10 Cara Mengusir dan Membasmi Kecoa

Cara Mengusir Kecoa
Via time.com

Kecoa merupakan salah satu hewan yang sering mengganggu manusia. Keberadaannya tidak hanya membuat rumah menjadi kotor, tetapi juga membuat penghuninya tidak nyaman.

Bayangkan, apa yang terjadi saat Anda tengah asyik menyantap makanan, tiba-tiba ada kecoa terbang melintas di hadapan Anda? Tentu ada kesal sekaligus merasa jijik, bukan? Selera makan Anda pun seketika hilang.

Ini Penyebab Kecoa Suka Tinggal Di Rumah Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa yang membuat kecoa betah tinggal di rumah Anda? Ada banyak penyebabnya. Agar lebih jelas, simak sederet penyebab kecoa menjadikan rumah Anda sebagai sarangnya:

  • Lingkungan kotor
  • Lubang pembuangan kamar mandi mengarah langsung ke sungai atau got
  • Lubang floor drain tidak tertutup sempurna
  • Banyak sisa makanan berserakan
  • Tidak langsung mencuci piring dan gelas setelah makan
  • Tidak menutup rapat toples makanan
  • Kulkas tidak tertutup rapat
  • Sampah berserakan, tidak ditutup
  • Tidak membersihkan dapur setelah memasak
  • Saluran pipa di dalam rumah bocor
  • Garasi atau basement kotor
  • Peletakan furnitur yang kurang tepat, misalnya menyisakan celah atau diletakkan di tempat gelap dan lembab
  • Buruknya pencahayaan rumah
  • Adanya akses mudah, misalnya pintu kamar mandi bolong atau tidak tertutup

Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Tubuh

Meski kelihatan sepele, nyatanya kecoa dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan bagi manusia. Maklum saja, seluruh tubuh kecoa dipenuhi kuman dan bakteri.

Adapun sejumlah penyakit yang ditimbulkan oleh kecoa, di antaranya sebagai berikut:

  • Alergi
  • Masalah pencernaan
  • Demam tifoid
  • Tifus
  • Diare
  • Hepatitis
  • Kolera
  • TBC

Selain tubuh kecoa, kotoran dan air seninya pun berbahaya. Di mana air kencing kecoa dapat menimbulkan iritasi, kulit kemerahan, gatal-gatal di sekujur tubuh, tenggorokan, hidung, dan mata serta memicu reaksi asma.

Begini Cara Mengusir Dan Membasmi Kecoa Paling Ampuh

Lantas, bagaimana cara mengusir kecoa yang ampuh? Sebenarnya solusi termudah untuk mengatasi kecoa adalah dengan menghindari pemicunya. Biasakan untuk membersihkan rumah, tidak menumpuk sampah atau barang kotor, menutup saluran air, dan lebih peduli pada kebersihan sekitar rumah.

Hal ini dapat meminimalkan potensi kecoa masuk ke rumah Anda. Namun, apabila kecoa terlanjur menyukai rumah Anda sebagai tempat tinggalnya, ada sejumlah cara membasmi kecoa paling ampuh yang wajib Anda coba.

Adapun cara mengusir dan membasmi kecoa secara alami, di antaranya sebagai berikut:

1. Daun Salam

Via biosourcenaturals.com

Bahan yang biasa digunakan untuk melezatkan masakan ini terbukti ampuh untuk mengusir kecoa. Bagi manusia, aroma khas daun salam dapat membuat cita rasa makanan semakin nikmat. Namun, bagi kecoa, aroma tersebut sangat mengganggu.

Anda bisa menggunakan seikat daun salam untuk mengusir kecoa. Letakkan daun salam di tempat yang biasa digunakan kecoa untuk bertelur, seperti celah lemari ataupun kardus kosong.

2. Kapur Barus

Jika Anda ingin mengusir kecoa tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya, Anda bisa memanfaatkan kapur barus. Gunakan kapur barus untuk mengusir kecoa.

Letakkan sejumlah kapur barus di tempat yang biasa dijadikan sarang kecoa, misalnya di sudut ruangan, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan celah-celah tersembunyi. Meskipun hasil yang diberikan kapur barus tidak secepat bahan kimia, tetapi cara ini jauh lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

3. Obat Kumur

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengusir kecoa adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur mengandung bahan yang berfungsi sebagai desinfektan. Semprotkan obat kumur di sejumlah titik, tempat di mana kecoa biasa terlihat.

4. Lemon

Perasan jeruk lemon ampuh mengusir kecoa. Meski aroma lemon sangat menyegarkan, kecoa tidak menyukainya. Agar kecoa tidak kembali ke rumah Anda, pastikan untuk menyemprot ruangan dengan perasan lemon setiap hari. Cara ini cukup efektif dan aman.

5. Larutan Sabun

Via today.com

Anda ingin segera membasmi kecoa yang membandel? Anda bisa menggunakan larutan sabun. Air sabun terbukti ampuh membunuh kecoa lantaran sifatnya yang dapat menutupi pori-pori.

Di mana pori-pori ini digunakan kecoa untuk bernapas. Larutan sabun yang mengenai kecoa dapat menyebabkan tegangan di permukaan dan menutup pori-pori. Alhasil, kecoa pun akan kesulitan bernapas.

Bagaimana caranya? Mudah saja, campurkan sabun dengan air lalu semprotkan larutan ini langsung pada tubuh kecoa. Dijamin kecoa akan musnah dalam waktu singkat.

6. Lada Dan Bawang

Bawang tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan masakan dan meningkatkan kesehatan tubuh, melainkan juga efektif mengusir kecoa. Hal ini dikarenakan kecoa tak tahan dengan aroma bawang.

Untuk menyingkirkan kecoa dari rumah Anda, campur bawang putih, bawang Bombay, dan sedikit lada dengan air sebanyak 1 liter. Kocok hingga tercampur sempurna.

Gunakan larutan ini untuk mengepel lantai atau semprotkan langsung di sarang kecoa. Dijamin kecoa pun akan segera meninggalkan rumah Anda secepatnya.

7. Timun

Tahukah Anda bahwa timun efektif mengusir kecoa? Caranya terbilang mudah, yakni dengan meletakkan potongan timun ke dalam kaleng aluminium. Konon, timun akan bereaksi dan menimbulkan bau yang dapat membunuh kecoa.

Pastikan untuk meletakkan kaleng aluminium berisikan potongan timun di tempat strategis. Dijamin, kecoa pun lenyap.

8. Minyak Mint

Daun mint dapat dimanfaatkan untuk mengusir kecoa tanpa menimbulkan bau tak sedap. Pasalnya, aroma daun mint sangat menyegarkan sekaligus menenangkan. Untuk mengusir kecoa, gunakan minyak mint yang dapat Anda temukan di pasaran atau membuatnya sendiri.

Caranya mudah, cukup campurkan minyak dengan daun mint yang telah diiris kecil. Setelahnya, semprotkan minyak mint di pojok dapur, kamar mandi, dan tempat yang biasa didatangi kecoa.

9. Baking Soda

Siapa bilang membasmi kecoa harus menggunakan bahan kimia? Nyatanya, baking soda pun ampuh untuk melenyapkan kecoa. Bahan yang kerap digunakan untuk membuat kue ini sangat efektif membasmi kecoa.

Caranya pun mudah, yakni dengan mencampur baking soda dengan gula di area yang sering dijamah kecoa. Gula akan menarik perhatian kecoa, sedangkan baking soda di dalamnya berfungsi sebagai racun mematikan.

10. Bunga Melati

Via esfiro.cat

Tak banyak yang tahu bahwa bunga melati ampuh untuk membasmi kecoa. Selain aromanya yang harum, melati merupakan racun alami bagi kecoa. Cukup dengan beberapa biji bunga melati saja, kecoa di rumah Anda akan musnah. Pastikan untuk menyebarnya di area yang sering didatangi kecoa, ya!

Selain bunga melati, bunga lavender pun tak kalah ampuh. Malah bisa dibilang bunga ini memiliki efek yang sama dengan bunga melati. Jika Anda kesulitan mendapatkan bunga melati, bunga lavender bisa menjadi alternatif terbaik.

Demikian informasi mengenai penyebab munculnya kecoa beserta cara membasminya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *