Via womenik.com

10 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dan Kaki

Tahukah Anda bahwa keberadaan bulu ketiak dan kaki membuat sebagian besar kaum hawa jengkel? Bulu ketiak ataupun kaki memang alamiah dan berfungsi untuk melindungi kulit dari gesekan.

Namun, bagi wanita keberadaan bulu ketiak dan kaki dapat menurunkan kepercayaan diri. Tak heran jika kaum hawa senang melakukan perawatan tubuh. Meskipun harus mengeluarkan dana yang tak sedikit dan menghabiskan waktu lama di salon kecantikan.

Penyebab Tumbuhnya Bulu Ketiak dan Bulu Kaki

Sebelum berbicara mengenai cara menghilangkan bulu kaki dan ketiak, ada baiknya untuk mengetahui penyebab tumbuhkan bulu kaki dan ketiak.

Faktor Hormon

Faktor penyebab tumbuh tidaknya bulu ketiak dan kaki adalah hormon. Setiap orang memiliki kadar hormon yang berbeda.

Pubertas

Saat seseorang memasuki masa pubertas, hormon akan mengalami peningkatan. Dampaknya, tubuh akan mengalami perubahan, termasuk tumbuhnya bulu kaki dan ketiak.

Tingkat Seksualitas

Konon, orang dengan tingkat seksualitas tinggi memiliki bulu lebih lebat daripada yang biasa saja. Namun, hal ini belum dibuktikan secara ilmiah.

Faktor Keturunan

Faktor keturunan pun mempengaruhi pertumbuhan bulu ketiak dan kaki. Apakah bulu tersebut tumbuh lebih cepat atau lambat dan lebat atau tipis.

Kebiasaan Mencukur Bulu

Meskipun belum teruji secara ilmiah, tetapi kebiasaan mencukur bulu dapat menyebabkan bulu tumbuh lebih lebat dari sebelumnya. Jika Anda termasuk sering melakukan hal ini, mulailah untuk mencari cara menghilangkan bulu kaki dan ketiak yang lebih aman.

Catat! Ini Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dan Kaki

Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu ketiak dan kaki secara mudah dan cepat, banyak cara yang dapat Anda coba. Mulai dari cara modern hingga tradisional. Adapun cara menghilangkan bulu ketiak dan kaki, antara lain sebagai berikut.

1. Mencukur

Via stylecraze.com

Jika Anda mencari cara paling mudah untuk menghilangkan bulu ketiak dan kaki tanpa repot maka mencukur adalah pilihan yang tepat. Selain mudah, cara ini tidak menimbulkan rasa sakit. Mencukur bulu kaki dan ketiak pun dapat Anda lakukan sendiri.

Sangat praktis. Namun, sebelum melakukan proses pencukuran bulu kaki dan ketiak, Anda wajib memperhatikan sejumlah hal. Pertama, Anda harus menggunakan pisau cukur yang tajam dan higienis.

Sebelum mencukur bulu ketiak dan kaki sangat dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi. Tujuannya agar sel-sel kulit mati terangkat sehingga proses pencukuran lebih optimal. Eksfoliasi pun mencegah terjadinya iritasi.

Selama mencukur bulu kaki dan ketiak, Anda wajib menggunakan krim cukur atau minimal kondisioner rambut. Hindari menggunakan sabun mandi karena berisiko menyebabkan kulit iritasi.

Cukurlah bulu Kaki dan ketiak searah tumbuhnya rambut. Jika Anda kesulitan mencukur bulu ketiak, tarik sedikit kulit ketiak Anda untuk mendapatkan hasil maksimal. Cukurlah bulu kaki dan ketiak secara perlahan untuk menghindari luka akibat tergores pisau cukur.

Selalu gunakan pelembab setelah selesai agar proses pemulihan kulit dapat berlangsung lebih cepat. Hindari terlalu sering mencukur bulu kaki dan ketiak.

2. Wax

Waxing merupakan salah satu cara menghilangkan bulu kaki dan ketiak yang paling umum digunakan. Meskipun wax terasa cukup menyakitkan, tetapi cara ini paling cepat untuk merontokkan bulu. Ada banyak jenis wax yang dapat Anda pilih. Secara umum, waxing terbagi ke dalam tiga kelompok, yakni:

  • Waxing Berdasarkan Tekstur – hard wax, soft wax, sugar wax,
  • Waxing Berdasarkan Temperatur – hot wax, cold wax,
  • Waxing Berdasarkan Gaya – triangle trim, American waxing, French waxing, dan Brazilian waxing.

Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, tetapi intinya adalah untuk mempercantik penampilan Anda. Bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu kaki dan ketiak hingga akar dapat menjadikan waxing sebagai solusi terbaik. Namun, konsultasikan lebih dulu pada ahli kecantikan untuk mendapatkan jenis waxing yang tepat.

3. Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan bulu kaki dan ketiak. Pasalnya, di dalam lemon terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Sementara madu berfungsi sebagai perekat alami sekaligus menetralisir asam yang dihasilkan lemon.

Untuk menggunakan ramuan ini, Anda harus menyiapkan 2 sendok perasan jeruk lemon dan 2 sendok madu murni. Campurkan hingga rata kemudian oleskan pada ketiak dan kaki. Diamkan selama lima belas menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Pepaya

Kandungan papain di dalam papaya sangat tinggi. Papain tidak hanya berfungsi sebagai pemutih alami, melainkan juga efektif menghambat pertumbuhan bulu kaki dan ketiak. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus mencari daging pepaya yang masih muda.

Blender daging buah pepaya muda hingga halus kemudian tambahkan dengan gel lidah buaya agar hasilnya lebih maksimal. Gunakan ramuan ini pada kulit ketiak dan kaki. Diamkan hingga kering, sekitar 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

5. Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis
Via eddmart.com

Jika Anda merasa risih dengan keberadaan bulu ketiak dan kaki, tetapi tidak berani melakukan waxing, gunakan jeruk nipis sebagai solusinya. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga efektif untuk menghambat pertumbuhan bulu kaki dan ketiak.

Selain itu, jeruk nipis pun dapat mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan jeruk nipis segar kemudian potong menjadi dua bagian. Gosok pada kulit ketiak dan kaki setiap hari.

6. Kunyit

Kunyit tidak hanya dapat melancarkan menstruasi, tetapi juga efektif merontokkan bulu ketiak dan kaki. Cara memanfaatkannya mudah, yakni tumbuk kunyit segar atau bubuk kunyit dan campurkan dengan minyak sesame.

Oleskan pada kulit ketiak dan kaki hingga rata. Diamkan sekitar setengah jam lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

7. Bengkuang

Bengkuang dikenal sebagai pemutih alami. Namun, siapa sangka jika bengkuang pun dapat digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak dan kaki? Cukup tumbuk bengkuang segar hingga halus kemudian oleskan pada bagian bulu yang hendak dihilangkan. Diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan kain rendaman air hangat.

8. Mentimun

Selain lezat dan menyegarkan, mentimun dapat digunakan sebagai bahan penghilang bulu ketiak dan kaki secara alami. Caranya pun mudah, cukup dengan menyiapkan mentimun segar lalu parut hingga halus. Oleskan pada kulit ketiak dan kaki. Biarkan selama dua puluh menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

9. Telur dan Tepung Jagung

Campuran telur dan tepung jagung sangat bagus untuk digunakan sebagai cairan wax alami. Oleskan pada ketiak dan kaki secukupnya. Biarkan hingga mongering sempurna. Cara ini sangat ampuh menghilangkan bulu ketiak dan kaki hingga ke akarnya.

10. Jintan Putih

Via totalhealthcentervb.com

Ramuan jintan putih sangat bagus untuk memperlambat pertumbuhan bulu ketiak dan kaki. Haluskan 20 butir jintan putih hingga menjadi bubuk kemudian tambahkan dengan 3 butir kapur barus yang telah dihancurkan. Campur kedua bahan tersebut dengan air jeruk secukupnya lalu oleskan pada kulit ketiak dan kaki.

Itulah sejumlah cara menghilangkan bulu ketiak dan kaki yang dapat Anda coba. Pilih yang menurut Anda paling ampuh dan aman. Selamat mencoba. Jangan lupa klik share ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *