in

15+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami & Cepat

Sangat kesal rasanya jika sudah sembuh dan berhasil menghilangkan jerawat di wajah, namun harus menghadapi masalah lain yaitu noda atau flek hitam bekas jerawat. Huh! Noda bekas jerawat sebenarnya akan hilang secara alami dalam beberapa bulan. Namun ada beberapa bekas jerawat yang sulit dihilangkan bahkan selama bertahun-tahun.

Ada gak sih cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses tersebut? Bahkan dalam waktu kurang dari 1 minggu? Temukan metode lengkap di bawah ini yang paling tepat dengan kulitmu.

Tips Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat

Via huffpost.com

Sebelum membahas cara bagaimana menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya kita tau terlebih dahulu bagaimana pencegahan agar bekas jerawat tidak datang. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Berikut beberapa tips cara mencegah bekas jerawat:

Jangan Sentuh Dan Menekan Jerawat

Merupakan salah satu penyebab utama terjadinya noda bekas jerawat. Walau terkadang kita sangat kesal dengan jerawat dan ingin cepat menghilangkannya, namun menekan jerawat merupakan cara salah dan berbahaya.

Selain noda bekas jerawat pasti muncul setelahnya, bakteri di tangan juga dapat memperparah kondisi jerawat tersebut. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan peradangan pada kulit wajah.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar UV dapat menstimulasi sel yang dapat menghasilkan pigmen, sehingga kondisi ini bisa menghambat penyembuhan dan memperparah noda bekas jerawat di wajah kamu. Sebaiknya gunakan krim tabir surya dengan SPF 30 atau lebih jika kamu akan menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari.

Minum Air Putih

Dengan minum air putih, kamu membantu tubuh untuk berfungsi baik dalam penyembuhan kulit dan mencegah dehidrasi. Air dapat menetralisir racun dalam tubuh dan membuat kulit sehat dan kencang.

Minumlah air secukupnya sesuai kebutuhan kondisi tubuh kamu. Hindari makanan berlemak dan banyak tepung karena akan menghambat proses penyembuhan kulitmu.

10+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan secara alami bahkan dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

1. Lidah Buaya

cara menghilangkan bekas jerawat
Image Via superfoodsrx.com

Lidah buaya juga terkenal dapat mengobati banyak masalah kulit, salh satunya dapat menghilangkan noda bekas jerawat juga sekaligus menyegarkan kulit.

Kamu bisa membeli produk kecantikan yang mempunyai kandungan lidah buaya di apotik terdekat, namun untuk hasil yang maksimal lebih baik menggunakan getah lidah buaya asli langsung dari tanamannya.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskan getah berbentuk gel tersebut langsung ke bagian noda bekas jerawat atau menjadikannya masker dengan mengoleskannya ke seluruh wajah.

2. Tomat

Image Via iccadubai.ae

Tomat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat di wajah. Tomat memiliki banyak manfaat lain seperti mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak dan melembabkan kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan mengiris tomat, lalu oleskan di bagian noda bekas jerawat secara merata. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Madu

Image Via lifehack.org

Cara alami ketiga adalah dengan menggunakan madu. Selain menjadi salah satu cara alami menghilangkan jerawat, madu juga bisa mengurangi bekas jerawat setelahnya.

Dengan kandungan antibakteri dan sifatnya lembut pada kulit, madu dapat mengurangi peradangan, melembabkan serta menyegarkan kulit. Madu paling efektif adalah dengan menggunakan madu mentah. Kamu bisa langsung mengoleskan madu ke bagian noda bekas jerawat dengan cotton bud atau korek kuping.

4. Baking Soda

Image Via beautyglimpse.com

Baking soda bisa membantu kulit untuk mengelupas dan membuat noda jerawat menjadi samar dan hilang. Cara pemakaiannya cukup mudah, campurkan 2 sendok makan air dan 1 sendok teh baking soda. Aduk sampai merata hingga menjadi pasta.

Oleskan campuran baking soda tersebut ke seluruh wajah, terlebih pada noda bekas jerawat. Lakukan gerakan memijit dan memutar selama 2 menit. Lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Es Batu

Image Via huffingtonpost.co.uk

Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan dirumah untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat adalah dengan es batu. Es batu juga dapat mengurangi kemerahan di wajah kamu.

Cara pemakaiannya cukup mudah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Tempelkan ke bagian-bagian dimana ada noda bekas jerawat, tunggu 10-15 menit.

6. Kayu Cendana

Image Via lush.com

Kayu cendana mempunyai banyak sekali manfaat untuk masalah kulit, salah satunya menghilangkan bekas jerawat secara alami. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok bubuk kayu cendana dan 5 sendok air susu. Aduk merata hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke bagian noda bekas jerawat di wajah kamu. Tunggu 30 menit lalu bilas hingga bersih. Kamu juga bisa mengganti susu dengan madu.

7. Cuka Apel

Image Via thejakartapost.com

Cuka apel dapat mengatur pH kulit, mengurangi peradangan dan memudarkan bekas jerawat. Caranya cukup oleskan cuka apel di daerah noda bekas jerawat dengan cotton bud. Lalu bilas dan usap dengan kain dengan lembut.

8. Minyak Kelapa

Image Via huffingtonpost.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam kaprat, kaprilat dan asam laurat yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cukup oleskan seperti krim dan pijit halus ke bagian bekas jerawat 1-4x sehari.

9. Minyak Zaitun

Image Via farmviewmarket.com

Cara lain selanjutnya adalah dengan minyak zaitun. Minyak zaitun baik untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami karena kaya akan vitamin E. Oleskan minyak zaitun pada bagian noda bekas jerawat 1-3x sehari. Atau kamu juga dapat menggunakannya sebelum tidur lalu bilas pagi hari dengan air hangat.

10. Lemon

Image Via today.com

Selain salah satu manfaatnya dapat memutihkan kulit secara alami, lemon juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat secara cepat. Campurkan perasan lemon dengan sedikit air, oleskan langsung ke noda bekas jerawat di wajah kamu. Tunggu 15-20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Gunakan pelembab setelah membilas wajah, karena lemon mengandung asam sitrat yang dapat membuat kulit kamu sangat kering.

11. Ampas Teh Hitam

Image Via servingjoy.com

Teh selain baik diminum untuk kesehatan, ampasnya pun mempunyai manfaat lain. Ampas teh hitam dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan wajah.

Caranya cukup oleskan ampas teh hitam ke bagian bekas jerawat dengan lembut dan merata. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan rutin setiap hari dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

12. Jagung

Image Via startribune.com

Jagung juga cukup efektif dalam menghilangkan noda bekas jerawat. Dikarenakan jagung mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kulit.

Cara pemakaiannya dengan ambil 1 buah jagung yang masih muda lalu parut sampai halus. Oleskan pada wajah hingga menjadi masker dan diamkan 15-30 menit. Lalu bilas wajah kamu sampai bersih dengan air. Lakukan rutin 3x dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

13. Putih Telur

Image Via sheknows.com

Putih telur mempunyai banyak manfaatnya, salah satunya menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Caranya dengan ambil telur lalu pecahkan. Ambil putih telurnya saja, kuning telurnya bisa kamu goreng dan makan. Oleskan putih telur tersebut dengan cotton bud pada daerah bekas jerawat. Diamkan 15-30 menit lalu bilas sampai bersih dengan air.

14. Alpukat

Image Via lifehack.org

Alpukat merupakan buah kaya akan nutrisi, vitamin dan asam lemak yang dapat merangsang produksi kolagen serta memperbaiki jaringan. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C pada alpukat mempunyai sifat antiradang dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas serta kandungan vitamin E yang dapat membantu melembabkan dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Gunakan alpukat sebagai masker di wajah kamu untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara pemakaiannya cukup ambil 1 alpukat lalu ambil dagingnya dan buang bijinya. Haluskan daging alpukat tesebut lalu oleskan dengan lembut ke bagian bekas jerawat. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin, lalu keringkan dengan kain yang lembut.

Kamu bisa melakukan cara ini untuk rutinitas harian jika kulit kamu kering dan sensitif, namun jika kulit kamu berminyak lebih baik batasi perawatan wajah dengan alpukat cukup 2x dalam seminggu.

3+ Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

Via cardiff.co.uk

Selain menggunakan cara alami diatas, kamu juga bisa menggunakan metode alternatif lain dalam menghilangkan bekas jerawat. Metode ini terbukti ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat namun terkadang harus mengeluarkan kocek lebih dalam.

1. Krim Kortison

Krim ini dapat mengurangi peradangan pada kulit dan membantu proses penyembuhan. Krim kortison bisa kamu beli secara bebas di apotik terdekat.

Cara pemakaiannya cukup oleskan tipis-tipis krim kortison ke area bekas jerawat. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik konsultasikan ke dokter untuk menentukan resep dan krim kortison mana yang cocok untuk kulit kamu.

2. Laser

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan menggunakan perawatan laser jika ingin cepat menghilangkan bekas jerawat. Laser dapat digunakan untuk membantu produksi kolagen sehingga permukaan kulit dan bekas jerawat tampak lebih rata. Konsultasikan ke klinik kecantikan mengenai pilihan pengobatan laser, resiko serta efek samping yang mungkin akan timbul.

3. Peeling Kimiawi

Walaupun dengan menggunakan perawatan peeling kimiawi noda bekas jerawat tidak akan hilang dalam 1 hari, kamu bisa menggunakan metode alternatif ini jika krim dan cara lain tidak dapat membantu masalah bekas jerawatmu.

Metode peeling kimiawi dapat membantu warna kulit kamu rata kembali. Cara kerja peeling kimiawi adalah dengan mengoleskan larutan asam kental ke kulit wajah yang dapat membantu lapisan sel kulit mati terangkat dan meninggalkan lapisan sel kulit baru dibawahnya.

4. Mikrodermabrasi

Salah satu perawatan wajah yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan harganya pun cukup mahal. Cara kerjanya adalah dengan mengelupaskan atau mengikis lapisan terluar kulit menggunakan kristal-kristal mikro.

Teknik ini sama seperti peeling yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Selain itu mikrodermabrasi juga membantu pori-pori wajah mengecil seperti semula.

Nah itu dia cara menghilangkan bekas jerawat secara alami maupun medis. Cara mana yang paling ampuh buatmu? Share pengalaman kamu dalam menghilangkan bekas jerawat yang membandel di kolom komentar dibawah ya!

2 Comments

Leave a Reply
  1. Terima kasih dengan tips-tipsnya tentang cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Bagi remaja, punya noda hitam bekas jerawat tentu bisa membuat mereka tidak PD. Ya, malulah. Apalagi di hadapan si doi.

    Tetapi, tidak usah risau. Banyak cara bisa dilakukan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Tentu saja harus melalui proses. Tidak bisa sekali jadi langsung noda hitam hilang.

    Pilih salah satu cara seperti disebutkan dalam artikel di atas. Lakukan berulang-ulang sampai noda hitam bekas jerawat benar-benar hilang dan wajah kembali mulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *