konsumsi Vitamin

Vitamin sangat penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin akan menurunkan daya tahan tubuh. Alhasil, tubuh akan cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Mirisnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa vitamin pun mempengaruhi kesehatan rambut. Rambut membutuhkan vitamin agar pertumbuhannya optimal, kelembapannya pun terjaga.

Adapun vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut, antara lain sebagai berikut.

Vitamin A

Vitamin A bertugas untuk melindungi rambut dari kekeringan dan bahaya radikal bebas.

Vitamin B3 (niasin)

Vitamin B3 berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 tidak hanya menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok, melainkan juga menghambat pertumbuhan rambut.

Vitamin C

Vitamin C bertugas untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, mencegah terjadinya kerontokan, dan mendorong pertumbuhan rambut agar lebih optimal. Kurangnya asupan vitamin C dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang.

Vitamin E

Vitamin E tidak hanya bagus untuk kulit, tetapi juga dapat melancarkan sirkulasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin H (biotin)

Biotin bertugas untuk mencegah kerusakan rambut, seperti rambut kering, rontok, dan bercabang.

Selain vitamin di atas, asam folat dan zat besi pun tak kalah penting untuk meningkatkan kesehatan rambut.

3. Tambahkan Omega 3 dan Antioksidan

Omega 3 tidak hanya bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak, melainkan juga menjaga rambut dari kerusakan. Omega 3 sangat efektif membuat rambut lebih sehat dan bersinar. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, seperti ikan salmon, tiram, ikan kembung, tuna, dan ikan sarden.

Selain omega 3, antioksidan pun sama pentingnya karena dapat melawan stres oksidatif yang membuat rambut tampak kusam, kering, rontok, dan bercabang. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti walnut, kacang merah, blueberry, brokoli, dan tomat.

4. Jangan Mencuci Rambut Setiap Hari

Mencuci rambut memang diperlukan, tetapi jika dilakukan setiap hari, rambut akan kehilangan kelembaban alami dan kering. Jika Anda terpaksa harus mencuci rambut setiap hari, gunakan sampo khusus bayi untuk mencegah hilangnya minyak alami rambut.

5. Bungkus Rambut dengan Handuk

Via allthingshair.com

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, bungkus rambut dengan handuk, alih-alih mengeringkan rambut dengan hair dryer. Menggunakan handuk untuk menyerap kelebihan air pun sangat dianjurkan daripada membiarkan rambut kering dengan sendirinya karena berisiko merusak rambut.

6. Batasi Penggunaan Alat Styling

Alat styling memang memudahkan Anda untuk menata rambut. Anda dapat meluruskan rambut dalam waktu singkat. Jika bosan, Anda bisa mengubah rambut menjadi lebih bergelombang atau keriting. Namun, dibalik kemudahan tersebut tersimpan bahaya bagi rambut.

Terlalu sering menggunakan alat styling, baik catokan, alat curly, dan hair dryer dapat merusak rambut hingga ke akar. Panas yang dihasilkan alat styling dapat menyebabkan rambut kering, rontok, merah, dan bercabang.

7. Gunakan Air Dingin

Air hangat memang membantu membuka pori-pori dan kutikula sehingga kotoran di rambut lebih mudah luruh bersama dengan air. Menggunakan air hangat saat keramas dapat memaksimalkan penyerapan sampo dan kondisioner ke dalam rambut dan kulit kepala. Namun, air hangat berisiko merusak rambut.

Alih-alih menggunakan air hangat untuk membilas rambut, gunakan air dingin agar rambut lebih sehat. Air dingin tidak hanya menyegarkan, tetapi juga efektif mempercepat proses pertumbuhan rambut dan menjaga kelembaban alami. Anda pun akan terhindar dari masalah rambut kering dan rontok.

8. Aplikasikan Minyak Esensial

Cara terbaik mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan minyak esensial. Jika Anda menginginkan permasalah rambut kering cepat tuntas, gunakan minyak argan Maroko yang dikenal ampuh memulihkan kesehatan rambut.

Anda dapat mengaplikasikan minyak argan pada ujung rambut. Rambut akan lebih sehat, tidak kaku, dan terhindar dari kerusakan permanen. Minyak esensial lain, seperti minyak peppermint, lavender, dan zaitun sangat bagus untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kerusakan rambut.

9. Kenakan Topi

Tahukah Anda bahwa sinar ultraviolet dapat merusak rambut? Selain membuat warna rambut menjadi kemerahan, paparan sinar matahari langsung menyebabkan kulit kepala rusak, rambut kering, rapuh, dan rontok.

Jika Anda hendak melakukan kegiatan luar ruangan, pastikan untuk mengenakan topi. Topi dapat menghalau sinar ultraviolet dan mencegah rambut mengalami kerusakan.

10. Gunakan Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa
Via health.harvard.edu

Khasiat minyak kelapa sudah tak diragukan lagi. Minyak kelapa merupakan emolien alami yang mudah terserap ke dalam kulit kepala dan akar rambut.

Minyak kelapa tidak hanya membuat rambut tampak lebih hitam dan terhindar dari uban, melainkan juga membantu mempercepat proses pemulihan rambut rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

Agar hasilnya maksimal, gosok minyak kelapa dengan kedua telapak tangan lalu aplikasikan pada ujung rambut baru, bagian tengah hingga akar rambut.

Pijat kulit kepala sesekali dan biarkan selama 20 menit agar minyak kelapa terserap sempurna. Penggunan minyak kelapa secara teratur dapat mencegah rambut kering, kusam, dan rontok.

Demikianlah informasi mengenai penyebab rambut kering berikut cara mengatasinya. Dengan mengetahui lebih awal, Anda dapat mencegah masalah ini terjadi.

Bagi Anda yang terlanjur bermasalah, cara di atas dapat mempercepat proses pemulihan rambut kering. Jangan lupa bagikan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *