Via azcentral.com

10 Cara Paling Ampuh Mengusir Nyamuk Dari Rumah

Membayangkan istirahat tenang di rumah setelah seharian penuh berjibaku dengan pekerjaan dan kemacetan adalah impian banyak orang. Tidur dengan nyaman sembari minum coklat hangat? Hmm! Namun impian ini biasanya bubar jalan saat ada tamu tak diundang yang ikut datang ke rumah, yaitu nyamuk! Makhluk mini ini bisa sangat mengganggu dan merusak mood saat akan beristirahat.

Tak hanya karena nyamuk bisa menyebabkan penyebaran penyakit seperti malaria dan demam berdarah saja, namun gigitan nyamuk bisa menyebabkan rasa gatal dan membuat tidak nyaman. Nah, artikel OhGitu kali ini akan merangkum 10 jurus ampuh cara mengusir nyamuk, baik itu menggunakan alat pengusir nyamuk di rumah maupun perangkap nyamuk yang bisa kamu pasang di rumah.

Tak hanya itu, kami juga menyiapkan beberapa cara mudah untuk mengusir nyamuk dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Coba beberapa jurus ampuh di bawah ini, yuk!

1. Perangkap Nyamuk Ultra Violet

Via buyalltraps.com

Alat perangkap nyamuk ini bisa kamu beli di toko perlengkapan rumah. Biasanya alat ini bekerja dengan memancarkan sinar UV yang mengundang nyamuk untuk terbang ke arah perangkap. Saat masuk ke dalam alat, nyamuk akan terkena setrum dan mati. Cara ini banyak dipilih karena tidak perlu menggunakan zat kimia seperti alat semprot dan bekerja dengan mengandalkan daya tidak terlalu besar.

2. Bubuk Kopi

Ternyata bubuk kopi adalah salah satu hal yang tidak disukai oleh nyamuk. Caranya pun sangat mudah, cukup sebarkan bubuk kopi di tiap permukaan air yang stagnan di rumah. Dengan cara ini, telur nyamuk yang mengendap di air akan terpaksa naik ke permukaan. Saat berada di permukaan, mereka akan kekurangan oksigen dan mati.

Cara ini ampuh untuk mencegah nyamuk berkembang biak secara masal. Asal tahu saja, nyamuk dewasa bisa menghasilkan hingga 300 telur dalam sekali fase reproduksi, dan bisa menetas hanya dalam waktu satu hingga dua hari.

3. Ekstrak Bawang Putih

Selanjutnya yang juga bisa menjadi alat pengusir nyamuk adalah ekstrak bawang putih. Kandungan larvicidal di dalamnya adalah elemen yang dibenci nyamuk. Bagaimana caranya? Cukup hancurkan beberapa suing bawang putih dan rebus di air panas.

Kemudian, tuangkan ramuan pengusir nyamuk homemade ini dalam sebuah botol semprotan dan sebarkan ke seluruh ruangan. Cara ini akan membantu membunuh nyamuk. Tidak hanya itu, mengoleskan racikan bawang putih ke kulit juga bisa mengusir nyamuk.

4. Botol Plastik Bekas

Kamu bisa membeli alat perangkap nyamuk di toko atau membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat sendiri, yang kamu butuhkan adalah botol plastik berukuran besar. Gunting botol tepat di tengah, dan isi bagian bawahnya dengan air panas dan gula hangat. Saat airnya mulai mendingin, tambahkan yeast atau ragi.

Tahapan selanjutnya membuat perangkap nyamuk sendiri adalah dengan menempatkan potongan botol yang ada tutupnya dalam posisi terbalik ke bagian bawah botol yang sudah terisi air sebelumnya. Jangan sampai menyentuh permukaan air, ya! Rekatkan potongan botol ini dengan selotip. Biarkan bagian tutupnya tetap terbuka.

Selanjutnya, letakkan perangkap nyamuk buatan kamu ini ke area rumah yang banyak nyamuknya. Nyamuk akan terpancing untuk terbang ke dasar botol dan terperangkap di dalam air gula. Ganti botol plastik ini secara berkala ya.

5. Dry Ice

Via says.com

Siapa sangka ternyata dry ice juga bisa berfungsi sebagai salah satu cara mengusir nyamuk? Dry ice memproduksi karbon dioksida. Pola kerja ini sebenarnya sama dengan bagaimana kita bernapas yang mengeluarkan karbon dioksida, salah satu hal yang menarik perhatian nyamuk. Saat menggunakan dry ice sebagai perangkap nyamuk, tempatkan di sebuah kontainer. Nyamuk akan terpancing untuk mendekati dry ice dan bisa kamu tangkap dengan cara menutup kontainer.

6. Tanaman Pengusir Nyamuk

Jika kamu cukup jeli, ada beberapa tanaman yang bisa berfungsi sebagai alat pengusir nyamuk. Contohnya adalah tanaman catnip dan feverfew yang tidak disukai nyamuk. Kamu bisa menanamnya di sekitar rumah, seperti di taman atau kebun. Kamu juga bisa menanam tanaman ini di dalam rumah untuk mengurangi jumlah nyamuk yang mengganggu.

7. Mint

Aroma yang menyengat dari mint memang sangat segar dan jadi favorit banyak orang. Namun, aroma ini justru musuh dari nyamuk. Untuk mengusir nyamuk, kamu cukup meletakkan daun mint, minyak mint atau ekstrak mint untuk mengusir nyamuk. Dan bila ingin menggunakannya sebagai cara mengusir nyamuk, tuangkan mint ke botol semprot.

8. Kapur Barus

Kapur barus atau kamper juga bisa jadi alternatif cara mengusir nyamuk di rumah. Aroma kuat dari kapur barus bisa mengusir nyamuk. Cukup letakkan beberapa butir kapur barus di sebuah ruangan tertutup selama 30 menit. Kamu juga bisa mencampur kapur barus dengan minyak dan menggunakannya sebagai larutan semprotan pengusir nyamuk.

9. Cengkeh

Aroma kuat dari cengkeh juga termasuk yang tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menempatkan beberapa potongan cengkeh dalam sebuah kantong dan meletakkannya di pintu kamar. Selain itu, ada juga minyak cengkeh yang dijual bebas dan bisa bekerja sebagai pengusir nyamuk. Namun hati-hati ya, minyak cengkeh terkadang bisa mengiritasi kulit yang sensitif.

10. Tea Tree Oil

Via youtube.com

Bahan lain yang juga bisa mengusir nyamuk adalah tea tree oil. Minyak esensial ini bekerja sebagai pengusir serangga, tak hanya nyamuk. Kandungan anti bakteri dan anti jamur di dalamnya adalah jurus ampuh untuk mengusir nyamuk. Caranya pun mudah, campurkan saja tea tree oil dengan air kemudian oleskan di tubuh untuk membuat nyamuk enggan terbang dekat-dekat tubuh kamu.

Nah, sekarang waktunya kamu mencoba menerapkan 10 jurus ampuh tadi untuk mengusir nyamuk ya! Beberapa langkah pencegahan lain juga bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Menjaga pintu dan jendela tertutup rapat
  • Memasang kawat anti-nyamuk
  • Gunakan baju berwarna putih, karena baju berwarna gelap cenderung mengundang nyamuk
  • Buang genangan air di sekitar rumah karena menjadi tempat mereka berkembang biak

Terutama di wilayah tropis seperti Indonesia, nyamuk bisa berkembang biak dengan pesat dan mengganggu kenyamanan saat sudah menyerang ke dalam rumah. Menjaga kebersihan rumah juga salah satu cara untuk mencegah datangnya nyamuk. Rumah yang kotor adalah tempat favorit bagi nyamuk untuk berkembang biak dan mencari mangsa.

Bila ingin menerapkan beberapa pilihan dari 10 jurus ampuh mengusir nyamuk di atas, pastikan untuk melakukannya secara konsisten, ya! Kunci dari ampuhnya mengusir nyamuk adalah melakukannya secara rutin. Contohnya beberapa cara yang mengeluarkan aroma menyengat, akan membuat sebuah ruangan ataupun kamar menjadi kental dengan aroma tersebut, dan membuat nyamuk enggan untuk mampir.

Semoga beberapa jurus ampuh mengusir nyamuk di atas bisa bermanfaat untuk kalian ya, pembaca OhGitu! Apakah kamu punya saran lain untuk mengusir nyamuk? Share di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *