in

25 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Cepat dan Mudah

Via empowher.com

Rambut bisa dibilang merupakan sebuah mahkota, tidak hanya bagi wanita saja, namun juga bagi laki-laki. Hal tersebut tidaklah salah karena rambut yang sehat tentunya akan sangat menunjang penampilan setiap orang. Namun masalahnya, rambut sangatlah rentan terhadap berbagai masalah. Selain ketombe, masalah yang sering dihadapi setiap orang terkait masalah rambut adalah rambut rontok.

Walaupun rontoknya rambut tidak memberikan rasa sakit, namun kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat setiap orang menjadi tidak percaya diri. Tentunya setiap orang akan merasa risih bukan ketika mereka mendapati terlalu banyak helaian rambut pada sisir setelah mereka selesai menyisir rambut? Nah, lalu bagaimanakah cara mengatasi rambut rontok dengan cepat? Di artikel ini, kamu akan menemukan definisi rambut rontok, penyebab terjadinya rambut rontok dan berbagai macam cara mengatasi rambut rontok secara cepat, aman, dan juga mudah.

Apa Itu Rambut Rontok?

Rambut rontok merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika jumlah rambut pada kulit kepala mengalami penurunan. Sebenarnya, rontoknya rambut merupakan suatu hal yang normal dan pastinya akan dialami semua orang. Pada umumnya, rontoknya rambut masih dianggap normal ketika setiap harinya rambut yang rontok dari kulit kepala tidak lebih dari 100 helai.

Namun apabila jumlah kerontokan rambut lebih dari 100 helai setiap harinya, maka mungkin kerontokan rambut yang kamu alami disebabkan oleh berbagai faktor-faktor penyebab rambut rontok. Di pembahasan berikutnya, kamu akan mengetahui berbagai macam faktor yang menjadi penyebab rontoknya rambut di kulit kepala.

Penyebab Timbulnya Rambut Rontok

25 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Cepat dan Mudah
Via cdn.skim.gs

Sebelum kamu mengetahui berbagai macam cara mengatasi rambut rontok secara cepat, maka tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya rambut rontok. Ternyata, ada banyak penyebab mengapa rambut bisa rontok. Dibawah ini, kamu akan menemukan berbagai macam penyebab rontoknya rambut.

1. Pengaruh Hormon

Tidak bisa dibantah bahwa memang hormon merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap rontoknya rambut. Biasanya, hormon yang dapat membuat rambut menjadi rontok adalah hormon DTH. Hormon ini dapat diproduksi sebagai akibat tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh. Nah, hormon DTH ini akan membuat sel folikel rambut menjadi menyusut, sehingga rambut menjadi sangat mudah rontok.

2. Malnutrisi

Selain hormon, faktor kurangnya gizi di dalam tubuh atau biasa disebut dengan malnutrisi juga akan membuat rambutmu mudah rontok. Sel-sel folikel rambut dan kulit kepala tentunya memerlukan suplai nutrisi yang cukup agar mereka dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Nah, jika tubuhmu tidak memiliki cukup gizi, maka tentu saja kulit kepala dan sel folikel rambut akan kekurangan nutrisi, sehingga mereka tidak bisa tumbuh dengan baik dan mengakibatkan rambut mudah rontok.

3. Pengaruh Bahan Kimia

Bagi kamu yang suka mewarnai rambut dan juga melakukan perawatan rambut di salon, maka kemungkinan kamu mengalami rambut rontok juga akan semakin besar. Rambut yang terlalu banyak terkena paparan bahan kimia seperti saat kamu melakukan perawatan di salon atau saat kamu mewarnai rambut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan sangat rentan patah, sehingga membuat rambut menjadi rontok.

4. Pengaruh Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga memiliki efek samping yang akan membuat rambut menjadi mudah rontok. Biasanya, obat-obatan yang akan membuat rambut menjadi mudah rontok adalah obat untuk mengobati arthritis, tekanan darah tinggi, dan juga gangguan jantung. Namun, rontoknya rambut akibat faktor obat-obatan hanyalah bersifat sementara karena setelah kamu berhenti mengkonsumsi obat-obatan, maka rambutmu akan semakin sedikit yang rontok.

5. Faktor Genetik

Tidak bisa disangkal bahwa faktor genetik juga memiliki peranan yang cukup besar dalam rontoknya rambut. Jika kamu memiliki orang tua dengan riwayat kebotakan, maka tentu saja kemungkinan kamu akan mendapatkan hal yang sama cukup besar. Biasanya, anak laki-laki lebih rentan mengalami hal ini dibandingkan dengan perempuan.

6. Stress

Stress juga menjadi salah satu penyebab utama mengapa rambutmu menjadi semakin mudah rontok. Ketika kamu stress, maka sirkulasi darah di dalam tubuhmu terganggu. Jika sirkulasi darah di dalam tubuhmu terganggu, maka tentu saja kulit kepala dan juga sel folikel rambut akan kekurangan suplai oksigen dan juga nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan sehat. Jika sudah begitu, maka rambut akan menjadi lebih rapuh dan sangat mudah untuk rontok.

7. Pertambahan Usia

Faktor rontoknya rambut yang satu ini memang tidak bisa dihindari karena seiring bertambahnya usiamu, maka semakin tipis pula sel folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah patah. Namun, kamu bisa memperkecil frekuensi rontoknya rambut dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc, dan vitamin.

Fakta-Fakta Mengenai Rambut Rontok

Setelah kamu mengetahui berbagai penyebab mengapa rambut rontok bisa terjadi, tentunya kamu juga harus mengetahui berbagai macam fakta mengenai kerontokan rambut, sehingga kamu tidak akan memiliki persepsi keliru lagi mengenai rambut rontok. Berikut merupakan fakta-fakta mengenai rambut rontok:

  • Kerontokan rambut karena faktor genetik tidak hanya akan menyerang laki-laki. Ternyata, perempuan juga bisa saja mengalami rambut rontok karena fakor genetik. Walaupun demikian, kerontokan rambut pada laki-laki akan lebih cepat terlihat dampaknya dibandingkan dengan wanita.
  • Wanita akan mengalami kerontokan rambut lebih banyak daripada biasanya ketika masa-masa kehamilan dan juga masa-masa menopause. Hal ini dikarenakan ketika wanita dalam keadaan hamil atau menopause, hormon mereka berada dalam keadaan tidak seimbang. Akibatnya, rambut menjadi lebih tipis dan mudah rontok.
  • Stress sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya rambut yang rontok. Ketika rambut yang rontok terlalu banyak, maka bisa saja itu menjadi pertanda bahwa kamu terlalu stress.
  • Jarang mencuci rambut menggunakan shampoo juga merupakan salah satu alasan yang dapat membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Ketika kamu mencuci rambut dengan shampoo, maka segala minyak yang mengandung hormon penyebab kerontokan rambut dapat segera disingkirkan dari kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mencuci rambutmu paling tidak 2 hari sekali.
  • Sinar matahari dapat membantu untuk memperkuat sel folikel rambutmu. Hal ini dikarenakan sinar matahri kaya akan kandungan Vitamin D. Vitamin D yang diserap oleh kulit kepala akan sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala, sehingga rambut pun akan semakin kuat dan tidak mudah rontok.
  • Mewarnai rambut ataupun terlalu banyak menggunakan hair dryer ternyata juga akan membuat rambutmu menjadi mudah rontok. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak melakukan eksperimen yang bersifat coba-coba terhadap rambutmu.

8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Makanan

Cara paling mudah untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Ya, ternyata makanan yang kamu konsumsi akan sangat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok. Tentunya tidak sembarang makanan akan membantu dalam mengatasi rambut rontok. Jika kamu salah memilih makanan, justru rambut yang rontok akan semakin banyak dan begitupun sebaliknya. Nah, kira-kira makanan apa sajakah yang akan bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Jika kamu penasaran, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kacang-Kacangan

Via phz8.petinsurance.com

Jika kamu mau mengatasi rambut rontok, kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang harus kamu konsumsi. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Nah, omega-3 ini akan bermanfaat untuk memperkuat rambut, sehingga akan mengurangi rambut rontok.

Tidak percaya? Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology telah memberikan buktinya. Pada studi tersebut, sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi selama 6 bulan mengalami penurunan dalam hal rambut rontok.

2. Kerang

Via wallpaperscraft.com

Kerang merupakan makanan dengan kandungan zinc yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Nah, hal inilah yang membuat kerang memiliki kemampuan yang sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.

Dua buah studi [1, 2] yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health telah menyimpulkan jika orang yang kekurangan zinc di dalam tubuh mereka akan mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dibandingkan orang dengan kadar zinc yang mencukupi. Jadi, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan zinc di dalam tubuh dan mengkonsumsi kerang merupakan pilihan paling baik.

3. Produk-Produk Susu

Via hoff.vn

Selain dapat memperkuat tulang, produk-produk yang terbuat dari susu semisal susu sapi, keju, dan yogurt juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan produk-produk susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Nah, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan rambut karena pada dasarnya, rambut tersusun oleh protein.

Dengan mengkonsumsi protein, maka secara otomatis rambut kita pun akan mendapatkan nutrisi yang sangat mereka perlukan, sehingga rambut akan bertambah kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, protein juga sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin, sebuah komponen yang sangat penting untuk memperkuat struktur rambut.

4. Ikan Salmon

Via divinehealthfromtheinsideout.com

Ikan salmon memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperkuat rambutmu. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, protein akan sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin yang akan memperkuat struktur rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.

Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Keuntungan lainnya, ikan salmon juga tidak memiliki kalori yang tinggi, sehingga kamu bisa mengkonsumsi makanan ini tanpa khawatir akan mengalami obesitas dan dampak buruk lainnya.

5. Daging Merah

Via blog.lolofit.com

Mengkonsumsi daging merah juga akan snagat membantu untuk mengatasi rambut rontok. Daging merah juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Selain itu, daging merah juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

Zat besi sangatlah penting untuk menunjang kesehatan rambut, karena zat besi merupakan mineral yang akan mengangkut oksigen keseluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala. Nah, jika kulit kepala mendapat pasokan oksigen yang cukup, maka proses sirkulasi darah pun tentunya akan berlangsur lancar dan folikel rambut pun akan mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk tetap sehat.

6. Telur

Via eggs.ca

Ketika berbicara tentang kandungan protein dari suatu makanan, maka tentu saja telur tidak boleh terlewatkan. Telur, terutama bagian putihnya, merupakan salah satu sumber protein tertinggi diantara semua makanan. Seperti yang telah dijelaskan, protein akan memperkuat struktur rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok. Selain itu, bagian kuning telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga akan memperlancar sirkulasi darah di area kulit kepala.

7. Buah-Buahan

Via alphacoders.com

Tidak bisa dipungkiri jika berbagai jenis buah-buahan merupakan menu yang wajib kamu konsumsi jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. Nah, buah-buahan tentunya juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Seperti yang sudah dijelaskan, kulit kepala dan juga sel folikel rambut memerlukan pasokan nutrisi yang cukup setiap harinya, sehingga rambut akan semakin kuat dan tumbuh dengan sehat. Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral yang akan bermanfaat untuk memperkuat rambut dan memberikan pasokan nutrisi ke kulit kepala.

8. Sayur-Sayuran

Via alphacoders.com

Selain buah-buahan, segala jenis sayur-sayuran tentunya juga tidak boleh kamu lewatkan jika ingin memiliki rambut yang kuat. Sayur-sayuran mengandung berbagai macam mineral yang akan memperkuat rambut, sehingga rambut jadi tidak mudah rontok.

Selain itu, sayur-sayuran juga mengandung serat dan juga vitamin yang akan membuat penyerapan nutrisi dari makanan kedalam tubuh menjadi lebih maksimal. Jika sudah begitu, maka tentu saja kulit kepala akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan rambut pun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

12 Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Pengobatan Herbal

Selain dengan mengkonsumsi makanan, cara lain untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Nah, bahan-bahan herbal ini nantinya tinggal diaplikasikan ke kulit kepala, sehingga sel folikel rambut pun langsung merasakan manfaat dari bahan-bahan herbal ini.

Cara ini sangat direkomendasikan karena selain bahan herbal merupakan bahan yang mudah didapat, bahan herbal juga sangatlah aman untuk digunakan dan tidak akan meninggalkan efek samping apapun pada bagian tubuhmu yang lain. Bahan-bahan herbal apa sajakah yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya.

1. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Gel pada lidah buaya memiliki senyawa-senyawa yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Lidah buaya juga memiliki sifat eksfoliate yang akan mencegah penyumbatan kulit kepala oleh sel-sel kulit mati. Jika sudah begitu, maka kulit kepala akan mendapatkan nutrisi dengan lebih maksimal. Nah, pasokan nutrisi yang lancar di kulit kepala sangatlah penting untuk memicu pertumbuhan rambut dan mencegah rontoknya rambut.

Cara Pemakaian:

  • Ambil gel pada tanaman lidah buaya, kemudian cukup oleskan gel tersebut ke kulit kepala.
  • Ada baiknya kamu mengoleskannya pada malam hari, kemudian segera bilas rambutmu pada pagi harinya.
  • Mengkonsumsi 1 sendok teh lidah buaya pada pagi hari juga akan sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi ke kulit kepala.

2. Fenugreek

Via stylecraze.com

Fenugreek merupakan salah satu biji-bijian yang sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dengan cepat. Fenugreek memiliki kandungan protein dan juga asam nikotinik yang akan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, fenugreek juga memiliki hormon antecedents yang akan menjaga kesehatan sel folikel pada rambut, sehingga rambut akan tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan satu mangkuk berisi biji fenugreek, kemudian rendam biji tersebut di dalam wadah berisi air semalaman penuh.
  • Pagi harinya, tiriskan biji fenugreek dari air, kemudian haluskan biji fenugreek tersebut.
  • Oleskan biji fenugreek yang telah dihaluskan ke kulit kepala dan diamkan selama 40 menit.
  • Setelah itu, segera cuci rambutmu dengan air dan lakukan langkah diatas secara rutin.

3. Bawang Merah

Via alphacoders.com

Ternyata, bawang merah selain digunakan sebagai bumbu masakan, juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Setidaknya ada 2 alasan mengapa bawang merah sangat cocok digunakan sebagai obat herbal untuk rambut rontok, yaitu:

  • Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Nah, kandungan sulfur ini akan bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut dan juga memicu regenerasi sel folikel rambut, sehingga nantinya rambutmu akan tetap sehat.
  • Bawang merah juga memiliki senyawa anti-bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi di kulit kepala dan rambut rontok.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah dan buatlah menjadi jus dengan mencampurkannya dengan air ke dalam blender.
  • Jika sudah jadi, maka kamu bisa membilaskan jus bawang merah tersebut ke rambutmu. Setelah itu, diamkan selama 30 menit.
  • Terakhir, gunakan shampoo untuk mencuci rambutmu.

4. Indian Gooseberry

Via clubpimble.com

Indian Gooseberry atau yang biasa juga disebut dengan amla merupakan bahan herbal yang sudah sangat dikenal sebagai penguat rambut. Hal ini dikarenakan amla memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sebagai informasi, kekurangan Vitamin C dalam tubuh merupakan salah satu penyebab timbulnya rambut rontok.

Selain itu, amla juga memiliki sifat anti-bakteri, antioksidan, anti-inflammasi, dan eksfoliate yang bermanfaat untuk memperkuat rambut dan juga menghilangkan bakteri yang dapat mengiritasi sel folikel rambut. Hasilnya, tentu saja rambutmu tidak akan rontok lagi.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan 1 sendok teh sari buah amla.
  • Kemudian, segera oleskan sari buah amla tersebut ke area kulit kepala. Setelah itu, diamkan semalaman.
  • Pada pagi harinya, segera cucui rambutmu dengan air dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan.

5. Teh Hijau

Via cancerfightersthrive.com

Minuman tradisional seperti teh hijau akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Nah, teh hijau akan sangat bermanfaat untuk rambut rontok karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan seperti catechin yang ada dalam teh hijau akan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan antibakteri pada teh hijau juga akan membasmi bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Cara Pemakaian:

  • Seduh teh hijau seperti kamu membuat teh pada umumnya.
  • Jika sudah, cukup aplikasikan teh hijau pada kulit kepala dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah itu, cuci kulit kepala dengan menggunakan air dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan.

6. Minyak Kelapa

Via organicfacts.net

Bisa dibilang, minyak kelapa merupakan jenis minyak alami yang paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa mengandung asam lauric yang akan membasmi segala bakteri dan juga kuman yang akan menyebabkan infeksi di sel folikel rambut. Selain itu, minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambutmu secara alami, sehingga rambutmu akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

  • Oleskan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan.
  • Setelah itu, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dengan menggunakan tanganmu dengan gerakan memijat.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambutmu dengan menggunakan shampoo.

7. Minyak Lavender

Minyak yang biasa digunakan sebagai aromaterapi ini juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak lavender memiliki kandungan antioksidan yang akan memicu proses pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak ini juga memiliki kandungan antiseptik yang akan membasmi segala kontaminan yang akan menyebabkan infeksi di kulit kepala. Oleh karena itulah, minyak lavender selain digunakan untuk mengatasi rambut rontok, juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara Pemakaian:

  • Oleskan beberapa tetes minyak lavender ke telapak tangan.
  • Setelah itu, oleskan minyak lavender ke kulit kepala dengan menggunakan tanganmu.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambutmu dengan menggunakan shampoo.

8. Minyak Zaitun

Via farmviewmarket.com

Selain kedua minyak alami diatas, minyak zaitun tentunya juga merupakan minyak alami yang sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan Vitamin E dan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut dan membuat rambutmu menjadi lebih kuat.

Cara Pemakaian:

  • Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan.
  • Setelah itu, aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepalamu, kemudian diamkan selama 1 jam.
  • Terakhir, cuci kulit kepala dengan menggunakan shampoo dan juga air.

9. Santan

Via craftsvilla.com

Walaupun biasanya santan digunakan sebagai pelengkap suatu masakan, ternyata santan juga berguna untuk mengatasi rambut rontok, lho. Hal ini dikarenakan santan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tingggi. Nah, para ahli telah sepakat bahwa asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya rambut rontok dan juga akan menstimulus pertumbuhan rambut.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan santan yang sudah kamu masak.
  • Kemudian aplikasikan santan langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci rambutmu dengan air dan shampoo biasa.

10. Bawang Putih

Via petinsurance.com

Selain bawang merah, bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan, kandungan sulfur dari bawang putih akan sangat bermanfaat untuk memperkuat sel folikel rambut dan memicu pertumbuhan sel folikel rambut, sehingga rambutmu akan semakin kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih, kemudian jadikan sebagai jus dengan mencampurkannya dengan air di dalam blender.
  • Setelah itu, aplikasikan jus bawang putih langsung ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, segera bilas kulit kepala dengan menggunakan air dan shampoo yang biasa kamu gunakan.

11. Madu

Via lifehack.org

Madu merupakan bahan herbal yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu memiliki masalah dengan rambut rontok. Selain mudah didapat, madu juga akan sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini diakrenakan madu memiliki kandungan antibakteri yang akan membasmi berbagai macam bakteri penyebab infeksi di kulit kepala.

Selain itu, berdasarkan sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, para pasien yang menderita gatal-gatal pada kulit kepala dan juga rambut rontok mengalami peningkatan pada kondisi mereka, dimana pada akhir studi tersebut, rambut rontok dan juga gatal-gatal pada kulit kepala mereka semakin berkurang.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan 1 sendok teh madu dan juga air, kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
  • Aplikasikan campuran air dan madu ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, cuci rambut dengan menggunakan shampoo dan juga air biasa.

12. Daun Neem

Via amazonaws.com

Daun neem merupakan salah satu sumber herbal yang juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan daun neem memiliki kandungan antibakteri dan juga antijamur yang akan membasmi segala bakteri dan juga jamur yang berpotensi akan menginfeksi kulit kepala dan membuat rambut menjadi mudah rontok. Selain itu, daun neem juga akan melembabkan kulit kepala, sehingga sel folikel rambut akan tetap kuat dan rambut menjadi tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

  • Siapkan beberapa helai daun neem, kemudian haluskan daun neem tersebut.
  • Setelah itu, campurkan daun neem yang telah dihaluskan dengan air.
  • Setelah itu, aplikasikan campuran daun neem dan air ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit.
  • Terakhir, bilas kulit kepala dengan menggunakan air dan rambutmu pun akan bertambah kuat.

2 Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Pengobatan Medis

Selain dengan menggunakan pengobatan herbal, mengatasi rambut rontok pun bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan medis. Cara ini tentunya lebih cepat membuahkan hasil dibandingkan dengan menggunakan cara herbal, namun kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan juga, kamu harus mempertimbangkan efek samping yang mungkin akan kamu rasakan. Mau tahu apa sajakah obat-obatan medis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok? Berikut penjelasannya.

1. Minoxidil

Via spinoff.com

Minoxidil merupakan salah satu obat topikal yang bisa kamu dapatkan di apotik-apotik. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kebotakan, baik pada pria maupun wanita. Minoxidil akan membantumu dalam mengatasi masalah rambut rontok karena obat ini akan memperlancar sirkulasi darah ke sel folikel rambut. Jika peredaran darah di kulit kepala lancar, maka tentu saja sel folikel rambut akan mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan kuat dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaat dari obat ini, kamu dianjurkan untuk mengoleskan obat ini ke kulit kepala paling tidak sebanyak 2 kali dalam sehari. Nah, biasanya kamu akan merasakan manfaat dari obat ini setelah 16 minggu masa penggunaannya, jadi kamu harus bersabar. Efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan minoxidil antara lain iritasi di kulit kepala dan juga meningkatnya detak jantung.

2. Finasteride

Via fthmb.tqn.com

Selain minoxidil, obat lainnya yang juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok adalah finasteride. Berbeda dengan minoxidil, finasteride merupakan obat yang cara pemakaiannya adalah dikonsumsi, bukan dioleskan. Obat ini bekerja dengan cara mencegah berubahnya hormon testosteron menjadi hormon DTH, yang merupakan hormon penyebab kebotakan.

Biasanya, kamu baru akan merasakan manfaat dari obat ini setelah kurang lebih 3 bulan masa pemakaian. Efek samping yang biasanya akan kamu alami setelah mengkonsumsi obat ini antara lain adalah menurunnya gairah seks. Obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil, karena akan memberikan dampak yang membahayakan bagi janin.

3 Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Kebiasaan dan Gaya Hidup

Selain dengan menggunakan cara-cara diatas, ada lagi cara simpel yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rambut rontok. Ya, hanya dengan mengubah kebiasaan kecil serta gaya hidup, maka kamu bisa memiliki rambut yang lebih kuat dan tidak mudah rontok. Penasaran kebiasaan apa sajakah yang akan bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya untukmu.

1. Kendalikan Tingkat Stress

Via knowmore.com

Tidak bisa dihindari bahwa banyak hal dalam kegiatan kita sehari-hari yang dapat membuat kita menjadi stress, mulai dari masalah pekerjaan, pendidikan, kesehatan, hingga masalah asmara. Nah, sangatlah penting bagi kamu untuk mengendalikan kadar stress-mu karena seperti yang telah dijelaskan diatas, stress akan membuat rambutmu menjadi lebih mudah rontok.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stress, misalnya dengan melakukan meditasi, yoga, mandi dengan air hangat, atau sekedar melakukan segala hal yang menjadi hobimu. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh akan tetap lancar. Jika sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar, maka tentu saja kulit kepala akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika sudah begitu, maka tentu saja rambutmu akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

2. Olahraga

Via thebestrunningshoes.info

Ini mungkin kedengarannya aneh, tetapi ternyata berolahraga secara rutin mampu membuat rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Nah, mengapa demikan? Hal ini dikarenakan ketika kamu berolahraga, maka otak akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga kadar stress bisa menurun.

Jika kadar stress menurun, maka tentu saja sirkulasi darah ke kulit kepala akan semakin lancar. Jika sudah begitu, maka sel folikel rambut pun akan semakin kuat dan rambut yang rontok pun akan semakin sedikit.

3. Saat Basah, Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Via wellness7.net

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan hair dryer ketika mereka selesai mandi dengan harapan rambut mereka cepat kering. Ada juga orang yang memiliki kebiasaan menggosok rambut yang masih basah secara kasar dengan menggunakan handuk. Nah, tahukah kamu bahwa ternyata kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan rambut mudah rontok?

Ketika kamu menggunakan hair dryer, maka rambutmu akan menjadi panas. Nah, ketika rambutmu diberikan panas secara berlebihan, maka rambut akan menipis dan hal itulah yang membuat rambut cepat rontok. Selain itu, rambut juga akan menjadi mudah rontok ketika rambut dalam keadaan basah. Oleh karena itu, jangan heran jika rambut yang rontok akan semakin banyak jika kamu menggosok rambut yang basah dengan handuk.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan membiarkan rambutmu kering secara alami. Cara lain yang aman adalah dengan menutup bagian rambut dengan handuk setelah kamu selesai mandi. Walaupun memang waktu yang dibutuhkan rambut untuk mengering lebih lama, namun hal tersebut mampu mengurangi jumlah rambutmu yang rontok.

Tips-Tips Tambahan Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain cara-cara yang telah disebutkan diatas, masih ada lagi tips-tips sederhana untuk mengatasi rambut rontok. Penasaran apa sajakah tips-tips sederhana tersebut? Berikut ulasannya.

  • Perlakukanlah rambutmu dengan lembut. Jangan menggosok rambut secara kasar dengan menggunakan handuk ataupun tangan. Selain itu, sisirlah rambut secara pelan dan teratur.
  • Gunakanlah sisir dengan sikat yang halus dan betuknya melebar. Menggunakan sisir dengan sikat yang kasar akan membut rambutmu mudah patah dan rontok.
  • Jangan menyisir rambut ketika rambutmu masih dalam keadaan basah. Seperti yang telah dijelaskan diatas, rambut akan menjadi lebih mudah rontok ketika mereka sedang dalam keadaan basah.
  • Cek shampoo yang kamu gunakan. Pilihlah shampoo yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Jangan menggunakan shampoo yang bertipe keras, tetapi pilihlah shampoo yang bertipe mild.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ternyata kafein dapat membuat tekstur rambut menjadi kering dan memperlambat proses pertumbuhan rambut.
  • Potonglah rambutmu secara rutin. Rambut yang terlalu panjang juga akan membuat rambut menjadi mudah rontok dibandingkan dengan rambut yang pendek.
  • Minum air putih secara rutin setiap hari untuk menjaga keoptimalan proses metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. Dengan begitu, maka kulit kepala akan memperoleh nutrisi yang cukup dan rambut menjadi tidak mudah rontok.

Itulah 25 cara mengatasi rambut rontok dengan cepat, aman dan mudah. Cara mana yang paling ampuh buatmu? Share ke tim OhGitu di kolom komentar, ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…