Via medicalnewstoday.com

Apakah Uban Bisa Hilang? Coba 10 Cara Ampuh Ini

Saat ada helaian rambut berwarna abu-abu, banyak yang menganggapnya sebagai sinyal usia yang kian matang. Ada yang dengan senang hati menerima, namun tak sedikit yang merasa terganggu karena bisa muncul banyak kesan yang tak diharapkan.

Pada dasarnya setiap rambut yang dimiliki manusia berasal dari warna putih dan mendapat warna pigmen alami yang disebut dengan melanin. Seiring dengan pertumbuhan rambut, sel yang memproduksi melanin tentu perlahan menurun. Akibatnya, kandungan pigmen dalam rambut semakin berkurang.

Memang ada banyak sekali faktor yang berperan dalam tumbuhnya uban, di antaranya:

  • Faktor genetik
  • Hormon
  • Polusi lingkungan
  • Tidak cocok shampoo

Dan masih banyak lagi penyebab lain yang menyebabkan tumbuhnya uban. Terutama bagi mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun, kemungkinan memiliki uban akan kian tinggi.

Lalu bagi mereka yang tidak suka dengan keberadaan uban, tentu ingin menghilangkannya, bukan? Memang ada banyak produk untuk mewarnai rambut di luar sana yang mudah digunakan, namun kali ini OhGitu merangkum 10 cara alami untuk menghilangkan uban yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Simak satu persatu yuk!

1. Teh

Via tlc.com

Cara alami menghilangkan uban yang pertama adalah menggunakan teh. Teh hitam bisa membantu menutupi helaian rambut yang berwarna abu dan mengembalikan warna alaminya.

Caranya cukup mudah, rebus 3 hingga 5 kantung teh dalam air mendidih dan tunggu hingga dingin. Setelah itu, aplikasikan di rambut yang bersih dan dalam kondisi basah. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan kondisioner.

Lalu, diamkan selama satu jam. Nantinya setelah warna teh telah terserap rambut, bilas rambut dengan bersih. Gunakan air dingin untuk membilas ya, karena air panas justru bisa meluruhkan warna.

2. Kopi

Selanjutnya cara alami menghilangkan uban adalah menggunakan kopi. Caranya kamu cukup mendidihkan kopi dan tunggu hingga dingin. Kemudian, tambahkan kondisioner dan aduk hingga rata.

Kemudian aplikasikan pada rambut selama setidaknya satu jam. Setelah merata, bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga mendapatkan hasil terbaik.

3. Kulit Kentang

Sering mengupas kentang dan membuang kulitnya begitu saja? Eit, jangan dulu! Kumpulkan kulit kentang karena bisa digunakan untuk menggelapkan rambut secara alami. Secara perlahan, kulit kentang bisa membuat uban berubah menjadi kain gelap.

Caranya cukup didihkan air dan rendam kulit kentang selama setidaknya 25 menit. Setelah mendidih, angkat kulit kentang dan tunggu air hingga dingin.

Setelah dingin, tuangkan cairan rendaman kulit kentang ke bagian rambut dan ratakan dengan sisir. Jika aromanya kurang menyenangkan, sah-sah saja memberi tetesan essential oil. Setelah selesai, bilas rambut dengan air dingin. Cara ini bisa diulangi beberapa kali.

3. Berhenti Merokok

Apakah kamu adalah seorang perokok aktif? Bisa jadi ini merupakan pemicu banyaknya uban di rambutmu. Ternyata penelitian membuktikan bahwa ada hubungan antara kebiasan buruk merokok dengan munculnya uban sejak dini.

Tak heran, salah satu bahaya merokok adalah menciptakan oxidative stress yang membuat rambut lebih cepat beruban.

Dengan berhenti merokok, kemunculan uban bisa mundur dan mencegahnya muncul dengan prematur. Ada banyak cara berhenti merokok yang terbukti secara ilmiah dan layak dicoba.

5. Air Kelapa & Lemon

Via businessinsider.com

Cara berikutnya yang tak kalah menarik untuk dicoba bagi yang ingin menghilangkan uban pada rambut adalah lewat campuran minyak kelapa dan lemon. Caranya pun mudah dan bisa tuntas dalam waktu setengah jam saja.

Campurkan dua sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan jus lemon. Campurkan dalam mangkuk dan aplikasikan merata ke rambut. Pijat perlahan ke kulit kepala hingga ke ujung rambut. Setelah itu, diamkan selama 30 menit.

Kemudian kamu bisa membilas hingga bersih. Cara ini bisa dilakukan dua kali dalam sepekan. Campuran keduanya bisa menjaga sel pigmen dalam folikel rambut hingga mencegah terciptanya uban.

6. Daun Kari

Ternyata daun kari pun punya khasiat untuk menghilangkan rambut beruban. Caranya, rebus daun kari hingga layu bersama minyak kelapa, lakukan hingga terlihat residu berwarna hitam. Diamkan hingga dingin.

Jika minyak sudah dingin, pijatkan ke kulit kepala dan helaian rambut kamu. Setelah tertutup sempurna, diamkan selama satu jam sebelum membilasnya. Kamu bisa melakukannya hingga 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Daun kari punya kandungan untuk mengembalikan kandungan melanin dalam folikel rambut dan bisa mencegah uban muncul. Tak hanya itu, pertumbuhan rambut juga bisa membaik seiring dengan sehatnya kulit kepala.

7. Sayur Gambas (Oyong)

Sayur gambas atau yang biasa disebut dengan oyong juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan uban. Pertama-tama, jemur sayur gambas yang sudah diiris sampai benar-benar kering. Kemudian rendam dalam minyak kelapa selama tiga hari.

Setelah tiga hari, rebus minyak tersebut selama 5 hingga 6 menit. Diamkan sampai dingin, dan saring minyaknya. Kemudian, ambil 2 sendok makan minyak tersebut dan pijat perlahan ke kulit kepala. Pastikan kamu mengoleskannya merata ya mulai dari kulit kepala hingga ujung.

Diamkan selama 45 menit dan bilas dengan shampoo. Sayur gambas dikenal dengan kandungannya yang bisa mengembalikan pigmen dalam folikel rambut.

8. Lada Hitam

Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan 2 gram lada hitam dan 1 cangkir yogurt. Campurkan kedua bahan hingga terbentuk pasta berwarna abu-abu. Pijatkan pasta ini ke rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

Diamkan selama satu jam dan bilas dengan shampoo hingga bersih. Kamu bisa melakukannya tiga kali dalam sepekan. Seperti yang sudah diketahui, lada hitam bisa menggelapkan rambut beruban. Sementara yogurt bisa melembutkan rambut dan mengatasi rambut rontok.

9. Cuka Apel

Selain manfaat cuka apel yang melimpah, ternyata kandungan yang satu ini juga bermanfaat untuk mengatasi uban. Bagaimana caranya? Campurkan cuka apel dengan 2 cangkir air.

Lalu tuangkan ke rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Cuka apel adalah salah satu elemen yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan cara ini, melanin akan terjaga dan mencegah kemunculan uban.

10. Jus Bawang

Via alphacoders.com

Siapa sangka bahwa bawang juga bisa mengatasi uban? Kamu cukup mengambil ekstrak dari sebuah bawang dan menampungnya di mangkuk. Kemudian aplikasikan jus bawang ini pada rambut sembari mendiamkannya selama 30 menit.

Kemudian bilas dengan air bersih. Metode ini sangat alami dan aman dilakukan sebanyak dua kali dalam sepekan. Kandungan enzim catalase dalam bawang membuat proses tumbuhnya uban berkurang. Lakukan secara rutin untuk membantu menggelapkan warna rambut.

Setelah mengetahui cara menghilangkan uban secara alami, kini saatnya mencobanya sendiri di rumah dengan mudah. Tak kalah penting adalah menjaga kesehatan baik fisik maupun mental sehingga tidak menyebabkan stres.

Masih ada banyak cara alami yang bisa efektif mengatasi rambut beruban. Adakah cara andalan kamu? Jika ada, bagikan di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *