10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat, Dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Tahi Lalat
Via clearskincareclinics.com.au

Tahukah Anda bahwa banyak sekali orang ingin menghilangkan tahi lalat? Tahi lalat sendiri merupakan akumulasi sel berpigmen yang kemudian muncul pada permukaan kulit sebagai bintik hitam.

Tahi lalat dapat berkembang di bagian tubuh mana pun, tetapi yang paling sering adalah di bagian leher, lengan, kaki, dan wajah. Ukuran dan bentuk tahi lalat pun bervariasi. Namun, kebanyakan tahi lalat muncul dengan warna hitam, kecokelatan, merah, dan merah muda.

Meski tahi lalat sangat jarang berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi terkadang tahi lalat dapat berkembang menjadi kanker. Selain itu, terlalu banyak tahi lalat pun dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan dana besar hanya untuk menghapus tahi lalat.

Penyebab Umum Munculnya Tahi Lalat

Via epiphanydermatology.com

Sebenarnya tahi lalat tidak muncul tanpa sebab. Ada beberapa penyebab mengapa kulit Anda dipenuhi tahi lalat.

  • Melanosit yang terlampau aktif dapat menyebabkan peningkatan melanin yang menjadi penyebab munculnya tahi lalat
  • Kulit terlalu sering terpapar matahari secara langsung sehingga terjadi pigmentasi sel kulit yang mengarah pada pembentukan tahi lalat
  • Kelenjar minyak terlalu aktif sehingga memicu pertumbuhan tahi lalat yang biasanya berwarna kuning dan kasar saat disentuh
  • Tahi lalat biasanya telah ada sejak lahir, tetapi dapat bertambah selama masa pubertas, kehamilah, dan perubahan hormon

Alasan Mengapa Tahi Lalat Harus Dihilangkan

Barangkali Anda bertanya-tanya, apa alasan mengapa tahi lalat harus dihilangkan? Padahal kebanyakan tahi lalat tidaklah berbahaya? Alasan yang paling utama adalah kesehatan.

Di mana, tahi lalat menjadi pertanda bahwa tubuh Anda mengidap penyakit serius, yakni kanker kulit atau yang sering disebut Melanoma.

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang kulit dan ditandai dengan perkembangan melanin dalam jumlah besar. Agar Anda lebih paham, simak ciri-ciri tahi lalat yang berpotensi kanker.

  • Bentuk tahi lalat tidak normal, asimetris dan tidak teratur
  • Garis luar tampak berlekuk dan bergigi
  • Warna tahi lalat tidak merata bahkan tampak berubah
  • Diameter tahi lalat lebih dari 6mm
  • Tahi lalat menimbulkan rasa gatal bahkan tak jarang memicu terjadinya perdarahan

Di samping alasan kesehatan, kecantikan dan penampilan pun menjadi alasan paling banyak digunakan. Hal yang wajar mengingat tahi lalat bisa membuat seseorang minder, terlebih jika ukurannya besar dan letaknya cukup menganggu.

Pengobatan Terbaik Untuk Menghilangkan Tahi Lalat

Sebenarnya, cara paling aman untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan meminta bantuan ahlinya. Utamanya, jika tahi lalat Anda tumbuh tidak wajar dan berpotensi kanker. Meski biaya yang harus Anda keluarkan cukup mahal, tetapi cara ini jauh lebih aman ketimbang menghilangkannya sendiri.

Umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan melakukan biopsi lebih dulu untuk melihat apakah tahi lalat tersebut kanker atau bukan. Jika berpotensi kanker, dokter akan menawarkan dua metode yang paling aman dan efektif, yakni operasi eksisi dan operasi mencukur.

Operasi eksisi akan mematikan area di sekitar tahi lalat dan memotong seluruh tahi lalat. Operasi ini akan memerlukan jahitan. Sementara operasi mencukur hanya menggunakan pisau untuk memotong tahi lalat hingga akar, tanpa memerlukan jahitan.

Sederet Cara Untuk Mencegah Munculnya Tahi Lalat

Sebelum menghilangkan tahi lalat, ada baiknya untuk melakukan pencegahan lebih dulu. Adapun cara paling mudah yang dapat Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut.

  • Membatasi paparan sinar matahari langsung
  • Menggunakan tabir surya
  • Melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan bentuk tahi lalat
  • Melakukan pengelupasan kulit secara rutin

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Bahan Alami

Lantas, bagaimana cara menghilangkan tahi lalat yang tidak berpotensi kanker secara alami? Ada banyak cara yang dapat Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami yang dapat Anda temukan sehari-hari. Adapun cara mengilangkan tahi lalat, antara lain sebagai berikut.

1. Cuka Sari Apel

Via Shutterstock

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan kesehatan, termasuk menghilangkan tahi lalat. Efek asam yang terkandung di dalamnya sangat ampuh untuk mengeringkan tahi lalat. Hanya dalam beberapa hari, tahi lalat Anda akan lenyap tanpa jejak.

Basahi sepotong kapas dengan cuka apel lalu oleskan pada tahi lalat. Tunggu hingga semi kering baru kemudian tutup dengan plester. Biarkan selama 5 hingga 6 jam lalu bersihkan. Ulangi cara ini setiap hari hingga tahi lalat membentuk keropeng.

2. Nanas

Tahukah Anda bahwa nanas sangat efektif untuk menghilangkan tahi lalat? Nanas tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan asam nitrat yang tinggi. Di mana asam nitrat dapat melunturkan tahi lalat.

Untuk menghilangkan tahi lalat, cukup siapkan sepotong nanas segar. Anda dapat menggosokan langsung pada tahi lalat kemudian diamkan selama beberapa menit hingga sari nanas terserap ke dalam kulit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. Lambat laun tahi lalat Anda akan hilang dengan sendirinya.

3. Baking Soda Dan Minyak Jarak

Kombinasi antara baking soda dengan minyak jarak menghasilkan ramuan yang ampuh mengusir tahi lalat. Soda kue efektif mengeringkan tahi lalat, sedangkan minyak jarak membantu pemulihan sehingga kulit terbebas dari bekas luka.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan minyak jarak dengan soda kue hingga membentuk pasta. Oleskan secara merata pada tahi lalat yang ingin Anda hilangkan.

Tutupi daerah tersebut menggunakan plester dan biarkan hingga semalam. Keesokan paginya, bersihkan bekas tersebut menggunakan air hangat kuku. Lakukan cara ini setiap malam hingga tahi lalat hilang.

4. Bawang Putih

Seperti yang Anda ketahui, bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat efektif untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya pun sederhana, cukup sediakan satu siung bawah putih dan sepotong kain katun.

Pertama-tama, hancurkan bawang putih hingga membentuk pasta lalu oleskan pada tahi lalat. Tutup bagian tersebut dengan menggunakan sepotong kain katun dan biarkan semalaman. Lakukan cara ini setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak Oregano

Via doterra.com

Selain bawang putih, minyak oregano pun mengandung antioksidan yang tak kalah tinggi. Tak heran jika minyak ini dapat digunakan sebagai penghilang tahi lalat yang sangat ampuh. Caranya penggunaan minyak oregano pun mudah. Cukup campurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak jarak.

Gunakan campuran tersebut sebagai olesan penghilang tahi lalat. Biarkan ramuan ini meresap hingga kering, tak perlu dicuci. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

6. Yodium

Yodium dikenal sebagai bahan alami yang efektif menghilangkan tahi lalat. Oleskan setetes yodium pada tahi lalat dan gunakan minyak ter sebagai perlindungan untuk kulit di sekitarnya.

Meski yodium sangat ampuh, tetapi penggunaannya harus dibatasi, yakni dua kali sehari selama seminggu atau hingga tahi lalat hilang. Anda harus menghentikan pemakaian apabila kulit mengalami sensasi terbakar.

7. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya gizi, rasanya pun lezat. Kentang juga sangat mudah diolah menjadi aneka santapan yang menggoda selera.

Namun, siapa sangka bahwa kentang juga dapat dijadikan sebagai bahan penghilang tahi lalat? Hal ini terjadi lantaran senyawa pemutih alami yang terkandung di dalamnya sangat efektif mencerahkan kulit dan memudarkan tahi lalat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, potong kentang dengan ukuran kecil lalu gosokkan pada tahi lalat selama dua menit. Biarkan hingga kering sempurna.

Agar lebih efektif, Anda bisa meletakkan irisan kentang di atas tahi lalat kemudian tutup dengan perban dan biarkan selama seminggu. Dijamin tahi lalat Anda akan luruh secara alami.

8. Minyak Biji Rami

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan ramuan kombinasi antara minyak biji rami dengan madu murni.

Minyak biji rami dapat memperbaiki tekstur kulit sekaligus menghilangkan noda membandel. Minyak ini pun mengandung asam lemak esensial yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk menghilangkan tahi lalat, gunakan beberapa tetes minyak biji rami yang telah dicampurkan dengan madu murni sebagai olesan pada tahi lalat. Biarkan ramuan mengering secara alami dan diamkan selama satu jam.

Baru kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari, dua kali sehari agar tahi lalat hilang sempurna.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni dikenal sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan. Minyak kelapa murni pun berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah klasik yang kerap menghantui para wanita.

Mulai dari wajah kusam, berjerawat, flek hitam, rambut rontok, hingga ketombe. Selain manfaat tersebut, minyak kelapa pun dapat menghilangkan tahi lalat, hanya dengan mengoleskannya secara rutin setiap pagi dan malam.

10. Madu

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan madu. Pastikan madu yang Anda gunakan mentah. Madu yang telah melewati proses pengolahan mengandung antioksidan yang lebih rendah ketimbang madu mentah. Sebagaimana yang Anda ketahui, antioksidan sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit, termasuk tahi lalat.

Oleskan madu mentah pada tahi lalat kemudian tutup dengan perban. Biarkan selama satu jam lalu cuci bersih. Ulangi cara ini selama beberapa kali setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Demikianlah informasi mengenai penyebab munculnya tahi lalat beserta cara menghilangkan tahi lalat secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *