15+ Cara Mengusir Tikus Membandel Dari Rumah Paling Ampuh

Via strube-sugarbeet.co.uk

Tidak bisa dipungkiri populasi tikus di Indonesia terbilang sangat besar. Umumnya tikus ditemukan di tempat-tempat yang kotor seperti got, pipa, sawah, perkarangan, pasar bahkan tak jarang di dalam rumah. Wah, jika tikus sudah masuk ke dalam rumah tentu hal itu menjadi problematika yang memusingkan. Pasalnya tikus merupakan hewan kotor dan bisa memicu beragam penyakit.

Namun demikian, seperti halnya dalam mengusir nyamuk, Kamu juga harus tahu bahwa mengusir tikus bukanlah perkara yang mudah. Hewan mamalia ini dikenal cerdik, sangat sulit untuk ditangkap ataupun dijebak. Tapi Kamu tak perlu cemas sebab kali ini OhGitu akan membagikan cara-cara mengusir tikus dari rumah. Kira-kira apa saja, ya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

15+ Cara Ampuh Mengusir Tikus Dari Rumah

Tikus yang bersarang di dalam rumah tentunya harus segera diusir agar tidak membahayakan kesehatan. Nah, berikut beberapa cara ampuh mengusir tikus yang bisa Kamu lakukan.

1. Memelihara Kucing

Via pixabay.com

Pada kenyataannya, kucing memanglah musuh utama tikus. Khususnya, kucing liar biasanya mereka suka memangsa tikus.

Maka itu, Kamu bisa mencoba memelihara kucing agar rumahmu terbebas dari ancaman binatang pengerat. Kucing ini memiliki tingkat penciuman sangat tajam. Dimanapun tikus bersembunyi bisa langsung ditemukan.

Namun demikian cara ini tidak terlalu direkomendasikan. Sebab sebagaimana kita tahu, tikus adalah hewan yang kotor dan tubuhnya penuh dengan virus. Apabila kucing memakan tikus, maka keberadaan kucing tersebut bisa menjadi sumber penyakit dan hal ini berisiko membahayakan kesehatanmu.

2. Memelihara jangkrik

Via pixabay.com

Tak ada kucing, Kamu bisa memelihara jangkrik. Hewan berukuran kecil ini terbukti dapat membantu membasmi tikus-tikus dari rumah. Hal ini dikarenakan suara nyaringnya yang bisa membuat tikus terganggu. Kamu bisa memelihara hewan ini di kolong meja, gudang atau spot-spot lain yang menjadi persembunyian tikus.

3. Racun Tikus

Via petpoisonhelpline.com

Cara mengusir tikus ini terbilang cukup klasik tapi ampuh. Yakni dengan memanfaatkan racun. Kamu bisa mencari racun tikus di swalayan, indomaret, alfamart, atau toko-toko online.

Apabila tikus memakan jebakan tersebut maka dapat dipastikan tikus akan mati. Namun yang jadi kekhawatiran, tikus bisa saja kabur dan mati dalam tempat persembunyian lain. Sehingga akibatnya, akan tercium aroma tak sedap dari bangkainya yang entah berada dimana.

4. Lem Tikus

cara mengusir tikus
Via amazon.com

Cara ketiga adalah menggunakan lem tikus. Penggunaan lem tikus ini tentu lebih aman dibandingkan racun tikus. Nantinya apabila tikus berhasil terperangkap di lem, Kamu cukup membuang tikus tersebut berserta papannya. Kamu bisa mendapatkan lem tikus dengan mudah di supermarket terdekat di rumahmu.

5. Alat Perangkap Tikus

Via lovebackyard.com

Metode lain yang bisa Kamu coba untuk menyingkirkan tikus adalah dengan alat perangkap tikus. Cara ini terbilang lumayan ampuh, namun ada juga beberapa tikus yang sudah cerdik dan selalu menghindari alat perangkap.

Alat perangkap tikus ini ada berbagai macam, ada yang berbentuk penjepit, sangkar kawat dan sebagainya. Kamu bisa meletakkan alat ini di tempat biasa tikus lewat seperti, dekat dinding atau bawah kolong agar tidak melukai orang-orang yang ada di rumah.

Selain itu Kamu juga disarankan untuk menaruh makanan di alat jebakan (misalnya ikan asin, keju, selai kacang) dengan tujuan agar tikus semakin mudah ditangkap.

6. Alat Ultrasonik

Via brickunderground.com

Alat yang satu ini terbilang penemuan baru, cara kerjanya dengan mengeluarkan gelombang suara ultrasonic sebesar 20 kHz. Suara tersebut tak bisa didengar manusia, tapi sangat menganggu bagi hewan pengerat.

Menurut petunjuknya, alat ini bisa mengusir tikus dalam jangkauan 200 meter. Alat ini memang cukup efektif untuk mengusir tikus. Tapi ada juga beberapa tikus yang menjadi kebal saat terbiasa mendengar suara tersebut.

7. Kapur Barus (Kamper)

Via stylecraze.com

Alat yang biasanya dijadikan pewangi ruangan dan almari ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Mungkin bagi kita, kapur barus atau kamper memiliki aroma yang wangi dan segar. Namun tikus bisa mati jika terkena kapur ini.

Untuk menggunakannya, Kamu hanya perlu meletakkan kapur di sudut-sudut yang biasa dijangkau tikus. Hindari memegang kapur ini dengan tangan secara langsung. Kapur ini mengandung zat kimia beracun, jadi jangan sampai dimainkan oleh anak-anak.

8. Minyak Peppermint

Via blackgirllonghair.com

Minyak yang memiliki aroma menyegarkan ini berpotensi untuk digunakan sebagai bahan alami pembunuh tikus. Hewan pengerat ini tidak tahan dengan aroma peppermint yang tajam. Sehingga jika menciumnya, tikus-tikus akan mabuk dan terkulai lemah.

Untuk menggunakannya, Kamu bisa langsung menaburkan minyak ini di sudut-sudut ruangan atau di kolong tempat tikus bersembunyi. Jika takut licin, maka cobalah alternatif ke-2, yakni dengan mencelupkan kapas ke dalam minyak peppermint. Kemudian letakkan kapas tersebut di wilayah yang dilintasi oleh tikus.

9. Cengkeh

Via zliving.com

Tahu nggak, ternyata rempah berasa pedas yang sering digunakan untuk bumbu masak ini ampuh untuk mengusir tikus loh! Aroma yang dihasilkan dari minyak essensial yang terkandung dalam cengkeh dapat membuat tikus merasa sangat terganggu.

Untuk menggunakannya Kamu bisa membalurkan bubuk cengkeh pada area yang biasa dilewati tikus. Atau jika ingin lebih praktis, cobalah membeli minyak cengkeh. Kamun hanya perlu merendam kapas dengan minyak cengkeh. Lalu letakkan kapas-kapas tersebut di sekitar rumah.

10. Baking Soda

Via curejoy.com

Tikus adalah hewan yang tidak bisa bersendawa ataupun muntah. Jadi, apabila tikus memakan bubuk baking soda maka perut tikus akan terisi gas dan tidak bisa dikeluarkan. Hal ini menyebabkan tikus mati secara perlahan.

Untuk menggunakan jebakan ini, Kamu bisa membalurkan cairan atau bubuk soda di makanan (keju, apel, ikan asin, atau lainnya). Lalu letakkan makanan tersebut di tempat-tempat yang digemari tikus. Atau bisa juga Kamu membalurkan soda secara langsung di sudut tembok, got, pipa tong sampah atau spot lain lokasi persembunyian tikus.

11. Daun Salam

Via biosourcenaturals.com

Daun yang sering digunakan sebagai penyedap masakan ini bisa juga loh dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Kamu hanya perlu meletakkan daun di lokasi favorit tikus berkeliaran. Tikus akan dengan sendirinya pergi karena tidak suka mencium baunya.

12. Irisan Bawang

Via alphacoders.com

Siapa sih yang tahan dengan bau bawang? Bahkan tikus pun juga tidak menyukai aroma dari rempah ini. Sebagaimana kita tahu, bawang memiliki bau khas yang sangat tajam. Apabila Kamu meletakkan irisan-irisan bawang di tempat persembunyian tikus, maka bisa dipastikan tikus tidak betah dan pergi dari tempatnya.

13. Bubuk Lada

Via stylecraze.com

Umumnya kita akan batuk-batuk jika mencium aroma dari bubuk lada. Ya, rempah ini memang memiliki kandungan senyawa piperin yang sangat menyengat. Apabila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada organ pencernaan.

Aroma dari lada ini juga sangat menganggu indra penciuman tikus. Dengan menaburkannya para area-area persembunyian tikus, perlahan tikus akan sangat terganggu dan pergi.

14. Buah Mengkudu

Via tutknow.ru

Walaupun aromanya tak sedap, tapi kandungan vitamin dan aneka senyawa di dalamya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Nah, siapa sangka ternyata buah ini juga ampuh untuk mengusir tikus loh! Hewan pengerat itu tidak tahan dengan bau mengkudu.Untuk menggunakannya, Kamu bisa membalurkan sedikit jus dari buah mengkudu di sudut-sudut dan area yang sering dilalui tikus.

15. Detergen Dan Cabe

Via zoom.me

Untuk membuatnya, Kamu hanya perlu mencampurkan sesendok detergen, ditambah sesendok teh cabe halus dan sedikit air. Aduk rata semua bahan. Lalu pindahkan ke dalam botol semprot. Apabila Kamu mendapati tikus yang sedang bersarang di rumahmu, Kamu cukup menyemprotkan larutan ini ke arah tikus. Namun pastikan Kamu menggunakan pelindung mata agar tidak merasa perih.

16. Memanggil Ahli Pengusir Tikus

Via juegoscamiones.us

Apabila semua metode diatas telah dicoba dan tidak mendatangkan hasil, mungkin saatnya bagimu untuk memanggil jasa pengusir tikus profesional. Umumnya seorang pengusir tikus akan melakukan pengecekan lokasi terlebih dahulu. Setelah itu mereka akan menganalisa dan menerapkan metode khusus untuk mengusir tikus.

Itulah beberapa cara mengusir tikus di rumah dengan cepat dan aman. Semoga bisa membantu usahamu dalam memberantas tikus ya! Ada pengalaman menarik saat mengusir tikus dirumah? Share di kolom komentar, dong!

31 Comments

Leave a Reply
  1. Kalau ada om jin pengen rasannya suruh hilangin tikus dari muka bumi,sepatu bolong mulu..

  2. Kemarin sempat di coba pake lem tikus.berhasil dia nyangkut,gak bisa gerak biar mati di getok pake balok..tapi masih ada lagi temen temen yang ga masuk masuk perangkap lem tikus

  3. Di kota surabaya kucing udah gak mau makan tikus.
    Gw liatin tiap hari kalo ada kucing pas ketemu tikus cuman di liatin doang, gak berani ngejar.
    Mungkin kucing nya takut gara2 tikus nya terlalu gede dan menjijikan.

  4. Sekalian mau tanya , bubuk merica ama lada sama gak ?
    Soal nya bentuk nya sebelum jadi bubuk kliatan sama

    • Makasih infonya min, kalo mau beli lem tikus tinggal bilang “beli lem tikus”.
      Atau ada namanya
      Makasih

    • Comment* saya pasti akan mencoba .gila tikus q tidur gigit kaki saya .,,sebel banget pokoky oky makasih ka atas infony

  5. Saya akan coba, dan saya akan mengkombimasikan beberapa tips tsb n meletakkan diberbagai tempat akses tikus, saya ingin tikus pergi tanpa membunuhnya. Kasihan… 🙁

  6. Terimakasih tips nya, saya sngat kesel banget sama tikus. Sering berkeliaran dan masuk kamer”. saya ga suka banget sama bau kotorannya. Sangat menyengat banget. Inget bnget ngusir tuh tikus”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *