in

Minyak Berlebih di Wajah Ganggu Aktivitas? Ini Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah
Via rd.com

Sedikit-sedikit pakai face paper di wajah, atau baru keluar rumah beberapa jam, wajah sudah seperti ‘kilang minyak’? Biasanya hal-hal seperti ini akrab dialami mereka yang memiliki tipe kulit wajah berminyak. Tapi tenang, sama halnya seperti flek hitam yang bisa diatasi, minyak berlebih di wajah pun bisa kamu taklukkan.

Memang kadangkala minyak di wajah dikaitkan dengan masa puber atau remaja, namun beberapa orang mengalami hal ini sepanjang hidupnya. Tentu tak bisa sembarangan dong merawat kulit berminyak? Yang terpenting adalah tahu bagaimana mengatasinya dan punya kulit yang lebih sehat.

Penyebab Wajah Berminyak

Tapi sebelumnya, apakah kamu sudah tahu penyebab produksi berlebih minyak di wajah? Sebenarnya hal ini adalah masalah yang sangat umum dan dialami oleh banyak orang. Ketika kulit berminyak, artinya ada kelebihan sekresi skin oil atau sebum. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yaitu:

Genetik

Faktor yang satu ini tentu sulit untuk dihindari ya, karena ada keturunan dari orangtua dengan tipe kulit berminyak. Artinya, sebaceous glands atau kelenjar minyak kamu lebih besar sehingga cenderung memproduksi minyak berlebih.

Perubahan Hormon

Siapa yang merasakan wajah semakin berminyak saat sedang datang bulan? Wajar saja, karena hal ini memang terkait dengan perubahan hormon dalam tubuh. Contohnya saat menstruasi, hamil, menopause, dan periode lainnya.

Skin care berlebihan

Merawat kulit dengan produk skin care memang baik, namun jika berlebihan, justru bisa menghasilkan minyak di wajah. Contohnya, jika kamu menggosok wajah terlalu kencang maka kulit akan mengalami eksfoliasi berlebihan.

Obat-obatan

Obat yang mempengaruhi hormon juga bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Beberapa obat tertentu membuat kulit mengalami dehidrasi sehingga merangsang produksi minyak berlebih.

Stres

Nah, yang satu ini pasti sering terjadi yaitu rasa stres berlebihan. Sebaiknya kelola stres kamu ya agar tidak memicu sekresi dari hormon androgen yang bisa memproduksi minyak di wajah.

Perubahan Musim

Jika kamu tinggal di negara dengan musim yang fluktuatif, maka produksi minyak di wajah bisa jadi berlebih. Bahkan saat musim dingin sekalipun, ketika kulit dehidrasi, maka kulit akan memproduksi minyak berlebih sebagai kompensasi. Hal serupa bisa terjadi saat musim kemarau.

Defisiensi Biotin

Selanjutnya ada juga gangguan nutrisi yang cukup langka disebut defisiensi biotin. Dalam kondisi ini, kulit bisa menjadi sangat berminyak karena kelebihan kadar biotin.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tentu yang menjadi pertanyaan besar bagi mereka yang punya tipe kulit berminyak adalah bagaimana cara mengatasi wajah berminyak. OhGitu telah merangkum beberapa cara mudah di bawah ini. Intip, yuk!

1. Cuci Muka

Via usalovelist.com

Mencuci muka dengan air hangat tiga kali sehari akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah terbentuknya jerawat. Tapi ingat ya, jangan terlalu sering mencuci muka karena justru bisa membuat wajah menjadi kering.

Gunakan sabun cuci muka yang mengandung bahan seperti salicylic acid atau glycolic acid untuk mendapatkan wajah bersih dan mengangkat sel kulit mati. Biasanya komposisi itu juga ampuh menghilangkan jerawat secara alami.

2. Oatmeal Scrub

Cara kedua untuk mengurangi minyak di wajah adalah dengan melakukan eksfoliasi dengan oatmeal scrub. Caranya, hancurkan oatmeal hingga menjadi serpihan kecil. Campur dengan lidah buaya hingga berbentuk pasta.

Kemudian, oleskan di wajah dan leher selama 2 menit. Baru kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa mengangkat kelebihan minyak di wajah dan sel kulit mati.

3. Lemon Dan Baking Soda

Berikutnya ada lemon dengan khasiatnya untuk kecantikan. Kamu juga bisa membuat campuran madu, lemon, dan baking soda sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Campur ½ sendok teh baking soda, ½ sendok teh jus lemon dan 1 sendok makan madu.

Campur adonan ini dan oleskan ke wajah dengan tangan yang bersih. Kandungan antibakteri dalam madu akan melembutkan wajah berminyak.

4. Madu

Jangan lupa peran madu, yang selalu jadi andalan untuk mengatasi masalah kulit apapun, bahkan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Seperti di tips sebelumnya, madu memang punya kandungan antibakteri dan antiseptik yang bermanfaat bagi kulit wajah berminyak.

Cukup oleskan lapisan tipis madu di wajah dan diamkan selama 10 menit hingga kering. Kemudian, bilas hingga bersih untuk menjaga kelembaban kulit tanpa memproduksi minyak berlebih.

5. Tomat

Kandungan salicylic acid dalam tomat bisa menyerap minyak di wajah dan membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Caranya, kamu cukup mencampur 1 sendok teh gula dengan sebuah tomat.

Kemudian, aplikasikan ke wajah sembari dipijat perlahan memutar. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, baru bilas dengan air dan keringkan. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan tomat langsung tanpa diolah karena manfaat tomat yang beragam.

6. Toner Green Tea

Toning juga merupakan cara merawat wajah berminyak, salah satunya dengan toner green tea. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau dan tuangkan ke dalam botol spray.

Gunakan toner ini sehari dua kali untuk menyegarkan wajah dan memperbaiki sirkulasi darah ke permukaan kulit.

7. Almond

Kacang almond memang telah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang ampuh mengangkat sel kulit mati dari wajah. Bahkan almond juga bisa menebalkan alis secara alami!

Untuk yang punya oily skin, hancurkan almond hingga menjadi 3 sendok teh bubuk. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan madu.

Aplikasikan ke wajah dalam gerakan melingkar. Lalu bilas wajah dengan air hangat dan keringkan perlahan dengan handuk. Pastikan kamu tidak punya alergi kacang ya!

8. Masker Wajah

Penasaran masker untuk kulit berminyak? Ternyata ada banyak jenisnya dan mudah kamu buat sendiri di rumah. Dengan rutin menggunakan masker, maka minyak di wajah akan terangkat dan wajah kian cerah.

Beberapa di antaranya adalah masker putih telur yang dicampur dengan madu. Tambahkan tepung agar bentuknya menjadi seperti pasta, oleskan dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

Kamu juga bisa membuat masker dari manga yang dihancurkan. Oleskan merata di permukaan wajah dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

9. Lidah Buaya

Sejak lama lidah buaya selalu menjadi bahan yang digunakan saat terjadi iritasi pada kulit. Tak sedikit pula yang menjadikan lidah buaya untuk mengatasi minyak di wajah.

Aplikasikan lapisan lidah buaya sebelum tidur, dan diamkan semalaman. Cara ini aman digunakan terutama bagi mereka yang tidak punya alergi terhadap lidah buaya, apalagi ada banyak manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

10.Gunakan Tabir Surya

Via medicalnewstoday.com

Nah ini dia cara yang juga tak kalah penting untuk mengontrol minyak di wajah. Sebenarnya apapun tipe kulitnya, tabir surya sangat penting untuk melindungi wajah dari ultraviolet A dan B yang bisa merusak lapisan kulit.

Tapi ingat, pilih tabir surya yang ringan dan tidak menutupi pori-pori kamu ya! Terutama untuk kamu yang punya tipe kulit wajah sensitif dan berjerawat, cari tahu sunscreen apa yang cocok untuk kamu.

Mencegah Minyak Berlebih Di Wajah

Terlepas dari faktor penyebab wajah berminyak seperti keturunan atau hormon yang sudah kita bahas di awal, ada banyak cara untuk mencegahnya. Bahkan gaya hidup juga punya peranan penting dalam menentukan seberapa kadar minyak di wajah seseorang.

Berikut ini OhGitu juga merangkum beberapa tip untuk mencegah minyak berlebih di wajah:

Hindari pola makan yang tidak sehat atau mengonsumsi makanan yang diproses seperti gorengan, makanan manis, atau processed foods.

Konsumsi sayur, buah, dan biji-bijian. Pilihan makanan tersebut sangat bersahabat dengan kulit dan bisa menyehatkan.

Jangan memakai makeup berlebihan, terutama untuk menutupi wajah berminyak. Justru jika kamu memiliki kondisi kulit berminyak, jangan terlalu banyak menggunakan makeup terutama foundation.

Pilih produk makeup water based dibandingkan dengan yang oil based. Selain itu, teliti kosmetik yang kamu pakai. Sebisa mungkin cari yang mengandung label noncomedogenic yang artinya tidak menutupi pori-pori.

Ketahui home remedy yang cocok untuk kulitmu. Dari begitu banyak daftar cara mengatasi kelebihan minyak di wajah di atas, cari tahu mana yang paling cocok untuk kulitmu. Jangan lanjutkan jika muncul reaksi alergi.

Konsisten melakukan home remedy karena tidak mungkin hasilnya terlihat dengan instan. Consistency is the key!

Banyak minum air putih untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik. Ingat, saat kulit dalam kondisi tidak terhidrasi, maka kulit akan memproduksi minyak di wajah atau sebum sebagai bentuk kompensasi.

Cuci muka setelah beraktivitas, terutama sebelum tidur. Jangan biarkan makeup atau tabir surya menempel semalaman karena akan memperburuk kondisi kulit wajah.

Jadi, yang perlu kamu lakukan pertama kali jika ingin merawat kulit berminyak adalah mengenali dan identifikasi kondisi kulit. Setelah tahu penyebabnya, baru bisa mencoba home remedy yang telah kami rangkum di atas. Lakukan dengan konsisten dan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Apakah kamu punya saran lain untuk mengatasi wajah berminyak? Jangan disimpan sendiri ya, bagikan kepada pembaca OhGitu lainnya lewat kolom komentar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *