10 Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Tanpa Repot!

Via cosmopolitan.com

Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh mereka yang mengalami perut buncit. Sebenarnya, ada banyak sekali cara menghilangkan lemak di perut. Namun, tidak semua efektif. Penyebabnya beragam, tetapi yang paling sering adalah kurangnya konsistensi dan disiplin.

Maklum saja, menghilangkan lemak di perut memang bukan perkara mudah. Terlebih bagi Anda yang memang tidak menyukai diet dan olahraga. Meski begitu, sejumlah orang tetap berusaha untuk mengurangi lemak di perut agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Lantas apa sebenarnya lemak perut? Benarkah lemak di perut berbahaya? Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

Fakta Mengenai Lemak Perut, Seberapa Berbahaya?

Via medicalnewstoday.com

Lemak perut atau visceral merupakan lemak yang berfungsi untuk melindungi organ penting. Umumnya lemak ini berkumpul di ruang sekitar lambung, hati, dan usus. Meski lemak ini dapat melindungi organ, tetapi penumpukan lemak berlebih tidak baik bagi kesehatan.

Pasalnya, lemak visceral dapat menghasilkan racun, yakni senyawa sitokin. Di mana pelepasan senyawa sitokin yang berlebihan dapat memicu terjadinya peningkatan risiko penyakit diabetes, jantung, kanker usus besar, kanker esophagus, dan kanker pankreas.

Tak hanya itu saja, lemak di perut pun dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan lainnya, seperti sindrom metabolic, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Penyebab Lemak Menumpuk Di Perut

Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa penumpukan lemak hanya terjadi pada orang bertubuh gemuk. Pada kenyataannya, orang bertubuh kurus pun dapat mengalami hal ini. Semakin banyak tumpukan lemak di perut maka perut pun akan semakin buncit.

Barangkali Anda bertanya-tanya, apa penyebab lemak di perut? Ada sejumlah penyebab, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Nah, agar Anda lebih paham, simak uraian berikut ini.

Berat Badan Berlebih

Kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab terjadinya penumpukan lemak di perut. Di mana, kalori yang seharusnya terbakar, masih tersimpan utuh di dalam tubuh. Umumnya, orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi kerap mengalami masalah ini. Selain itu, kurangnya gerak semakin memperparah timbunan lemak di perut.

Menopause

Sebagian besar wanita yang telah memasuki masa menopause akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini terjadi lantaran berkurangnya masa otot sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih lambat.

Selain itu, turunnya kadar esterogen pun berdampak kurang baik bagi pendistribusian lemak. Lemak akan tersimpan di perut, bukan di bagian tubuh lainnya, seperti paha atau pinggul.

Kurang Gerak

Orang yang malas bergerak jauh lebih rentan mengalami obesitas. Mengapa? Karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terbakar sempurna. Alhasil, kalori yang keluar jauh lebih kecil dan menumpuk di perut.

Stres

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh secara alamiah akan mengeluarkan hormon stres, seperti hormon kortisol. Namun, tahukah Anda bahwa produksi hormon kortisol berlebih dapat memicu kenaikan berat badan? Di mana hormon ini berperan menyimpan lemak di perut.

Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan tubuh lemas dan kurang bertenaga, melainkan juga meningkatkan risiko obesitas. Pasalnya, sebagian besar orang yang kesulitan tidur atau tidur kurang dari 7 jam per hari lebih sering menghabiskan waktunya untuk melakukan kegiatan yang membunuh rasa bosan.

Misalnya, bermain game, menonton film, atau membaca buku. Hal yang wajar memang. Namun, jika kegiatan tersebut diselingi dengan menyantap makanan, apa yang terjadi? Kenaikan berat badan.

Genetik

Tahukah Anda bahwa penyimpanan lemak di dalam tubuh turut dipengaruhi oleh faktor genetik? Hal inilah yang dapat memicu penumpukan lemak di perut.

Mengonsumsi Gula Berlebih

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kaya akan gula dapat menyebabkan berat badan melonjak drastis sekaligus meningkatkan penumpukan lemak di perut.

Sederet Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Yang Terbukti Efektif

Nah, bagi Anda yang berniat menurunkan bobot tubuh atau melenyapkan lemak di perut, ada sejumlah cara paling efektif yang dapat Anda coba. Cara ini dianggap lebih aman ketimbang menggunakan cara instan, misalnya sedot perut.

Adapun cara menghilangkan lemak di perut paling ampuh, antara lain sebagai berikut.

1. Lebih Banyak Makan Serat

Via doctorinsta.com

Serat merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna sehingga ampuh memberikan efek mengenyangkan lebih lama ketimbang makanan lainnya.

Bahkan, ada anggapan bahwa serat dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Pasalnya serat dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Serat sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yakni serat larut air dan serat tidak larut. Serat larut air sangat baik untuk menghilangkan lemak di perut karena membuat Anda tidak mudah merasa lapar.

Sementara serat tidak larut menjaga pencernaan tetap bersih dan sehat. Untuk mendapatkan khasiatnya, pastikan untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur, seperti brokoli, wortel, apel, pisang, pir, dan beri-berian.

2. Kurangi Asupan Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat merupakan cara paling ampuh untuk menghilangkan lemak di perut. Dengan melakukan diet rendah karbohidrat, tubuh Anda akan terbebas dari lemak sekaligus terhindar dari bahaya penyakit diabetes tipe dua.

3. Menghindari Konsumsi Gula Berlebih

Sudah menjadi rahasia umum jika gula menjadi salah satu penyebab obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika terlalu banyak maka kerja hati akan lebih berat lantaran dipaksa mengubah fruktosa menjadi lemak.

Mulailah untuk mengurangi takaran gula secara perlahan. Dijamin tubuh lebih sehat, Anda pun terbebas dari lemak.

4. Aktif Bergerak

Tentu Anda menyadari bahwa kurang gerak dapat menyebabkan obesitas, bukan? Maka cara paling ampuh untuk mengatasi lemak di perut adalah dengan berolahraga. Anda dapat mencoba sejumlah olahraga mengecilkan perut, seperti bersepeda, jogging, sit up, hola hup, back up, sikap lilin, renang, lompat tali, dan squat.

Saat Anda aktif bergerak, proses pembakaran kalori lebih optimal. Hanya dengan menyediakan waktu selama 30 menit saja setiap hari, lambat laun lemak di perut Anda akan lenyap dengan sendirinya. Tak hanya itu saja, tubuh Anda pun lebih sehat dan bugar.

5. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Via uglfitness.com

Protein merupakan makronutrien yang sangat penting bagi tubuh dan efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi lebih banyak protein, kadar lemak yang ada di dalam tubuh Anda akan berkurang. Tubuh akan tampak lebih ramping, perut pun lebih rata bahkan berotot.

6. Minum Teh

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan rutin mengonsumsi teh, utamanya teh hijau. Bukan rahasia umum jika teh hijau merupakan rahasia cantik wanita Jepang. Hanya dengan rutin mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan, berat badan akan menyusut, lemak di perut pun perlahan hilang.

Teh hijau pun akan membuat kulit Anda lebih sehat, kenyal, dan cerah. Tubuh Anda pun akan terasa lebih ringan, sehat, dan ramping. Agar hasilnya lebih optimal, nikmati teh hijau di pagi dan malam hari.

7. Konsumsi Cuka Apel

Kehebatan cuka apel memang tak perlu diragukan lagi. Cuka apel dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk pengobatan. Mulai dari pembasmi ketombe, jerawat, hingga menurunkan berat badan.

Cuka apel pun dapat digunakan untuk mengusir lemak di perut. Pasalnya, di dalam cuka apel terkandung asam asetat yang membuat metabolisme tubuh lebih aktif. Termasuk, melancarkan proses pembakaran lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Mengonsumsi cuka apel secara rutin akan menjaga bobot tubuh dan mencegah Anda terserang berbagai penyakit berbahaya. Agar lebih optimal pastikan untuk mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke dalam jus, smoothies, ataupun salad. Konon, ini adalah cara terbaik untuk mengonsumsi cuka apel.

8. Lakukan Yoga

Cara menghilangkan lemak di perut selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Sebagaimana yang Anda ketahui, yoga merupakan cara terbaik untuk berolahraga sekaligus relaksasi.

Bahkan yoga sangat direkomendasikan bagi Anda telah memasuki lanjut usia ataupun telah mengalami menopause.

Gerakan yoga tidak hanya membuat Anda lebih fokus dan tenang, melainkan juga sangat efektif untuk menurunkan kadar hormon kortisol. Gerakan yoga pun terbukti ampuh membakar lemak di perut.

9. Tidur Cukup

Jika Anda tidak ingin kadar lemak visceral semakin tinggi maka pastikan untuk tidur cukup. Selain membuat tubuh Anda lebih segar, tidur cukup selama 7 hingga 8 jam akan meningkatkan produktivitas.

Berbeda jika, Anda hanya tidur hanya 5 jam atau kurang setiap malam. Di mana hal ini dapat meningkatkan kadar lemak visceral lebih cepat. Alhasil, perut Anda pun akan tampak lebih buncit dan semakin memburuk jika kebiasaan kurang tidur terus berlanjut.

10. Hitung Asupan

Via fitnessmag.co.za

Cara termudah untuk melenyapkan lemak di perut tanpa perlu melakukan olahraga atau diet adalah dengan menghitung asupan. Meski sedikit repot, tetapi cara ini sangat ampuh untuk menjaga bobot tubuh Anda tetap stabil.

Nah, ternyata menghilangkan lemak di perut tidak sesulit bayangan, bukan? Pastikan untuk memilih cara yang paling mudah dan lakukan secara kontinyu, dijamin lemak di perut hilang tanpa jejak. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *