in

Ingin Pintar? Begini 15 Cara Meningkatkan IQ

Cara Meningkatkan IQ
Via medicalnewstoday.com

IQ (intelligence quotient) merupakan sebuah angka yang digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Umumnya nilai IQ didapatkan dari sebuah tes standar yang meliputi tes verbal dan non verbal.

IQ ini juga berkaitan erat dengan kemampuan kognitif, yang mana meliputi kemampuan menghafal, analisis, memecahkan masalah, pemahaman, dan penerapan.

Kebanyakan orang biasanya mendapatkan skor IQ antara 85-139, yang mana nilai tersebut adalah klasifikasi untuk ‘low average’ sampai ‘superior’. Sedangkan skor ‘genius’ diatas 140.

Cara Meningkatkan IQ dengan Efektif

Sebenarnya, test IQ tidak sepenuhnya bisa diandalkan ataupun dijadikan patokan untuk mengukur kecerdasan manusia. Kondisi gugup dan fisik yang kurang sehat juga mempengaruhi hasil tes IQ.

Oleh karenanya, Anda perlu berada dalam kondisi rileks saat hendak melakukan tes. Selain itu, untuk meningkatkan IQ, Anda bisa pula berlatih mempertajam otak dengan bermain teka-teki, game, atau melakukan keterampilan baru.

Nah, berikut ini beberapa cara meningkatkan IQ yang bisa Anda coba!

1. Lakukan Meditasi

Via finerminds.com

Seberapa sering Anda melakukan meditasi dalam seminggu? Atau jangan-jangan Anda tak pernah mencobanya?

Meditasi berperan penting terhadap kecerdasan seseorang. Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Consciousness and Cognition, dijelaskan bahwa meditasi merupakan bentuk latihan otak yang membantu merilekskan pikiran, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Di samping itu, meditasi juga mencegah penurunan fungsi kognitif yang dipengaruhi oleh usia.

Salah satu contoh olahraga yang melibatkan proses meditasi yakni yoga.

2. Terapkan Latihan Fisik Sederhana

Cara meningkatkan IQ selanjutnya, yakni dengan melakukan latihan fisik sederhana secara rutin. Misalnya saja yoga, bersepeda, berenang, dan berlari.

Sebagaimana dijelaskan dalam jurnal yang diterbitkan di situs comprehensive physiology pada tahun 2014, dimana dijelaskan bahwa sebuah penelitian yang melibatkan pemetaan otak (neuroimaging) menemukan bahwa latihan fisik dapat meningkatkan fungsi syaraf otak yang bertanggung jawab terhadap kemampuan kognitif.

Singkatnya, berolahraga bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh. Selain meningkatkan asupan oksigen, olahraga fisik juga melancarkan metabolisme, membantu pelepasan hormon lebih seimbang, serta mengoptimalkan kerja neurotransmitter.

Semua hal tersebut tentunya memberikan dampak baik bagi otak, dan bisa membuat Anda lebih cerdas.

3. Coba Belajar Memainkan Alat Musik

Anda tahu tidak, ternyata bermain instrumen berkaitan erat dengan peningkatkan IQ, loh!

Tentunya pernyataan ini bukannya tidak berdasarkan. Ada banyak penelitian yang telah membuktikan. Salah satunya penelitian yang diterbitkan di situs Frontiers in Psychology, yang mana menjelaskan bahwa memainkan alat musik dapat mengaktifkan saraf motorik dan sensorik di otak.

Selain itu, bermain musik juga memberikan efek signifikan terhadap kecerdasan emosi.

4. Pelajari Keterampilan Baru

Jika Anda ingin mengasah otak, tentunya jangan hanya stuck di rutinitas yang itu-itu saja. Berusahalah untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Ingat, belajar tak harus di sekolah ya! Anda bisa mencoba belajar bahasa asing dari internet, misalnya lewat nonton film dan mendengarkan musik. Atau bisa pula Anda mengikuti kursus yang sesuai passion, seperti baking, menjahit, melukis dan sebagainya.

Dengan Anda belajar melakukan hal-hal baru, itu akan membuat syaraf-syaraf di otak tetap aktif. Beragam informasi yang Anda dapatkan juga menambah wawasan sekaligus menstimulasi fungsi psikis.

5. Berpuasalah Sesekali

Via sciencemag.org

Tak sedikit ilmuwan dunia yang telah meneliti dampak positif dari berpuasa. Selain bisa menjaga kesehatan, puasa juga mempengaruhi daya kerja otak.

Menurut penelitian, berpuasa selama 16 jam akan meningkatkan jumlah neuron serta membuat sel-sel di otak lebih tahan terhadap kerusakan. Tetapi ingat, puasa ini bukan berarti harus dilakukan secara terus-menerus. Cukup sesekali aja. Anda bisa menerapkannya 2 kali dalam seminggu, sekitar 12 jam dari subuh hingga maghrib.

6. Buat Jurnal Harian

Menulis jurnal atau diary harian merupakan cara bagus untuk merefleksikan perasaan. Kegiatan ini tidak hanya mempengaruhi kondisi mental saja, tapi juga bisa mengoptimalkan daya pemahaman, memperluas kosakata, serta meningkatkan kerja otak dalam mengkritisi suatu hal.

Jika Anda bosan menulis di buku, alternatif lain Anda bisa mencoba blogging. Cara ini lebih menarik dan simpel, selain itu juga berpeluang menghasilkan uang, loh!

7. Penuhi Asupan Nutrisi Tubuh

Untuk meningkatkan IQ, tentunya tidak cukup hanya dengan berlatih saja. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi tubuh.

Dimulai dari waktu sarapan, cobalah mengonsumsi makanan tinggi protein misalnya susu dan telur. Protein diketahui dapat mengoptimalkan fungsi neurotransmitter pada otak, termasuk dopamin dan norepinefrin yang bekerja dalam mempertajam memori serta meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, imbangi juga pola makan Anda dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, creatine, ginkgo biloba, vitamin dan zat antioksidan.

8. Tingkatkan Konsumsi Makanan Sumber Vitamin B

Salah satu jenis vitamin yang dapat meningkatkan IQ adalah vitamin B kompleks. Vitamin ini bekerja dalam meningkatkan alirah darah menuju otak, mengoptimalkan daya ingat, serta mencegah kerusakan syaraf otak.

 Adapun jenis vitamin B yang paling berpengaruh terhadap kesehatan otak, yakni vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (pyridoxine), B9 ( asam folat) dan B12 (cyanocobalamin).

Sedangkan makanan sumber vitamin B, seperti telur, keju, gandum utuh, sayuran hijau dan daging.

Walaupun vitamin B ini kaya khasiat, namun pengonsumsiannya juga jangan berlebihan. Ada baiknya jika Anda membicarakan dengan dokter untuk memastikan takaran yang tepat.

9. Coba Bermain Game Asah Otak

Kebanyakan orang berpikir bahwa bermain game hanya akan memberikan dampak negatif. Misalnya aja, bikin orang jadi pemalas.

Well, faktanya nggak selalu begitu, Guys! Beberapa jenis game justru direkomendasikan untuk membantu meningkatkan IQ. Khususnya game yang berkaitan dengan asah otak seperti sudoku, Quiz Up, What Saying, dan sejenisnya.

Menurut penelitian yang diterbitkan di PLoS One, bermain game seperti Brain Age atau Tetris berpengaruh terhadap peningkatan memori otak, daya tangkap, serta mengoptimalkan fungsi psikis.

Anda juga bisa mencoba mengisi teka-teki silang di saat waktu senggang. Aktivitas ini melatih daya kerja otak jadi semakin tajam.

10. Jangan Terlalu Bergantung Pada Teknologi

Penyebab Hp Lemot

Layaknya sebuah pisau yang harus diasah terus agar tak tumpul, otak pun juga demikian. Jika Anda membiarkan otak tak bekerja dalam kurun waktu lama, maka efeknya kecerdasan akan menurun.

Oleh karenanya, jangan biasakan otak Anda jadi malas. Hindari bergantung pada teknologi secara berlebihan. Misalnya Anda selalu menghitung dengan calculator, atau menyontek jawaban dari internet, hal-hal semacam itu jangan dilakukan terus-menerus.

Lebih baik manfaatkan otak Anda untuk bekerja. Dengan begitu, tingkat IQ Anda juga bakal semakin meningkat.

11. Segera Tidur Saat Mengantuk

Ketika Anda menguap, itu adalah bentuk sinyal dari otak bahwa Anda sedang mengantuk. Anda butuh beristirahat. Untuk menyikapinya, tentu Anda harus segera pergi tidur.

Anda harus tahu bahwa otak juga bisa lelah. Meski Anda mencoba menguatkan, kemungkinan otak tak bisa berfungsi secara optimal. Dan jika Kamu tetap memaksa maka efeknya akan mengganggu fungsi mental, menurunkan kemampuan kognitif, serta mengganggu kerja saraf-saraf di otak.

Idealnya, Anda harus mencoba tidur malam 7-9 jam sehari. Tidur malam ini sangat penting, sebab ketika tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Jadi hindari begadang jika tidak benar-benar penting!

12. Perbanyak Membaca

Membaca merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kecerdasan otak.

Ya, manusia pintar bukan sekedar dipengaruhi oleh faktor genetik. Justru pendidikanlah yang lebih dominan memberikan pengaruh terhadap rendah tingginya IQ seseorang.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjadi cerdas maka perbanyaklah membaca. Entah itu yang berhubungan dengan ilmu sains, sosial atau pengetahuan lainnya. Membaca tidak harus dari buku, Anda juga bisa menambah wawasan dari internet atau koran.

13. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula terbukti kurang baik untuk kesehatan. Selain bisa memicu diabetes, dampak buruk lainnya yakni berisiko menghambatkan kerja sel-sel otak. Yang mana, bila Anda terus-menerus mengonsumsinya dalam kadar berlebihan, maka bukan tak mungkin IQ akan menurun.

Nah, amannya batasi saja pengonsumsian gula. Khususnya pada makanan kemasan, makanan cepat saji dan soda. Kandungan gula pada makanan-makanan tersebut sangat tinggi dan sangatlah tidak sehat!

14. Batasi Aktivitas Multitasking Digital

Buat Anda para wanita yang hobi melakukan multitasking, ternyata kegiatan semacam itu kurang baik loh! Terutama multitasking digital, seperti chattingan sambil nonton televisi atau telefon sambil ngetik kerjaan. Hal tersebut membuat otak jadi kebingungan.

Sebagaimana disebutkan oleh penelitian di Universitas Copenhagen, yang mengatakan bahwa aktivitas multitasking atau menjalankan sesuatu berbarengan bisa mengganggu kerja otak, bahkan berpotensi menurunkan IQ.

15. Ubah Aktivitas Harian Anda

Via news.gsu.edu

Apa yang Anda lakukan ketika bangun tidur? Mandi? Sarapan? Berangkat kerja? Pulang, lalu tidur? Hmm, sesekali cobalah mengubah rutinitas Anda. Sebuah penelitian mengklaim bahwa sebuah aktivitas yang menantang otak bisa membantu meningkatkan IQ.

Dengan Anda membentuk ‘jalur’ baru di otak, maka itu juga akan mengasah kemampuan serta menghindarkan diri dari risiko stres.

Mulai besok, coba deh lakukan aktivitas yang agak berbeda. Misalnya mengawali pagi dengan berolahraga ringan. Kemudian ambil arah berbeda untuk menuju kantor. Yah, apapun itu, lakukan aktivitas baru yang menyenangkan!

Nah, demikianlah beberapa cara meningkatkan IQ. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *