10 CARA MENGHILANGKAN BAU BADAN

Bau badan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Hal ini bisa membuat kamu dijauhi dalam urusan sosial seperti susah dapat pacar maupun pekerjaan, ada beberapa perusahaan terutama yang bergerak di bidang pelayanan jasa tidak menerima staf yang memiliki bau tidak sedap. Tapi, apa sih sebenarnya bau badan itu? Bau badan adalah bau tidak sedap yang dihasilkan oleh tubuh. Ini terjadi saat bakteri yang hidup di kulit merubah keringat menjadi asam.

APA PENYEBABNYA BAU BADAN?

Bau badan mulai menjadi masalah saat manusia telah mencapai masa pubernya, antara usia 14-16 tahun untuk perempuan dan 15-17 tahun untuk laki-laki. Selain bakteri, ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi bau badan, di antaranya:

  • Obesitas
  • Mengonsumsi makanan pedas secara teratur
  • Mereka yang mengidap masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes atau gangguan keringat berlebih

Sebenarnya keringat sendiri bebas bau, tapi bakteri yang membuatnya mengeluarkan bau tidak sedap. Mereka yang berkeringat lebih banyak daripada orang pada umumnya, beresiko mengalami bau badan karena menumpuknya keringat membuat bakteri kulit lebih subur.

Bau badan biasanya muncul dari area-area lipatan, seperti lipatan kaki, ketiak, pangkal paha, belakang telinga dan area tersembunyi seperti pusar dan bokong. Tapi bau badan yang banyak disadari oleh orang lain berasal dari ketiak.

Tentunya banyak yang berusaha untuk menghilangkan bau badan. Artikel ini akan membagikan cara untuk menghilangkan bau badan, dari cara sederhana sampai yang butuh sedikit usaha.

10 CARA MENGHILANGKAN BAU BADAN

1. MANDI TERATUR

MANDI TERATUR

Buat kamu yang malas mandi, tidak heran kalau kamu memiliki bau yang tidak sedap. Sebenarnya tidak sulit, cukup mandi dengan teratur. Pilih sabun yang memiliki manfaat anti bakteri dan dapat menghilangkan bakteri.

2. PASTIKAN KAMU BENAR-BENAR KERING

PASTIKAN KAMU BENAR-BENAR KERING

Setelah mandi kamu perlu memastikan badan kamu benar-benar kering terutama bagian ketiak dan pangkal paha (selangkangan). Buat para perempuan, bagian bawah payudara juga perlu diperhatikan. Jika badan tidak benar-benar kering maka akan menyebabkan kelembaban yang membuat bakteri makin betah.

3. GUNAKAN PAKAIAN BERBAHAN KATUN

PASTIKAN KAMU BENAR-BENAR KERING

Bahan katun menyisakan ruang bagi kulit untuk bernapas, sehingga tubuh tidak akan mengeluarkan keringat terlalu banyak. Selain itu, saat kamu berkeringat bahan ini menyerapnya, sehingga penumpukan keringat tidak terjadi.

4. HINDARI MAKANAN YANG MENYEBABKAN BAU BADAN

HINDARI MAKANAN YANG MENYEBABKAN BAU BADAN

Ada beberapa makanan tertentu yang dapat menyebabkan bau badan seperti makanan berlemak atau bumbu-bumbu, di antaranya bumbu kari, bawang putih, bawang merah, dan bombay. Jika kamu menghindari konsumsi berlebih terhadap makanan di atas selama 2 minggu, perbedaannya akan terasa.

5. AIR PUTIH DAN KONSUMSI SAYURAN

AIR PUTIH DAN KONSUMSI SAYURAN

Air putih dapat menghilangkan toksin dalam tubuh sehingga pembentukan bakteri dapat berkurang. Minumlah air dengan cukup 8 – 10 gelas perhari. Sementara, sayuran terutama yang hijau, mengandung klorofil yang merupakan zat alami penyerap bau tidak sedap pada badanmu.

6. DEODORAN

DEODORAN

Deodoran terdiri dari berbagai jenis mulai dari roll-on, spray, hingga stick. Namun kalian perlu menghindari deodoran dengan bahan aluminum. Banyak ahli curiga aluminum ini dapat menumpuk dan merusak sistem saraf, sehingga menyebabkan penyakit seperti Alzheimer.

Campurkan ¾ bubuk ararut atau tanaman garut dan 4 sendok makan baking soda bebas aluminum. Lelehkan 6 sendok makan cocoa atau mango butter dan 2 sendok makan minyak kelapa unrefined. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu tambahkan setengah sendok essential oil sereh pada campuran tersebut. Setelah itu, letakkan dalam toples dan tidak perlu dimasukkan ke kulkas.

7. CUKUR BULU KETIAKMU

CUKUR BULU KETIAKMU

Bulu pada ketiak dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri, apalagi rambut berpori sehingga mudah menyerap bau dan memperlambat penguapan ketiak. Sehingga bau badan terperangkap untuk mencegahnya, cukur lah bulu ketiakmu.

Selain cara-cara di atas, kamu bisa juga membuat ramuan dari bahan-bahan yang tersedia di rumah untuk menghilangkan bau badan.

8. CUKA APEL

CUKA APEL
Via thejakartapost.com

Cuka apel adalah bahan serba bisa, ini juga dapat menggantikan deodoran. Cuka apel memiliki fungsi anti bakteri dan dapat menekan pertumbuhan bakteri. Untuk menggunakannya tuang cuka apel ke dalam mangkuk. Masukkan bola kapas ke dalam mangkuk, dan gunakan bola kapas tersebut untuk menggosok ketiak kamu. Cuka apel akan mengurangi tingkat keasaman pada kulit, dan menghilangkan bau badan. Selain dengan cara di atas, cuka apel juga bisa disemprotkan atau digunakan saat mandi.

9. LEMON

LEMON
Via businessinsider.com

Asam yang dikandung oleh lemon dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Lemon juga diketahui sebagai buah yang dapat merubah kadar keasaman tubuh atau yang dikenal dengan istilah pH. Iris lemon dan gosokkan dengan perlahan ke ketiak atau bisa juga mengeluarkan airnya dan mengoleskannya langsung ke ketiak.

10. BAKING SODA

BAKING SODA
Via beautyglimpse.com

Kamu cukup mencampur satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air lemon. Campurkan hingga rata dan oleskan ke ketiak. Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih.