in

15 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Medis

Via medsupex.com

Luka biasanya sering kita alami secara tidak sengaja entah karena kecelakaan maupun hasil dari tindakan medis seperti operasi. Luka yang terjadi pada tubuh tentunya akan membekas di kulit dan hal ini akan membuat kulit nampak tidak mulus dan cenderung terlihat buruk. Tak heran karena bekas luka yang ditinggalkan pada kulit berwarna lebih gelap dibandingkan area kulit disekitarnya. Meski tidak berbahaya, bekas luka sering mengurangi kepercayaan diri seseorang. Berikut adalah 15 cara menghilangkan bekas luka secara alami maupun dengan cara medis.

Mengapa Luka Membekas?

Bekas luka timbul akibat rusaknya jaringan pada kulit dan jaringan lain yang berada dibawahnya. Biasanya bekas luka timbul akibat luka karena kulit yang terpotong, tergores, terbakar atau terkena zat kimia maupun akibat pembedahan. Dilansir dari WebMD.com, timbulnya bekas luka pada kulit sebenarnya adalah reaksi biologis alami yang terjadi pada tubuh untuk menggantikan sel dan jaringan kulit yang rusak akibat luka tersebut. Bekas luka timbul saat jaringan dermis atau lapisan dalam kulit terluka dan tubuh menghasilkan serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan. Jaringan kolagen inilah yang membentuk bekas luka setelah luka pada kulit itu sendiri telah sembuh.

Jenis Dan Penyebab Bekas Luka

Via dermatix.co.uk

Ada beberapa jenis dan penyebab bekas luka yang dikenal dalam dunia medis, diantaranya:

1. Atrophic

Jenis luka ini disebabkan oleh kerusakan jaringan kulit dan nampak rata dengan area kulit di sekitarnya atau tidak menonjol. Bekas luka ini nampak seperti goresan pada kulit dan bergerigi. Bagian bekas luka nampak lebih gelap karena hiperpigmentasi dan akan menghilang dengan sendirinya sejalan dengan waktu atau dengan menggunakan perawatan alami.

2. Keloid

Bekas luka keloid adalah bekas luka yang terlihat menonjol, kencang, kenyal dan terlihat mengkilap. Jenis bekas luka yang satu ini biasanya disebabkan oleh luka akibat tekanan atau mekanis seperti tergores benda tajam atau karena penggunaan pisau bedah. Bekas luka ini juga terasa gatal dan sedikit sakit serta berwarna pink atau coklat gelap.

3. Hypertropic

Bekas luka hypertropic hampir sama dengan bekas luka keloid yang timbul pada permukaan kulit dan nampak menonjol meski ketinggian bekas luka yang satu ini tidak lebih dari 4 milimeter seperti halnya pada luka keloid. bekas luka yang satu ini juga berwarna pink atau kecoklatan dan terasa gatal, dan keras. Jenis bekas luka hypertropic cenderung lebih mudah dihilangkan dibandingkan dengan bekas luka keloid.

4. Contracture

Jenis bekas luka contracture timbul akibat luka bakar pada kulit dan biasanya terjadi pada korban kebakaran. Bekas luka yang satu ini tak hanya muncul pada permukaan namun jauh masuk ke dalam lapisan kulit bahkan hingga mempengaruhi kerja sistem saraf dan otot didalamnya. Oleh sebab itu, jenis luka contracture akan membuat kulit mengencang dan seseorang sukar bergerak. Jenis luka ini juga akan lebih sulit dihilangkan meskipun tetap dapat disamarkan dengan perawatan yang tepat.

5. Acne

Sesuai namanya, bekas luka ini timbul karena infeksi atau peradangan yang terjadi pada kulit khususnya dikarenakan jerawat. Jerawat sendiri adalah salah satu bentuk inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan kulit yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan bakteri. Untuk menyembuhkan peradangan tersebut, tubuh menghasilkan senyawa kolagen yang nantinya akan membekas pada permukaan kulit yang berjerawat. Itulah mengapa kamu cenderung memiliki bekas jerawat yang cukup sulit dihilangkan.

6. Stretch Mark

Stretch mark atau selulit juga dikategorikan sebagai salah satu jenis luka karena bagian kulit terlihat berkerut dan nampak seperti bekas luka. Selulit timbul akibat merenggangnya kulit karena tubuh yang membesar seperti pada kehamilan dan kasus obesitas. Kulit dengan selulit nampak hitam, merah ataupun keunguan. Jenis bekas luka ini juga bisa diatasi secara alami dan dengan bantuan medis.

10 Cara Menghilangkan Luka Secara Alami

Bekas luka memang cukup sulit dihilangkan tapi bukan berarti tidak mungkin. Kamu bisa menggunakan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas lukamu yang tidak terlalu parah.

1. Minyak Kelapa

Via organicfacts.net

Minyak kelapa mengandung senyawa asam lemak rantai medium terutama asam palmitat yang mampu memicu pelepasan kolagen, menghaluskan bekas luka sekaligus mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Cara Pemakaian:

  • Hangatkan satu sendok minyak kelapa murni atau virgin coconut oil dengan menggunakan microwave atau pemanas lainnya.
  • Oleskan minyak kelapa hangat tersebut pada bekas luka dan pijatlah area tersebut secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Lakukan perawatan dengan menggunakan minyak kelapa setiap hari agar hasilnya lebih optimal.

2. Bawang

Via alphacoders.com

Bawang mengandung senyawa bioflavonoid seperti quercetin yang sangat ampuh mengatasi penampakan bekas luka pada kulit. Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, mereka yang menggunakan gel bawang pada area bekas luka membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk menghilangkan bekas lukanya dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya. Selain itu, gel bawang juga terbukti mampu menghaluskan permukaan bekas luka pada subjek dalam penelitian tersebut.

Cara pemakaian:

  • Parut beberapa butir bawang merah, peras dan ambil sarinya.
  • Oleskan sari bawang tersebut pada area bekas luka sambil dipijat perlahan.
  • Kamu juga bisa langsung mengoleskan parutan bawang pada bekas luka dan membilasnya dengan air bersih setelah mengering.
  • Ulangi perawatan ini setiap hari dan lihat hasilnya dalam 4 hingga 8 minggu.

3. Lidah Buaya

Via superfoodsrx.com

Lidah buaya mengandung berbagai senyawa vitamin, mineral, saponin, lignin, dan aloenin yang dapat memicu regenerasi sel kulit dan ampuh menghilangkan bekas luka. Kandungan alami dalam lidah buaya juga mampu melembabkan bekas luka, menghaluskan kulit serta mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

Cara pemakaian:

  • Ambil gel dari satu batang lidah buaya.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bekas luka dan biarkan hingga mengering.
  • Lakukan perawatan dengan lidah buaya, dua hingga tiga kali dalam sehari agar bekas luka lebih cepat memudar.

4. Minyak Pohon Teh

Via lifehack.org

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas lukamu yang membandel. Kandungan senyawa alami dalam tea tree oil mampu memudarkan bekas luka sekaligus menyembuhkan luka dari bagian dalam kulit. Karena efeknya cukup kuat dan keras, jangan langsung menggunakan minyak ini pada kulitmu.

Cara pemakaian:

  • Campur dua tetes minyak pohon teh dengan setengah gelas air hangat.
  • Oleskan pada bekas luka dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa minggu hingga bekas luka memudar.

5. Minyak Lavender

Kandungan antioksidan dan senyawa aktif dalam minyak lavender terbukti ampuh menghilangkan bekas luka dan mencegah luka keloid membekas secara permanen. Minyak lavender juga mampu melembutkan bekas luka dan membuatnya lebih mudah dihilangkan.

Cara pemakaian:

  • Oleskan beberapa tetes minyak lavender pada luka.
  • Pijat bekas luka tersebut dengan minyak lavender selama 10 hingga 15 menit.
  • Selain menggunakan minyak lavender murni, kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih optimal.

6. Lemon

Via businessinsider.com

Lemon mengandung senyawa asam alpha hidroksi yang mampu memicu regenerasi sel kulit, memperbaiki serta menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada area bekas luka. Tak hanya itu, sari buah lemon juga mengandung senyawa bleaching alami dan vitamin C yang dapat mencerahkan bekas luka yang menghitam.

Cara pemakaian:

  • Peras sari lemon kemudian oleskan pada bekas luka sambil dipijat perlahan.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari agar bekas luka cepat memudar.
  • Kamu bisa mengkombinasikan lemon dengan madu agar hasilnya lebih cepat didapat.

7. Madu

Via lifehack.org

Madu memang dikenal sebagai pelembab alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan senyawa dalam madu mampu menghambat produksi kolagen berlebih sekaligus berkhasiat mengangkat sel kulit mati pada bekas luka.

Cara pemakaian:

  • Oleskan madu yang telah dihangatkan pada bekas luka dan pijatlah selama beberapa menit.
  • Biarkan mengering hingga satu jam dan bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam sehari hingga bekas luka menghilang.

8. Shea Butter

Via thebestorganicskincare.com

Shea butter yang terbuat dari kacang khas Afrika ini mengandung asam lemak omega 3 dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan penyebab bekas luka. Shea butter juga efektif untuk menghaluskan permukaan bekas luka sekaligus melembabkannya.

Cara pemakaian:

  • Basahi kulit disekitar bekas luka, oleskan satu sendok teh shea butter pada kulit.
  • Pijat area bekas luka dengan shea butter selama 5 hingga 10 menit.
  • Ulangi perawatan ini dua hingga tiga kali sehari agar bekas luka lebih cepat memudar.

9. Kapsul Vitamin E

Via livestrong.com

Kapsul vitamin E bisa kamu peroleh dengan mudah dan terbukti efektif mampu membantu menghilangkan bekas luka. Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan kulit dan mampu merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih kencang dan halus.

Cara pemakaian:

  • Buka kapsul vitamin E dan keluarkan minyak didalamnya.
  • Oleskan minyak tersebut pada bekas luka dan pijatlah selama beberapa menit.
  • Gunakan kapsul vitamin E 2 hingga 3 kali sehari selama beberapa minggu hingga bekas luka memudar.

10. Cuka Apel

Via Shutterstock

Cuka apel juga bisa jadi bahan alami untuk menghilangkan bekas lukamu, lho! Senyawa asam yang terkandung dalam cuka apel mampu mengangkat sel kulit mati pada bekas luka dan mengurangi penampakan atau tonjolan bekas luka terutama pada jenis luka koloid.

Cara pemakaian:

  • Oleskan cuka apel pada bekas luka dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan mengering 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.
  • Jika menyebabkan iritasi, larutkan cuka apel dalam air terlebih dahulu sebelum dioleskan pada bekas luka.

7 Cara Alternatif Menghilangkan Bekas Luka Secara Medis

Via spa35.com

Meskipun banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, jika kamu memiliki budget lebih dan ingin bekas lukamu hilang dengan cepat, kamu bisa menggunakan beberapa metode alternative penghilang bekas luka berikut ini!

1. Pengobatan Topikal

Selain dengan menggunakan bahan alami, saat ini kamu bisa menemukan banyak jenis krim yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Jika bisa pilihlah jenis krim yang mengandung bahan alami, vitamin E atau zat yang aman dikenakan pada kulit. Pemilihan krim yang salah justru akan memperburuk kondisi bekas luka.

2. Radiotherapy

Meskipun tidak disarankan untuk penggunaan dalam waktu yang lama, perawatan dengan menggunakan radiotherapy juga terbukti secara efektif mampu menghilangkan bekas luka dan mencegah luka keloid atau hypertropic timbul kembali.

3. Dermabrasi

Teknik dermabrasi adalah salah satu prosedur medis yang biasa digunakan untuk mengikis dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Teknik ini juga bisa digunakan untuk mengikis bekas luka hypertropic yang menonjol dan menghaluskan permukaannya. Meski demikian prosedur yang satu ini tidak disarankan untuk mereka yang memiliki sunken scar atau luka yang tidak menonjol.

4. Injeksi Filler

Injeksi filler digunakan untuk menghilangkan bekas luka jenis sunken yang rata. Injeksi ini dilakukan untuk mengangkat bekas luka agar lebih menonjol dibandingkan dengan permukaan kulit disekitarnya dan baru setelah itu, bekas luka bisa dikikis atau dihilangkan dengan alat atau prosedur lainnya.

5. Laser Resurfacing

Metode yang satu ini menggunakan sinar laser berfrekuensi rendah untuk mengatasi dan menghilangkan bekas luka. Sebenarnya prosedur ini hampir sama dengan teknik dermabrasi dimana bekas luka akan dikikis dan dihilangkan dengan menggunakan sinar laser yang berbeda-beda. Penggunaan metode laser resurfacing banyak disarankan oleh para ahli dermatologi karena selain aman, kulit juga akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan menggunakan metode penghilang bekas luka lainnya.

 

Tips Merawat Luka Agar Tidak Membekas

  • Bersihkan luka secara teratur dengan sabun berformula lembut, 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  • Gunakan pelembab seperti petroleum jelly agar bekas luka tidak mengering. Luka yang mengering dan terkelupas akan lebih sulit dihilangkan nantinya.
  • Gunakan perban atau plester untuk menutup luka agar terlindung dari debu dan kotoran serta baketri yang dapat menyebabkan infeksi semakin parah.
  • Ganti perban setiap hari secara teratur agar luka tetap bersih dan higienis.
  • Konsultasikan dengan dokter jika luka terasa sakit atau gatal. Mintalah juga saran agar bekas luka bisa dihilangkan dengan cepat.
  • Setelah luka mulai sembuh, gunakan krim sunscreen atau tabir surya agar bekas luka tidak berubah warna menjadi kecoklatan.

Nah itulah cara menghilangkan bekas luka yang sudah diulas oleh OhGitu. Cara mana yang paling ampuh untuk menghilangkan bekas luka di kulitmu? Share di kolom komentar ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…