Via agric.wa.gov.au

10+ Cara Mengusir Semut Secara Alami & Cepat, Dijamin Semut Kabur!

Semut memang bukanlah hewan yang berbahaya. Namun begitu, keberadaan semut di dalam rumah tentunya cukup mengganggu. Apalagi jika semutnya berkoloni atau jumlahnya berlebihan. Semut-semut itu tak hanya berisiko menggigit Anda, tapi juga akan memakan cemilan di meja. Duh, pastinya bikin nggak nyaman, kan?

Nah, jika saat ini Anda sedang dipusingkan oleh adanya semut-semut di rumah, tak perlu bingung lagi! Kali ini OhGitu akan membagikan cara mengusir semut yang paling ampuh dan nggak ribet. Mau tau apa aja? Berikut ulasannya!

10 Cara Mengusir Semut Dengan Cepat dan Ampuh

Mengusir semut dari rumah secara tuntas bisa dibilang gampang-gampang susah. Sama halnya dengan mengusir tikus dan nyamuk, Anda harus dapat menemukan cara yang benar-benar efektif. Seperti cara-cara dibawah ini!

1. Gunakan Kapur Semut

Via stylecraze.com

Cara paling mudah untuk mengusir semut yakni menggunakan kapur. Anda bisa membeli kapur ini di warung atau supermarket.

Kapur semut terbuat dari cangkang hewan laut, yang mana mengandung senyawa kalsium karbonat yang bisa melumpuhkan sistem syaraf serangga sekaligus membunuhnya. Tak hanya semut saja, tapi juga ampuh membasmi kecoa dan kutu.

Untuk cara pemakaiannya, Anda cukup menggoreskan kapur ini tempat-tempat yang biasa dilalui semut. Misalnya di dinding, kaki meja atau almari dan sebagainya. Cara ini akan membuat semut kabur atau malah mati saat melewati kapur tersebut.

2. Manfaatkan Air Perasan Lemon

Jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih aman, cobalah memanfaatkan lemon. Buah kaya zat asam ini juga ampuh mengusir semut dan serangga lainnya.

Untuk metode pengaplikasiannya, pertama peras air lemon. Masukkan dalam botol spray dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, semprotkan air lemon pada ambang pintu rumah dan area lain yang rentan dilewati semut. Baiknya sih, pada area pojokan untuk menghindari lantai agar tidak licin.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air lemon untuk mengepel lantai. Aroma lemon yang segar membuat semut tak betah berlama-lama di dalam rumahmu!

3. Tak Ada Lemon? Coba Kulit Jeruk!

Sama halnya dengan lemon, jeruk juga dapat membasmi semut secara efektif. Namun bukan bagian buahnya yang digunakan, melainkan kulitnya! Aroma kulit jeruk yang menyengat bisa membuat semut-semut jadi kabur. Selain itu juga ampuh mengusir nyamuk dan hama lainnya.

Oleh karenanya, jika Anda membeli jeruk jangan keburu membuang kulitnya ya! Anda bisa membuat obat pengusir serangga alami dengan kulit tersebut.

Caranya haluskan beberapa kulit jeruk dengan blender. Jangan lupa tambahkan sedikit air hangat. Jika sudah halus, masukkan ke botol semprot dan tuangkan di sudut-sudut rumah yang sering dilalui semut.

4. Garam Juga Ampuh Tangkal Semut

Anda pastinya menyimpan garam di dapur, kan? Nah, garam ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut, loh! Hewan bertubuh kecil tersebut paling tidak tahan dengan rasa asin pada garam. Sehingga jika Anda menaburkan garam di kusen pintu atau lantai, maka semut tidak berani melintasinya.

Oiya, selain menaburkan garam secara langsung, cara lainnya Anda bisa melarutkan garam ke dalam air hangat. Kemudian semprotkan larutan tersebut pada area yang kerap menjadi sarang semut.

5. Coba Cuka Putih

Via tescoliving.com

Cara mengusir semut selanjutnya adalah menggunakan cuka putih. Anda bisa membuat ramuannya dengan mencampurkan cuka dan air secukupnya. Setelah itu, masukkan larutan ke dalam botol spray.

Selanjutnya, Anda cukup menyemprotkannya pada spot-spot yang sering dilintasi semut. Dijamin semut akan langsung menghindari sebab umumnya serangga tak tahan dengan aroma cuka yang menyengat.

6. Manfaatkan Rempah-Rempah

Anda lelah melihat semut yang sering menggerogoti makanan di almari? Entah itu tempe, paprika, tepung atau makanan manis lainnya selalu saja dikerubuni semut? Hmm, pastinya Anda bingung untuk mengatasinya ya?

Mudah saja sebenarnya! Anda cukup memanfaatkan rempah-rempah yang beraroma harum. Misalnya daun salam, kayu manis atau cengkeh. Haluskan bahan-bahan tersebut, kemudian taburkan di kaki meja atau lemari.

Anda juga bisa merekatkan daun salam pada bagian dalam tutup toples, atau meletakkan di sekitar makanan.

7. Bubuk Cabe Atau Lada

Bubuk cabe atau lada juga menjadi bahan alami yang efektif membasmi semut. Anda bisa mendapatkan bubuk cabe dengan cara menjemur cabe hingga kering, lalu haluskan dengan diblender. Atau bisapula menggunakan lada.

Cara pengaplikasiannya, cukup taburkan bubuk cabe atau lada di area lantai yang banyak semutnya. Perlahan semut pasti akan menghilang dengan sendirinya.

8. Gunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi ternyata tidak hanya berkhasiat menjaga kecantikan kulit saja, tapi juga ampuh mengusir serangga loh, termasuk semut! Ini dikarenakan aromanya yang kuat, sehingga membuat semut takut untuk mendekatinya.

Anda bisa menaburkan bubuk kopi di depan pintu masuk, sudut-sudut ruangan, khususnya pada area dapur yang rentan dijadikan sarang semut.

9. Bedak Bayi Atau Talc

Tahu nggak, bedak yang selama ini Anda gunakan untuk merawat bayi ternyata bisa dijadikan bahan alternatif pembasmi semut di rumah. Menurut penelitian, bedak tabur bayi mengandung senyawa talcum yang berperan sebagai anti semut.

Namun begitu, pastikan Anda membeli bedak talc yang tidak mengandung asbes, sebab senyawa ini bersifat karsinogenik, yakni zat pemicu kanker.

10. Minyak Peppermint

Via blackgirllonghair.com

Terakhir, bahan alami yang dapat mengusir semut dengan mudah adalah minyak peppermint. Minyak dengan aroma menyegarkan ini tidak disukai oleh serangga. Sehingga apabila Anda menungkannya pada kaki meja, lantai, sudut dinding atau area lainnya maka semut akan menghindar dengan sendirinya.

Selain memanfaatkan bahan-bahan diatas, beberapa tips lain untuk mengusir dan mencegah datangnya semut di rumah, yakni:

  1. Pastikan Anda selalu membersihkan rumah secara rutin dengan menyapu dan mengepel lantai.
  2. Umumnya semut menyukai makanan yang mengandung gula dan protein, oleh karenanya jika ada tumpahan makanan manis segera bersihkan dengan air. Dan usahakan menyimpan makanan di wadah kedap udara.
  3. Semut cenderung suka berkoloni di tempat yang lembab. Jadi pastikan seluruh ruangan di rumah mendapatkan cukup sinar matahari.
  4. Apabila ada kebocoran atau kayu rusak akibat pengikisan air, maka segera perbaiki.
  5. Perlu Anda ketahui bahwa semut menyukai cairan manis (embun madu) yang dikeluarkan oleh kutu daun yang hidup di berbagai tanaman. Nah, Anda bisa membuat taman di depan rumah untuk menarik semut keluar ruangan.
  6. Oleskan vaseline di area yang sering dilewati semut, misalnya depan pintu, bawah meja makan atau sudut dinding. Vaseline terbilang cukup efektif dalam mengusir semut.

Nah, itu tadi beberapa cara mengusir semut dengan ampuh dan alami. Memang tidak ada salahnya jika Anda menggunakan produk pengusir semut atau semprotan anti serangga. Namun sebaiknya jangan berlebihan! Bagaimanapun juga, produk antiserangga mengandung berbagai bahan kimia yang bisa saja memicu efek samping bagi kesehatan.

Seorang ilmuwan ahli biologi & ekologi, Michael Hansen menjelaskan bahwa bahan kimia dalam produk anti serangga bisa mengganggu produksi hormon endokrin pada tubuh manusia, yang mana hal ini bisa berakibat pada penurunan IQ serta meningkatkan risiko gangguan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) pada anak.

Lebih amannya, baiknya pilih metode dengan bahan-bahan alami saja. Dengan begitu bisa meminimalisasi efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *