in

15+ Cara Mengecilkan Paha Dalam Waktu Singkat

Via today.com

Wanita mana sih yang tidak ingin mempunyai kaki jenjang dengan paha proposional? Tentunya bagi wanita penampilan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sedikit saja paha membesar, biasanya kaum hawa sudah merasa khawatir. Pasalnya jika ukuran paha besar maka memilih pakaian pun juga susah. Misalnya pakai celana jeans, kesannya kaki jadi kelihatan gemuk.

Sebenarnya masalah paha besar bukanlah hal yang terlalu sulit untuk diatasi. Mengecilkan paha bisa dilakukan dengan olahraga, mengonsumsi makanan sehat atau mencoba metode medis. Nah, kalau saat ini Kamu sedang galau memikirkan cara mengecilkan paha, sebaiknya simak ulasan OhGitu dibawah ini.

Fungsi Paha Bagi Tubuh

Paha atau dalam bahasa latin dikenal sebagai “femur” merupakan salah satu bagian dari kaki yang cukup rentan mengalami timbunan lemak. Umumnya jika berat badan naik, maka bagian paha juga ikut membesar. Oleh karena itu, para wanita cenderung insecure dengan bagian tubuh ini.

Namun dibalik itu, paha sebenarnya juga memiliki peranan penting bagi tubuh. Dalam laman InnerBody.com dijelaskan bahwa paha memiliki tulang terkuat dari seluruh tulang yang ada di tubuh manusia. Tulang paha tersebut berguna untuk menghubungkan lutut dengan pinggul. Di samping itu, paha juga memiliki sumsum tulang yang dijadikan area produksi sel darah merah.

Berapa Sih Ukuran Paha Normal?

Cara Mengecilkan Paha
Via liverpooldailynews.com

Tidak ada angka tertentu yang menjadi tolak ukur untuk menyatakan ukuran paha ideal. Pada dasarnya ukuran paha seseorang berbeda-beda dipengaruhi oleh faktor kelamin, usia, berat badan, tinggi badan dan gaya hidup. Umumnya bentuk paha besar dimiliki oleh orang yang berbobot badan berlebih (gemuk). Apabila orang tersebut mempunyai badan kurus, pahanya pun juga cenderung berukuran kecil.

Faktor-Faktor Penyebab Paha Besar

Via demandstudios.com

Sebelum membahas tentang cara mengecilkan paha, ada baiknya jika mencari tahu terlebih dahulu faktor-faktor penyebab paha besar. Dengan begitu kita bisa lebih waspada serta menghindari pemicunya. Nah, berikut ini beberapa penyebab paha besar:

Bentuk Tubuh

Pada dasarnya, setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai bentuk tubuh mirip buah apel, buah pir, jam pasir dan tubuh lurus dan sebagainya. Untuk wanita yang dianugerahi tubuh dengan bentuk pir biasanya bagian bawah badan lebih besar dibandingan bagian atas. Termasuk bokong dan pahanya pun juga besar. Untuk mengatasi kondisi ini, seseorang perlu melakukan latihan rutin khusus mengecilkan paha.

Jenis Kelamin

Selain didasari oleh bentuk tubuh, ukuran paha juga dipengaruhi jenis kelamin. Dilansir dari laman Daily Mail, penelitian yang dilakukan oleh profesor Will Lassek di Pittsburgh University, Pennsylavania, wanita cenderung menyimpan lemak lebih banyak ditubuhnya dibandingkan laki-laki. Biasanya tempat-tempat penimbunan lemak berada di bokong, pinggul dan paha.

Kondisi tersebut tentunya bukan tanpa sebab. Menurutnya hal ini dikarenakan tubuh wanita ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan bayi. Nah, lemak di paha tersebut dideteksi mengandung DHA yang berperan bagi kecerdasan dan perkembangan otak bayi. Selain itu lemak di paha juga membantu produksi lipid untuk Air Susu Ibu (ASI).

Genetik

Penyebab berikutnya yang membuat seseorang memiliki ukuran paha besar yakni pengaruh genetik. Apabila sebagian besar keluarga Kamu mempunyai bentuk paha lebar maka Kamu pun juga berpeluang mewarisi fisik tersebut. Biasanya kondisi ini sulit untuk dirubah. Sebab pengaruh gen sangatlah kuat.

Usia

Usia juga menjadi faktor penentu ukuran paha. Umumnya, semakin bertambah usia seseorang maka ukuran pahanya juga semakin besar. Wanita yang telah melahirkan juga rentan mengalami pelebaran paha. Namun demikian, kondisi ini dapat dengan mudah diatasi dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Mengonsumsi Makanan Berkolesterol Tinggi

Apakah Kamu penggemar makanan berkelosterol tinggi? Pizza, burger, kentang goreng, makanan kaleng, mie instan, gorengan, ayam goreng dan sejenisnya. Makanan-makanan tersebut sangat mudah membuat badan menjadi melar. Lemak-lemak jahat dari makanan itu akan tertimbun dalam tubuh, salah satunya di bagian paha.

Pola Hidup Yang Buruk

Kebiasaan duduk terlalu lama, jarang berolahraga dan malas jalan kaki membuat ukuran paha menjadi besar tanpa disadari. Lemak akan menumpuk dari hari ke hari hingga akhirnya akan sulit untuk dihilangkan. Kamu membutuhkan latihan keras di gym apabila penumpukan lemak di paha sudah terlalu over atau melebihi batas normal.

Hormon Estrogen

Faktor terakhir yang menjadi penyebab paha besar yakni produksi hormon estrogen dalam tubuh. Sebagaimana kita tahu bahwa wanita mempunyai kadar hormon estrogen yang besar. Hormon inilah yang mempengaruhi penumpukan lemak di paha.

9 Cara Mengecilkan Paha Lewat Olahraga

Jika kamu termasuk wanita yang memiliki bentuk paha besar, jangan terburu bersedih dan putus asa ya. Karena kali ini OhGitu akan membagikan tips-tips ampuh untuk mengecilkan paha lewat olahraga. Hmm, kira-kira jenis latihan apa saja sih yang bisa membantu mengecilkan paha? Langsung simak ulasannya di bawah ini.

1. Bersepeda

Via cyclinguk.org

Sebagai aktivitas yang mengasyikkan sekaligus menyehatkan, saat ini bersepeda tampaknya sudah tak diminati banyak orang. Padahal jika Kita mau menyempatkan waktu untuk bersepeda selama 60 menit dalam sehari, risiko paha besar bisa dihindari. Dilansir dari laman LiveStrong.com, bersepeda dapat membantu membakar lemak di daerah paha sekaligus menurunkan berat badan.

2. Berlari

Via cardiotrek.ca

Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan namun cukup melelahkan. Dikutip dari situs LiveStrong.com, berlari merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya pada bagian paha saja, tapi juga seluruh tubuh. Untuk memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya lakukan aktivitas berlari ini sekitar 45-60 menit setiap harinya. Dan jangan lupa dikombinasikan dengan latihan kardio lain, seperti bersepeda, berenang, jogging atau lompat tali.

3. Lompat Tali

Via webjazba.com

Selanjutnya cara sederhana untuk mengecilkan paha yakni dengan berlatih lompat tali. Metode ini diyakini dapat membakar tumpukan lemak di sekitar paha dan betis apabila dilakukan secara rutin. Kamu bisa mengerjakan latihan ini di rumah sekitar 20-30 menit setiap harinya.

4. Berenang

Via fermoy.ie

Dikutip dari laman livehealthy.chron.com, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic bernama Katherine Zertsky, RD, LD, menjelaskan bahwa berenang bisa menjadi cara ampuh untuk menangkas lemak di paha. Namun demikian hasilnya tidak bisa instan, Kamu harus berlatih secara rutin agar kalori yang terbakar di paha juga semakin banyak.

5. Squat With Ball

Via id.pinterest.com

Olahraga untuk mengecilkan paha tidak harus selalu dilakukan secara outdoor ataupun di gym. Dilansir dari situs FitnessMagazine.com, terdapat beberapa latihan sederhan yang bisa membantu mengurangi lemak di paha. Salah satunya Squat with Ball. Untuk melakukan latihan ini, caranya:

  • Letakkan bola menempel di dinding lalu tekan dengan punggung Kamu
  • Posisikan tubuhmu layaknya orang yang sedang duduk
  • Tahan posisi tersebut selama 5 detik
  • Kemudian berdirilah kembali
  • Ulangi gerakan hingga 5-12 kali repetisi.

6. Squat Jump

Via livestrong.com

Squat jump juga bisa dijadikan salah satu alternatif latihan di rumah untuk mengecilkan paha. Senam ini dikenal baik untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Cara melakukannya yaitu:

  • Pertama awali dulu dengan pemanasan, Kamu bisa melompat di tempat hingga 5 kali
  • Kemudian posisikan tubuh dalam kondisi berdiri tegak dengan kaki terbuka lebar
  • Lalu melompatlah secara perlahan dan mendaratlah dengan posisi lutut ditekuk (jongkok)
  • Ulangi gerakan hingga 5-12 kali repitisi

7. Teraband Leg Curl

Via polizeberichte.info

Gerakan ini juga tak kalah mudah dari gerakan sebelumnya. Kamu bisa mempraktekkan gerakan ini di rumah. Syaratnya cuma satu yakni cukup dengan menyediakan theraband. Cara melakukan gerakan ini yaitu:

  • Posisikan tubuh dalam keadaan telungkup, dimana kedua tangan ditekuk
  • Sebelumnya, ikat kedua pergelangan kaki dengan theraband
  • Kemudian tarik kaki kanan ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat. Sementara kaki kiri tetap lurus tidak bergerak
  • Lalukan metode ini secara perlahan dan ulangi hingga 12 kali repetisi
  • Aplikasikan cara diatas secara bergantian pada bagian kaki satunya

Cara lain: Kamu bisa menarik kedua kaki keatas secara bersamaan, kemudian menurunkannya dan mengulangi gerakan tersebut hingga 12 kali

8. Leg Circles

Via youtube.com

Gerakan ini cukup umum dan sering dipraktekkan oleh banyak wanita untuk latihan mengecilkan paha. Hasilnya pun juga terbilang efektif. Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin. Cara melakukan gerakan ini yaitu:

  • Posisikan tubuh dalam keadaan tidur telentang di atas matras
  • Pastikan kedua tangan lurus disamping tubuh
  • Selanjutnya, tekuk kaki kanan. Sementara kaki kiri diangkat lurus ke arah atap
  • Gerakan kaki kiri dengan arah memutar searah jarum jam hingga 10-15 kali repeatisi
  • Lalu kembalilah ke posisi semula
  • Lalukan hal yang sama untuk kaki sebelah kanan

9. Walking Lunges

Via greatist.com

Latihan ini juga dikenal cukup efektif untuk mengecilkan paha. Cara melakukannya yaitu:

  • Pertama posisi tubuh dalam keadaan berdiri tegak
  • Langkahkan kaki kiri ke depan, lalu tekuk membentuk sudut 90 derajat dimana posisi paha sejajar lantai
  • Sementara kaki kanan ditekuk ke arah belakang (pergelangan kaki hampir menyentuh lantai)
  • Tahan posisi tersebut 1-2 detik
  • Lalu kembalilah ke posisi awal
  • Ulangi gerakan dengan kaki berlawanan hingga 12 repetisi

5+ Cara Mengecilkan Paha Dengan Makanan

Latihan-latihan di atas tidak akan ada hasilnya jika Kamu tidak mengontrol pola makanmu. Sebaliknya, jika Kamu berolahraga sekaligus mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat maka usahamu untuk mewujudkan memiliki paha ideal pun juga akan terealisasikan. Nah, dibawah ini beberapa makanan yang membantu mengecilkan paha. Simak yuk!

1. Teh Hijau

Via cancerfightersthrive.com

Apakah Kamu pernah mengonsumsi teh hijau? Jika Kamu memiliki masalah terkait obesitas dan paha besar, maka Kamu wajib mencoba teh hijau.

Mengonsumsi 3 cangkir teh hijau perhari selama 3 hari berturut-turut dengan dikombinasikan dengan susu skim (susu rendah lemak) berpotensi membakar kalori tubuh hingga 106 kalori. Manfaat tersebut diperoleh berkat kandungan ECGC dalam teh hijau yang mampu mengikis lemak dalam tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition juga memaparkan bahwa proses pembakaran lemak meningkat 17% pada seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau dengan dibarengi olahraga.

2. Buah Dan Sayuran

Via trueactivist.com

Jika Kamu memiliki paha besar maka perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Kedua bahan makanan ini mempunyai kadar kalori rendah sangat efektif untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet. Sebagaimana dijelaskan pada penelitian yang diterbitkan oleh Obesity Fact di tahun 2011, diperoleh hasil bahwa masyarakat Amerika yang gemar mengonsumsi buah dan sayuran cenderung memiliki berat badan ideal dan paha proposional.

3. Makanan Tinggi Serat

Via rd.com

Makanan berserat sering dianjurkan bagi orang-orang yang sedang menerapkan diet sehat. Sebuah studi yang diterbitkan pada Nutrition Journal pada tahun 2011 ditemukan bahwa orang-orang yang melakukan diet tinggi serat cenderung kehilangan lemak lebih banyak dibandingkan orang diet tinggi protein. Beberapa contoh makanan berserat seperti sayuran hijau, buah pir, apel, pepaya, oatmeal, bijian-bijian, gandum dan sebagainya.

4. Makanan Berprotein

Via eggs.ca

Menambahkan lebih banyak protein pada menu harian bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan ukuran paha. Seperti dijelaskan dalam studi yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition bahwa diet tinggi protein bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, meningkatkan massa otot, dan membakar kalori lebih banyak.

Namun demikian, juga perlu diperhatikan bahwa tidak semua protein baik untuk mengikis lemak. Penelitian yang dilakukan di Harvard School merekomendasikan agar orang yang diet agar membatasi konsumsi daging merah karena makanan ini memiliki kandungan lemak tinggi. Sebaliknya, beberapa makanan seperti dada ayam tanpa kulit, putih telur, yogurt, susu rendah lemak, kacang-kacangan diperbolehkan untuk dikonsumsi saat diet.

5. Makanan Yang Mengandung Asam Lemak Essensial

Via divinehealthfromtheinsideout.com

Jenis makanan lain yang disarankan untuk dikonsumsi dalam sarana mengecilkan paha adalah makanan yang mengandung asam lemak essensial (asam lemak omega-3). Makanan jenis ini dapat membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan menyehatkan organ-organ tubuh. Umumnya makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan salmon, biji-bijian, minyak zaitun, alpukat dan kacang-kacangan.

6. Air Putih

Via curejoy.com

Jangan pernah melupakan air putih jika Kamu berniat mengikis lemak dalam tubuh. Mengonsumsi air putih sebanyak 2-3 Liter dalam sehari membantu proses detoksifikasi, menghidrasi kulit, sekaligus mengoptimalkan proses pemangkasan lemak di dalam paha serta sebagai salah satu cara menurunkan berat badan.

3+ Cara Mengecilkan Paha Dengan Penerapan Pola Hidup Sehat

Setelah mengetahui cara mengecilkan paha dengan olahraga dan makanan, Kamu juga wajib mengetahui tips mengecilkan paha dengan penerapan pola hidup sehat. Nah, dibawah ini beberapa gaya hidup yang harus Kamu jalani untuk memperoleh ukuran paha ideal:

1. Hindari Mengonsumsi Junk Food Berlebihan

Via rd.com

Junk food adalah faktor utama penyebab penumpukan lemak dalam tubuh. Percuma bila Kamu berolahraga tapi tetap mengonsumsi junk food, usahamu akan sia-sia dan lemak dalam paha akan sulit terkikis. Beberapa kelompok makanan junk food seperti pizza, ayam goreng, kentang goreng, burger, minuman bersoda dan sejenisnya.

2. Diet Rendah Karbohidrat

Via allianz.co.id

Pada dasarnya, tubuh memerlukan asupan karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Namun demikian, pengonsumsian karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan penumpukan lemak. Maka itu, Jika Kamu berniat mengecilkan ukuran paha sebaiknya batasi pengonsumsian karbohidrat. Tapi ingat, hanya dibatasi bukan dihilangkan sama sekali. Perlu diketahui bahwa jumlah karbohidrat harian yang direkomendasikan oleh ahli gizi sekitar 170-240 gram perhari.

3. Tidur Cukup

Via caretipz.com

Tidur juga menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap lemak tubuh. Seseorang yang kurang tidur, tubuhnya akan memproduksi hormon leptin dan ghrelin lebih banyak dimana hormon ini bisa meningkatkan nafsu makan. Jika nafsu makan sudah meningkat tentu kita akan cenderung mengemil lebih sering. Inilah yang menjadi penyebab badan jadi gemuk.

4. Jangan Biarkan Perut Kelaparan

Via doctorinsta.com

Terkadang wanita rela kelaparan hanya demi memperoleh bentuk tubuh yang langsing dan proposional. Hal ini sangat tidak benar! Membiarkan perut dalam keadaan kosong justru memperlambat proses metabolisme sehingga memicu penumpukan lemak pada area-area tertentu, misalnya di pinggul dan paha. Oleh sebab itu, jika Kamu memang ingin mengecilkan paha lewat cara diet sehat dan alami, lakukanlah diet secara benar yang sesuai anjuran dokter.

Demikianlah beberapa cara mengecilkan paha secara efektif, baik melalui latihan olahraga, makanan dan penerapan gaya hidup yang sehat. Share pengalamanmu dalam mengecilkan paha kepada pembaca OhGitu di kolom komentar ya!

7 Comments

Leave a Reply
  1. Wah, artikelnya sangat lengkap. Dari penyebab paha besar, olahraga untuk mengecilkan paha dan makanan yang perlu dikonsumsi supaya paha tidak besar. Jika semua itu bisa dijalankan dengan baik, ya paha tidak akan besar.

    Ketiga hal itu memang sangat penting. Hanya berolahraga tetapi makan minumnya justru menyebabkan paha besar, ya olahraganya tidak bisa mencapai hasil maksimal. Pola makan tidak kalah pentingnya dengan olahraga.

    Saya punya tetangga, yang punya paha dan betis besar. Dia mengatakan sudah rajin berolahraga tetapi kok pahanya masih saja terlihat besar. Apa yang salah, ya ?? kata dia kepada saya.

    Ternyata, setelah saya tanya masalah makan, dia tidak melakukan diet. Artinya, tidak mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan gemuk. Lalu, saya sarankan untuk mengatur pola makan. Jangan makan makanan berlemak, jangan makan makanan berkarbohidrat tinggi, perbanyak minum air putih, dsb.

    Saya berharap dia berhasil mengecilkan pahanya dengan memperbaiki pola makan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *