in

20+ Cara Meninggikan Badan Paling Efektif, Cepat Dan Aman

Via stylecraze.com

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memiliki tinggi badan yang menjulang merupakan dambaan sebagian besar orang. Hal tersebut tidaklah mengejutkan karena selama ini, seseorang akan dianggap lebih menarik jika mereka memiliki tinggi badan yang ideal, seperti contohnya model-model papan atas yang dengan anggunnya berjalan diatas catwalk atau atlet-atlet olahraga yang tampak gagah dengan tinggi badan mereka yang menjulang.

Namun sayangnya, tidak semua orang dianugerahi tinggi badan nan menjulang. Nah, bagi kamu yang ingin meninggikan badan namun masih bingung menemukan cara yang tepat untuk meninggikan badan, OhGitu sudah mengulas cara meninggikan badan yang praktis, cepat dan aman di artikel ini. Baca sampai tuntas ya!

Apakah Tinggi Badan Kamu Dibawah Normal?

Sebenarnya, melakukan penilaian apakah seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal ataukah tidak merupakan suatu hal yang cukup sulit. Hal tersebut dikarenakan setiap orang tentu memiliki pandangannya masing-masing mengenai tinggi badan yang ideal.

Secara teoritis, seseorang yang sudah dewasa dapat dikatakan memiliki tinggi badan dibawah normal jika mereka memiliki tinggi badan dibawah 147 cm.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab mengapa seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal. Nah, pada penjelasan selanjutnya, kamu akan mengetahui berbagai macam penyebab seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal.

Penyebab Tinggi Badan Dibawah Normal

Lalu, sebenarnya faktor apa sajakah yang menjadi penyebab seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal? Nah, dibawah ini kamu akan menemukan berbagai faktor penyebab seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal.

Faktor Genetik

Penyebab seseorang memiliki tinggi badan dibawah normal yang paling umum ditemui adalah karena faktor genetik. Ketika seseorang memiliki orang tua dengan tinggi badan yang pendek, maka kemungkinan besar diri mereka juga akan memiliki tubuh yang pendek.

Walaupun begitu, kamu tidak perlu khawatir jika memang dirimu memiliki tubuh yang pendek karena faktor genetik karena hal ini sangatlah normal dan wajar.

Pengaruh Hormon

Hormon-hormon yang terdapat di dalam tubuh kita ternyata juga sangat berpengaruh terhadap tinggi badan kita. Ketika kamu memiliki tinggi badan yang pendek, maka bisa jadi kamu memiliki hormon insulin yang tinggi, namun kekurangan hormon pertumbuhan (growth hormone).

Untuk mengurangi hormon insulin sekaligus meningkatkan hormon pertumbuhan, maka kamu disarankan untuk memperhatikan pola makanmu dan mengkonsumsi makanan tinggi protein.

Hypotiroidisme

Hypotiroidisme merupakan suatu kondisi yang ternyata dapat menjadi penyebab mengapa seseorang memiliki tinggi badan yang pendek. Hypotiroidisme sendiri merupakan kondisi ketika tubuh seseorang kekurangan hormon tiroid.

Rendahnya kadar hormon tiroid di dalam tubuh akan menyebabkan proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh berkurang. Nah, hal tersebut tentunya akan membuat pertumbuhan otot dan tulang tidak akan maksimal, sehingga seseorang memiliki tinggi badan yang pendek.

Malnutrisi

Malnutrisi atau kekurangan nutrisi tentu saja juga menjadi salah satu faktor mengapa seseorang memiliki tubuh yang pendek. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh seseorang tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan, sehingga kinerja seluruh anggota tubuh menjadi tidak maksimal.

Agar terhindar dari malnutrisi, maka pastikan bahwa kamu mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan juga sumber-sumber karbohidrat.

Penyakit

Selain berbagai faktor yang telah disebutkan diatas, ternyata tubuh yang pendek juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit. Penyakit yang cukup umum diderita seseorang dengan tinggi badan dibawah normal adalah achondroplasia.

Penyakit ini akan menyerang tulang yang menyebabkan tulang tidak mampu berkembang dan tumbuh secara optimal, sehingga tinggi badan akan sangat sulit untuk meningkat.

Penyakit ini juga biasanya terjadi karena adanya faktor genetik. Faktanya, sekitar 80% penderita achondroplasia memiliki orang tua dengan tinggi badan dibawah normal.

Fakta-Fakta Tentang Tinggi Badan

Cara Meninggikan Badan
Via biosom.com.br

Sebelum kamu mengetahui cara-cara untuk meninggikan badan, ada baiknya juga kamu mengetahui terlebih dahulu segala fakta yang berhubungan dengan tinggi badan. Dengan begitu, maka kamu akan terhindar dari segala persepsi keliru mengenai tinggi badan. Berikut ulasan lengkapnya.

Tinggi Badan Bertambah Pada Pagi Hari

Pada pagi hari, secara tidak sadar tinggi badanmu akan bertambah. Namun seiring dengan semakin malamnya hari, maka semakin pendek pula tinggi badanmu. Hal ini dikarenakan ketika pagi hari, tulang belakangmu memiliki banyak kandungan cairan yang secara rutin akan terisi saat kamu tidur.

Nah, cairan ini akan semakin berkurang jumlahnya ketika kamu melakukan aktivitas seperti duduk ataupun berdiri di sepanjang hari, sehingga pada malam hari tinggi badanmu akan berkurang.

30% Faktor Penentu Tinggi Badan Adalah Nutrisi Dan Gaya Hidup

Sekitar 60 hingga 70% faktor penentu tinggi badan seseorang adalah faktor genetik. Nah, 30% sisanya tergantung dari gaya hidup maupun nutrisi yang tubuhmu dapatkan. Jadi, teori yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa memiliki badan yang tinggi hanya karena orang tuamu memiliki tinggi badan yang pendek adalah salah besar.

KafeinTidak Membuat Tubuh Pendek

Banyak orang mengatakan bahwa kafein bisa membuat tubuhmu pendek. Teori tersebut juga tidaklah benar. Kafein tidak akan memberikan dampak apapun terhadap tinggi badanmu. Justru kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol-lah yang dapat membuat tinggi badanmu bertambah pendek.

Wanita Lebih Cepat Bertambah Tinggi

Wanita lebih cepat bertambah tinggi dibandingkan dengan laki-laki saat masa-masa puber. Wanita akan bertambah tinggi dengan cepat pada rentang usia antara 11-12 tahun, sedangkan laki-laki baru akan bertambah tinggi dengan cepat pada usia 13-14 tahun.

Tinggi Badan Manusia Menyusut

Tinggi badan manusia akan mulai berkurang secara alami saat mereka memasuki usia 40 tahun. Pada usia tersebut, cairan pada tulang belakang terus menerus berkurang yang menyebabkan tinggi badan berkurang sedikit demi sedikit. Selain itu, penyakit seperti osteoporosis akan menurunkan tinggi badan secara signifikan, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini.

Hormon Penting Untung Tinggi Badan Adalah Growth Hormone

Faktor yang paling menentukan pertumbuhan tinggi badan seseorang adalah hormon pertumbuhan (growth hormone). Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar hormon pertumbuhan tetap tinggi di dalam tubuh.

10+ Cara Meninggikan Badan Melalui Makanan

Meninggikan badan bisa dilakukan melalui banyak cara. Nah, cara yang paling simpel dan juga mudah adalah memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi. Ternyata, ada beberapa makanan yang akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan jika kita konsumsi secara rutin.

Penasaran makanan apa sajakah yang bermanfaat untuk meninggikan badan? Pada ulasan dibawah ini, kamu akan menemukan berbagai macam makanan yang bermanfaat untuk meninggikan badan.

1. Susu

Via culturesforhealth.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar saran dari orang lain bahwa susu merupakan minuman yang harus kamu konsumsi jika ingin meninggikan badan. Saran tersebut tidaklah salah, karena memang susu dapat membantumu untuk meninggikan badan. Susu mengandung Vitamin D, kalsium, protein, dan juga berbagai mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulangmu.

Seperti yang kita tahu, kalsium dan protein pada susu akan sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara itu, Vitamin D pada susu akan bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi ke dalam tubuh. Untuk itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 gelas susu per harinya.

2. Daging Ayam

Via delish.com

Sama seperti susu, daging ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan, protein akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan tulang. Jika kamu memiliki tulang yang tumbuh dengan sehat, maka tentu saja tinggi badanmu juga akan meningkat. Para ahli berpendapat bahwa jika kamu ingin meninggikan berat badan, maka kamu setidaknya perlu mengkonsumsi 50 gram daging ayam per harinya.

Yang patut dicatat adalah, akan jauh lebih baik jika kamu mengolah ayam yang akan kamu konsumsi dengan cara direbus atau dipanggang daripada digoreng. Mengolah ayam dengan cara digoreng akan meningkatkan jumlah lemak dan juga kalori dalam ayam tersebut sehingga kamu akan sangat beresiko terkena obesitas di masa depan.

3. Kedelai

Via diabeticpick.com

Bagi kamu para pecinta makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai, maka kamu bisa berbahagia karena ternyata, makanan berbahan dasar kedelai juga bermanfaat untuk meninggikan badan.

Makanan berbahan dasar kedelai memiliki kandungan protein, folate, vitamin, dan juga serat yang cukup tinggi. Nah, kadar protein pada kedelai tentunya mampu memicu pertumbuhan tulang dan juga bermanfaat untuk menambah massa otot di tubuhmu, sehingga tentu saja tinggi badanmu akan bertambah.

Sama dengan ayam, kamu disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 50 gram kedelai per harinya. Mengingat ada banyak makanan berbahan dasar kedelai di Indonesia, maka rasanya tidaklah sulit untuk mengkonsumsi 50 gram kedelai per harinya.

4. Telur

Via eggs.ca

Jika berbicara tentang kandungan protein pada suatu makanan, maka tentu saja telur merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan. Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, telur juga mengandung kalsium dan Vitamin D yang akan bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada tulang dan juga otot.

Karena bagian kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi, maka kamu bisa mengkonsumsi bagian putih telurnya saja. Apalagi, bagian putih telur merupakan bagian dari telur yang memiliki kandungan protein paling banyak. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 hingga 4 butir telur per hari agar tinggi badanmu bertambah dengan cepat.

5. Oatmeal

Via sagedining.com

Sama seperti jenis-jenis makanan yang telah disebutkan diatas, oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti yang telah dijelaskan, kandungan protein yang tinggi akan bermanfaat untuk menambah massa otot dan memicu pertumbuhan tulang, sehingga akan membuat tinggi badanmu bertambah.

Selain itu, asam amino yang terkandung dalam oatmeal juga bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh manusia secara keseluruhan, sehingga cukup bermanfaat bagi kamu yang ingin meninggikan badan. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi 50 gram oatmeal sebagai sarapan secara rutin setiap harinya agar memperoleh manfaat oatmeal untuk meninggikan badan.

6. Wortel

Via ugaoo.com

Walaupun tidak secara langsung, namun mengkonsumsi wortel secara rutin ternyata dapat membantumu untuk meninggikan badan. Seperti yang telah kita ketahui, wortel mengandung Vitamin A yang sangat tinggi.

Nah, Vitamin A ini akan sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan ke dalam tubuh, sehingga nantinya organ tubuhmu, terutama otot dan tulang, akan mendapatkan manfaat dari kalsium secara maksimal. Jika sudah begitu, tentu saja tinggi badanmu akan cepat bertambah.

7. Kacang-Kacangan

Via phz8.petinsurance.com

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, atau flaxseeds juga sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Kacang-kacangan mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat untuk memicu produksi growth hormone atau hormon pertumbuhan di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, growth hormone merupakan jenis hormon yang akan membuat badan kita bertambah tinggi.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak tak jenuh dan asam amino yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan memicu pertumbuhan jaringan-jaringan sel pada tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan kacang-kacangan ke dalam menu diet sehatmu ya.

8. Pisang

Via vineverareviews.com

Bagi kamu para pecinta pisang, maka kamu bisa berbahagia karena ternyata buah satu ini dapat membuat badanmu bertambah tinggi, lho.

Pisang memiliki kandungan kalsium yang akan sangat bermanfaat untuk menyokong proses pertumbuhan tulang. Pisang juga memiliki kandungan potassium yang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Selain itu, pisang mengandung mangan yang cukup tinggi. Nah, mangan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga mampu mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh kita.

9. Kerang

Via wallpaperscraft.com

Salah satu seafood yang cukup mudah ditemui di Indonesia ini juga akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Hal ini dikarenakan kerang mengandung protein yang sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang dan menambah kepadatan tulangmu.

Selain itu, berbagai kandungan nutrisi pada kerang juga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatanmu secara keseluruhan, lho. Untuk dapat meninggikan badan, kamu disarankan untuk mengkonsumsi 1200 mg kalsium setiap hari.

10. Sayuran Berdaun Hijau

Via healthsomeness.com

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, okra dan lobak juga sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Brokoli mengandung kalsium yang akan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, kandungan zat besi dan Vitamin C pada brokoli akan memaksimalkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Okra juga mengandung protein, karbohidrat, dan juga serat yang akan membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. Lobak memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan mineral yang faktanya dapat memicu produksi hormon pertumbuhan atau growth hormone dalam tubuh. Sama seperti lobak, bayam juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan mineral yang dapat memicu produksi hormon pertumbuhan.

11. Yogurt

Via salon.com

Yogurt akan memberikan manfaat yang sama seperti susu dalam meninggikan badan. Yogurt mengandung protein dan juga kalsium yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyokong pertumbuhan tulang. Selain itu, yogurt juga memiliki Vitamin A, D, B, dan E yang juga akan sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh.

Yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi. Probiotik atau yang biasa disebut sebagai ‘bakteri baik’ akan membantu penyerapan kalisum dari makanan ke dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari yogurt dalam meninggikan badan, kamu disarankan untuk mengkonsumsi 2 mangkuk yogurt setiap harinya secara rutin.

12. Aswagandha

Apakah kamu tahu apa itu aswagandha? Aswagandha adalah sejenis ginseng yang berasal dari India. Nah, ternyata aswagandha ini merupakan salah satu sumber herbal yang telah sangat dikenal sebagai peninggi badan yang sangat ampuh.

Aswagandha memiliki protein yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyokong pertumbuhan tulang dan menambah kepadatan tulang. Aswagandha telah dipercaya dapat menstimulus produksi growth hormone atau hormon pertumbuhan, sehingga tinggi badanmu akan bertambah.

Kamu bisa membeli aswagandha di toko-toko obat herbal yang biasanya tersedia dalam bentuk bubuk. Cara mengkonsumsinya pun mudah, cukup campurkan 2 sendok teh bubuk aswagandha ke dalam minuman yang akan kamu konsumsi.

10+ Cara Meninggikan Badan Melalui Aktivitas & Kebiasaan

Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan tinggi protein dan mineral, meninggikan badan juga harus dilakukan bersamaan dengan berbagai aktivitas maupun kebiasaan sehari-hari. Dengan begitu proses pertumbuhan tinggi badan kamu pun akan lebih baik dan cepat.

Nah, apa sajakah aktivitas dan juga kebiasaan-kebiasaan kecil yang ternyata dapat membantu untuk meninggikan badan? Dibawah ini kamu akan menemukan berbagai aktivitas yang sangat bermanfaat untuk meninggikan badan.

1. Tidurlah Dalam Waktu Yang Cukup

Via greatist.com

Sekilas, memiliki waktu tidur yang cukup tidak ada hubungannya dengan meninggikan badan. Padahal, memiliki waktu tidur yang cukup akan sangat membantu untuk meninggikan badan. Hal tersebut dikarenakan tubuhmu akan tetap bekerja, walaupun kamu sedang tidur.

Penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institute of Health telah menunjukkan bahwa growth hormone atau hormon pertumbuhan akan bekerja secara maksimal pada saat manusia sedang tertidur. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

Selain itu, pastikan bahwa postur tubuhmu sewaktu tidur dalam kondisi yang ideal. Ketika tidur, akan lebih baik jika kamu tidur dalam posisi berbaring lurus. Selain itu, tinggikan sedikit posisi lututmu dengan menaruh bantal dibawah lututmu, sehingga tulang punggungmu berada dalam kondisi dan posisi yang ideal.

2. Biasakan Berdiri dan Duduk Dengan Postur Tubuh Yang Benar

Via simplek12.com

Apakah kamu memiliki kebiasaan membungkuk saat sedang berdiri ataupun duduk? Jika iya, maka segera ubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Duduk ataupun berdiri dalam keadaan bungkuk akan memberikan dampak negatif pada pertumbuhan tulang belakang kita di kemudian hari. Selain itu, ketika kita duduk atau berdiri dalam posisi bungkuk, maka tentu saja kita menjadi tidak terlihat menarik dimata orang lain.

Membiasakan duduk atau berdiri dalam posisi yang tegak akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga memicu pertumbuhan tulang belakang sehingga tentu saja tinggi badanmu akan bertambah walaupun secara perlahan-lahan. Selain itu, kamu-pun akan mendapat manfaat lain, yaitu kamu akan terlihat semakin menarik dimata orang lain.

3. Lakukan Peregangan Tubuh Secara Berkala

Via huffpost.com

Kebiasaan kecil seperti melakukan peregangan akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Ketika kamu melakukan peregangan, maka tentu saja otot-otot yang tegang, terutama otot yang terletak pada tulang belakang akan menjadi rileks. Selain itu, melakukan peregangan tentu saja juga akan membuat tulang belakangmu juga meregang, sehingga akan sangat membantu untuk membuat tinggi badanmu semakin bertambah.

Kamu bisa melakukan peregangan dimana saja dan kapan saja. Caranya pun sangat mudah, cukup rentangkan kedua tangan ke atas ketika kamu sudah duduk dalam waktu yang lama dan lakukan peregangan ini secara berkala setiap harinya secara rutin.

4. Maksimalkan Sinar Matahari

Via sg-fitclub.com

Selain melakukan peregangan tubuh, melakukan kegiatan outdoor di pagi hari seperti sekedar berjalan-jalan di bawah sinar matahari juga merupakan suatu kebiasaan yang akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Mengapa demikian? Sinar matahari, terutama sinar matahari di pagi hari, merupakan salah satu sumber Vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan penyerapan kalsium.

Ketika tubuhmu terkena sinar matahari, maka tubuhmu akan menyerap Vitamin D dari sinar matahari tersebut. Nah, Vitamin D ini nantinya akan digunakan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan, sehingga kesehatan dan pertumbuhan tulang akan terjaga. Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk melakukan kegiatan outdoor di pagi hari, ketika matahari pagi masih belum terlalu menyengat di kulit.

5. Hindari Alkohol

Via loveyourliver.squarespace.com

Bagi kamu yang memiliki hobi mengkonsumsi minuman beralkohol namun ingin  meninggikan badan, maka kamu harus mengurangi konsumsi alkohol mulai dari sekarang. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol akan melemahkan kinerja otak dan juga akan melemahkan fungsi berbagai organ di dalam tubuhmu. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga akan membuat koordinasi antar otot dan tulang menjadi melemah, sehingga akan mencegah pertumbuhan tulang dan juga otot.

6. Berhenti Merokok

Via huffingtonpost.com

Ternyata, kebiasaan merokok juga dapat mengubur impianmu untuk memiliki tubuh yang tinggi. Terlalu banyak merokok akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu dan juga akan mencegah tubuhmu untuk bertambah tinggi.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Heart Association telah membuktikan bahwa merokok dapat meningkatkan kadar karbon monoksida di dalam aliran darah. Nah, tingginya kadar karbon monoksida ini akan menghambat aliran darah ke tubuh, termasuk ke tulang. Jika sudah begitu, tentu saja tulang akan kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh sehingga tinggi badanmu pun tidak akan bertambah.

Selain itu, menurut HealthGuidance, merokok juga akan membuat kadar testosteron dalam tubuhmu berkurang. Padahal, hormon testosteron merupakan hormon yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan juga tulang. Oleh sebab itu, mulai sekarang coba berhenti merokok ya!

7. Minumlah Air Putih Secara Rutin

Via greatlifeandmore.com

Kebiasaan seperti mengkonsumsi air putih secara rutin setiap hari juga ternyata dapat membantumu untuk meninggikan badan. Ketika kamu mengkonsumsi air putih secara rutin, maka tentu saja proses metabolisme di dalam tubuhmu akan berlangsung secara optimal.

Jika proses metabolisme dalam tubuhmu berlangsung optimal, maka proses penyerapan nutrisi makanan ke seluruh tubuh, termasuk ke tulang, juga akan semakin maksimal. Jika sudah begitu, maka tentu saja tulangmu akan tumbuh dengan sehat dan tinggi badanmu akan bertambah secara perlahan-lahan.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi paling tidak 8 gelas air putih setiap harinya, sehingga proses metabolisme di dalam tubuhmu dapat terjaga dengan baik.

8. Tertawalah Lebih Sering

Via huffpost.com

Tahukah kamu bahwa ternyata hal-hal sepele seperti tertawa juga dapat memberikan manfaat untuk membuat badanmu menjadi lebih tinggi? Ya, menurut beberapa hasil penelitian, tertawa ternyata memiliki efek yang dapat meninggikan badan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Loma Linda School of Public Health, tertawa akan sangat membantu untuk meningkatkan produksi growth hormone hingga 87%.

Dr. Lee S. Berk yang mengadakan penelitian di Loma Linda University mengatakan bahwa subyek yang tertawa setelah menonton video-video lucu mengalami peningkatan kadar growth hormone hingga 87% dibandingkan dengan subyek yang tidak menonton video lucu. Oleh karena itu, sebisa mungkin perbanyaklah tertawa, karena selain dapat melepas stress, tertawa juga mampu membantumu untuk meninggikan badan.

9. Jagalah Berat Badan Idealmu

Via atusaludenlinea.com

Jika kamu sudah memiliki berat badan yang ideal, maka jagalah berat badanmu. Namun jika kamu memiliki berat badan berlebihan, maka segera lakukan berbagai cara menurunkan berat badan agar kamu memiliki berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal sangat bermanfaat untuk membuat badanmu bertambah tinggi.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan masalah obesitas akan memiliki hormon insulin yang cukup tinggi di dalam tubuh mereka. Nah, ternyata semakin banyak hormon insulin yang ada di dalam tubuh, maka semakin sedikit kadar growth hormone di dalam tubuhmu.

Padahal, growth hormone merupakan hormon yang sangat diperlukan tubuhmu agar kamu bisa bertambah tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga berat badan idealmu.

10. Berlatihlah Untuk Melakukan Puasa

Via sciencemag.org

Ternyata, melakukan puasa secara rutin juga memiliki manfaat yang cukup signifikan untuk meninggikan badan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika kamu berpuasa, maka tentu saja kamu tidak akan mengkonsumsi makanan.

Nah, jika kamu tidak mengkonsumsi makanan, maka otomatis kadar hormon insulin pada tubuhmu pun akan rendah. Ketika kadar insulin di dalam tubuh rendah, maka tentu saja hormon pertumbuhan dalam tubuh justru akan tinggi, yang dalam jangka panjang akan bermanfaat untuk meninggikan badan.

Menurut studi yang telah dipublikasikan dalam EurekAlert, dalam kurun waktu 24 jam saja, kadar hormon pertumbuhan akan meningkat sebanyak 1300% di dalam tubuh wanita yang berpuasa, sedangkan pada pria yang berpuasa, kadar hormon pertumbuhan akan meningkat sebesar 2000%.

23. Mulailah Berlatih Yoga

Via knowmore.com

Melakukan aktivitas yang sehat seperti yoga akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan dengan cepat. Berlatih yoga akan sangat bermanfaat untuk merilekskan seluruh anggota tubuh serta akan meregangkan otot maupun tulang. Selain itu, menurut beberapa studi, berlatih yoga juga akan menstimulus tubuh untuk memproduksi growth hormone atau hormon pertumbuhan.

Selain itu, berlatih yoga juga akan bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuhmu sehingga akan membuatmu tampak menjadi lebih tinggi dan juga menarik. Beberapa pose yoga yang sangat bermanfaat untuk meninggikan badan adalah Surya Namaskar, Tadasana, dan juga Bhujanga.

24. Rajin-Rajinlah Berolahraga

Via fermoy.ie

Ini mungkin merupakan tips yang cukup klise, namun memang kenyataanya melakukan beberapa jenis olahraga secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menambah tinggi badanmu. Berenang merupakan salah satu olahraga yang akan membuat otot-otot tulang pada kaki dan juga tangan meregang. Nah, meregangnya otot-otot tersebut tentu saja akan membuat tubuhmu bertambah tinggi.

Sama dengan berenang, dengan melakukan basket, maka otot-otot tulang, terutama tangan dan kaki, akan sering meregang. Hal tersebut lama kelamaan akan membuat tubuhmu bertambah tinggi. Selain itu, bersepeda juga akan bermanfaat untuk meregangkan otot-otot pada tulang belakang dan juga kaki.

13. Konsumsilah Suplemen HGH

Via mastertrainersinternational.com

Bagi kamu yang ingin meninggikan badan dengan cepat, maka mungkin kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen HGH atau suplemen yang bermanfaat untuk menambah kadar hormon pertumbuhan atau growth hormone di dalam tubuhmu.

Nah, suplemen HGH ini sudah banyak dijual di apotek dan kamu bisa membelinya tanpa resep dari dokter. Yang patut diingat adalah, selalu patuhi dosis penggunaannya sehingga kamu tidak mengalami overdosis yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatanmu di masa depan.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui segala hal yang perlu kamu lakukan untuk meninggikan badan. Selamat mencoba cara-cara diatas dan semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Ceritakan pengalamanmu dalam meninggikan badan di kolom komentar, ya!

15 Comments

Leave a Reply
  1. Terima kasih infonya, mudah mudahan saya bisa jadi lebih tinggi, dari 154 bisa jadi 168, biar sama seperti idola saya lisa blackpink. Tetap olahraga dan jaga makan ya guys, juga minum obat peninggi dari dokter.

  2. Saya umur sudah dia atas 20 thn . Apakah masih bisa tinggi badan saya bertambah dengan pola hidup dan cara di atas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *