Via independent.co.uk

20+ Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Cepat

Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk mempunyai berat badan yang ideal. Dengan memiliki berat badan yang ideal, seseorang akan menjadi lebih sehat dan juga percaya diri.

Namun, tidak semua orang memiliki berat badan yang ideal karena nyatanya ada banyak orang yang memiliki masalah obesitas dan bingung bagaimana cara menurunkan berat badan.

Nah, di artikel ini, kamu akan menemukan berbagai macam cara praktis untuk menurunkan berat badan secara cepat dan juga aman. Sebelum berlanjut ke pokok pembahasan, OhGitu akan mengajak kamu untuk mengenali apa itu obesitas, apakah kamu mengalami obesitas, faktor-faktor penyebab obesitas dan penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Pembahasan tersebut adalah sebagai dasar pengetahuan untuk menurunkan berat badan dan memotivasi kamu bahwa betapa pentingnya menjaga tubuh pada berat badan ideal untuk meminimalisir resiko terjadinya penyakit mematikan di kemudian hari.

Apakah Sih Obesitas?

Via gnet.org

Obesitas merupakan suatu kondisi ketika seseorang memiliki berat badan yang berlebihan. Berat badan yang berlebihan ini biasanya disebabkan oleh banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh.

Yang patut dicatat adalah, setiap orang memiliki standar obesitas-nya masing-masing, karena untuk menentukan apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak, kita juga harus memperhitungkan tinggi badan masing-masing orang.

Apakah Saya Mengalami Obesitas?

Nah, saat ini ada 2 cara simpel untuk mengetahui apakah berat badanmu berlebih ataukah tidak. Berikut merupakan kedua cara tersebut:

Menghitung Body Mass Index

Body Mass Index (BMI) merupakan suatu metode untuk mengetahui apakah kamu memiliki berat badan yang ideal ataukah tidak. Nilai BMI bisa didapatkan dengan menghubungkan tinggi badanmu dengan berat badanmu.

Kamu bisa menghitung sendiri nilai BMI-mu disini. Jika kamu mendapatkan nilai BMI berkisar diantara 20 hingga 22, berarti kamu memiliki berat badan ideal. Jika kamu memiliki BMI diatas 25, berarti kamu harus menurunkan berat badanmu.

Menghitung Lingkar Pinggang

Selain menghitung BMI, cara lain untuk mengetahui apakah berat badanmu berlebih ataukah tidak adalah dengan menghitung lingkar pinggang-mu. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena pinggang merupakan salah satu tempat dimana lemak banyak tertimbun di dalam tubuh.

Jika kamu seorang wanita, maka kamu dianggap mengalami obesitas jika lingkar pinggangmu diatas 35 inchi. Sedangkan jika kamu seorang pria, maka kamu dianggap mengalami obesitas jika lingkar pinggangmu diatas 40 inchi.

Faktor Utama Penyebab Obesitas

Sebenarnya apa sajakah faktor-faktor yang membuat seseorang bisa mengalami obesitas? Dibawah ini kamu akan menemukan berbagai macam faktor penyebab obesitas.

  1. Faktor Genetik
  2. Pengaruh Hormon
  3. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik
  4. Terlalu Banyak Makan
  5. Hypotiroidisme
  6. Pengaruh Obat-Obatan

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kegemukan

Via health.clevelandclinic.org

Penyakit apa sajakah yang bisa disebabkan karena berat badan berlebihan? Berikut penjelasannya.

Serangan Jantung

Ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang bisa kamu alami jika kamu memiliki berat badan berlebihan. Ketika kamu memiliki berat badan berlebih, maka tentu saja terdapat banyak lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Nah, timbunan lemak yang menumpuk di pembuluh darah nantinya akan menimbulkan plak yang akan menghambat sirkulasi aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tidak bisa bekerja secara semestinya.

Stroke

Prosesnya pun sama dengan serangan jantung, namun bedanya timbunan lemak di pembuluh darah akan menghambat sirkulasi aliran darah ke otak. Akibatnya, otak akan kekurangan nutrisi dan juga oksigen, sehingga timbulah kondisi stroke yang cukup fatal bahkan bisa menjurus ke kematian.

Diabetes Tipe 2

Hasil penelitian dari para ahli telah membuktikan bahwa orang dengan masalah obesitas akan memiliki kemungkinan besar untuk terkena diabetes tipe 2.

Orang-orang dengan masalah obesitas cenderung memiliki tingkat insulin yang sangat tinggi, namun insulin tersebut tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi. Akhirnya, lemak pun tertimbun di dalam tubuh dan munculah diabetes tipe 2.

Kanker

Memiliki masalah obesitas ternyata dapat memicu berbagai macam kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan juga kanker esofagus.

Walaupun mekanisme mengapa obesitas bisa memicu pertumbuhan kanker belum diketahui secara pasti, namun beberapa hasil penelitian telah memperlihatkan bahwa kanker-kanker yang disebutkan diatas memiliki hubungan erat dengan berat badan seseorang yang berlebihan.

10+ Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Makanan

Cara menurunkan berat badan melalui makanan merupakan cara yang paling mudah. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka kita bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Mau tahu apa sajakah makanan yang mampu membantumu untuk menurunkan berat badan dengan cepat? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ikan

Via divinehealthfromtheinsideout.com

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kolesterol dengan cepat, maka mengkonsumsi ikan adalah pilihan yang sangat tepat. Secara khusus, ikan tuna dan ikan salmon merupakan jenis ikan yang bisa kamu pilih untuk diet sehatmu.

Kedua ikan ini memiliki kalori yang sangat rendah, tetapi memiliki protein yang sangat tinggi dan juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kedua ikan ini juga memiliki kandungan iodin yang akan mengoptimalkan kinerja tiroid. Jika tiroid bekerja secara optimal, maka otomatis metabolisme tubuhmu juga akan meningkat.

2. Oat

Via sagedining.com

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, maka kamu bisa mengkonsumsi oat sebagai sumber karbohidratmu disaat sarapan. Hal ini dikarenakan oat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Nah, kandungan serat yang cukup tinggi ini tentu saja akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, oat juga merupakan jenis karbohidrat yang bisa membuat proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih optimal. Jika sudah begitu, tentu saja tubuhmu menjadi lebih cepat dalam hal membakar lemak.

Menurut para ahli, mengkonsumsi 4,6 gram oat setiap hari saja sudah sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.

3. Telur

Via eggs.ca

Salah besar jika kamu tidak memasukkan telur ke dalam daftar diet sehatmu. Telur justru akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya sangat tinggi, namun kalorinya cukup rendah. Hal tersebut tentunya akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan bahwa wanita dengan masalah obesitas akan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit setelah mereka mengkonsumsi telur sebagai sarapan [1].

4. Sayuran

Via alphacoders.com

Segala jenis sayuran mulai dari bayam, seledri, hingga tomat tentu saja merupakan jenis makanan yang harus ada di dalam daftar dietmu. Sayuran memiliki kalori dan karbohidrat yang sangat rendah, namun kandungan seratnya sangatlah tinggi.

Atas alasan itulah, sayuran sangatlah cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin makan sampai kenyang, namun kalori dalam tubuhmu tidak meningkat secara signifikan. Selain itu, sayuran juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan kalsium yang terkandung di dalam sayuran dapat membantu tubuhmu untuk membakar lebih banyak lemak.

5. Kacang-Kacangan

Via alphacoders.com

Kacang-kacangan memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun ternyata, lemak yang terkandung di dalam kacang-kacangan tidak akan membuatmu gemuk.

Hal ini dikarenakan lemak yang terdapat pada kacang-kacangan merupakan lemak tak jenuh. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat dan juga protein yang tinggi.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kacang almond dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh [2]. Jika proses metabolisme meningkat, maka tentu saja pembakaran lemak di dalam tubuh akan berlangsung lebih cepat.

6. Cabai

Via zoom.me

Kabar gembira buat kamu para pecinta makanan pedas. Ternyata, cabai sangatlah bermanfaat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Hal ini karena ternyata mengkonsumsi cabai akan meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Menurut Angelo Tremblay, seorang pakar gizi dari University in Canada, cabai memiliki suatu senyawa bernama capsaicin. Nah, capsaicin ini akan membuat tubuhmu memproduksi hormon adrenalin yang nantinya akan meningkatkan proses metabolisme.

7. Alpukat

Via lifehack.org

Walaupun alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi, namun ternyata buah satu ini merupakan salah satu superfood yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Alpukat mengandung asam oleic yang merupakan lemak tak jenuh dan tentunya tidak akan membuat kamu menjadi gemuk.

Menurut sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, menambahkan alpukat dalam menu makanan akan sangat bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan ke dalam tubuh [3].

8. Cuka

Via tescoliving.com

Menambahkan cuka dalam makanan sangatlah bermanfaat bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan cuka mampu membuat kita menjadi merasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health telah menunjukkan bahwa cuka mampu membuat orang merasa kenyang lebih lama sehingga mereka akan mengkonsumsi makanan lebih sedikit dari biasanya [4].

Selain itu, ada lagi sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang dengan masalah obesitas akan mengalami penurunan berat badan hingga 1,7 kg hanya dalam waktu 5 minggu setelah mereka mengkonsumsi  15-30 mL cuka setiap harinya secara rutin [5].

9. Minyak Kelapa

Via organicfacts.net

Minyak alami ini juga ternyata sangat ampuh untuk membantumu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung asam lemak yang dinamakan dengan Medium Chain Trygliceride (MCT).

Nah, menurut sebuah studi yang telah dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, MCT akan membuat rasa kenyang menjadi lebih tahan lama dan juga akan mempercepat proses pembakaran lemak di tubuh [6].

Selain itu, minyak kelapa mampu mengurangi lemak yang tertimbun di dalam perut. Nah yang patut diingat adalah, minyak kelapa mengandung kalori yang lumayan tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah minyak alami ini dengan kadar yang tidak berlebihan.

10. Yogurt

Via salon.com

Yogurt akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena kandungan probiotiknya yang sangat tinggi. Probiotik adalah bakteri baik yang akan meningkatkan kesehatan tubuhmu dan menghambat produksi leptin, sebuah senyawa yang akan memproduksi hormon-hormon penyebab obesitas.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University juga telah menyimpulkan bahwa yogurt cukup berperan dalam membantu menurunkan berat badan pada orang-orang yang mengalami kasus obesitas.

11. Teh Hijau

Via cancerfightersthrive.com

Mengkonsumsi teh hijau ternyata juga akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa antioksidan bernama catechin yang akan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh dan juga akan mempercepat pembakaran lemak di tubuh hingga 16%.

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health bahkan telah memperlihatkan bahwa mengkonsumsi segala jenis teh, baik itu teh hijau, teh oolong, atau teh hitam akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak [7].

12. Sop

Via alphacoders.com

Mengkonsumsi segala jenis sop ternyata juga akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badanmu. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti sop akan membuatmu menjadi lebih cepat kenyang.

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health memperlihatkan bahwa mengkonsumsi sop ternyata dapat membuat seseorang makan dengan porsi yang lebih sedikit [8].

10+ Cara Menurunkan Berat Badan Melalui Gaya Hidup

Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat, menurunkan berat badan dengan cepat juga bisa dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup dan juga kebiasaan yang kamu lakukan pada kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan-kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari sangatlah membantu untuk menurunkan berat badan. Penasaran apa sajakah kebiasaan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Biasakan Sarapan di Pagi Hari

Via friendlys.com

Pasti banyak diantara kamu yang saat pagi masih melewatkan sarapan. Padahal, sarapan akan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Menurut seorang psikolog bernama Joseph Luciani, Ph.D, melewatkan sarapan akan membuat metabolisme tubuhmu menurun dan akan meningkatkan respon tubuhmu terhadap insulin.

Karena alasan itulah, ketika kamu akhirnya makan di siang hari, maka gula darahmu akan meningkat secara drastis dan kamu juga akan merasa cepat lapar kembali. Jika sudah begitu, tentu kamu akan tergoda untuk makan dengan porsi yang lebih banyak dan inilah yang nantinya justru akan menambah berat badanmu.

2. Makan Malam Dengan Porsi yang Sedikit

Via cheatsheet.com

Mungkin kamu sering mendengar saran dari orang-orang yang berkata bahwa sebaiknya makan dengan porsi sedikit di malam hari. Hal tersebut adalah fakta yang tentunya harus kamu ingat agar berat badan bisa menurun dengan cepat.

Menurut beberapa penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak pada malam hari memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan orang yang mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak di siang hari.

Menurut Joseph Luciani, tubuh manusia memiliki waktu optimal-nya sendiri dalam melakukan proses metabolisme terhadap makanan. Nah pada malam hari, tubuh manusia tidak berada dalam waktu optimal untuk melakukan proses metabolisme makanan, sehingga berat badan akan cepat bertambah jika makan dengan porsi banyak di malam hari.

3. Makan 5-6 Kali Sehari Dengan Porsi Kecil

Via healthyfoodzine.com

Mungkin kamu berpikir jika kita ingin menurunkan berat badan, mengapa kita justru disuruh untuk makan hingga 6 kali sehari? Menurut hasil studi, makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan porsi kecil akan jauh lebih baik dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar.

Alasannya? Makan secara kontinu dengan porsi kecil akan menjaga keoptimalan metabolisme tubuh kita. Selain itu, makan 6 kali sehari dengan porsi kecil juga akan mencegah kita dari perasaan lapar yang akan membuat kita makan dalam porsi yang besar.

Untuk melakukan hal ini, makanlah seperti biasa pada pagi, siang, dan malam hari dengan porsi yang kecil. Nah, diantara jam-jam makan tersebut, isilah perutmu dengan makanan yang rendah kalori namun memiliki banyak gizi dan mengenyangkan seperti buah atau yogurt.

4. Makan Dengan Piring Berukuran Kecil

Via dawsons.co.nz

Makan dengan menggunakan piring berukuran kecil ternyata sangat membantu jika kamu ingin menurunkan berat badan. Ketika kamu makan dengan menggunakan piring berukuran kecil, maka semakin sedikit pula makanan yang bisa kamu ambil.

Nah, ada sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam The Faseb Journal yang membuktikan bahwa makan dengan piring kecil akan ‘memaksamu’ untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit dibanding biasanya [9].

Dalam studi tersebut, anak-anak dan orang dewasa yang diberi piring berukuran besar ternyata mengambil makanan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang yang diberi piring berukuran kecil.

5. Makan Secara Perlahan-Lahan

Via doctorinsta.com

Selain makan dengan menggunakan piring berukuran kecil, kamu juga harus makan secara perlahan-lahan jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Makan secara perlahan-lahan akan membuatmu merasa kenyang lebih cepat, sehingga kamu tidak akan memiliki keinginan untuk menambah porsi makanan.

Selain itu, makan secara perlahan-lahan juga akan memicu tubuh untuk memproduksi hormon-hormon yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan seperti hormon ghrelin.

Ada 2 buah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health yang telah memperlihatkan bahwa ternyata, makan dengan tergesa-gesa akan menambah Body Mass Index (BMI) seseorang [1011].

6. Minum Air Putih Secara Rutin

Via greatlifeandmore.com

Menjaga jumlah cairan dalam tubuh ternyata juga sangat membantu upayamu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi air putih secara rutin akan meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga akan menjaga berat badanmu.

Selain itu, meminum air putih paling tidak sebanyak 2 gelas sebelum kamu makan akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat. Jika sudah begitu, tentu saja kamu akan makan dengan porsi lebih sedikit daripada biasanya dan berat badan pun tidak akan meningkat.

7. Konsumsi Buah Secara Langsung

Via roundedandsurrounded.com

Mengkonsumsi segala jenis buah memang sangat bermanfaat untuk membantu proses menurunkan berat badan. Namun, cara kita mengkonsumsi buah ternyata juga berpengaruh terhadap kesuksesan diet kita. Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi buah secara langsung daripada menjadikannya sebagai jus.

Menurut beberapa penelitian, ketika kamu mengkonsumsi buah secara langsung, maka kamu tentunya harus mengunyah buah tersebut. Nah, ketika kamu mengunyah, maka tentunya semakin banyak air liur yang kamu butuhkan dan hal ini akan memberikan semacam sinyal ke otak bahwa proses pencernaan makanan perlu segera dilakukan.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, mengkonsumsi buah dalam bentuk jus akan meningkatkan resikomu akan penyakit diabetes tipe 2 [12].

8. Batasi Konsumsi Alkohol dan Minuman Bersoda

Via hercampus.com

Bagi kamu yang selama ini masih suka mengkonsumsi minuman bersoda atau beralkohol, maka segera batasi konsumsinya sekarang juga. Ya, minuman-minuman tersebut ternyata akan membuat berat badanmu meningkat dengan cepat.

Selain kandungan gula-nya yang sangat tinggi, minuman bersoda dan beralkohol juga mengandung kalori yang sangat tinggi. Sebuah studi yang telah dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan berat badan secara cepat [13].

Ada lagi sebuah studi yang bahkan telah memperlihatkan bahwa ketika orang mengkonsumsi minuman beralkohol atau bersoda sebelum makan, maka orang tersebut akan cenderung merasa lapar lebih lama. Hasilnya, mereka akan makan dengan porsi yang jauh lebih banyak dibandingkan biasanya.

9. Olahraga

Via huffpost.com

Rasanya sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa olahraga merupakan suatu hal yang sangat membantu ketika mereka ingin menurunkan berat badan. Namun, kamu tidak harus berolahraga secara keras agar dapat menurunkan berat badan. Yang terpenting adalah kamu berolahraga secara rutin.

Bagi kamu yang baru memulai olahraga, pada awalnya kamu bisa berolahraga selama 10 menit setiap hari selama seminggu, kemudian perlahan-lahan naikkan intensitasnya menjadi 20 hingga 30 menit.

Olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan pun cukup sederhana. Ya, dengan olahraga sederhana seperti push-up, squats, berlari, jogging, bersepeda, dan berenang saja sudah cukup untuk membakar lemak di dalam tubuhmu dengan cepat.

10. Bergerak Lebih Banyak

Via thebestrunningshoes.info

Mungkin sebagian besar dari kamu masih sering melewatkan olahraga karena kesibukan sehari-hari, entah itu karena urusan pekerjaan atau urusan studi. Nah yang menjadi masalah adalah, kita tentunya menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk duduk sewaktu bekerja atau belajar. Kebiasaan tersebut tentunya tidak akan membantumu untuk menurunkan berat badan.

Jika kamu memang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, paling tidak bergeraklah lebih banyak. Pasanglah target semisal ketika kamu sudah duduk selama 30 menit, maka berdirilah dan berjalan-jalan-lah ke tempat sekitar.

Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti melakukan peregangan otot, berjalan kaki, dan memilih menggunakan tangga dibandingkan dengan menggunakan lift tentunya akan sangat membantu untuk membakar kalori di dalam tubuhmu.

11. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Via wakeuptothesunriselight.com

Tidak bisa dibantah lagi bahwa waktu tidur yang kamu miliki akan mempengaruhi kesuksesanmu dalam menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka tentu saja tubuhmu akan kelelahan.

Jika sudah begitu, tubuhmu menjadi tidak mampu menjalankan fungsinya secara maksimal, termasuk dalam hal membakar kalori. Akhirnya, fungsi metabolisme di dalam tubuhmu pun akan berkurang.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago, orang yang tidur selama kurang dari 4 jam pada malam hari memiliki masalah pada pemrosesan karbohidrat di dalam tubuh mereka, yang akhirnya membuat berat badan mereka menjadi bertambah.

12. Menghindari Stress Berlebih

Via yogalean.com

Selain kurang istirahat, ternyata stress juga menjadi faktor yang dapat menghambat impianmu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika kamu stress, maka tubuhmu akan dipenuhi dengan hormon stress.

Nah, hormon stress ini akan memicu produksi sel-sel lemak di dalam abdomen-mu. Jika sudah begitu, maka akan semakin banyak lemak yang disimpan di dalam perutmu sehingga berat badanmu pun akan bertambah.

Selain itu, ketika kamu stress, maka cara yang seringkali kamu lakukan untuk meredakan stress tersebut adalah dengan makan dalam porsi yang besar. Hal tersebut tentu saja akan menambah berat badanmu dalam waktu yang cepat.

Oleh karena itu, hindari stress berlebih dengan berolahraga, bermeditasi, atau melakukan segala hal yang merupakan hobimu.

13. Tertawa Sesering Mungkin

cara menurunkan berat badan
Via huffpost.com

Tahukah kamu bahwa ternyata semakin banyak kamu tertawa, semakin banyak juga kalori yang terbuang dari dalam tubuhmu? Ya, tertawa ternyata sangatlah bermanfaat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Menurut hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam Europe Congress on Obesity, tertawa selama 10 hingga 15 menit per hari akan sangat membantu untuk membakar 40 kalori. Bayangkan jika kamu tertawa paling tidak 10 menit per hari selama setahun, sudah pasti akan ada banyak kalori di dalam tubuh yang terbuang.

Nah, itulah berbagai cara menurunkan berat badan yang bisa kamu lakukan. Ada seseorang yang berat badannya kembali ideal hanya karena berubah gaya hidupnya walaupun tanpa olahraga. Apa saja cara yang sudah dilakukan untuk menurunkan berat badan? Share pengalamanmu dalam menurunkan berat badan dengan OhGitu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *